PADA AKHIRNYA SEMUA ORANG AKAN DIKENANG MENJADI ORANG BAIK

PADA AKHIRNYA SEMUA ORANG AKAN DIKENANG MENJADI ORANG BAIK

Renungan Jumat Sore 23Nov2018

Teman-teman Anda pernah nggak memiliki kawan yang sedemikian menyebalkan....๐Ÿ‘บ
ahaha pasti anda pernah memiliki orang-orang yang jika mendengar namanya saja rasanya nggak nyaman..... Mungkin sudah banyak waktu yang anda habiskan untuk memikirkan mendiskusikan tentang betapa menyebalkannya orang ini......๐Ÿคฌ๐Ÿคฌ๐Ÿคฌ
Kadang orang ini adalah kawan sepermainan anda.....
Mungkin orang itu adalah team bisnis anda yang tidak manut atau memboikot anda.....
Mungkin itu adalah sponsor yang terus saja menyuruh Anda kerja kerja kerja kerja.....  action action action..... Follow Follow follow up dan itu menyebalkan.....๐Ÿคฆ๐Ÿฝ‍♀๐Ÿคฆ๐Ÿป‍♂
Mungkin juga orang itu adalah dulu sahabat anda......
Mungkin suka orang itu Kakak atau Adik anda......๐Ÿคฎ
Mungkin orang itu kakak ipar adik ipar.... Mantan pacar.... Mantan suami...... mantan istri....
Mungkin orang itu tetangga depan rumah yang membuat anda sebel dan akhirnya pindah rumah.....
Dan mungkin juga itu adalah mertua anda......๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Huh..... Mungkin dia adalah saingan anda....kompetitor...crossline anda.... Mungkin pemilik NC yang selalu merebut customer anda.... Mungkin orang yang menyebalkan yang mengcopas ilmu anda.....

Haaahhh.... kaget... Setelah didata ternyata begitu banyak orang-orang yang sangat menyebalkan..... Begitu banyak orang yang di kepala kita itu menjadi contoh-contoh orang yang tidak baik......

Dan waktu terus bergulir...... Tiba-tiba terdengarlah kabar.... Bahwa orang yang tidak baik itu meninggal dunia......

Apakah Anda masih memiliki perasaan Dongkol dan dendam kepada dia..... Lihatlah medsosnya.... Apakah Anda masih merasa dongkol memandangi tim timeline nyaa....???

Apakah Anda masih merasa dongkol karena dulu diambil customer nya...... Apakah Anda masih merasa dongkol kepada orang itu yang dulu lupa memberikan promosi buat Anda......๐Ÿ˜ข

Tidak tidak tidak tidak....... Orang yang sebelumnya tidak baik itu ternyata berubah dalam sekejap di hati kita bahwa orang itu adalah orang baik..... Bahkan kita berbisik _"Semoga di alam sana kamu baik-baik saja dan mendapatkan tempat terbaik"_

Dan saat itulah kita sadar jika kita mengenang orang-orang yang telah mendahului kita mereka saat ini menjadi orang-orang yang baik di hati kita..... Sedikitpun kita tidak ada rasa dendam kepada mereka.......

Ya kita baru menyadari "Ternyata semua orang-orang itu kini menjadi orang-orang yang baik pada akhirnya"

Seperti halnya mereka.... Kita pun seperti itu.... Saat ini pasti banyak orang yang tidak puas dan tidak menyukai kita.... Mereka tidak suka kita berada di dekatnya.... Mereka tidak suka dengan kehadiran kita.... namun pada saat nanti kita meninggal dunia Mereka pun akan merasa bahwa kita adalah orang yang baik ternyata pada akhirnya.....

Bisnis rumah nutrisi teman-teman Kalau Anda paham.... Adalah sebuah bisnis yang bisa menjadikan anda nampak menjadi orang baik tapi tidak harus menunggu saat lahir......

"Bisnis ini bisa menjadi sarana membuat anda menjadi orang baik sejak detik ini juga....."

Bisnis ini bisa menjadikan anda orang yang mendapatkan ribuan Terima kasih dari orang-orang di sekitar Anda.... Banyak orang yang akan menyebut Anda adalah orang baik.... Padahal anda masih hidup.....๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

Renungkan ini :

"Semua orang pada akhirnya akan menjadi orang baik namun tidak semua orang tahu bahwa menjadi orang baik itu bisa dimulai dari sekarang"


Selamat menyambut Senja akhir pekan

KEHIDUPAN SEPERTI APA YANG ANDA INGINKAN

KEHIDUPAN SEPERTI APA YANG ANDA INGINKAN

Apa yang ingin anda raih dalam kehidupan ini......?
Itu salah satu pertanyaan menarik yang disampaikan oleh seseorang yang mengetes saya saat psikotes masuk ke perusahaan Astra......
"Saya ingin mendapatkan pekerjaan Seperti yang saya suka.... Dan saya ingin mendapatkan sebuah keluarga kecil dan bahagia....." Itu kurang lebih  jawaban saya....
Pertanyaan yang sama diajukan kepada peserta-peserta yang lain yang belakangan menjadi sahabat sahabat saya di kantor umumnya mereka menjawab hal yang sama ternyata......
Bahagia itu sesuatu yang enak.....
Keluarga kecil dan simple itu enak dan tidak ribet.... Kayaknya enak
Memiliki pekerjaan yang sesuai hobi itu juga hal yang enak.....

Ketika pertanyaan yang mirip saya ajukan kepada teman-teman yang lain.... Saya ajukan juga kepada sahabat saya yang berbisnis......
Kurang lebih intinya ternyata sama......
Semua orang menikmati apa apa yang menurut persepsulinya enak.....
Setiap orang ingin hidup dengan riang gembira.... Senang dan mudah.... Punya suami yang ganteng dan mencintainya.... Punya istri yang cantik dan mencintainya... Terlihat sempurna uangnya banyak populer dihormati dikagumi.....

Di dunia kerja saya memiliki figur yang menurut saya sangat ideal..... Seseorang yang masih sangat muda ganteng pinter badannya tegap jagoan golf..... Wajahnya selalu fresh.... Setiap berkata rasanya enak.....
Waktu itu beliau menjadi General Manager di Toyota Astra..... Belakangan beliau menjadi direktur muda... Berasal dari Bali sebut saja namanya pak MD


Setiap meeting dengan orang-orang Jepang beliau ngobrol layaknya memakai bahasa ibu.......fasih sekali...
Orangnya sangat cerdas Kalau tidak salah beliau lulusan ITB
Betapa ingin nya saya memiliki posisi dan kedudukan yang seperti beliau rasanya pasti enak sekali...... Dan saya yakin kawan kawan saya yang seangkatan semuanya menginginkan posisi seperti beliau.......

Umumnya menjadi direktur itu usianya sudah tua.... Namun dia usianya masih sangat mudah untuk menduduki posisi sebagai Direktur.....

Namun apa yang menurut saya enak itu mulai agak terkikis setelah saya ngobrol dengan sopirnya yang kebetulan sama-sama orang dari daerah ngapak..... Sopirnya orang Kebumen....๐Ÿ˜€
"Mas menurut sampeyan menjadi direktur itu enak nggak...." Tanya saya kepada sopirnya suatu hari...
"Lah Mas nek carane nyong ora kepenak Nyong lebih menikmati jadi Supire bae lah  ora kuat tenagane pikirane.... Kerjane ora eling waktu..... Kadang Minggu Bae nyong dipanggil kerja... Kadang ada meeting hari Minggu kadang golf kan kudu ngancani bos-bos jepang... Nek sabtu kaya hari kerja mesti ngantor... malah enak kayak sampeyan lah satu minggu bisa istirahat ngancani anak-anak nengumah" jawabnya

"Lah Mas kalau menurut saya lebih enak jadi sopir daripada menjadi direktur kerjanya tidak ingat waktu... Padang minggu saja harus bekerja ada meeting... Kalau hari Sabtu sudah pasti masuk..... Enakan seperti anda yang Sabtu Minggu bisa nemenin keluarga..." Jawabnya...

Hahahah.....saya tertawa.... Dan saya teringat obrolan kawan saya yang ada di bagian General Affair, menceritakan Sopir kebumen itu " Hehe mas meskipun kamu S1 kamu gajiannya tidak akan bisa menyaingi gaji sopir direktur itu..... Karena setiap hari lemburannya bisa sampai 8 jam.... Sabtu Minggu masuk.... Sebulan dia lemburannya ratusan jam...."
Melihat catatan lemburnya si sopir saya faham...berarti si direktur itu memang sangat sibuk......

Jika saya kerjanya "TengBur"      Sebuah istilah bagi orang yang jam 04. 00 sore begitu mendengar bel berdentang tanda kerja selesai langsung kabur.๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

Seringkali Pak direktur muda itu mengajak kami meeting yang mulainya justru setelah jam kerja.....hadewwhh... Rasanya badan sudah capek pikiran sudah hang.... Namun direktur itu nampak tidak ada bedanya dengan pagi-pagi.... Masih tetap semangat masih tetap kritis...... Dan ketika meeting jam 08. 00 malam selesai kami pulang loyo.... Beliau masih mampir dulu ke mejanya dan menandatangani sesuatu nampaknya.....๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ

Hari Sabtu adalah hari libur jika kita masuk maka akan dihitung lembur dengan bayaran dua kali lipat....๐Ÿ‘ฏ๐Ÿพ‍♂๐Ÿ‘ฏ๐Ÿพ‍♂ Biasanya hari Sabtu itu kita kerjanya banyak mainnya...hehehe.... Main game... Kadang makan siang cari kuliner yg belum pernah di datengin.... Dan pulang menjelang jam 04. 00 untuk kemudian absen dan pulang.....hahaha.... Dan bayarannya dua kali lipat.....๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Dan saya Arahkan pandangan ke meja direktur muda meskipun hari Sabtu kerjanya tidak main-main..... hadeewwhhh.... Serius amat sih orang ituu......

Apa ya enaknya seperti itu...? Namun yang aneh beliau nampak sekali menikmatinyaa.....


Sebuah pertanyaaan menarik hadir yang justru ini tidak pernah saya sadari :
"Penderitaan atau perjuangan berat atau kerja keras atau Rasa Sakit seperti apa sih yang saya dambakan dalam hidup saya...?"
Apakah saya mau bekerja dari pagi samapi sampai jam 6 sore....?
Apakah mau saya sehari membuat materi presentasi  3 sd 4 hal yang berbeda setiap hari dan harus mempresentasikan kepada pejabat2 yang berbeda..?
Di sela-sela itu masih mengurusi kerjaan rutin...? menangani konflik...menangani keluhan...harus menerima tamu-tamu.... ada komplain bawahan yang gak puas karena kenaikan gajinya kecil...masih harus belajar bahasa jepang.......dst..dst.... di meeting harus konsentrasi penuh... gak boleh pasif... enggak boleh ngantuk....

๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ

" Tidaaaak...tidaaak...tidaaak mauuuuu "


Jadiiii.... "Apakah kamu tetap mengingikan posisi menjadi Direktur muda seperti ituuu....?"
๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„ No..No...Nooo wes laaahhhh,,,,,,hahaha

Wah bisa gak milih jalan tengah mauuu.... tapi yang enak-enaknya sajaaa........ yang enggak enak-enak itu enggak mauuu......hahahahah


Teman-teman renungan di atas adalah cerita dari dunia kerja tapi sebenarnya ini pun terjadi di setiap titik-titik di sepanjang kehidupan kita......

Tidak ada kebahagiaan yang hadir tanpa adanya perjuangan..... Kebahagiaan itu tumbuh dari masalah-masalah besar.... Sembuh dari sela-sela perjuangan berat yang kita lakukan.....

Perhatikan Mas Suyono (pemilik Mitra Sehat CLub di Muntilan) .... hari demi hari nampak badannya semakin bagus makin bagus dan bapak2 mulai mendambakan memiliki badan seperti Mas Yono..... Namun kita tidak akan pernah mencapai prestasi seperti Mas Yono jika kita tidak menghargai rasa sakit merasakan bagaimana otot seperti disobek tidak rajin datang ke tempat kebugaran Waktu demi waktu bahkan kadang hari Minggu......

Kita kepingin memiliki kesehatan dan kebugaran di usia tua..... Ternyata ada harga yang tidak mudah yang harus dibayarkan..... Hebatnya penderitaan mulutnya kecut untuk tidak merokok..... Makanan bersantan itu enak sekali Namun kita harus rela meninggalkan nya.....

gorengan gorengan itu memang enak sekali Namun kita harus memiliki penderitaan yang hebat untuk sesedikit mungkin menyentuhnya.....

Ketika kepingin badannya semakin ideal maka kita harus akrab dengan itung-itungan kalori ngitung protein ngitung karbohidrat.... Kita akrab dengan keringat akrab dengan sepatu olahraga mau tidak mau harus akrab dengan sepeda atau alat-alat fitness lainnya......

Apa yang menentukan kesuksesan anda Bukanlah "Rasa Nikmat apa yang ingin anda nikmati, namun rasa sakit apa yang sanggup anda tahan , penderitaan hebat seperti apa yang kuat anda hadapi, perjuangan kerasa seperti apa yang sanggup anda lakukan...."

Anda ingin sukses...? Punya banyak cabang NC...? punya team banyak anda pimpin..? menjadi Millteam...? Presiden team...?

mulai saat ini anda harus paham..... jika anda mendambakan itu, jangan lupa anda juga dari sekarang harus mencintai rasa sakitnyaaa.....

Sebenarnya kebahagiaan itu hadir pada saat kita memecahkan masalah.....

Bahagianya menjadi seorang presiden itu Bukankah tentang duitnya..... Karena duit itu hanya menyenangkan 3 sampai 6 bulan saja..... Setelah itu biasa-biasa saja duitnya banyak......

Yang membahagiakan itu karena kita sudah banyak memecahkan masalah... Dalam perjalanan menjadi presiden  team....

Mengundang orang ke NC sulit banget.... Namun sesulit apapun kita tidak putus asa lama-lama kesulitan mengundang orang masuk ke NC terpecahkan...... Dan kita punya customer...๐Ÿ‘ฏ๐Ÿพ‍♂๐Ÿ‘ฏ๐Ÿพ‍♂๐Ÿ‘ฏ๐Ÿพ‍♂

Dari sekian banyak kastamer ada yang suka ada yang tidak..... Ada yang berhenti lalu kecewa.... Ada yang mengembalikan produk minta uang kembali..... Ada yang berpikir bisnisnya mudah sekali mereka memborong produk agar menjadi SPV..... Kemudian komplain.... Banyaaak ....

Semoga bermanfaat.....


Hadi Kuntoro
Mendongeng dari Lereng Gunung Dieng

GENBA GENCHI GENBUTSU

GENBA GENCHI GENBUTSU

Lihat-Dimana tempatnya-Masalah sebenernya apa (Jangan libatkan perasaan, emosi atau ego anda)

Anda yang pernah bergaul atau bekerja dengan orang Jepang mungkin sering mendengar hal ini.
Ini adalah Jurus Sakti 'Saudara-saudara Tua' apabila ada sesuatu masalah muncul, dan perlu penanganan segera untuk menyelesaikan permasalahan itu.

Bahasa mudah untuk menjelasakanya adalah :
Genba = Take Action turun ke Lapangan
Genchi = Lihatlah dengan mata kepala anda sendiri dimana masalah itu muncul
Genbutsu = Melihat keadaan Aslinya atau sebenarnya seperi apa

Dari pangkat paling atas, sampai yang paling bawah di tempat kerja kami di Toyota dulu, selalu dibiasakan untuk melihat segala permasalahan diawali dengan terjun ke sumbernya langsung, karena betapa seringnya kita mengalami atau menyadari bahwa Kadang-Kadang yang namanya PENGALAMAN itu seringkali amat menyesatkan. Kita merasa "wes pinter" atau tahu segalanya karena merasa sudah bertahun-tahun berpengalaman di bidangnya.....

Karena sudah pintar maka enggak paham masalah sebenere apa.... kita langsung melompat mengambil kesimpulan..... misalnya Yakin bahwa masalahnya pasti di Faktor Manusia yang enggak beres, kita marah2 kenapa Orang yang gak kompeten spt itu diangkat sebegai karyawan misalnya.... atau mungkin kita menyalahkan mesin waahhh... pasti dulu vendor/suplier nya yang menjual mesin ini  tidak beres,....  wah pasti karena  supplier bahan baku yang tidak disiplin, ... wah pasti karena standard kerja yang salah, kerja yang nggak mengikuti standard dll.... *(betapa sering masalah-masalah  itu maunya  diselesaikan di meja meeting tanpa kita tahu sebenernya masalahnya ap..?

Kata orang Jepang... Lupakanlah bahwa anda seorang pakar yang sangat ahli di bidangnya. Lupakan bahwa anda sudah memiliki jam terbang puluhan ribu di bidang yang anda hadapi.
Mula-mula lihatlah apa adanya tanpa perlu anda ingat apa titel,gelar,julukan dan betapa seniornya anda...

Saya ambil contoh di Bisnis Nutrition Club (Bisnis Herbalife)  :
Pada suatu hari saya mendapatkan curhatan pengaduan dari salah satu tim yang membuka NC beberapa tahun yang lalu......

"Pak Hadi saya mau curhat kondisi di kota kami benar-benar strategi NCIP itu tidak mudah untuk diterapkan segala cara untuk mengundang orang ke NC sudah saya lakukan namun saya kepentok dengan etika dari orang-orang yang menjalankan NC yang tidak menggunakan strategi kita"


"Lah emang gimana Mas kondisi bisnis di situ...." Jawab saya...

"Etika di sini benar-benar sangat tidak baik pokoke kacau balau  Pak.... Setiap customer yang masuk ke NC saya selalu di intip dan jika selesai program dia menghilang dan tahu-tahu sudah beli paketan atau ditembak oleh NC yang lain yang tidak menggunakan cara kita...." 

"bahkan ada kalanya customer Yang tadinya semangat sekali mau program baru mencoba produknya saja tahu-tahu besoknya sudah beli ke tempat lain"

"bahkan saya ada castamer yang belum selesai program 10 hari tidak melanjutkan program lagi karena katanya tidak bisa konsisten datang..... Namun belakangan saya tahu dia beli produk di tempat lain mungkin dengan diskon....."

"Bagaimana ya Pak saya menyikapi masalah ini....? Barangkali Pak Hadi memiliki pengalaman yang sama dan bisa memberikan solusi.... Oh ya saya sebenarnya kepingin mengadukan ke bagian etika namun saya pikir malah membuang-buang energi....."

"Mas wis tenang saja jalankan saja Megikuti pelajaran yang sudah disampaikan di Magelang.... Cara yang kita lakukan ini adalah cara yang paling halus saat ini di Indonesia.... Dan cara ini hanya bisa dikalahkan jika ada jurus lain yang lebih halus..... Ayo semangat Lakukan terus..terus terus... dan Lakukan terus nanti pasti sampeyan menemukan masa-masa panen" Jawab Saya....

"Baik Pak Hadi Terima kasih sudah menyemangati saya saya tidak menyerah Hanya saja kepingin cerita.... Kadang saya enggak enak customer customer Yang direbut oleh orang lain itu adalah plug in dari luar kota.... ketika tahu timnya membeli Shake dari orang lain saya nggak enak karena dikira saya yang menjual produk kepadanya tanpa bilang ke sponsornya..... ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ" Curhatnyab tambah sendu sampai ada gambar menangis segala.....๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ

Karena sudah terbiasa bekerja di pabrik dulu kita tidak langsung buru-buru mengambil kesimpulan atas apa yang dikeluhkan oleh tim kami itu......

Saya selalu teringat Nasehat (sensei) Guru saya di Jepang bahwa "kamu  harus  hati-hati.. terkadang Pengalaman justru menjadi guru yang menyesatkan"

Kira-kira 3 atau 4 bulan kemudian saya dalam perjalanan keluar kota mampirlah ke kota dimana tim kita berada...... Sengaja saya membuat surprise karena sebelumnya memang belum ada agenda untuk mampir ke tempatnya

Kira-kira jam 07. 00 pagi kami sampai  ke NC nya... Yang pagi itu sepi Tidak ada satu castamer pun...... MC nya kecil memanjang.... Di pinggir jalan raya yang besar dan ramai.......

Kami pun  masuk ke NC nya dan saya ingat sekali saya duduk di kursi yang pojok kursinya menghadap ke meja..... Dan Ami di sebelahnya......

"Wah kejutan nggak menyangka Pak Hadi ternyata datang ke sini Terima kasih Pak.... Pak saya keluar dulu beli air ya karena galonnya pas habis"  tergopoh-gopoh team kami menyambut....heheh...kayakpejabat ajaa...

"tadi pagi sudah ada beberapa castamer Pak.... Hari ini ada tiga castamer dan habis ini kita mau di DMO" katanya

Sembari menunggu pemilik NC membeli galon saya Saya mengamati sekeliling..... NC nya kok rasanya kurang nyaman..... Bukan karwna tempatnya yang sempit namun banyak hal-hal lain.... Saya mencoba memposisikan diri sebagai seorang customer.... Bukan sebagai sponsor ataupun pemilik NC....

Ventilasinya kurang besar apalagi di pinggir jalan dan kotanya panas... Rasanya pasti keras sekali di sini kalau jam 08. 00 jam 09. 00..... Dan saat kami masuk ke dalam MC yang pertama kami lihat adalah pintu toilet....๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„ Dan dari luar nampak toiletnya pintunya agak kotor......

Begitu juga ketika kita masuk toilet nya sangat sempit๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…..... Dan berada di ruangan yang sempit.... Nampak ada 1-2 kecoa di toilet itu ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜….... Dan di pojokan ada juga sapu yang disandarkan di tembok....๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

NC sempit di tempat sempit seperti ini jika ada orang pipis pasti suaranya akan terdengar seperti angin puting beliung...๐Ÿ˜…๐Ÿ˜„ Bahkan kalau ada orang buang air besar mungkin akan terdengar seperti dentuman meriam....๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Karena ventilasinya kurang bagus... Jika pemilik NC baru pesta makan pete baunya pasti mengalahkan parfum mahal yang barusan disemprotkan di sekujur badan.....๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Saya Pandangi Langit langit... Nampak di pojokan ada sarang laba-laba yang warnanya hitam.... Dan di atas kepala kami tergantung pada pisang yang separuhnya sudah menghitam kulitnya......

Di hadapan kami ada blender satu yang diletakkan di meja.... Nampak blendernya belum dicuci mungkin baru saja keluar castamer pada saat kami menjelang datang.......

Blendernya adalah blender kecil yang tidak ada setelan 123 nya.... Sama seperti blender punya Mae  Karangkobar.... (Blender praktis yang tidak mau diganti oleh blender lainnya.... Karena setelannya hanya on off saja....๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„)

Tidak berapa lama sang pemilik NC datang dan membuatkan..... Saya dan kami saling berpandangan karena blendernya Kok tidak dicuci dulu.... Padahal shake yang kami pesan coklat.... Sedangkan tendernya tampak berwarna putih pasti baru saja ada yang minum vanilla....๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Bunyi blendernya melengking memekakkan telinga.... Dan ngeblendernya lama.... Kalau ada customer 10 saja pasti yang giliran terakhir bisa menunggu lebih dari 30 menit....๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Dan jadilah pagi itu saya minum shake yang variasinya berbeda.... Umpruke akeeh (Busanya banyak) banyak dan rasanya agak anget....wakakakaak....๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Selesai minum kami foto-foto ngobrol-ngobrol dan memberikan sedikit nasehat "Mas tugas sampeyan Pokoke kerja dan kerja jangan menyerah jangan berhenti.... Belajarlah dari NC yang sukses customernya ramai Amatilah Ada apa saja di situ yang berbeda dengan NC ne sampeyan........ Dan sering-seringlah datang ke Magelang"

"Siap Pak...!" Jawabnya....

Dan kami pun pulang menuju Wonosobo..... Dalam perjalanan selama 2 jam kami diskusi tentang kunjungan kami tersebut.....

"pemandangan yang barusan kita lihat itu menjadi pelajaran bagi kita betapa pentingnya kita turun ke lapangan ketika ada sebuah problem terjadi...." kata saya kepada Amy.....

Turun ke lapangan dan Anggap saja kita adalah kamera.... agar ketika kita mengamati sesuatu kita Melihatnya dengan sangat objektif.....

Jika saya hari ini tertarik untuk diet.... Dan dietnya harus program 10 hari di klub yang seperti itu tadi.... Maka saya mendingan beli kalengan dan minum sendiri di rumah.....๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Adalah sangat wajar jika setelah 10 hari customer hilang...... Jika selesai  program customer beli di tempat lain..... Atau bahkan ada castamer yang membayar program 10 hari Namun 2 hari sudah berhenti.... Itu sangat wajar... lawong tempatnya saja seperti itu.....๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ

Jadi tidak usah menunggu orang yang curang di depan NC dan merebut customer customer nya.... namun justru si customer itulah yang akan aktif mencari Adakah yang lain selain yang seperti ini.....๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ

Dan yang luar biasa adalah si pemilik NC tetap bertahan di Herbalife.... Tidak lama kemudian NC nya tutup karena pindah di tempat lain yang lebih besar....

Dan perombakan perombakan besar-besaran dilakukan..... Sekarang klub rame sekali..... Kami belum pernah datang ke NC barunya itu.... Namun Kami yakin pasti ada perubahan besar besarab yang telah dilakukannya......

Dan ajaibnya tidak pernah sekalipun terdengar dia mengadu bahwa customer nya direbut oleh orang lain.....

Hahahaha..... Masalah terselesaikan dengan sendirinya......

Teman-teman dongengan pagi ini semoga menginspirasi teman-teman dan Kita bisa belajar banyak dari kisah ini.... Jika suatu saat anda sudah memiliki tim maka jangan menyelesaikan masalah dari balik meja  tanpa Anda datang sendiri ...melihat sendiri... Dengan mata telinga kepala anda sendiri... Sebenarnya apa yang terjadi......

Coba kalau saya tidak turun ke lapangan.... Tapi hanya menyelesaikan dari balik meja.... Mungkin saya akan mencari Siapa orang-orang yang telah merebut customer nya.... Mungkin saya akan tanyakan siapa presiden team nya .... Dan saya akan ngobrol membicarakan timnya yang suka merebut kastamer orang.....

Dan pemikiran-pemikiran yang seperti ini namanya jam _Jump to conclusion & bahasa Jawanya _"mudeng wae ora kok menyimpulkan"_ ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

Atauu mungkin saya akan mencari ID si perebut castamer itu dan melaporkannya ke komisi etika.....๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

Itulah pelajaran yang bisa ditarik jika anda suatu saat menjadi pemimpin.....

bagi Anda yang belum punya tim dan baru membuka klub... Cerita itupun cerita yang menarik.... Ayo kita lihat seperti apa kebersihan di klub kita.... Seperti  apa toiletnya.... Seperti apa rasa Shake nya..... Seperti apa penyambutan tamu nya.....

Mungkin kita harus sering-sering mengadakan survei  kepuasan pelanggan...

1. Apakah lantai MC bersih
2. Apakah toiletnya nyaman...?
3. Apakah penerangan nya cukup..?
4. Shakenya Apakah enak
5. Apakah pelajaran pelajaran yang kami sampaikan bermanfaat...?
6. Apakah anda memahami pelajaran yang kami sampaikan...?
7......dst..dst....

Semoga dongeng dan renungan pagi ini bermanfaat......
Selamat Berjuang...✊✊✊

Hadi Kuntoro
Mendongeng Dari Lereng Gunung Dieng

NILAI BERUBAH, HIDUP KITA BERUBAH

NILAI BERUBAH, HIDUP KITA BERUBAH

"Saya ingin menjadi orang yang baik, bermanfaat yang disukai semua orang"

Itu adalah kalimat yang biasane dituliskan atau disebutkan oleh ketika seseorang saya tanya "Kamu kepengin menjadi orang yang seperti apa...?"

hahaha.... tujuan itu baik, mulia, siapa siih yang tidak ingin menjadi orang yang bermanfangaaat bagi orang lain..? siapa syiih yang enggak kepengin disukai orang laiin... ? Yess setujuu...itu MULIA sekali.... namuan hati-hati... kalimat indah itu akan "Membuat anda kecewa"

Sohibs, Jika kita memilih nilai hidup seperti itu maka hati kita akan naik turun dimainkan perasaaan, adakalanya kita seneng merasa berhasil karena banyak orang yang suka dengan kita, namun adakalanya kita merasa galau remuk redam, tatkala ada orang lain yang meremehkan, mencela, atau membenci kita. Kenapa kita galau, karena kita merasa gagal.....lha buktinya ada orang yang tidak suka dengan kita......

Coba sebut satu saja nama orang yang sempurna dan menjadi manusia paling baik di dunia...apakah beliau disukai semua orang..? jawabnya pasti NO.

Jika yang terbaik saja banyak yang tidak suka kenapa kita maunya sempurna hehehe.... "why do you want to be perfect?"

Saya bukan mahluk yang diciptakan khusus agar semua insan akan menyukai saya.... tidak boleh membenci saya... enggak boleh dibully... tidak boleh sedih...yang tidak boleh cemas.... hahaha..... tidak boleh salah... tidak boleh nakal... tidak boleh rewel....

Pikirkanlah sebuah nilai yang lain yang kita tidak merasa terombang ambing.....

- Saya manusia kecil yang akan terus belajar
- Saya berusaha menjalin hubungan dengan semua orang
- Menjadi Manusia yang suka ngucapin terima kasih
- Menjadi Mahluk yang suka tersenyum
- Salah tidak masalah, yang penting usaha besok salahnya makin dikit


Ketika nilai anda berubah, hidup andapun berubah

Hadi Kuntoro Wonosobo
Mendongeng dari Lereng Dieng