4 Hari Menjelang Full TDA

Selasa 26 Februari 2008

Pagi ini sejuta perasaaan berkecamuk dalam hati saya...seneng,sedih,terharu semua campur menjadi satu..karena hari ini adalah hari terakhir saya hadir di Pabrik saya bekerja, saya ingin berbagi WIFLE kepada anda.....hehe..mungkin kosa katanya tidak tepat..tapi anggap saja bener ya...
WIFLE = What I Feel Like Expression...
Saya ingin menceritakan perasaan hati saya hari ini...

Perjalanan saya dari rumah ketempat kerja hari ini sungguh perjalanan yang paling saya nikmati selama saya bekerja...setelah bertahun2 setiap hari menyusuri perjalanan sekitar 50km Bekasi-Karawang pulang-pergi, barulah saya sadari, ternyata perjalanan saya setiap hari itu hal yang sangat indah... Tiba di kantor saya biasanya termasuk yang paling pagi, dan saya masih bisa melihat embun2 yang menempel di ilalang2 di sekitar pabrik...

Saya bisa mendengarkan bunyi2an bermacam-macam serangga diantara ilalang yang tumbuh subur di tempat kami.

Oya, Pabrik kami gede sekali....bisa jadi lebih basar dari 100 kali lapangan sepak bola, dan yang dibangun baru sebagian...namun sebagian itupun sudah gede, kalau jalan kaki normal mengelilingi pabrik anda akan butuh waktu sekitar 20an menit..lumayan kan..?

Bagi saya pabrik ini sangat menyenangkan...pagi2 saya sering sudah mengenakan pakaian kerja dan shalat subuh di masjid, kadang tanpa sepengetahuan istri saya diam2 berangkat kerja...karena kasihan kalau sampai mengganggu anak yang sedang pulas2nya tidur...jam 6 pagi atau kurang saya biasanya sudah sampai di Pabrik Karawang.

Pemandangan2 aneh..anak sekolah naik sepeda di jalan tol melawan arus...(yang tentu saja akan membuat orang2 asing di negara maju tertawa terkekeh2), sopir yang ngantuk dan tiba2 sadar bis-nya sudah parkir miring di rerumputan....truk terjungkir..dari yang lucu sampai pemandangan yang kadang bisa membuat saya terisak (mereka sedang dalam perjuangan seperti saya, ketika hal itu terjadi....) adalah hal yang tidak aneh saya jumpai selama perjalanan menyusuri tol cikampek pagi2...perjalanan yang lancar sekali...karena kalau masih pagi perjalanan kami melawan arus...orang2 dari pinggiran menuju Jakarta, kalau saya sebaliknya...

Pabrik tempat saya bekerja ini begitu luas, lega dan segar di pagi hari..
"Kenapa tidak saya jadikan tempat olahraga saja..?" pada suatu hari tiba2 muncul ide di kepala saya.

Dulu ketika ditempatkan di Jakarta saya terbiasa melakukan olah raga di pagi hari bersama seorang kawan senior saya...namun terhenti semenjak di Karawang...letaknya yang jauh membuat kita sering mepet waktu sampai di sana...

Tapi saya pikir daripada jalan ambil waktu yang mepet.cenderung macet, kadang2 terpaksa kebut2an di pagi hari, kenapa tidak saya ubah sejam lebih awal, masih lengang..dan untuk mengisi kekosongan waktu digunakan untuk olah raga saja..?

Sejak saya berpikir itu saya jadi rajin, hampir setiap pagi2 lari2 di pabrik...
Sedemikian gede pabriknya hingga untuk lari 1 putaran saja rasanya jantung mau copot...tapi karena setiap hari berlari lama 2,3 putaran sudah biasa..bahkan pernah saya ingin memcahkan rekor..ternyata bisa mengelilingi pabrik 6 kali..!

Hehe..saya sering berpikir saya ini orang aneh...dari sekitar 2500 an orang yang lari2 pagi disini cuman saya doang...apa yang ada kepala mereka yang tiap hari melihat saya...?
Pakai celana seragam kerja, pakai kaos, pakai sepatu kerja..lari2 muter...orang enggak waras kali nih..hehe....

Atau mungkin malah mereka kepengin tahu apa yang ada di kepala saya..?

Ketika berlari2 itu Saya sering membayangkan bahwa saya adalah raksasa yang sangat besar, dan pabrik ini adalah bumi...saya sedang berlari-lari kencang mengelilingi bumi....hehe..lucu ya...

Kadang saya berkhayal saya adalah pemilik pabrik ini...dan mereka berdatangan memasuki pintu gerbang adalah karyawan2 saya..hehe...lebih gila lagi....dan udah gitu saya tertawa geli...hehe..
Enak aja...direktur saja barangkali enggak kepikiran kayak saya ya...hihihihi...tapi kalau anda tahu, alam bawah sadar anda itu tidak bisa membedakan ini beneran apa ini bohong2an...

Yang jelas ketika saya berpikir bahwa pabrik ini milik saya, saat itu juga saya berlari nyaman dan pede....tapi kalau berpikir saya adalah karyawan kecil yang aneh dan lucu serta kurang kerjaan..maka saya berlari sambil salah tingkah ketika diperhatikan oleh mereka...karena khayalan itu gratis..kenapa enggak mengkhayal yang indah2 saja..?

Karena tiap pagi lari2 , saya jadi sampai hafal seperti apa bau2 ilalang di pagi hari...seperti apa bau ilalang ketika di potong...dan kalau saya lihat gambar dibawah ini, ganbar salah satu ruas kecil dari joging track saya, saya bisa merasakan ada bunyi2 hewan apa dan ada bau apa ditempat itu...

Ditempat ini pula setiap pagi saya memompa semangat saya..bahwa suatu hari nanti pasti ada kehidupan yang berubah pada diri saya...

Saya memiliki rekan kerja, anak buah dan atasan yang sangat menyenangkan, hebat2 dan very2 profesional di bidangnya...ditempat ini saya merasakan ilmu2 itu berkembang terus tidak ada habis2nya...selalu adaperbaikan-adaperbaikan-adaperbaikan....gitu terus...untuk orang yang haus akan ilmu, disinilah kita bisa menemukan mata air yang tidak pernah surut...saya sering merenung..seandainya orang2 yang ada diluar memiliki komitment seperti orang2 disini...saya YAKIN tidak sampai 5 tahun ada perubahan yang drastis, signifikan dan kasat mata menuju arah perbaikan di negeri ini...

Oho..tapi negeri ini untuk mendapatkan orang2 spt itu tidaklah mudah....mereka dibayar cukup tinggi untuk level yang sama di berbagai jenjang...jadi negeri ini akan mendapatkan mereka manakala mereka sudah pada pensiun....dengan sisa2 tenaga yang mereka miliki...yang tentu saja ya sudah tidak efektif 100% lagi..karena di usia pensiun selain fisik sudah lemah, mereka juga sudah memiliki urusan besar dengan dirinya sendiri...jadi ya praktis negeri ini tidak akan mendapatkan mereka...yang full mendapatkan pengabdian mereka ya yang punya pabrik hehe.....

Ini hanya bercanda loh....kalau temen2 dikantor ada yang membaca jangan tersinggug ya...saya kan hanya cerita yang ada di kepala saya saja..dan ini bisa 99% salah loh....

Sore hari ini ada acara 'makan-makan' dalam rangka melepaskan saya yang berniat pindah jalur per tanggal 1 Maret 2008.

Acara ini full diselenggarakan oleh rekan2 kerja saya yang kebetulan ada yang istrinya di rumah pinter sekali masak bebek, da ikan bakar...jadi acara sore hari yang sederhana ini menjadi acara yang tidak akan saya lupakan di detik2 akhir saya berada disini..(.terima kasih temen2 ya.anda sudah bantu memasak2 dan menyiapkan semuanya...)

Dan sekali lagi di acara itu saya berpesan kepada mereka bahwa jangan berpikir ini adalah acara perpisahan,
"Saya hanya ingin pindah jalur saja...karena saya lebih enjoy di jalur yang akan saya lalaui ini, da justru setelah ini hubungan kita jadi makin dekat karena tidak ada lagi istilah atasan bawahan..saya akan lebih mudah di kontak dengan suasana yang lebih santai dan sayapun bisa tetep kontak2 dengan mereka dengan cara yang lebih mudah" Kata saya...

"Kalau anda tidak disini lagi saya jadi tidak ada partner ngobrol lagi nih..kenapa tidak resign tahun deopan bereng2 saya saja" Kata seorang temen senoir yang 2 tahun depan akan pensiun, dan sekarang sudah mulai sukses berbisnis...

"Pak kalau kita keluar bareng2, dan saya resign 2 tahun lagi barengan dengan anda pensiun, nanti kalau pas lagi ada badai atau musim paceklik.. piya..?" Kata saya..da saya anjutkan lagi

"Kalau Paceklik itu datang, dan anda tanya2 ke saya ketika itu, bisa jadi saya juga kebingungan..karena tentu saja saya juga sedang repot menghadapinya dan dan mungkin bingungnya masih seperti anda, tapi kalau saya 2 tahun lebih dulu daripada anda, mungkin saya akan tahu arah angin, dan bisa membaca situasi kapan perkiraan masa peceklik lagi...jadi saya nanti bisa mengatasi karena sedikit lebih pengalaman....dan disitulah nanti saya bisa menuntun anda..." Kata saya...Wallahu A'lam...

Dan puncak acara nya pun tiba...kita berpamit2an dan bersalam-salaman...
Temen2 mohon doa restu ya...ingat2 tadi udah ada komitment bahwa anda akan mendoakan saya di waktu2 yang mustajab...dan doa itu akan memantul kepada anda juga..dan saya Insya Allah juga akan melakukan hal yang sama...

Good bye..saya bangga sekali penah menjadi bagian dari team yang hebat seperti anda...dan saya berjanji tidak akan mengecewakan harapan anda....dan mohon dukungan apabila suatu hari nanti saya datang dan ingin menimba sesuatu ilmu kepada anda...apa2 yang saya dapatkan disini saya akan terpakan diluar...dan saya YAKIN pada suatu hari nanti pasti butuh support ilmu dari anda...

Foto dibawah ini adalah atasan2 saya dari 3 generasi...paling kanan adalah atasan yang pertama kali turut mewawancarai saya, yang paling kiri adalah atasan saya berikutnya, dan atasan saya yang terakhir adalah yang nomor 2 dari kanan...

Masih muda2 ya...benar...muda2 dan pintar sebutlah 3 perguruan tinggi terbaik di Jatim, dan Jabar...ketiganya masing berasal dari almameter yang ada sebutkan itu....mohon maaf bapak2..semoga anda tidak keberatan fotonya tampil disinis. Foto2 yang biasa2 saja ini akan luar biasa kalau kita lihat 10 tahun yang akan datang...anak cucu saya, anda akan melihat kakek2 atau buyut2nya tersenyum ceria dan masih muda...(semoga blog ini enggak dihapus hingga ratusan tahun kedepan....hehe) Alhamdulillah...usai sudah perjalanan terakhir saya di pabrik yang sangat hebat ini...dan lagi2 sore hari ini sore yang sangat indah.

Tidak biasanya saya memperhatikan lampu2 office dan pabrik yang mulai menyala...tidak biasanya saya memperhatikan keindahan yang terpancar disana...(padahal saya dulu juga sering pulang jam2 segini..sampai rumah biasanya istri sedang bercerita, karena anak2 sudah mau tidur...tapi pemandangannya rasanya biasa2 saja..)

Hari ini adalah terakhir saya boleh parkir diparkiran depan office ini...dan ini terakhir kalinya security mengangkat tangan, hormat dan berpesan agar saya hati-hati dan memastikan telah memakai sabuk pengaman...

Mohon maaf temen2 security..saya tidak bisa berpamitan satu persatu kepada anda...teruskan lari pagi ceria anda... Perjalanan pulang dengan udara yang sangat sejuk..membuat suasana hati saya sangat lega...saya telah selesai bersekolah di kampus kelas dunia...dimana segala sesuatu tidak ada yang sempurna..pasti adayanglebihbaik-adayanglebihbaik- dan adayanglebihbaik lagi - lagi- dan lagi....

Oya seandainya saja anda tahu begitu hebatnya orang Indonesia, begitu pintar dan cakapnya teman2 saya merangkai mobil di dalam sana pasti banyak yang percaya...ketika anda membaca tulisan saya ini, mereka telah menyelesaikan 3-5 mobil mewah yang mungkin seperti mobil kesayangan atau mobil impian anda. Dahsyat kan..?

Selamat tinggal Pabrikku, Selamat tinggal sahabat2ku, selamat tinggal ilalang...saya akan selalu mengenangmu...

Semoga Anda Terinspirasi...

Salam Hangat...

Hadi Kuntoro

http://hadikuntoro.com/

http://rajaselimut.com/

NB: to Temen2 di kampus 'Selimut Jepang'

- Insya Allah selimut Berbie Trio Princess dan New Spiderman hari kamis ini sudah mulai ada stock lagi...dan saya sudah booking dalam jumlah sangat besar buat anda....

- Saat ini permintaan selimut untuk hotel2 juga sudah mulai mengalir..apakah anda tidak tertarik juga untuk bermain di hotel2 dekat tempat anda..? Denger2 maksimal 2 taun sekali mereka ada renewal...alias mengganti selimut2 yang lama ke baru...

- Beberapa LSM di Aceh juga mulai mengorder selimut2 Cashmere dalam jumlah besar untuk para ekspatriat..apakah anda juga ada yang menjadi bagian rumah tangga dari para ekspatriat...sangat mungkin ini kesempatan buat anda...

2 komentar:

Adi Widyatmoko mengatakan...

Pak Hadi,

Anda luar biasa..., saya terinspirasi sekali. Baca tulisan anda saya mau nangis...
Saya masih amphibi pak..dan saya sedang gelisah juga untuk menjadi full TDA.
Semoga sukses pak...

Salam,
a d i
adi-pratama@telkom.net

chichi mengatakan...

Pak hadi, saya sedih membaca blog Bapak pagi ini. Saya jadi teringat beberapa tahun lalu pada saat berpamitan dengan teman - teman saya di kantor lama untuk pindah kerja di kantor sekarang. Rasanya rame sekali kaya permen nano - nano....

o ya pak. Kalau spiderman new dah datang besok saya akan segera order lagi.