DONGENG AKHIR PEKAN "CUSTOMER ADALAH DOSEN KILLER ANDA"




Temen-temen sembari santai leyeh-leyeh... saya tak mendongeng... nostalgia jaman sekolah duluuu
"Nyong paliiing sebel nek lagi ngimpi jaman sekolah SMA...rasane seneeeng.... agi seneng-senenge...eh malah nglilir....( saya paling sebel kalau lagi ngimpi jaman sekolah SMA..rasane seneng... dan lagi seneng-senengnya eh tiba-tiba terbangun)" yang suka ngobrol kayak gitu obrolan cewek-cewek teman SMA kalau lagi kumpul.... dan saya pendengar yang baik...hahaha... saya sendiri heran... kalau yang lain-lain ngimpine apik-apik sampai kecewa kalau terbangun...lha saya sebaliknya...kalau ngimpi jaman sekolah malah kringetaan... dan kalau bangun rasane seneeeng... fuiihh.... untunglaaahhh...cuma mimpi...kata sayaa........

Kalau Orang lain ngimpi sekolah yang masuk cerita-cerita yang indah-indah...lha kalau saya malah cerita yang menakutkan....hahaha.....dan setiap kali ngimpi sekolah selalu yang muncul impian itu 😡😡😡.... rasa-rasanyanya saya sedang kuliah dan hari itu ujian.... dan soal ujiannya suliiit sekaliii.... dan saya tidak bisa mengerjakannya... dan saya merasa bersalah sekali karena bakalan enggak lulus... saya kasihan dengan Mae... πŸ˜°πŸ˜­πŸ˜΅πŸ˜΅πŸ˜“.... itu yang terbayang... dan jika terbangun rasane seneng sekali... fiuuuhh.... syukurlaaah saya sudah luluuuuusss..... malah saya sekarang sudah kerjaaa.....
Saya lulus SMA tahun 1990 (heheh...sudah tua yaaa...) ikut seleksi penerimaaan mahasiswa baru (Sipenmaru) alhamdulillah lolos di Teknik Mesin UGM.

Menjadi mahasiswa paspasan ....uang saku dari orang tua hanya cukup untuk makan 2x saja sehari.... itupun menu paling murah saat itu... karena kadang harus fotokopi-fotokopi buku... saya kadang ngeles-ngelesi anak sekolah....
Ke sekolah jalan kaki sekitar 5km dari koskosan... kadang dapat pinjeman sepeda Onthel...waktu itu belum banyak mahasiswa bawa mobil.... namun yang orang-orang tuanya mampu bisa naik motor....
Di kampus ada seorang dosen yang sangat terkenal killer (kalau memberi nilai supeeer iriiit super peliit...enggak ada toleransi..salah yo salah...) ....dan menjadi legenda killernya.... memberikan nilai D & E itu biassaaa.....dan seringnya E... hahaha.... (Nilai mata kuliah itu ABCDE, A paling baik dan E paling jelek)
Kalau dosen-dosen lain.....jika ada ujian tertulis...secara rumus bener...secara itung2an bener...namun hasil akhire kok salah...kadang masih di maklumi...ooo mahasiswa ini bener...hany saja waktu memecet kalkulator salah hitung saja...misalnya ....maka kadang suka ada toleransi......Namun Dosen satu ini tidak....
Kadang ada dosen yang meski ujiane salah dan harusnya nilainya D namun karena rajin datang kuliah gak pernah absen maka dikasihnya  nilai C lumayan. Nilai C itu lulus meski minim...hehehe
Namun Pak Dosen yang Killer ini tidak ada toleransi...serajin apapun datang kuliah kalau nilainya E ya tetep E. sebaliknya meski ujian bagus...jika kehadirannya enggak bagus ya tetep E jugaa... mungkin beliau berpikir yang rajin kuliah saja E apalagi yang sering bolos...hehe...
Dosennya baik, lembut, sudah sepuh (tua) , murah senyum...namun karena seringnya ngasih nilai E maka senyuman beliau terasa bagaikan senyuman pembunuh berdarah dingin...deretan giginya yang nampak rapi bagi kita seperti deretan huruf E-E-E-E.... hahaha...
Beliau Profesor Ahli Ilmu Logam, dan mata kuliahnya Ilmu Logam sebuah mata kuliah yang menakutkan karena enggak ada literatur Indonesia, banyak hapalan-hapalan rumus maupun istilah-istilahnya dan banyak itung-itungannya....
Ilmu Logam I & Ilmu Logam II adalah mata kuliah yang dibayangan kita seperti jembatan "Shirotol Mustaqim" bagi mahasiswa teknik Mesin...jika 2 mata kuliah ini bisa lulus dapat nilai C saja itu sudah perlu dirayakan...artinya jalan/ jembatan paling sulit sudah berhasil di laluiii
Ilmu logam adalah ilmu yang mempelajari sifat-sifat logam dan cara pembuatannya...
kadang ada mahasiswa yang 5 tahun sudah lulus semua mata kuliah yang lain namun gara-gara ilmu logam ini lulusnya bisa 7 tahuuun...lha gak lulus lulus...πŸ˜“πŸ˜“πŸ˜±πŸ˜±
dulu tahun 90an rata-rata kelulusan mahasiswa teknik mesin UGM adalah 6tahun 7 bulan

hahaha...siapa yang bisa dapat nilai A dipastikan dipastikan dia akan jadi orang kalau entar lulus...hahaha....

jika sebuah perusahaan cari karyawan lulusan teknik mesin UGM cukup lihat nilai Ilmu Logam nya...jika nilainya bagus pasti dia pinter...πŸ˜ƒ

Ilmu Logam I di Semester 3 saya dapat nilai B....πŸ•ΊπŸ•ΊπŸ•Ί

Nha yang seru adalah Ilmu Logam II semester 5 saya dapat nilai E....😰😭

Mengulang lagi di Smester 6 dapat nilai D

Wes pokoke semua energi saya habis-habiskan untuk belajar Ilmu logam II dan saya ambil lagi, mengulang ke Semester 7....dan tibalah saat ujian akhir....
Pas giliran hari H ujian akhir kondisi saya sakit...asma saya kumat... obat asma habis... nafas sesaak sekalii...namun saya memaksakan diri tetep datang... kali ini enggak boleh enggak lulus

Harus Lulus....

saya sesak nafas mungkin karena keseringen wayangan belajar sampai malam... ke perpustakaan... ngerokok juga...😜😜 kondisi drop...maka asma kambuh...

saya minjem sepeda teman, meski sesak nafas saya paksakan menggenjot pedal dan kadang harus istirahat sejenak.. meredakan nafas duluu.....
Dan akhirnya sampai ke ruang ujian... soalnya isian, dan Close Book alias buku harus tertutup kagak boleh ngintip-ngintip... soalnya ada 5... 1..2..3..4... terasan lancar...rasanya degdegan kok kali ini lancar amat...
Rasane Optimis Inshaa Allah nilai B ditangan...saya mengintip dan bisik-bisik ke teman disamping saya...jawabanya sama...whuaa..rasanya amaan....tinggal soal ke 5...pak Profesor berkeliling kelas dengan 40an mahasiswa yang sangat hening...
Soal nomor lima jawabannya agak panjang... rasanya mengganjal...ragu-ragu apakah jawaban saya benar..? saya tanya ke teman  belakang kok jawabane berbedaa....namun saya enggak pede... rasanya ada yang salah hitung.... cuma yang mana...rasane gelisah....
Saya menengok ke belakang.... mencocokkan jawaban saya dengan teman yang di belakang... akhirnya teman dibbelakang berbaik hati memberikan kertas jawaban ujiannya ke saya... dan dengan degdegan saya cek...oo rupanya saya salah sedikit langkahnya... owkee saya paham... kertas saya kembalikan... wuiih bakalan sempurna nilainya.... eh... rupanya gerak gerik saya diperhatikan dan saya enggak sadar.... pak Profesor memperhatikan kecurangan saya...

Beliau tiba-tiba datang ketempat saya dan mengambil lembar jawaban ujian saya.... saya rasanya shock...seperti petir di siang bolong...karena sudah  ngulang 2 semester gak lulus...😡😡😩😩😩

Waduh habislah sayaaa.... terbayang belajar 1 semester habis-habisan... terbayang Mae kasihan... merasa bersalah.. bingung.....pasti mengulang lagiii...

Rasa sesek nafas berubah menjadi perasaan bersalah...malu dan khawatir...

Waku ujian selesai... saya  blank tidak konsen bingung mau ngapain... namun saya ada ide... besok saya akan menghadap....mau mohon maaf...  dan esoknya akhirnya saya ke ruangan beliau di kantor... saya ketok pintu... dipersilahkan masuk dan duduk oleh sang profesor... "ada apa dik..?"

kata Pak Profesor dengan senyuman khasnya...senyuman  E-E-E

Dengan bergetar saya memperkenalkan diri...saya mahasiswa yang kemarin ikut ujian..mohon maaf kemarin saya melakukan kecurangan dan mohon diampuni karwna 4 soal saya sudah yakin bisa  hanya sajan soal nomor 5 saya tidak konfiden dan mencontek kawan saya....

Pak Profesor tersenyum...dan bilang "enggak apa-apa kamu hebat sekali berani datang dan mengaku..salah..."

Sayapun keluar ruangan dan rasanya sedikit lega...mudah-mudahan permohonan maaf saya dikabulkan....

Dan 3 hari kemudian pagi-pagi ke kampus teman-teman heboh, nilai ujian keluar dan dipajang di papan pengumuman, ada yang tostosan karena lulus..ada yang manyun...dan dengan degdegan saya cari nilai saya, tidak tertulis nama hanya ID saja....mungkin supaya enggak malu kali yaa... dan ketemu...  Nomor ID mahasiswa saya TM16321 dan ternyata saya mendapat nilai E alias nilainya 0

: πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

sudah 3 semester mengulang...nilainya E-D-E...dan harus mengulang lagiii...😭😭😰😰😰
Akhirnya semester 7 mengulang yang ke 4 kalinya dan kali ini tidak main-main dan saya mendapat nilai A..!
Daaan...hingga kini pengalaman kuliah Ilmu logam II ini menjadi semacam trauma...sering  ngimpi kuliah....stress dan bangun-bangun rasane seneeeng....πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ
Apakah temen-temen punya pengalaman trauma seperti itu....???
Pengalaman punyan Dosen penguji atau Guru yang sangat killer...???
Kalau temen-temen menjawab belum..ataubtidak pernah karena enggaknbkuliahn atau enggak sekolah berarti Anda Kurang Jeli
Sebenernya di kehidupan para pebisnis ada dosen yang sangaaaat kileerrr.... jauh lebih killer daripada Profesor sayaaa.....
Siapa Dosen Yang Paling Killer..?? dia adalah Customer-customer Anda
Kemarin ada salah satu Worldteam yang ngobrol dengan saya... "Pak apa yang salah dengan saya yaa...total customer saya tak cek sudah ada 400an tapi kok pada hilang semua...yang beli berulang hanya 2 or 3 orang..!!"
"Hahaha....pasti 400 orang itu firstline semua kan..?" tanya saya...
Worldteam ini perstasinya luar biasa...tiap bulan selalu dapat penghargaan karena punya 3 firstline..bahkan pernah 9 firstline...😱😱
Etos kerjanya luar biasa..kerja dari pagi samapai tengah malam biasaa...namun yang mengherankan adalah VP nya naik turun...kadang 3000 kadang 1500...kadang 500...naik lagi 2000...bulan berikutnya 0...😱😱
Dan pada suatu hari saya mengorek cerita tentang cara menjalankan bisnisnya....ternyata ternyata beliau tiap hari sibuk mencari firstline namun mengabaikan customer yang lama..
jadi kerjanya capeeek sekaliii...jika dia ke NC jika dia bergerak ke dia dapat income namun jika berhenti maka tidak ada transaksi sedikitpun
customer-customer yang lama tidak ada yang bertahan...tidak ada yang datang lagi dan beli lagii.... Retensi nya mendekati 0
Ibarat kuliah di Teknik Mesin, maka di bisnis NC juga ada pelajarsn Ilmu Logam, bahkan 3...

Ilmu Logam I, II, III...πŸ˜ƒπŸ˜ƒ
Dan Ilmu Logam di Bisnis ini dosennya lebih kiler lagi dari Profesor Saya...
Bener-Bener tidak ada toleransi..
bener-bener tidak ada alasan...
Jika
Ilmu I lulus... nilai A
Ilmu II lulus..nilai A

ternyata nilai Ilmu III ternyata nilainya E, alias tidak lulus...maka ujian-ujian sebelumnya yang dianggap lulus oleh   dosen anda dianggep tidak lulus..!! itulah Killer atau kejamnya Dosen ands di Bisnis NC

3 mata kuliah itu saling terkait.. pokoke ada 1 saja tidak lulus maka SEMUA DIANGGEP TIDAK LULUS
3 Mata  Kuliah itu adalah :

1. Membimbing Customer agar dapat Hasil Produk

2. Menyampaikan Edukasi Hingga Customer Bener-Bener Paham Edukasinya

3. Menjalin hubungan (Bonding)  peseduluran /persahabatan yang Baik dengan customer hingga sampai ke level Empati..
Customer yang masuk ke NC sudah program...jika pada akhirnya Tidak Lanjut alias tidak mau beli produk lagi ke anda... Meskipun Hanya Sekaleng Shake maka anda pasti dinilai Gagal oleh dosen anda di salah satu dari 3 mata kuliah itu..m

Mungkin Edukasi anda yang gagal...meskipun anda merasa sudah ceriwis memberikan edukasi...inget... Edukasi itu sukses jika ilmunya Masuk ke Kepala Customer sehebat apapaun anda orasi...jika customer tidak memahami omongan anda...maka Anda gagal...dan perlu mengulang lagiii....m
Mungkin Bonding anda yang gagal...meskipun setiap sore anda sudah main dan mengirim buah, soto, gethuk... tapi jika tidak muncul empati di customer maka anda harus belajarrr...mengulang  pelajaran bonding lagiiii

Jangan Pernah menyalahkan Customer yang beli shake seharga 300rb ke orang lain sementara di anda 417rb... jangan pula menyalahkan orang lain... namun interospeksi diri anda.... mungkin kurang edukasi...mungkin kurang bonding...

Pelajarii... dan interospeksi mengapa hubungan anda dan cuatomer nilainya kalah dengan uang 100ribu perak?

jangan menyelahkan customer karena itu seperti menyelahkan Dosen... menyalahkan Sang Profesor yang memberi nilai E kepada diri anda..πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

Customer adalah Pak Profesor yang dengan kacamatanya dengan sangat tegas menilai anda E
Karena anda tidak berkompeten di Matanya...
- Pak Bagaimana yaa..tetangga sebelah diskonting..?
- Pak bagaimana yaa..member NC  saya di sign up orang lain..?
- Pak Bagaimana yaa..mwmber saya sekongkol semua memboikot dan meninggalkan saya....😜😜
- Pak Bagaimana yaa..member saya berhenti minum shake karena mahal katanya....
jika masih ada member EST yang mengeluh seperti itu sudah faham yaa...anda harus mengulang kuliah Ilmu Logam lagiii....😜😜
Kemarin saya ketemu ngobrol dengan staff corporate yang menurut saya sangat kritis... "saya tidak menilai orang herbalife dari level atau lamanya di herbalife...meskipun senior dan 15tahun di Herbalife...jika saya lihat struktur VP nya tidak jelas ya nonsen....apapun teorinya saya ketawain saja.....

lha 15 tahun di herbalife...kan berarti sudah 180 bulan, jika sebulan punya 2 customer saja...maka sudah punya 360 customer.... jika 1 customer beli sekaleng shake saja seharusnya 4000 sd 5000vp ditangan dong...

lha ini 3000vp saja ngosngosan....artinya selama 15 tahun cuma berapa gelintir customer yang repeat order....😩😩"
hehehe...ternyata sederhana yaaa.....
Fokuslah ke Retensi Customer yakni dengan khidmat hadapi satu persatu custoner kita....agar setidaknya membeli SEKALENG SHAKE SEBULAN
Jika Seminggu anda berhasil merawat 1 customer saja...dan dia memesan berulang terus menerus SEKALENG SHAKE sebulan saja maka dalam sebulan anda akan dapat 4 customer
Setahun anda memiliki 48 customer
2 tahun anda memiliki 100customer
3 tahun anda memiliki 150customer
jika 1 orang beli sekaleng saja...UMR anda setelah 3 tahun adalah 3000VP
jika kurang dari itu....anda bener-bener MAHASISWA BANDEL yang harus mengosongkan pikiran dan belajar lagi dari nol...
Pelajari Ilmu
HASIL PRODUK- EDUKASI - BONDING
baca berulang-ulang dari awal saya menulis... pahami maksudnya... semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar: