Pertanyaan dari Sahabat di awal usaha...

Diabwah ini saya tampilkan dialog singakt lewat email
dari sesorang yang saya sendiri belum lihat orangnya.
ternyata menyenangkan menjawab pertanyaan2 usaha kita
seakan-akan kayak menulis ulang apa-apa yang kita
lakukan di masa yang lalu

> - Toko Bapak dimana?
"Toko saya ada di jalan raya kalibaru barat, tepatnya
kalo bapak dari bekasi mau ke arah pulodgadung kan
lewat jembatan layang kranji, setelah naik jembatan,
ada belokan yang kekiri bapak langsung belok dan ambil
jalan kearah tol bintara (atau kearah rawabebek) nanti
akan melewati perumahan harapan baru II, harapan baru
I...nah tempat saya persis sebelah kanan jalan kalo
bapak ketemu masjid besar. Namanya Radissa Distro.
kalo mau datang telp saja ke 0813.17357117 (Ami) untuk
toko yang satunya ada di daerah yakni wonosobo, dan
Insya Allah MInggu depan 1 lagi di banjarnegera"

> waktu berapa lama agar omzet mencapai target?
"kedua toko saya buka 16 mei 2006. agar mencapai
target omset lebih dari 500 ribu perhari tadinya
planning saya setelah 2 bulan jalan, alhamdulillah
belum sebulan rata-rata sudah >1 jutaan"

> - Dulu proses buka tokonya gimana?Sewa dulu?
langsung beli? Kalo sewa berapa? Kalo beli berapa? Ada
biaya bulanan apa aja n berapa?

"Toko yang jakarta menempati lahan nganggur mili
saudara dan saya membangun 3x4 dengan biaya 16an juta,
dekorasi cukup baik menurut saya silahkan saja bapak
lihat dan menilai (ceile... bukan promosi lho..)dan
kami samapi saat ini tidak da pembicaraan sewa menyewa
karena yang punya tanah menolak untuk
membicarakannya...laku saja saya ikut seneng
ko...katanya..
Toko yang wonosobo kami menyulap garasi yang tidak
terpakai pak dan justru yang di wonosobo ini yang kami
desain sungguh2 pakai desainer yang murahmeriah karena
kami dapat dari temen kuliah adik saya"

>Trus proses mengisi barang dagangan bagaimana?
"Saya hunting barang2 yang ada di benak saya paling
ideal dan sesuai kata hati saya"

>Bagaimana mendapatkan produsennya? Konsinyasi / beli
putus?
"Kami melakukan beli putus pada awalnya, dan
belakangan buanyak yang nawarin konsinyasi"

> Kalo beli putus lalu ga laku trus barangnya diapain?
"Yang tidak laku saya lempar ke daerah karena di
daerah kecepatan mode tidak sehebat jakarta"

>Apakah toko dikontrol sendiri atau menggunakan
pegawai?
"keduanya pak Istri saya dan karyawan, terus di daerah
adik ipar dan karyawan juga"

> Jika menggunakan pegawai, bagaimana cara mengontrol
pegawai agar tidak curang?
"Penjualan harian kami catat dengan benar apa2 yang
laku dan setiap jumat toko saya buka abis ashar dan
dari pagi kami inventori untuk mengecek kesesuaian
stok dengan barang keluar masuk, tapi terus terang
hingga saat ini karena baru sebulanan kami belum
teliti bener dan masih banyak salah2 hitung tapi kami
akan improve terus"

> Hmm.. itu dulu deh Pak.. ga enak hati nanya
banyak2... :)
"Nggak apa2 pak karena saya senang menjawabnya"

> Terima kasih banyak ya Pak.Salam(saturyad@yahoo.com)
"Sama2 salam juga buat keluarga pak"

Hadi Kuntoro

__________________________________________________
Do You Yahoo!?
Tired of spam? Yahoo! Mail has the best spam protection around
http://mail.yahoo.com

1 komentar:

Ryad Kusuma mengatakan...

hehe.. pertanyaan itu datang dari saya, Ryad.

waktu itu saya terinspirasi dari cerita pak Hadi, dan ingin tau lebih jauh (baca: nyontek).

setelah dapat email itu, saya dan istri coba datang ke Radissa dan liat2 disana. untung pak Hadi sdg ga ada, soalnya kita sebetulnya malu juga datang cuma liat2, hehehe...

sekarang kita sdg berusaha mengikuti jejak Pak Hadi utk dagang, di plaza cibubur lt. 3 (atas KFC), juga jual rabbani n d'gang. belum sesukses Pak Hadi, tapi lumayan utk ukuran kita.

kalo pas ke cibubur, main2 ke tempat kita ya Pak.. nanti ada special surprise lah... :)

Ryad 0812.9573.739