7 Hari Menuju Full TDA

Jum'at 22 Februari 2008.
"Saya sedih mendengar Pak Hadi mau resign, saya merasa sudah seperti saudara, tapi saya juga seneng, dan saya percaya pasti ada sesuatu yang sangat besar di benak anda hingga berani meninggalkan tempat kita yang sangat nyaman ini" Kata seorang sahabat di lokasi lain di perusahaan tempat kami bekerja.

Oya, perusahaan yang saya tempati ini ada beberapa lokasi yang letaknya berjauhan, yakni di daerah Jakarta Utara dan di daerah Karawang yang terpisah sekitar 60 Km. Awal saya bekerja tahun 1995 saya ditempatkan di Jakarta, dan tahun 2004 baru pindah ke Karawang. Selama saya di Jakarta pun saya beberapa kali dipindah2 tempat sehingga kenalan2nya banyak sekali, apalagi saya pernah menjadi salah satu team yang mengerjakan proyek IT yang untuk ukuran perusahaan kami proyek itu adalah mega proyek yang sangat besar..dan waktu itu saya berdiri sebagai semacam wakil dari sisi user/pemakai..sehingga kontak2 saya dengan orang2 tambah banyak..

"Kalau saya sih malah seneng Pak Hadi keluar, inget lho....nanti ada saat nya juga kita dipaksa keluar dari sini....iya enggak...? Nha pada saat itu beliau kan sudah berhasil, kita bisa jadikan itu sebagai pancingan agar kita juga bisa tetep survive setelah dari sini..." Kata temen yang lain...

"Ibarat mancing, kita ini mancing di tempat yang isinya teri doangan...emang sih tiap saat dapet melulu, tapi dari pagi ampe malem juga dapetnya teri melulu...kalau mau dapetnya teri yang banyak ya musti nugguin ampe malem dah...nha Pak hadi ini mancingnya di tengah laut...kelihatannya gak banyak ikan..bisa jadi mancing sehari, dua hari kagak dapet tapi giliran dapet, dapatnya Ikan kakap gede..! Dan entar lama-lama juga bisa dapat kakap tiap hari...karena mancingnya disana-sini..." kata mantan anak buah asli betawi yang sekarang jadi leader....aku tersenyum-saja...

"Amin...minta di doain saja ya...." Kata saya

"Kita memang harus seperti itu, kita ini terlalu nyaman, seharusnya kita memanfaatkan hari libur kita sabtu-minggu untuk mencari peluang2 atau bisnis2 diluar....tapi ya itu, saya hanya bisa ngomong saja, sampai saya 2 tahun lagi mau pensiun juga belum melakukannya. Biasanya kenapa kita2 orang sulit dan tidak mau melakukan..? ah repot amat..seharian blusukan jalan2 kesana kemari, capeknya iya, dapat hasil 50ribu, 100ribu sulit banget, rugi malah iya...daripada begitu mendingan lembur deh sabtu atau minggu di kantor, aman-nyaman maen game saja di bayar, di kasih makan lagi...dapetya bisa jauh lebih gede...ngapain capek2...dan itu berjalan terus dari tahun ketahun tanpa kita sadari...giliran pensiun kita 'demumukan' (bahasa jawa, kira2 artinya kayak orang berjalan ditengah kegelapan) seperti tiba-tiba lampu mati....selama ini kita ngapain aja ya..?" Kata temen lain yang 2 tahun lagi pensiun...lagi2 saya tersenyum...

"Wes to..saiki apapun jenisnya, sekecil apapun usahanya dimulai saja...nanti kalau ada kesulitan kan ada saya yang bisa diajak omong2...mumpung masih 2 tahun lho sampeyan disini..." Kata saya..

Jalan2 saya ke kantor lama ini bener2 menyenangkan...terbayang enggak lama lagi kalau saya masuk kesini pasti tidak bisa sebebas seperti saat ini...nanti kalau datang saya harus lapor sekuriti, enggak ada yang hormat, suruh tandatangan buku tamu, dan kalau menemui temen2 seperti mereka saya hanya boleh ngobrol di ruang tamu, enggak boleh 'sludak-sluduk' (Maen masuk) saja ketempat mereka...ada perasaan sedih juga sebenernya...karena yang paling saya senengi di perusahaan ini adalah kekerabatannya sangat baik...

Foto2 yang saya tampilkan diatas adalah sebagian temen2 yang kerjanya ada di Jakarta, yang memakai Jaket hitam dan berkacamata adalah salah satu mantan atasan saya, yang berasal dari almamater yang sama di Jogja dahulu, hanya beda tahun kelulusan, dan yang lainnya adalah mantan2 anak buah saya yang sekarang levelnya sudah cukup mapan di kantorku...selamat ya...semoga karir kalian lancar dan bisa mendapatkan posisi seperti yang kalian harapkan..

Oya, ada seorang Ibu di foto itu...hehe..saya tidak akan pernah melupakan beliau, meski jauh lebih tua tapi dia pernah jadi anak buah saya sekitar 6 tahunan, dan saya jadi teringat dulu sekali pernah sering ber partner berbisnis dengannya...dan teringat akan hal itu saya sering tersenyum geli...

Saya banyak mencoba bisnis2 kecil2an dan Ibu ini saya jadikan marketingnya...dari sprei, makanan, batik bahkan saya pernah berjualan (maaf) Celana Dalam..! hehe...saya cari daleman2 di Tanah Abang, sebagian dikirim ke kampung, sebagain saya bawa ke kantor....tentu saja sembunyi-sembunyi....karena malu, ntar kalau orang tahu saya jualan CD apa enggak repot..? hehe..malu-nya itu lho...kalau udah sampai di kantor, nanti dagangan saya masukkin ke kolong mejanya..terus nanti Ibu ini yang memasarkan...beres kan..?

Pertama kali di Jakarta saya berani nyetir mobil ya atas support ibu ini...dan alhamdulillah pegalaman pertama itu tidak terlalu heboh...paling2 cuma bumper mobil kijang copot karena ditambrak angkot...saya cengar-cengir kebingungan Ibu ini yang mendaprat sopir angkot...hingga sopir angkotnya ketakutan dan kabur..hehe..!

Untuk urusan beradu mulut, saya salut dan angkat 4 jempol buat ibu ini...ketika lagi dipuncak-pucak susah, ibu ini sering didatengin deb kolektor...dan yang tidak pernah saya lupakan adalah ketika pada suatu hari si deb kolektor mati kutu ketika datang ke kantor, malah di tantangin berkelahi oleh Sang Wonder Women ini..hehe...saya membayangkan si deb kolektor hingga saat ini pasti trauma karena ketemu batunya..hihi...

Saya tahu persis masa2 kehidupan beliau yang sangat susah..dan sekarang alhamdulillah sudah terbalik bagai bumi dan langit...sekarang dia dijuliki Juragan kontrakan di daerah Tanjung Priok...karena sudah punya puluhan kontrakan...dan setahu saya beliau memulai dari nol..bahkan inus....

Dan saya selalu mengikuti dan mengamati perkembangannya...dan saya mendapat banyak sekali pelajaran hidup dari sini...

Oya, saat ini dia lagi degdegan...beberapa waktu yang lalu saya ajarin ilmu bisnis properti, yang ilmunya saya dapat dari temen2 berbagai sumber, yang saya sendiri belum praktek..tapi karena dia pernah kirim email menanyakan tentang peluang properti ke saya, ya saya ajarin saja ilmu yang saya punya...dan di aplikasikan..dan ...wow..dia sedang menanti-nanti karena sebentar lagi akan dapat properti bagus, ratusan juta, tanpa modal bo....jadi memang yang salah satu hal yang sangat penting dalam binis itu 3P yakni, Praktek-Praktek-Praktek...atau 3A Action-Action-Action..!

" Uni, Saya doain semoga anda dalam waktu dekat mendapat properti yang bagus sekali dengan tanpa modal sama sekali....jangan lupa kalau yang saya ajarin itu goal ajak saya makan-makan ya...dan nanti kalau ada peluang kayak gitu lagi kontak2 saya ya...and saya akan datang..Insya Allah....semoga anda membaca tulisan ini.."

Semoga Anda yang membaca ini terinspirasi..

Salam FUNtastic.!

Hadi Kuntoro

http://hadikuntoro.com/

http://rajaselimut.com/

NB:Temen2 mohon maaf ya, saya muat foto2 anda disini agar bisa saya jadikan kenang2an dan kelak ini juga aka dibaca anak cucu kita loh...semoga tidak keberatan ya...

3 komentar:

ning mengatakan...

Slamat pagi mas Hadi,

Wah tinggal tujuh hari lagi ya anda akan bisnis mandiri. Tulisan2 anda bisa dibuat buku nih, kata2nya indah penuh makna. Saat anda pamitan secara resmike temen2 Astra mesti siapkan ember dan handuk untuk mengumpulkan air mata bahagia. Salam dan doa sehat sukses bahagia.

Aning Harmanto

Eko Rakhmat mengatakan...

Selamat Mas Hadi....

jangan lupa kisah2 menjelang resign dikumpulkan terus, terutama WIFLE nya...

Biar nanti tak pakai kalau aku nyusul...

salam dari Riau

Eko Rakhmat

Rizki Eka Putra mengatakan...

Saya kenal mas hadi hanya lewat dunia maya ini! dan semenjak saya kenal TDA dati teman salah satu orang TDA yang sering saya kunjungi bloknya adlah mas hadi ! dan akhir ini semenjak semangat TDA saya mulai berkobar lagi saya malah menemukan artikel mas hadi di andre wonso yg isinya full TDA!

Sukses selalu buat mas HAdi! mudah2an saya bisa menyusul!

Salam Funtustic
http://rizkiekaputra.blogspot.com