Bersabarlah Dalam Melakukan Transaksi

Temen2 yang sedang merintis bisnis online, sabar dan hati2 ya kalau anda mendapatkan order terutama dalam jumlah besar dan transaksinya via transfer atau via kliring dari pelanggan anda yang bener2 masih baru. Jangan kirim barang, atau berikan barang sebelum yakin uangnya masuk ke tabungan anda.

Dibawah ini ada sharing menarik dari Jenderal TDA, pemilik Produk Manet, Pak Rony Yuzirman..

Salam Hangat

Hadi Kuntoro

Http://hadikuntoro.com

 

Manet Nyaris Kebobolan

Para pelaku penipuan dengan berbagai modus operandinya masih saja
bergentayangan di mana-mana.
Sasarannya tak pandang bulu, termasuk Manet yang hampir saja menjadi korbannya.
Ceritanya, 2 minggu lalu ada seorang calon pembeli yang memesan barang
dengan jumlah cukup besar untuk pemesanan pertama.
Ia mengaku datang dari Jambi dan mengetahui Manet Busana Muslim dari
artikel di Tabloid Nova yang ketika itu memuat profil saya dan
Komunitas TDA.

Kepada manajer saya ia mengatakan sudah biasa berbelanja dalam jumlah
besar di Mangga Dua untuk jaringan toko dan koperasinya di Jambi. Ia
juga punya akses ke Brunei.
Saya minta staf saya untuk menerima pembayaran tunai atau transfer saja.
Setelah memilih barang, ia berjanji akan membayar secara tunai atau
via transfer hari Jumat tanggal 17 November 2007.

Jumat siang ia mengirim fax bukti pembayaran kliring tunai via Lippo
Bank cabang Jakarta ke rekening Mandiri Manet sebesar Rp. 28 juta.
Kecurigaan saya mulai timbul. Saya selalu mencurigai transaksi kliring
di hari Jumat setelah jam 11. Lagi pula ia berjanji untuk membayar
tunai atau transfer, kenapa diubah jadi kliring?
Kalau kliring dilakukan di atas jam 11 di hari Jumat, prosesnya akan
dijalankan oleh bank hari Senin. Apalagi kalau antar bank, bisa lebih
dari 1 hari. Penipu biasanya memanfaatkan libur bank di hari Sabtu
Minggu.

Si pembeli ini minta supaya disiapkan dan akan dijemput oleh kurirnya
Jumat sore harinya.
Saya katakan, tidak bisa. Barang akan kami kirim kalau uang sudah
masuk ke rekening kami.
Oke, jawabnya.
Ternyata, tunggu punya tunggu, sampai hari ini uangnya belum masuk
juga. Hari Senin kemarin adalah batas waktu seminggu untuk menentukan
apakah uang itu masuk atau tidak.
SMS dan telepon tidak dijawabnya.

Saya yakin, modus penipuan seperti ini banyak dilakukan kepada para
pebisnis lain. Modus seperti ini banyak terjadi waktu saya masih di
Tanah Abang dulu.
Kepada teman-teman TDA yang bisnisnya juga mulai dikenal dan dimuat di
berbagai media, saya mengingatkan dengan adanya motif-motif penipuan
seperti ini.

Waspadai transaksi giro atau kliring di hari Jumat, apalagi di atas
jam 11. Hati-hati juga dengan pembayaran giro dari bank kecil atau
yang kurang dikenal.

Salam FUUUNtastic!
Wassalam,
Roni, Owner Manet Busana Muslim

Tidak ada komentar: