5 (FIVE) MINUTE TALK

Dear Pembaca & Rekan2 Bisnis,
Kalau anda muslim yang sering pergi ke Masjid pasti sudah sering mendengar istilah “Kultum” atau kuliah tujuh menit, yakni selesai shalat fardu/wajib biasanya, salah seorang jamaah maju ke depan atau di atas mimbar menyampaikan secara spontan sepatah dua patah kata yang isinya adalah mengenai pesan2 keimanan, takwa atau tip2 ibadah trik2 menjaga kekhusukan shalat dan lain-lain.

Nha, di dalam team bisnis kita, kalau prosesi bicara2 spontan itu juga diselenggarakan maka hasilnya adalah suatu forum Circle-circle kecil yang sangat efektif untung membangun komunikasi, tukar informasi, sharing, concelling dan bahkan di forum2 kecil seperti ini kita bisa tahu detail masing2 personal yang menjadi team kita, bahkan dengan forum ini kita bisa mengontrol juga absensi, mengingatkan deadline2 mengevaluasi kinerja, dan bahkan bisa dijadikan forum untuk memberi penghargaan2 kecil kepada teman atau karyawan2 kita.

Forum2 seperti miniatur “mastemind” ini banyak dilaksanakan di berbagai perusahaan kelas dunia, atau yang berusaha menjadi perusahaan kelas dunia..! Lihatlah perusahaan top2 di Jepang, hampir semuanya menerapkan prosesi ini.

Acara ngobrol2 yang biasanya di sebut “5 minute talk” meski kadang ngobrolnya sampai 10 menit, biasanya diadakan di pagi hari sebelum melaksanakan pekerjaan.
Wifle, pembagian kerja, ucapan2 terima kasih, berdoa bersama, menghayalkan dream bareng2, menanyakan kesehatan masing2 member, pesan2 rohani…dll adalah topik2 atau acara2 sangat menarik yang kita bisa sampaikan disitu…dan sebagai penutup kita bisa teriakkan “Joss” atau “Yelyel” bersama, misalnya secara bareng2 semua team berikrar dan diakhiri dengan kata2 yang lantang dan berulang agar pagi-pagi darah kita mendidih saking semangatnya dan hari kita terharu dibuatnya..

“Kemajuan bangsa di mulai dari diri saya..YOS-YOS-YOS!”
“Kita sambut pelanggan kita dengan ceria..YES-YES-YES!”
“Mari kita tebar rahmat di bumi-NYA…Allahuakbar-Allahuakbar-Allahuakbar..!”
Dll…silahkan pilih sendiri….kata2 yang membuat jiwa anda tergetar membara…

Jangan malu2 kalau toko atau warung anda di pasar, atau di mall kemudian ritual ini menjadi tontonan bahkan dianggap orang2 aneh..karena justru dari ritual orang2 yang aneh ini muncullah perusahaan otomotif baru yang bisa menduduki tahta paling laris di dunia, yakni Toyota….

Alhamdulillah di tempat kami hal ini sudah menjadi ritual yang rutin dilakukan setiap pagi, dan senantiasa berjalan baik dihadiri maupun tidak dihadiri ownernya…ini sungguh luar biasa manfaatnya, member yang tadinya pasif tidak bisa ngomong sering di daulat sebagai moderator, sehingga lama2 berani ngomong di depan umum..itu salah satu contoh kecilnya…

Apakah anda sudah memiliki forum2 kecil seperti ini..? Kalau member di bisnis anda sudah lebih dari satu, misalnya ada Istri anda dan satu orang karyawan, misalnya itu sudah bisa dilaksanakan…believe me..anda akan merasakan maanfaat yang sangat besar…

Salam FUNtastic..
Hadi Kuntoro
25-1000-20

5 komentar:

Herizal Yuliansyah mengatakan...

Setuju Pak Hadi
memang betul sekali "kekuatan dari obrolan"
jadi ingin cepat2 bisa ngobrol langsung dg bapak, biar makin terbuka wawasan saya

Trims
Heri

Herizal Yuliansyah mengatakan...

Betul sekali Pak Hadi
Kekuatan "Obrolan" memang dahsyat
Semakin kepengin cepat2 saya bisa ngobrol langsung/ tatap muka dg Bapak

Salam
Heri

WURYANANO mengatakan...

Hebat...mas Hadi ini benar-benar luar biasa prima...

Kalau mas Hadi bisa rutin "SHARFIM"...hehe..ini istilah karangan saya aja... maksudnya "Sharing for five minutes" ...di setiap harinya...wah itu memang sudah kelas pengusaha besar...bagus..bagus...

Selamat dan Sukses Selalu.

Wasalam,
Wuryanano

eka mengatakan...

Setuju Pak !!
Ide2 bapak selalu briliant !
Yang paling saya kagum, Bpk ga pernah pelit ilmu dan berbagi.

Salut !!

Eka
http://www.pernik-unikdiary.blogspot.com

yuyun depe mengatakan...

Pak, setiap toko bapak, ada brapa karyawannya?
suksess yah...
mau nyontek nih