ATHLEISURE, SELAMAT DATANG DI INDONESIA

ATHLEISURE, SELAMAT DATANG DI INDONESIA

"kemarin waktu kita ke main ke mall Pakuwon di Jogjakarta (dulunya Hartono Mall),  pada saat kita mau menonton film Avatar yang baru, kami berjalan melewati lantai 2 di mall itu, ada sebuah pemandangan yang sangat menarik, yakni Lebih dari  separuh tenan (toko2)  yang ada di lantai 2 dikuasai oleh toko-toko olahraga yang menjual sportwear dan perlengkapan perlengkapan olahraga yang lainnya yang tampak mencolok adalah sepatu-sepatu olahraga hampir semua merk yang terkenal tampil di lantai 2 mall itu.... Dan dulunya di lantai 2 ada banyak toko-toko fashion yang terkenal namun nampaknya semuanya mereka tergusur digantikan toko-toko olahraga....." ini adalah obrolan saya dengan Om Sabtu kemarin saat main ke rumah Ma'e di Karangkobar

Ini sebuah fenomena yang sangat menarik yang membuktikan bahwa disrupsi itu kadangkala dilakukan oleh komoditas barang yang tidak sejenis.... Kalau dulu misalnya kita jualan sebuah merek baju muslim atau gaun misalnya maka yang menjadi kompetitor kita yang harus kita waspadai adalah mereka yang membuat baju muslim atau gaun merk lain......

Tapi sekarang tidak dikhianati tidak diduga banyak barang-barang komoditas yang akhirnya kalah bersaing di pasaran dan yang mengalahkan itu bukanlah barang yang sejenis namun barang-barang yang lain..... Yang sama sekali bahkan tidak diperhitungkan

Kenapa sekarang toko baju-baju olahraga dan perlengkapannya merajalela di mana-mana tidak hanya di mall-mall yang di Jogja namun seluruh mall yang ada di Indonesia yang sekarang lagi ramai adalah tempat-tempat penjualan perlengkapan olahraga.....

Siapa yang mengatur mereka ya...? Siapa yang menyuruh atau  mengarahkan mereka..? Obrolannya semakin mengasyikkan ketika kita mengevaluasi diri kita sendiri.....


"Om Yoyok coba perhatikan dalam sebulan berapa jam kita memakai baju yang resmi atau baju yang pakai kain-kain seperti dahulu, dan berapa jam kita memakai kaos sepatu olahraga dan celana training....??" setelah kita melihat diri kita sendiri kita tertawa bareng.... Iya ya sekarang kita jarang banget pakai baju kain, celana kain, yang kita pakai hari demi hari ya celana training dan  jeans, dan sekarang jenis jinnya pun jeans Yang kainnya mulur seperti celana training.... Dan atasannya kaos-kaos olahraga....πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

Siapa yang ngatur-ngatur kita seperti itu ya...? Kemudian saya mengamati seluruh anggota keluarga... Semuanya juga sama seperti kita dan kalau kita amati lemari kita sekarang lipatan-lipatan pakaiannya lebih dominan pakaian olahraga dan selebihnya tidak sampai seperlimanya adalah pakaian-pakaian kain.....

Bahkan orang yang tidak pernah olahraga pun kemana-mana sekarang pakai pakaian olahraga.... Mulai dari training, legging, tshirt, Jaket, bahkan sekarang datang ke acara-acara yang formal seperti seminar, training, bahkan salat di masjid pun kadang pakai training dan kaos....πŸ˜ƒ

Di jalan-jalan, di toserba, di kantor-kantor, sudah tidak asing dan aneh kita sekarang menyaksikan ibu-ibu pakai legging yoga, bahkan Elon Musk ketika menemui Pak Jokowi juga pakai baju santai kaosan.....

Saya membayangkan, jika orang-orang yang bisnisnya baju-baju gaun atau baju-baju kain tidak bergerak dari sekarang suatu saat pasti mereka akan kebingungan mereka telah kehilangan pasar oleh sebuah kekuatan yang tidak pernah diprediksi sebelumnya.....

Dan pertanyaan Siapa yang mengatur semua ini...? Dari mana tren itu datang...? Sedikit demi sedikit mulai terjawab setelah saya melihat film dokumenter yang mengupas mengenai fenomena Athleisure

Apa Itu Athleisure..??  ‘Athletic (atletik)’ dan ‘Leisure (santai)’. Fashion style ini menjadikan pakaian olahraga sebagai pakaian kasual, mengaburkan ‘garis pemisah’ antara fungsi pakaian dan fashion. Beberapa pakaian seperti Training, leggings, jogger, sneaker, tracksuit adalah beberapa model pakaian olahraga yang populer digunakan dalam tren athleisure ini.

Di film dokumenter yang saya tonton, fenomena itu diamati di kota industri fashion Milan, yakni ada fakta menarik sebelum tahun 2000-an kota-kota di Milan melaporkan penjualan baju-baju gaun, jaket-jaket bulu, pakaian2 kain baik yang resmi maupun santai, penjualannya cukup dominan.....

Setelah menonton film dokumenter itu barulah kita paham ternyata trend itu sudah terbaca semenjak lebih 10 tahun yang lalu.... Yakni tepatnya setelah industri tekstil menemukan bahan sintetis yang sangat nyaman dipakai yakni Jenis Spandek dan Lycra

Bahan itu sangat ringan... Mengikuti lekukan tubuh... Tidak menyerap air terlalu banyak, tidak banyak menyebabkan alergi, dan dari situlah sebenarnya para ahli mode sudah memprediksi suatu saat pasti ini akan mendisrupsi bisnis tekstil.... Dan benar saja hari demi hari tren itu terus berjalan dimulai dari lebih dari 10 tahun yang lalu trend itu sekarang sudah sampai ke Indonesia tidak hanya di kota besar dan di mall-mall namun bahkan sampai kota-kota kabupaten saja sekarang di dalam ganggang sudah mulai muncul toko-toko Sportwear

"wah Kita juga harus memperingatkan Mae ini.... Barang-barang dagangannya harus dipastikan mengadopsi sesuatu yang baru ini karena kalau tidak suatu saat nanti Mae pun akan terkena imbasnya... Suatu saat nanti meskipun di kampung bapak-bapak dan ibu-ibu yang pergi ke sawah pasti akan memakai pakaian-pakaian sport wear juga..." πŸ˜…πŸ˜…

Dan disrupsi disrupsi  seperti itu terjadi di segala bidang... Termasuk apa yang kita makan... Makanya alangkah bersyukurnya kita sekarang ada di Herbalife......

Kalau cara berpakaian saja Bisa bergeser ke sana ayo kita tebak kira-kira nanti makanan akan bergeser ke mana...? Makanan pun pasti akan bergeser ke hal yang mendukung trend Itu......


Pakaiannya nampak sehat bugar dan mereka pasti akan mencari makanan yang mendukung kesehatan dan kebugaran......

Sehingga sekarang industri makanan apapun semuanya sedang sibuk bergerak agar mereka berkontribusi menjual komoditas yang ada kalimat-kalimat Nutrisi - nya

Hampir semua industri multi level marketing yang tadinya tidak bicara nutrisi sekarang bicara nutrisi nutrisi dan nutrisi.....

Iklan-iklan di televisi perusahaan yang biasanya menjual susu sekarang juga bicara nutrisi nutrisi nutrisi

Mereka semua paham karena arah dunia akan ke sana.... Dan lihatlah bisnis kita sekarang kita bisnis apa.....??? Kita di Herbalife ini adalah bisnis pelopor nutrisi yang pertama kali di dunia

Jauh-jauh hari sebelum orang mengenal Apa itu nutrisi kita bahkan sudah sangat paham menjelaskan Apa perbedaan makanan dengan nutrisi......

Pada saat orang lain bertanya-tanya makanan yang sehat itu apa...? Nutrisi yang sehat itu apa...?  Karbohidrat sih apa? Protein sih apa...? Di sini bahkan kita sudah bisa menjelaskan detail mengajarkan meal plan berapa komposisi karbohidrat yang harus dimakan dan protein berapa persentasenya dan lemak yang sehat berapa takarannya....😱😱😱

Teman-teman gelombang besarnya di mana orang-orang akan paham akan sadar dan mereka akan menjadikan Herbalife sebagai nutrisi yang pokok untuk mereka, belum datang saat ini, saat ini barulah permulaan gelombang besarnya akan datang 5 sampai 10 tahun yang akan datang

Sama seperti trend  Athleisure  yang sudah dimulai lebih dari 10 tahun yang lalu di negara maju baru terakhir-terakhir inilah benar-benar mulai kita rasakan dan baru akan booming mungkin dua atau tiga tahun yang akan datang di Indonesia

Dan disrupsi seperti itu ternyata juga terjadi pada produk-produk lain... Di Wonosobo dulu ada kawan saya yang bapaknya sukses sekali bisnis cuci cetak foto... Ada tiga kawan saya Chinese yang kaya raya dari bisnis itu... Dan sekarang tidak jelas mereka bisnis apa karena efek dari setiap orang sekarang bisa memotret sendiri pakai kamera telah meluluhlantakkan bisnis mereka sampai tidak tersisa.......

Dan kemarin ada disrupsi yang sangat menarik yang tidak dikhianati diduga, HP telah Mendisrupsi Sepeda....😱😱😱 

Cerita ini saya dapatkan dari Mas Arbi, di mana keluarganya adalah turun-temurun juragan sepeda yang sangat terkenal di Serang, beliau bercerita Baru kali ini ada fenomena yang menarik saat liburan sekolah biasanya penjualan sepeda terutama sepeda anak-anak biasanya tinggi sekali namun sekarang hampir tidak ada perubahan yang signifikan dibanding hari-hari biasa..... Dan itu juga dirasakan oleh juragan-juragan sepeda yang lain... Dan disinyalir kenapa penjualan sepeda tidak ada kenaikan karena gen Alfa yakni generasi kelahiran di atas 2020 lebih menyukai main HP di saat liburan daripada main sepedaan....😱

Pokoknya bersyukur.... Hingga kita detik ini masih ada di Herbalife jika itu disebutnya kebetulan atau keberuntungan maka itu kebetulan yang sangat luar biasa yang sangat harus kita syukuri... Karena saat ini kita bukanlah sesuatu yang Di Disrupsi, atau tereliminasi dan hilang karena lahirnya sesuatu yang lain.... Tapi justru Herbalife lah yang terus akan mendisrupsi....😱😱

Dan sebagai wujud rasa syukurnya.... Marilah kita jangan sia-siakan kesempatan ini... Jika saat ini bisnis kita belum berkembang maka pelajarilah hal-hal yang baru dari orang-orang yang saat ini tetap eksis bahkan ada pertumbuhan.....

Untuk berhenti dari Herbalife dan berpikir untuk fokus ke bisnis yang lain saya sarankan teman-teman berpikirlah seribu kali dulu baru diputuskan.... Atau jika memang harus menjalankan bisnis yang lain bisnisnya Herbalife jangan ditinggalkan.....

Karena bisnis yang lain yang bukan Herbalife teman-teman pasti tidak akan paham sesungguhnya apa yang nanti akan mendisrupsi bisnis yang lain itu.....

Karena big bangnya cepat atau lambat pasti akan muncul... mungkin 3 tahun lagi atau bisa jadi 5 tahun dari sekarang   !!

Dan kemarin pada saat kita ada training dari MOJ lewat Zoom yakni tabtim training, emoji menjelaskan mengenai garis besar 10 tahun yang akan datang Herbalife akan ada di mana...😱😱 Herbalife akan ada di mimpi yang fantastic... Dan itu akan sangat membanggakan.... Bahkan saking senengnya, MOJ bahkan mau kembali menjadi CEO, meskipun gajiannya sebulan hanya 1 dolar saja....😱😱😱

Teman-teman MOJ  adalah salah seorang yang terbaik dalam sejarah perusahaan  Walt Disney... Beliau termasuk TOP CEO dunia, dan MOJ  juga lah orang yang paling berjasa meledakkan bisnis Herbalife yang semula 20 negara menjadi lebih dari 90 negara...😱

Nah kalau kita mau meninggalkan Herbalife dan bisnis yang lain siapakah yang menuntun visi kita...? Apakah bisnis yang lain itu 5 tahun yang akan datang masih eksis...? Jangan-jangan bisnis itu sudah hilang 5 tahun dari sekarang....

Semoga dongeng saya malam ini bermanfaat dan menambah semangat teman-teman untuk bangkit kembali ayo lari lagi siap menanam benih lagi di 2023

Perhatikanlah Unilever.... sebelumnya gak bicara Nutrisi, sekarang lihat Misinya di tahun 2020an....😱
Perhatikan Trend Sportwear Dunia, dan trend ini juga akan terjadi pada Produk-Produk Nutrisi
Trend Athleisure

Semogaq dongengan ini menginspirasi temen-temen semua


Hadi Kuntoro

Mendongeng dari kaki gunung Dieng

*KISAH PENGELANA & POHON DEWANDARU

Alkisah zaman dulu ada seorang Pengelana yang sangat kelelahan karena berjalan terus-menerus perjalanan panjang yang terasa penat dan melelahkan.....

Tiba di suatu tempat dia ingin beristirahat di bawah pohon yang sangat rindang dan rasa panas sengatan matahari terasa sejuk di bawah pohon itu.....



Wah rasanya nyaman sekali... Jika ada angin yang sejuk semilir pasti akan semakin nyaman di sini... Dan tahu-tahu bertiuplah angin yang sangat semilir dan nyaman


Wah seandainya ada alas yang empuk di bawah pohon ini pasti aku bisa tidur terlelap.... Dan tiba-tiba saja muncul lah alas tidur yang sangat empuk bagaikan bulu angsa ...


Wah ajaib sekali bisa muncul alas seperti ini berarti ini pohon ajaib.... Seandainya saya bisa rebahan sambil makan makanan yang enak Pasti sangat menyenangkan... Dan muncullah makanan-makanan yang enak.....


Habis makan matanya sayup-sayup mengantuk dan seandainya ada musik seruling sayup-sayup Pasti akan sangat nyaman ya pikirnya.... Dan benar saja suara seruling itu muncul sayup-sayup....... Dan dia mulai terlelap......


Menjelang sore dia terbangun... Dipikirnya itu mimpi.... Tapi ternyata semuanya nyata begitu terbangun semuanya masih ada.... Namun dia cemas hari Mulai senja dia takut jangan-jangan nanti gelap sekali malam hari..... Dan tahu-tahu malam yang gelap dan pekat datang....


Dia semakin takut dan resah... Jangan-jangan di dalam kegelapan itu akan muncul hantu-hantu yang menakutkan.....


Dan benar saja hantu-hantu itu datang dari berbagai penjuru dan sangat menakutkan.....


Orang itu sangat takut dan dan dia berkata alangkah celakanya Aku ada di bawah pohon setan dan pasti hantu-hantu itu marah dan akan membunuhku.... Dan benar saja akhirnya hantu-hantu itu mencekik dan membunuhnya.....


Pohon itu namanya pohon Dewandaru dalam cerita wayang...... pohon itu pohon keramat, kamu minta apa maka terwujud


Apapun yang kamu katakan maka itulah yang akan kamu dapatkan...... itulah hukum alam yang berlaku dibawah pohon dewandari itu


Seandainya waktu sore hari orang itu bersyukur... Sudah sore tapi saya bersyukur karena ada kasur dan makanan seandainya ada pagar Pasti sangat nyaman ya Aku tidak kedinginan.... Maka akan muncul pagar yang kokoh.....


Hei jika aku malam ini ada temannya yang bisa diajak ngobrol pasti lebih menyenangkan lagi.... Maka akan didatangkan lah orang-orang baik yang akan menemani dia.....

Menurut Cerita pewayangan, pohon Dewandaru itu terbang melayang ke angkasa dan menjadi Rembulan dia membuat sejuk orang-orang yang ada di bumi.....


Namun meskipun nampak Jauh, keramatnya masih terasa bahkan di seluruh dunia... hukumnya tetap berlaku, selama kamu masih ada bisa melihat rembulan maka cerita yang seperti si pengelana itupun berlaku terhadap dirimu..


Jika hari-harimu diisi dengan hal-hal yang positif, cara memandang yang positif, berimajinasi masa depan yang baik, mengingat memori-memori berlalu yang baik, menginginkan sesuatu yang baik maka apapun kondisimu saat ini hidupmu akan bergerak menuju sesuatu yang baik.... namun sebaliknya jika selalu mencemaskan sesuatu, berimajinasi yang buruk, berkata-kata yang tidak baik, memandang segala sesuatu dari sisi yang membuat hatimu negatif.... maka terkabul juga... masa depan harapan-harapanmu yang tidak baik pun akan datang....


Kamu akan memilih bernasib menjadi orang yang seperti apa di 2023..?


Hadi Kuntoro

mendongeng dari kaki gunung Dieng

CONTOH KASUS FASE - FASE PERUBAHAN

Sebuah tulisan menarik Saya copas tulisan menarik tentang aplikasi Kubler Ross Model.

AKI MOBIL MATI

Salah satu contoh terbaik dari Kurva Perubahan Kubler-Ross adalah contoh Aki Mobil Mati. Contoh yang diberikan berikut dengan jelas menunjukkan proses transisi dari satu tahap ke tahap lainnya.

Ini pagi musim dingin yang dingin, dan di luar gelap. Ada lapisan tipis embun beku di tanah tetapi Anda terlambat bekerja dan karenanya harus bergegas ke mobil yang diparkir di luar. Saat Anda memasukkan kunci kontak dan menyalakan mobil, Anda menyadari bahwa baterainya mati. Berikut ini adalah demonstrasi yang jelas dari tahap transisi Kubler-Ross:



  1. - Terkejut dan penyangkalan – Reaksi pertama Anda adalah keterkejutan dan penyangkalan mutlak. Anda tidak percaya ini terjadi pada Anda ketika Anda sudah terlambat, dan karena itu Anda mencoba menyalakan mobil lagi dan lagi.
  2. - Kemarahan – Sekarang setelah Anda menyadari bahwa mobil tidak dapat dihidupkan, Anda mulai merasa marah dan sangat marah dengan situasi tersebut.
  3. - Tawar -menawar – Bahkan mengetahui itu tidak akan membantu, Anda mulai meminta mobil untuk dihidupkan, sekali saja. Anda berjanji dalam pikiran Anda bahwa Anda akan mempertahankannya dan mengisi baterai sesegera mungkin.
  4. - Depresi – Semua pikiran negatif mulai mengalir ke pikiran Anda. Anda mulai merasa tertekan, sedih dan putus asa. Anda takut pekerjaan Anda akan diambil dan melihat sekarang jalan keluar dari situasi tersebut.
  5. - Penerimaan – Sekarang Anda mengetahui apa yang harus Anda lakukan selanjutnya. Anda dapat naik taksi dan memutuskan untuk menangani situasi tersebut nanti.

MEMAHAMI PERUBAHAN

 Pandemi yang terjadi 2 tahun yakni 2020-2021 menyisakan cerita *post pandemic* yang bagi para pebisnis yang tidak paham bahwa "segala sesuatu akan terus menerus berubah" akan menimbulkan trauma yang bisa jadi akan berkepanjangan jika kita tidak menyadari alur proses perubahan.

Ada penjelasan yang menarik dari artikel yang saya baca di https://www.cleverism.com/understanding-kubler-ross-change-curve/ bahwa ternyata segala seuatu itu ada polanya. Memahami akan pola-pola ini membuat kita paham saat ini kita berada dimana dan kemana kita sedang menuju


1. Fase Shock

Adalah sesuatu yang rasanya datang mendadak dan tidak kita duga sebelumnya, ini seperti kita kesandung batu ketika jalan, atau kepala kejedot (terbentur) sesuatu... Kita kayak orang yang kaget

 Kaki kesandung... Kaget dan kepala terbentur, kemudian jatuh menimpa lantai yang keras, tangan pegangan kursi kursinya roboh menimpa dan kaki menendang lemari lemarinya roboh menimpa....πŸ˜€πŸ˜€ Kadangkala susul menyusul seperti ini

2. Fase Denial (Penolakan)

Rasane kepingin mengingkari...πŸ˜ƒ Rasanya berpikir ini hanya mimpi.   , apa ini..?! gak mungkin ini terjadi pada saya, Gak ah ini paling ming ngimpi wae, eh paling tidur entar juga bangun. eh pagi-pagi bangun masih sama..... tidaak..!

3. Fase Frustasi

Di Fase ini kita banyak Mempertanyakan. kenapa ini terjadi pada saya..?

Masak siih, selama ini kan saya baik-baik saja, saya kan orang baik nggak pernah jahat sama  orang lain, saya kan suka memberi, dan banyak kok yang lebih jahat, kenapa harus saya yang menderita kayak gini...?

Ya Allah Please not Me. Mbok yang mengalamai kayak gini jangan saya...pliss deeh... 😭

Kalaupun cobaan ini benar untuk saya semoga hanya sebentar, , tapi mudah-mudahan ini sesuatu yang baik-baik saja, sebentar juga lewat, saya pasti akan ada skeario baik buat saya, tenaaag ini hanya sesaat saja, e]nggak mungkin bangkrut, gak mungkin begini, gak mungkin begitu,  please ya Allah, kalau sampai begini gimana, kalau begitu gimana, kalau  bangkrut gimana anaka saya, gimana istri saya, kalau putus gimana, kalau utang macet gimana, kalau disita gimana, kalau ditangkep polisi gimana. Kalau dipenjara gimana. Kalau cerai gimana, gimana-gimana-gimana...   tahapan ini tahapan full Permohonan... Sulit tidur .. malam terasa panjang .. namun juga gak kepengin segera pagi karena siang pun juga bingung mau ngapain. .... 

Siang rasanya capek dan kepingin segera malam agar istirahat... Ternyata saat malam istirahat juga kepikiran pagi bangun juga masalahnya masih .. hehehe

4. Fase Depresi

 Ini adalah fase yang paling berat.... Orang rasanya pengin menghancurkan dirinya sendiri di fase ini... Racun mana racun... Tali mana tali... Di mana gedung yang paling tinggi ya... Di mana jurang yang paling dalam ya... πŸ˜ƒ Lirak lirik wkwkwk

Depresi adalah tahap di mana seseorang cenderung merasakan kesedihan, ketakutan, penyesalan, rasa bersalah dan emosi negatif lainnya. Dia mungkin sudah benar-benar menyerah sekarang dan mungkin sekarang mencapai jalan buntu dari jalan yang hanya tampak gelap. Seseorang mungkin menunjukkan tanda-tanda atau ketidakpedulian, penyendiri, mendorong orang lain menjauh dan tidak ada gairah terhadap apapun dalam hidup. Ini mungkin tampak seperti titik terendah dalam hidup tanpa jalan ke depan. Beberapa tanda umum depresi termasuk kesedihan, energi rendah, merasa kehilangan motivasi, kehilangan kepercayaan pada Tuhan, dll

5.Fase Experimen (semoga-semoga)

  1. Ketika orang menyadari bahwa melawan perubahan yang datang dalam hidup mereka tidak akan menghilangkan kesedihan, mereka pasrah pada situasi dan menerimanya sepenuhnya. Sikap pasrah mungkin bukan tempat yang menyenangkan tetapi merupakan tempat di mana orang tersebut dapat berhenti menolak perubahan dan bergerak maju dengannya.

Sementara beberapa orang benar-benar mengundurkan diri dan masuk ke dalam keadaan energi rendah yang dalam, yang lain mungkin mencoba memanfaatkan waktu yang tersisa dan mencari peluang baru. Seseorang telah sampai pada titik kedamaian dan siap untuk menghadapi apa pun yang harus terjadi selanjutnya.

Di titik ini mulai ada sedikit sinar terang, mulai tawar-menawar, berharap-harap... Mulai menerima .. semoga tidak berkepanjangan ya, semoga saya menemukan keseimbangan baru, semoga menemukan peluang baru, semoga menemukan cara yang baru, semoga mendapat kejaiban...semoga..semoga..dan semoga... , semoga Allah menunjukkan pintu-pintu yang lain, dan biasanya di fase ini kita sudah mulai terbiasa dengan penderitaan dan penderitaan yang kemarin sudah tidak dirasakan lagi bahkan kita sudah mulai bisa bermain dengan hal-hal yang baru.... Mulai bisa menerima keadaan...

Baiklah...saya terima sepenuhnya, ini memang Kenyataan, saya begini  saya begitu, oke saya rugi, oke saya gak punya mobil lagi, oke rumah disita dan harus ikut mertua, oke saya bangkrut,  oke saya putus, oke orang tercinta wes meninggal pulang ke alam sana,  oke saya bercera, Oke... Oke dan oke .. saya harus hadapi itu adalah kenyataan.... itu fakta, dan saya harus memulai lagi dari titik nol ini,...

Suka atau tidak suka hidup harus terus tetap dijalani sampai batas suatu saat nanti dan saya tidak bisa berlari untuk bersembunyi....

Hal kecil apapun yang saya mulai pasti lebih baik daripada berdiam diri gak jelas. 

Di Fase inilah kita bisa berpikir jernih kembali.... berdiri lagi dan mulai bergerak lagi. di Fase ini orang akan mendengarkan nasehat, saran , masukan, bahkan kritik pun kadang sudah mulai diterima... its oke.... its oke..... 

Di sini nafas yang semula pendek-pendek mulai bisa bernafas panjang kembali.... 

Sudah mulai bisa berksta "Apapun yang terjadi pada diri saya, itu memang hal yang harus terjadi...dan saya bebas memilih untuk tetap tersenyum...enjoy.. dan saya siap memulai langkah baru dan mengawali semuanya dengan bahagia, dan ceria, saya adalah bagian dari cerita alam dan saya tidak bisa menolak semua hal yang bisa saya lakukan adalah menerima... Sebagai bagian dari alam"

Kalau sudah melalui fase eksperimen artinya kita sudah aman.... Karena sebentar lagi pasti kita akan bangkit berdiri berlari lagi menanam kembali dan akan panen lagi.....🀸🏼‍♂️🀸🏼‍♂️🀸🏼‍♂️

Bayangkan dulu Kita bodoh nggak bisa apa-apa saja Ternyata kita bisa kok lama-lama menjual sekaleng dua kaleng bahkan Akhirnya bisa jadi SC, QP, supervisor bahkan Akhirnya bisa jadi WT dan seterusnya di level sekarang ini ....

Bersyukurlah jika saat fase eksperimen saat fase bangkit berdiri dan berlari Kita masih ada di... Bersyukurlah... bersyukurlah bersyukurlah.... Karena di sini kita ada mentor-mentor yang senantiasa akan mendampingi....

Bayangkan kalau fase eksperimen atau bangkit berdirinya ada di bisnis yang lain yang sebelumnya tidak ada pahami.... Maka mungkin akan muncul fase frustasi lagi depresi lagi shock lagi frustasi lagi depresi lagi dan terus berulang-ulang.... Tidak bisa keluar dari kubangan2 shovk denial frustasi depresi.... Karena belum tentu di bisnis yang baru atau dunia yang baru itu kita dibimbing oleh mentor-mentor yang baik

Dan harus dipahami jika kita memiliki tim, rekan kerja, mungkin juga custpmer, bahkan mungkin pasangan,  semua orang tidak sama sangat mungkin bahkan dengan orang yang dekat saja fasenya berbeda-beda.....

Mungkin ada yang masih terjebak di kubangan frustasi..... Mungkin juga ada yang masih syok dan denial.... Atau bisa jadi masih di area depresi dan tidak keluar-keluar dari sana...

Yang paling penting adalah diri kita dulu saja pahami kita sekarang ada di posisi yang mana dan Ke mana kita akan menuju......

Semoga Bermanfaat






HOT LEADS, WARM LEADS & COLD LEADS

Mengapa  Wajib Menggali COI...??

Kita tim Avengers sudah paham Mengapa kita harus menggali coi jika kita melihat video-video KLW

Namun kemarin pada saat training nutrinition Club retreat di Bali ada tambahan informasi yang sangat menarik dari Raju dan Cynthia dari India


Jika kita pemburu dan tampak ada sasaran maka kita pasti akan mengukur mana sasaran yang peluang mendapatkannya paling besar


Sasaran itu dalam bisnis disebutnya prospek

Prospek/Sasaran itu ada yang sangat dekat dengan kita, asalkan kita tenang dan senapan kita arahkan dengan kalem, maka peluang sasaran yang sangat dekat itu akan kita dapatkan dengan mudah

Sasaran yang sangat dekat itu disebutnya HOT PROSPEK, atau bahasa Inggrisnya biasa ditulis dengan HOT LEADS

HOT LEADS atau sasaran yang paling dekat contohnya adalah : COI (Circle Of Influence, atau orang-orang yang ada di lingkaran pengaruh),Referensi dan Customer Lama yang pernah Konsumsi Herbalife

Apa bedanya COI dan Referensi...?

COI adalah sasaran-sasaran yang kita kenal 

Referensi adalah sasaran yang dikenal oleh orang yang kita kenal

Contoh :

Nina adalah teman sekantor,  maka Nina adalah COI dan ini Hot Leads, Saat ngobrol dengan Nina tentang Herbalife, mungkin Nina belum tertarik, no Problem namun bisa kita tanyakan kepada Nina Apakah ada kawan yang sering konsumsi obat-obat diet atau pelangsing...? atau temen-temen yang kurang nutrisi, sering sakit-sakitan, daya tahan tubuh lemah, selalu kurang fit dll...Nina menjawab ada namanya Tuti dulu teman SMA, maka jika anda menembak Tuti atas saran Nina maka Tuti disebut referensi.

Paham yaa....??

Oh ya selain sasaran tembak jangka pendek,  ada juga sasaran tembak JARAK MENENGAH, dan ada juga sasaran tembak JARAK JAUH.

Sebagai seorang pemburu anda bebas menembak yang manapun namun pemburu-pemburu yang cerdas dia akan menembak sasaran yang jaraknya lebih dekat Karena kemungkinan kenanya besar dan energi yang dihabiskan tidak sebesar kalau jarak sasarannya jauh

Misalkan di tangan kita ada tombak, mana rusa yang akan kita lempar tombak. ? Apakah yang jaraknya 5 meter, apakah yang jaraknya 10 m, ataukah kita mengabaikan keduanya dan kita mengejar yang jauh saja yang 100 meter dan baru nanti di tombak...πŸ˜€πŸ˜€ semuanya bisa kita upayakan namun selama masih ada yang jaraknya deket, maka itu dahulu prioritas kita 

Sasaran tembak JARAK MENENGAH sering disebut dengan WARM LEADS atau sasaran/prospek yang hangat

Contohnya kata   Raju dan Cintia :

Melakukan survei, bicara 1-1, memberikan icip-icip, melakukan undangan door to door untuk datang ke NC, bicara dengan orang-orang dalam sebuah forum

Sedangkan sasaran yang jaraknya jauh sering disebut COLD LEADS atau sasaran/ prospek yang dingin

Contoh COLD LEADS

Roadshow, Flyer, membagi undangan kepada orang yang tidak dikenal di jalan-jalan stiker, poster, hot pocket

Ayo teman-teman sekarang tugas anda adalah tuliskan mana sasaran sasaran tembak yang setiap hari selalu anda bidik saat ini...? Dan sebutkan Apakah itu termasuk hot warm atau cold...?