Watashi wa Indonesia no seihin wo tsukau koto ni hokori wo kanjiru

Artinya kira-kira "Saya bangga dengan produk-produk buatan Indonesia"
=========================

Pada suatu pagi, ketika saya sedang mengajarkan kawan-kawan cara membalas email dan cara YM, tiba-tiba muncul wajah seorang Ibu diantar wajah-wajah yang Visible di YM lainnya. Sang Ibu nampak tersenyum ceria sekali, sampai saya beranikan diri untuk mengirimkan YM kepada beliau, mudah-mudahan ini tidak dianggap spam..hehehe..

“Hallo Ibu, pagi ini senyumannya ceria sekali, sampai-sampai saya tertarik ngirimin YM ke Ibu”
”Hallo juga Mas Hasuko, senyuman itu ibadah loh...agar hari ini semuanya menjadi indah..”
”Eh saya tertarik dengan produk-produk anda loh, boleh saya tahu alamatnya..?” kata beliau..(tuh kan..?)

Singkat cerita hanya dari YM itu sang Ibu datang kerumah, dan surprise sekali, ternyata beliau ”Sepertinya” orang penting di sebuah perusahaan Asing, tidak terasa obrolan kami mengalir begitu saja, hingga ada pembicaraan:

”Saya surprises sekali, ketika sedang outbound di negara eropa, saya mendapat cerita bahwa tali temali yang saya pakai buat outbound terenyata buatan Indonesia. Demikian juga ketika saya di sebuah tempat ski di perancis, ada sepatu ski yang bagus, eh ternyata buatan Indonesia juga, dan kata temen saya sepatu golf merek .... (beliau menyebutkan merk tapi saya enggak inget..lha wong sepatu golf kayak apa saja saya enggak ngerti..”

”Kerinduan untuk mendapat barang yang kwalitasnya bagus sebenernya sudah didambakan oleh orang-orang Indonesia, Cuma untuk membeli produk yang berkwalitas itu kadang enggak bisa didapat disini, musti ke Singapur, ke Hongkong, Australia dll, meski itu buatan Indonesia..aneh ya...”Kata beliau lagi.

Saya teringat ketika ke Jepang tahun 2004, untuk pertama kalinya saya ke Kyoto, saya yang biasanya jarang sekali mau beli oleh-oleh, tiba-tiba tertarik dengan sebuah jaket yang amat bagus menurut saya, di sebuah butik kecil di pinggir sungai yang amat terkenal di Kyoto.

”Pasti Istri saya suka sekali dengan jaket nan lembut ini” pikir saya.
Ketika sampai di penginapan dan saya bolak-balik jaket itu, ternyata di bagian dalam, di bawah ketiak ada tulisan ”Made In Indonesia..!” wah...buatan kita sendiri deh...

Waktu itu saya kecewa berat, karena pikiran saya waktu itu kalau buatan Indonesia pasti jelek, padahal saya carinya yang ”Made In Japan”, tapi wong sudah terlanjur beli dan ketika pulang jaket itu saya hadiahkan ke Istri dan menjadi salah satu jaket kesayangan sampai hari ini, tanpa setahu dia bahwa itu buatan Indonesia, yang dikirim ke Jepang, dan disana saya beli..hehehe...

Belakangan saya baru sadar, bahwa seharusnya saya malah bangga kalau dimana-mana saya bisa beli buatan Indonesia, artinya produk bangsa ini sudah berada di Jalur yang benar untuk bisa menjadi bangsa yang besar, terbukti dengan di terimannya produk kita di negara-negara maju.

Hal ini pulalah yang mendasari saya memberanikan diri (tepatnya NEKAT) memesan produk yang kwalitasnya lebih bagus daripada produk yang di ekspor ke negara-negara maju itu, dan produk seperti apa yang dibuatkan oleh sahabat Jepang saya itu bisa anda lihat di tulisan kami artikel saya yang lainnya, yang link-nya ada di bawah ini <Sejarah Lahirnya produk Animasi 100% Acrylic>

Dan bahkan bukan hanya produk sekarang saja, saat ini saya berangan-angan juga akan memasarkan dan menjadi distributor dari perusahaan-perusahaan lain yang biasanya eksport ke berbagai negara maju, produknya bagus dan diakui di sana, namun tidak begitu terkenal di Indonesia.

Di saat-saat seperti ini mereka pasti sangat menginginkan bisa survive dengan mengalihkan penjualannya ke dalam negeri yang imbas dari krisis moneternya tidak separah di negara-negara dunia ke-3, dan masih lumayan memiliki daya beli yang bagus.

Apakah anda channel perusahaan-perusahaan yang seperti ini..? silahkan kontak-kontak saya, siapa tahu nanti ada peluang menarik bisa kita kerjakan. Dan dengan cara ini, Insya Allah kita bisa sedikit membantu perusahaan-perusahaan agar tidak merumahkan saudara-saudara kita, dan tanpa sadar kita sedang melakukan gerakan "CINTA PRODUK INDONESIA"

Kalau Jepang saja bisa, Malaysia bisa, Apa benar kita tidak bisa..?

"Watashi wa Indonesia no seihin wo tsukau koto ni hokori wo kanjiru (Saya bangga memakai produk buatan Indonesia)" kata sensei bahasa Jepang saya..

Semoga anda mendapat Inspirasi dari tulisan ini.

Salam FUNtastic..!

Hadi Kuntoro
http://www.rajaselimut.com
http://www.hadikuntoro.blogspot.com

2 komentar:

WURYANANO mengatakan...

Saya juga bangga dengan produksi Indonesia, dengan syarat harus berkualitas tinggi.

Kalau produksi yang asal-asalan aja, yaa tidak membanggakan deh... hehehe...

Bisnisnya makin kinclong aja nih, mas Hadi.


Salam Sukses Penuh Berkah dari Surabaya,

Wuryanano
Motivational Blog - Support Your Success
Entrepreneur Campus - Support Your Future

Abimanyu mengatakan...

Tahun 90 -94 saya tinggal di Perancis, waktu itu saya masih duduk di bangku SMP - SMA....biasa ABG, pengen gaya sama temen2 nya, waktu itu saya mau beli sepatu basket merek NIKE.

Jadi deh saya pergi dianter Mama tercinta ke salah satu toko sepatu olah raga di kota Reims, Champagne Ardenne, salah satu kota kecil dekat Paris...

Asik memilih sepatu, sambil melihat merek, mencoba memakai lalu saya cukup terkejut ketika mengangkat lidah atas sepatu, dibaliknya tertulis "made in indonesia"....waduh..saya jadi penasaran..mama saya juga ikut kaget...

Kita semakin kaget begitu setengah toko kita ubek0ubek, ternyata BANYAK sekali sepatu yg made in indonesia, modelnya bagus-bagus dan harganya kompetitif...

sisanya adalah produk buatan china dan korea..

waktu itu saya masih kelas 2 smp...mama saya membisikkan sesuatu.."udah, beli yg ini saja, buata indonesia, hebat tuh bangsamu bisa ekxport sampe ke eropa"...

Singkat kata..jadi deh kita beli tu sepatu....sangat bagus kualitasnya, sampai saya kembali ke indonesia masih tetap awet...dia pensiun bukan karena rusak, tapi karena udah gak muat lagi....heheh...

intinya..bangga deh pakek produk indonesia...bagus, bersaing, dan harganay juga murah