Belajar Dari Sekitar Kita...

Kalau temen2 jualan batik, baju muslim, kerudung atau SELIMUT (saya tulis huruf gede hehe..) dan laku sehari 1000 potong kayak apa...Wuah...pensiun-pensiun...tda-tda...hehe..karena kebayang sehari kalau untung besih 1000perak saja sudah 30juta untung sebulan. Padahal, tidak jauh dari hidung kita di Jakarta, ada satu outlet yang sehari bisa menjual 1000mobil...! Inget ya, 1 mobil itu rodanya 5, alias terjual 5000 ban sehari..!

Kalau dari Bannya saja untung 50ribu misalnya makan untungnya sudah 250 juta sehari...itu untung dari ban thok...lha kalau keuntungan dari mobil satu piro...? wes..jelek2nya 10 juta lah...kali 1000 berapa, sehari 10 milyar sehari..!

Mbak2..dan Mas2...Itu baru satu outlet di Indonesia negara nya menganggap mobil masih barang mewah, lha yang di singapura, yang Malesia,yang di Tailan, Amerika, Jepang,Aostrali...keuntungan mereka sehari kalau duitnya 50ribuan diangkut pake tronton belum tentu kuat lho...

Mereka pakai kesaktian seperti apa sih, punya ilmu simpanan apa sih..?

Anda yang pernah membaca buku yang dikarang oleh orang Malaysia "Rahasia Bisnis Orang Jepang" atau bahkan anda pernah bekerja di perusahaan Jepang, Pasti sudah familiar dengan istilah Kaizen.

Kaizen yang diterjemahkan dalam bahasa indonesia menjadi perbaikan yang terus menerus, atau improvement yang berkelanjutan atau inggrisnya "continous Improvement" adalah sebuah filosophy yang sederhana tapi sangat powerful.

Ada satu keyakinan orang Jepang yang saya acungi jempol, yakni dari salah seorang temen yang sudah tua, ketika dulu saya pernah kesana, bahwa Orang Jepang YAKIN bahwa "tidak ada orang yang bodoh" Kalau kita fokus pada apa yang kita inginkan, dan kita kerjakan terus menerus maka kita pasti bisa. Seperti kita mengebor kayu yang mata bor-nya tumpul, orang yang malas mungkin tidak mau mengerjakan pekerjaan mengebor kayu, tapi orang yang rajin dia akan terus menerus meski perlahan2 sekali tetep mengebor..lama-lama tembus juga. Itu Keyakinan Mereka.

Belakangan (beberapa puluh tahun yang lalu) keyakinan itu disempurnakan lagi dengan filosopi yang baru. KAIZEN, yakni disampling telaten ngebornya juga telaten terus menerus memperbaiki cara ngebornya (kecepatannya,mutunya,biaya ngebornya,keamanan ngebornya dll).

Contoh kasus dalam proses mengebor diatas (Anggap saja mereka harus membuat lubang banyak banget misalnya),

1. Mereka akan mencatat berapa lubang rata2 yang saya selesaikan dalam waktu 1jam..?
Hasil catatannya itu mereka jadikan acuan inilah standar kerja saat ini. Misalnya rata2 10 lubang setiap jam.

2.Mereka akan membikin target PERBAIKAN, misalnya bagaimana agar kita bisa 1jam dapat 20 lubang..? Kenapa 20..? harus ada alasannya..ooo..misalnya ada info tetangga sebelah bisa kok bikin lubang 20 sejam, kata temen di negara tetangga sana ngebor pakai alat yang sama bisa kok 30 lubang malahan...oke kita cari yang deket2 dulu aja, dan nggak membuat kita grusa-grusu atau stress...jadi madep mantep kita mau 20 saja dulu deh...nanti kalau berhasil baru naik lagi...

3. Mereka akan membuat OBSERVASI, Pertama dilihat secara keseluruhan faktor yang terlibat. Untuk ngebor ada banyak hal yang terkait, yakni :
- ORANG
- Bahan atau MATERIAL yang di bor (dalam hal ini kayu)
- CARA / teknik atau metode kerja ngebornya
- Alat atau MESIN bor-nya, dan terakhir faktor yang kadang menentukan juga yakni
- Keadaaan LINGKUNGAN

Nha kelima hal ini mereka akan cek satu persatu,

Pertama, ORANG yang mengebor dipelajari secara detail umurnya berapa, kesehatannya seperti apa,pernah melakukan proses ngebor nggak, pernah diajari nggak, kidal apa nggak tangannya, kesehatannya seperti apa,...dll...

Kedua, Jenis BAHAN/MATERAL yang di bor itu karakteritikny seperti apa..? apakah kayu keras sekali,lunak, sedang, gampang pecah, ketebalannya berapa, kering apa basah..dll...

Ketiga, CARA kerja yang dia lakukan sekarang gimana sih..? Ooo...kayu diambil dari tumpukan, ditaruh di lantai, terus ambil garisan, terus ambil pinsil, terus lihat gambar,terus ditandai titik2 yang akan di bor, terus di bor, terus membuat tanda lagi dst..selesai satu papan disimpan bersama papan lain yang sudah di bor., ambil papan yang baru terus berulang lagi seperti tadi...dan setelah ngebor 5 papan dia akan mengganti mata bor dengan yang baru dst...dan yang hebat lagi mereka akan mencatat proses demi proses berapa menit waktunya...naruh berapa menit,ambil pinsil berapa menit,mbuka gambar berapa menit..daaaaannnn seterusnya..sampai totalnya ketemu satu proses itu makan waktu 6 menit....

Keempat, MESIN/ALAT bor yang akan kita catat, ALAT ini cara menggunakannya bagaimana sih menurut petunjuknya, atau menurut orang yang pinter misalnya...maksimal dia bisa ngebor berapa sih, mata bor nya perlu sesekali dicelup air agar dingin menurut petunjuknya..ini misalna lho...dst

Kelima LINGKUNGAN dia ngebor seperti apa..? Oo ramai orang lalu lalang, sepi banget, luasnya berapa, bising enggak, jam 1 siang panas sekali, setiap sore sering hujan...dll...

hehe..kalau orang kita mungkin teriak..aduh-duh le..le....kurang kerjaan banget....dari mbahmu jaman dulu ngebor itu yang gini, nek opo2 dicatet kapan kerjanye yee...
Dan yang harus diingat, pada proses observasi ini kita harus bener2 blank...hanya melihat saja tidak sok keminter...jadi siapapun pasti bisa melakukan ini....inget ya, kalau kita rumongso atau sok pinter maka kita tidak pernah dapat apapun kalau mengamati sesuatu, karena kita berpikir semuannya yo memang wes begitu itu...!

Kita baru sampai obeservasi ya, atau istilah kerennya ANALISA KONDISI yang ada...oke saya akan teruskan lagi, dan saya yakin bacaan ini mungkin berat bagi anda tapi jangan tetaplah berjuang untuk menunggu lanjutannya...hehe..karena yang saya sampaikan ini bener2 ilmu sepele namun modern dan langka..dan yang sepele2 gini telah mengantarkan Jepang menjadi gudangnya Juragan mobil yang terbesar di dunia saat ini...

Hmmm..menurut anda berguna nggak tulisan ini..kalau berguna tulis komentar atau email ke saya agar saya lanjutin, tapi kalau enggak ya udah sampai sini saja, biar aku simpen dewe dan nanti saya praktekkin sendiri saja..hehe..

So...tungguin lanjutannya ya...

Salam FUNtastic..!

Hadi Kuntoro
http://hadikuntoro.com/
http://rajaselimut.com/

7 komentar:

tud_tanethadi usaha dinamika mengatakan...

Wah bagus sekali materi ilmunya pak Hadi ini, saya juga pernah baca sekilas mengenai keyakinan orang Jepang bahwa "tidak ada orang yang bodoh" yaitu di buku dengan judul "Rahasia Menjadi Kaya dengan Berpikir Positif" dibalik buku The Secret, tapi lupa pengarangnya (Wallace - mungkin?)
Dikatakan bahwa Tuhan ingin kita itu kaya, karena dengan kekayaan itu kita bisa melayani dengan lebih baik.
Saya nantikan kelanjutannya pak Hadi, salam Fun Tastic
Anton D Riyanto
http://antondriyanto.blogspot.com

gula aren mengatakan...

Horee...Saya yg dapat kehormatan komentara duluan....

Pak Hadi, saya belum mendalami falsafah Kaizen, tapi membaca cara anda menuliskan proses pengeboran secara runut dan sabar, saya pikir itu termasuk laku Kaizen juga ya?

Hebat Pak, saya merasa bertambah baik setelah membacanya. Jadi saya akan bersabar menunggu kelanjutannya. Salam semanis motif2 selimut jepang itu ya Pak

gpjamu mengatakan...

Aku melu ngasih komentar ya .. banyak orang kita yang masih hidup dengan "masa lalu" nya, saat aku masih "berkuasa" dan seterusnya, lha mandeg "self improvement" nya, dia menciptakan batasan imajiner nya ... semoga kita tidak demikian, maju teruuuus.
Saya anggap anda itu adik saya ya mas Hadi ... mauuuu?, wassalam.

HADI KUNTORO mengatakan...

To Mr/Mrs.gpjamu..
Saya Mauuu....sekali menjadi adik anda..Maturnuwun sanget..

Anonim mengatakan...

Pak Hadi... saya baru hari ini dan baru sekali ini membaca blog bapak ini... dan masya allah ... saya merasa semakin mendapatkan inspirasi dan dorongan untuk menjadi TDA... selama ini saya adalah TDB, belum pernah berbisnis... tapi membaca tulisan bapak saya semakin terdorong untuk menjadi TDA karena saya ingin bisa pergi Haji dari hasil yang bersih...doakan saya ya pak ... salam
Djati

HADI KUNTORO mengatakan...

Now I'm Pray for U pak..
Semoga anda bisa mendaptkan apa yan anda inginkan, dan sampai di manapun perjalanan anda saat ini, nikmati saja ya..
Salam Hangat..

Roess mengatakan...

Sampeyan itu bener2 loh Pak, kaya ide n kreatifias. Dulu Ibu ngasih makan opo sih Pak hehe. Trima kasih sharingnya. Ini spt kalau bikin kue bolu. Dari dulu kalo bikin kue bolu ya gitu2,tp tetep improvement. Sy pernah baca di Mading Al-Jannah t4 Kamiilah sekolah: "Kreatifitas itu 1% imajinasi 99% usaha-Albert Einstein" (bener nggak,aku kok agak lupa yg ditulis Pak Einsten tsb). Ok Pak Hadi, sukses yo. Ditunggu lanjutannya. Emailku tlg dibalas yo Pak..:)