Mulai dari yang Kecil, Mulai dari yang Mudah-VII (TAMAT)

Ini adalah sambungan dari tulisan saya sebelumnya, yakni :

Tempat penjualan baju muslim yang ideal adalah lokasinya harus strategis dan mudah di jangkau, dan tentu saja tempat yang seperti itu tidak murah baik dibeli atau di sewa.

Kalau budget tidak memadai, kita bisa melirik alternatif lain, meski tidak strategis asal kita kreatif melakukan promosi Insya Allah hasilnya bisa ngalahin yang tempatnya strategis tapi tanpa promosi loh.

Di toko kami yang ke-5 ini, Yoyok kreatif sekali melakukan promosi misalnya :
1. Disemua pintu masuk menuju kota Wonosobo dipasang Baliho.2. Menjadi sponsor untuk even-even keagamaan, misalnya ada acara di pesantren kami ikut jadi sponsor, acara buka puasa gratis ramadhan.3. Menjadi Sponsor untuk film-film bertema religius yang diputar di gedung film di kota kami, kerjasama ini cukup sederhana, yang punya gedung bioskop kan selalu butuh spanduk-spanduk buat promosi film, cukup kita belikan kainnya saja yang murah, dan kita minta agar nama toko kita di cantumin disitu, misalnya ”Disponsori oleh Almasyhur Distro..” gampang kan..?4. Mengadakan acara-acara lomba foto berkerudung, acara-acara seperti ini kalau dilakukan rutin bagus loh...jaman sekarang kan foto bisa dengan HP, so jadi simple kan, sehingga pesertanya membludak....cukup berikan hadiah dengan total nominal 1 juta, efeknya akan luar biasa loh...

5. Membuat iklan-iklan di radio yang unik dan menarik. Iklan sengaja dibuat tidak datar, tapi ada kesan lucu-nya sehingga siapapun yang mendengar akan ingin mendengar lagi, dan strategi ini di kampung cukup efektif, untuk membuat positioning pada para pendengar radio dimana kami beriklan...

Contoh iklan kami, bisa anda download versi MP3-nya di Rapidshare .......

http://rapidshare.com/files/192512037/iklan_radio.zip

saya yakin ini bisa dijadikan contoh yang bagus buat anda yang membuka toko-toko di daerah...kalau di Jakarta barangkali iklan radio sudah enggak begitu efektif lagi..

Selain strategi untuk mendongkrak penjualan retail, kita juga menerapakan berbagai macam strategi untuk menjual grosir, misalnya

1. Membuka grosir secara online di www.rabbani.asia yang melayani pembeli di seluruh dunia, tercatat konsumen-konsumen yang rutin dari Malaysia, Australia, Qatar dll senang berbelanja ke kampung kami, karena lebih cepat dan simple, dan stock-nya cukup lengkap, termasuk juga pedagang-pedagang dari jakarta..aneh ya..?(Dari Pojok kecil di kampung ini kita bisa melayani permintaan rutin ke malaysia, ke Australia dan Qatar...bisnis ke seluruh dunia makin mudah..rasanya unia memang sempit sekarang ya..)

Sahabat-sahabat saya di TDA (www.tangandiatas.com) yang memiliki toko dan sudah familiar internet lebih suka belanja ketempat kami, karena mereka tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk berbelanja di agen-agen besar yang dekat dengan mereka.

Karena cukup ketik apa yang akan di beli, kirim lewat email, faks, atau sms, dapat konfirmasi order dari kami, transfer maka 1-2 hari kemudian barang sudah sampai ke depan pintu...mudah kan..?(Gudang untuk stock grosir, Utamanya melayani Jateng&DIY, tapi sering juga kirim ke Jakarta dan sekitarnya, ke Malaysia dan pernah juga ke Australia dan Qatar)

Ongkos kirim dari tempat kami ke Jakarta Murah, dan mereka juga tidak perlu capek-capek datang...hemat waktu, dan ini ternyata menjadi point yang amat penting saat ini.

Yang masih jadi berstatus sebagai karyawan dan sekaligus punya bisnis toko busana muslim biasanya problem utamanya adalah waktu buat belanja. Anak buah belanja mungkin belum bisa, dia sendiri mau belanja harus nunggu hari Sabtu or Minggu, dan di protes anak-anak lagi..hehehe..karena bisa butuh waktu ½ hari, barang belum tentu lengkap, ongkos taksi bolak-balik berapa...

Akhirnya mendingan mengetik order dari kantor ketika free, email atau chatting beres deh...dan ongkos kirim dari Wonosobo ke Jakarta ternyata lebih murah daripada ongkos taksi dari Distributor terdekat ke tokonya...dan barang diantar sampai pintu rumah.Jadi tidak perlu membuang waktu...bener-bener revolusi bisnis ya...Jarak dan Waktu sekarang sudah di gulung menggunakan Mouse...hehehe...inilah keajaiban bisnis jaman sekarang.

2. Memberikan fasilitas yang memudahkan orang-orang untuk membuka toko. Siapapun yang akan membuka toko busana muslim dan kerudung di daerah-daerah seputar kami, mendapatkan fasilitas konsultasi gratis mulai dari step pembuatan toko hingga penyediaan alat-alat/pajangan untuk display.

Dan tidak sengaja belakangan ini menjadi tambahan bisnis baru bagi kita, yakni saat ini kami berjualan juga segala bentuk manekin buat display produk...yang barang ini cukup sulit ditemukan di kota-kota yang dekat dengan tempat kami, kalaupun ada harganya mahal sekali.Karena order kami ke pabriknya di tangerang dalam partai lumayan besar, sehingga kami bisa mendapatkan harga yang sangat bagus untuk bisa di lempar ke pasar lagi...bisa-bisa Beli di Jakarta lebih mahal daripada beli di kampung loh...menarik kan..?

Saya ingat para petani yang melakukan model menanam TUMPANG SARI, mereka menanam padi sekaligus kedelai misalnya, kadang masih ditambah lainnya lagi misalnya sawahnya di taburin benih ikan...ternyata di bisnis juga seperti itu ya...Kalau anda membuat toko, warung atau warnet atau apalah usaha yang lainnya, ketika anda kesulitan mencari sesuatu barang di kota anda, bergembiralah...kesulitan anda ini bisa jadi peluang loh...percayalah...

Mudah-mudahan cerita ini bermanfaat juga bagi anda, dan langkah kami masih panjang, tahap berikutnya dari usaha baju muslim ini adalah tahap menduplikasikan bisnis kami, atau dalam istilah Jepang saya kenal istilah ”YOKOTEN”.

Ingat tulisan saya paling awal, yang versi 1..? Buatlah yang kecil dan mudah, buat jadi bagus dan sistemnya jelas, setelah itu duplikasikan ketempat-tempat lain, maka sesuatu hal yang tadinya impossible pun menjadi possible.

Sebagaimana pada kisah ketika saya ke Jepang, Mengecek asset yang tadinya seminggu atau sebulan bisa jadi 2 jam, membuka 100 cabang bisnis yang teorinya butuh waktu 12 tahun bisa dilipat hanya menjadi 1 tahun saja...Wallahu A’lam..

Demikian rangkaian tulisan ini...semoga bermanfaat

Salam Hangat...
Nikmati petualangan bisnis anda hari ini..

Hadi Kuntoro
http://rabbani.asia
http://rajaselimut.com
http://hadikuntoro.blogspot.com

NB :
  1. Kalau anda tertarik dan ingin bekerjasama dengan kami silahkan hubungi kontak-kontak yang ada di website kami http://www.rabbani.asia atau langsung kontak ke ownernya, Hadi Sancoyo (Yoyok) di 0812-1579893, 0813-27000950 atau di email yox_s@yahoo.com
  2. Saat ini, selain menjalin kerjasama dengan Rabbani, ternyata banyak produsen-produsen besar juga yang sudah bekerjasama dengan kami, semisal Produk Dannis dari Surabaya, Albis Design dari Bandung (Bisa jadi kalau anda belanja ditempat kami stock lebih lengkap dan lebih murah daripada ambil di pabriknya..nah loh..bingung kan..?)
  3. Kalau anda tertarik ingin bermitra dengan kami, nantikan informasi kemitraan yang akan kami sampaikan pada acara Milad-3 TDA, tanggal 28 Feb - 1 Mar 2009 di Gedung BPPT, Jl.Thamrin, Jakarta.

2 komentar:

Satrio mengatakan...

Terima kasih atas sharing bersambungnya Pak Hadi, bermanfaat sekali. Sukses selalu untuk Pak Hadi.

Choirul Asyhar mengatakan...

Pak Hadi, syukron atas tulisannya. Jadi tambah semangat. Dan lihat foto-fotonya jadi kangen Wonosobo. Kayaknya wonosobo jadi rame karena ada Al Masyhur.

Baliho rabbani di wonosobo kayaknya lebih indah daripada baliho caleg!

Salam hangat dari Cikarang.
Choirul
http://muslimart-dannis.blogspot.com