CERITA NARWATI, PEDAGANG IKAN KELILING DARI KROYA SUKSES MEMBUKA NC (NUTRITION CLUB)


Sabtu 21 Oktober 2017

Assalamualaikum wr. wb
Selamat malam semuanya
perkenalkan nama saya narwati saya dari adiraja adipala, saya Menjadi Supervisor Bulan Februari 2015.


Básic saya adalah dulunya penjual ikan keliling
Awalnya diherbalife saya punya infeksi Karena oprasi wasir.total turun bb hanya 5 kg tp yg jelas kesehatan semakin membaik


Saya jatuh cinta bgt sama prodaknya. Saya bingung dalam hati saya apa saya bisa beli terus y. Harganya mahal sekali.tapi malah membuat saya semakin penasaran ko ada makanan harganya semahal uní. Ada apa dg makanan ini  y. Akhirnya saya komit ahh saya akan sisihkan uang setiap hari utk beli dua kaleng Shake utk satu bulan. Prinsip saya waktu itu biarlah saya masukan makanan sedikit tp berkualitas dari pada saya makan berlebhan malah akhirnya ga sehat

Suatu saat saya diajak sts ke pwt sama mba Bidan Dewi seponsor saya
Dan saya jadi tertarik utk ikut jualan prodak.dalam dalam hati saya "saya mau nunut minum "
Dulu jualan saya semau saya karena saya belum sekolah. Jadi mindsetnya masih Sales

Karena waktu itu saya juga ijin suami ga boleh. Kalau ikut bisnis nya .waktu itu día takut kalau saya jadi orang sukses (takut nya saya berubah mungkin). Kata día saya bakalan sukses día tau saya orangnya ga gampang menyerah. Makanya ga boleh
Terus saya bilang kamu tenang aja saya hanya pengin nunut minum aja. Ga ada tujuan lain
Aduh gimana ini
Ternyata apa yg pernah día omongkan bener diherbalife sering Ada training dan kata pak dosen semuanya penting

Bisnis seperti itu sering pergi pergi aku ga mau kalau kamu sering pergi kasihan anak anak. Kata saya udahlah kamu tenang aja saya pasti tau porsinya. Mana yg memang saya harus berangkt dan mana yg tdk

Tapi begitu saya punya team kebetulan suami teamku itu temennya día saya jadi boleh pergi pergi

Saya jadi berpikir saya harus punya team. Kalau mba dewi yg ajak saya abaikan karena suami protes "mba ga ush dicontoh día itu ga repot"
Día yg mempersilakan kalau kamu mau pergi boleh tp pilih yg bener bener penting 
Awal diherbalife saya sering mau menyerah. Saya keluar utk nimbang orang ga boleh. Katanya kasihan bgt masa saya nimbang nimbang orang dipasar
Tapi saya ga kehilangan akal saya duduk diteras samping rumah saya taruh tanita disamping saya
Ketika ada tetangga lewat tak suruh mampir "yuuu ngeneh tak kandani rika rep maringendi tek cek lemake yyy"

Ya iyalah makanya kalau aku nimbang atau kasih flyer kamu ush kasihan. Kamu bantu aku
Banyak juga yg closing waktu itu. Suami jadi oh ternyata cara kerjanya seperti itu
Setiap Ada yg lewat atau ada orang mau pesen sesuatu atau beli kayu
Temennya diajakin semua dan 3/4 persen closing semua
Kalau kamu punya temen sini suruh progam
Tapi tetep kalau diajak training dia ga tertarik. Sebenarnya bukan ksrena herbalifenya tp día memang ga mau kalau harus duduk belajar. Mendingan utk kerja kata dia
 Menjalankan bisnis herbalife saya juga pernah diusir. Anak nya kepengin progam minta ditimbang saya diusir. Waduh ko didunia ini ada orang yg kaya día y
 Sebenarnya saya sedih  tapi membuat saya semakin semangat. Saya akan buktikan kalau saya bisa sukses dan bukan saya yang datang mencari orang tp orang yg akan mencari saya.dan saya pastikan mereka yg negative akan berbalik positive kepd saya
Dan sekarang doa saya sdh terkabul méreka satu persatu mulai mendekat

DMO yg saya lakukan nomor satu saya nimbang bagi bagi voucer flyer
Utk tamu rata rata antara 10-15 kurang lebhnya segitu
Pernah banyk bgt sampai 30 tp kurang kekontrol karena saya sendiri lokasi juga sempit. Jadi saya batasi kalau sdh 15 saya ayem
Nanti kalau udh ada yg mau selesai sibuk lagi ngundang
Santai
Tapi mungkin nanti kalau sdh punya tempt yg memadai kepengin kaya mba iza custamer nya sampai 60
Atau janjian kondangan bareng
Saya folow up kecustamer biasanya saya main atau lewat hp. Atau kalau hari minggu ketemu dipantai
Masalah mengelola keuangan. Dulu saya sering ga punya uang jangankan 1000 rupiah 100 perak ajá saya sering ga pegang 
Kan bisa ngobrol santai
 Saya sdh terbiasa dg kesederhanaan
Ketika saya bisnis diherbalife saya seneng duit saya banyak (menurut saya ).sebenarnya kalau saya mau memanjakan diri juga bisa tp aku punya cita cita kepengin punya tempat khusus jadi saya punya komit saya ga akan ambil transferan .waktu sekolah dimagelang Pak dosen bilang uang transferan ga ush dipake. Utk kebuthan rumah tangga ngambil dari penghasilan nc. begitu pulang saya langsung buka rek. Lagi untk transaksi padahal saya waktu itu ga tau saya mau dpt transferan berapa tp saya nurut aja
Ketika saya dpt transferan saya berusaha jangan ambil.kalau saya pengin kebuthan tercukupi saya harus rajin ngundang
Itu aja prisip saya
 Soal ruko waktu baru dibangun sdh tak tanyakan tp temenku bilang udh laku semua
Jadi saya kepengin bikin diatas. Bawah utk suami rencana saya diatas
Tapi suatu saat saya jalan jalan eh Ada nomor HP dijual
Terus saya hubungi
Saya konfrmasi sama suami. Suami setuju
Trimakasih bagi yg sdh mau menyimak
Mohon maaf apabila ada kata kata yg mungkin ga pas
Ini aku ngeprint tadi dikit


Bukan saya mau pamer tp Pak hadi memaksa saya utk sharing
Kalau boleh jujur sebenarnya saya minder berteman dg teman teman yg ada digroup ini. Dari sisi ekonomi maupun pendidikan. Tapi kata pak dosen minder itu negative. Jadi saya bunuh rasa itu. Prinsip saya sekarang kamu makan herbalife sama saya juga untuk menghibur diri
Kamu minum nite work sama saya juga minum 
Trimakasih semuanya mudah mudahan bisa menginspirasi
Wasalamualaikum wr. wb
Selamat malam semuanya
Maaf kalau selama ini saya jarang komen tp saya selalu nyimak Dan menjalankan jika sekiranya saya mampu

Yang saya salut adalah...bagaimana mbak Dewi membimbing mbak Narwati hingga mau menyisihkan hasil jualan untuk 2 kaleng shake tiap bulan....ini *strategi fokus customer* yang luar biasaaa....dan sekarang nampak hasilnya kan....?

Ternyata fokus customer itu luar biasaaa


*Suami Takut Saya Sukses*

Saya itu TKI wurung. sudah daftar ke Taiwan sudah ke jakarta, malah sampai disana malah jalur Taiwan tutup. Mau daftar ke Hongkong suami kewatir karena pergaulan si Hongkong terlalu bebas katanya...

Akhirnya saya manut disuruh pulang. Eh dikereta mau pulang lagi asyik-asyik ngisi teka teki silang malah tas e di colong wong...akhirnya pulang cuma bawa baju thok...

Sejak itu selalu ingin punya usaha sendiri. saya perhatikan kok jualan ikan kayane kepenak, datang-datang terus dirubung pembeli dan gak lama kemudian dagangan habis.

saya mencoba jualan ikan, keliling kampung kanan kiri nyangking ember sampai tangane kapalane...suami sampai gak tega...kalau saya mau dagang mau naik ke angkot saja gak mau bantuin, mungkin enggak tega kali yaa...

ke kampung-kampung  yang jauh saya naik angkot, nanti turun angkot ngangking 2 ember keliling kampung...

lihat orang lain gampang temen, eh basan dilakoni dewek tidak semudah yang dibayangkan yaa...

tapi setelah dijalani lama-lama lumayan...customernya banyak malah akhirnya bisa beli motor...

_suami saya melihat tekad dan ketekunan saya samlai heran_

makanya tahu saya mau serius malah suami melarang, karena suami yakin saya pasti sukses...barangkali kewatir kali yaa...nanti saya sukses  jadi wanita karier malah lupa sama suami...

*Tanya :*
bagaimana mengelola keuangan retail dan transfer..?

*Jawab :*
Saya sudah terbiasa dengan uang yang minim, sebelum menjadi pedagang ikan saya kepengin jadi TKW. Jadi meskipun nilaimya kecil, uang retail NC itu sudah cukup besar. Bahkan uang retail saja kadang bisa kita tabung, kita hanya ambil sedikit untuk nunut makan. Transferan2 full untuk tabungan, sehingga bisa DP ruko 90juta full dari Herbalife. _Jika mau hasil lebih besar lagi maka harus bekerja lebih keras lagi..._

Tidak ada komentar: