MBOK BISNIS SING WARAS BAE SI NGAPA... (MBOK BISNIS YANG MASUK AKAL SAJA...)

Saya punya teman akrab sejak kecil... kami saling ngobrol nasehat menasehati.... saya mengikuti perjalanannya dan kadang ikut terlibat bantu-bantu usahanya.... awalnya bisnis sapi.... dan beberapa kali berganti sekarang dia bisnis dan punya beberapa toko di seputar Purbalingga, Banjarnegara dan Purwokerto.                       

Bisnisnya baju muslim...anak-anaknya sudah pada kuliah....dan satu diantaranya sudah lulus                       

Dan bisnis Herbalife hebat nan menarik inipun tidak lupa kami sharingkan.... dan saya kalau ngomong apapun dia pasti tertarik karena percaya... jika saya bilang menarik maka dia yakin itu memang menarik.....                       

"Handoko, kowe mangkat maring acarane herbalife yaaa.... jenenge STS  mengko kowe mesthi terinspirasi mulai dari manfaatnya produk, hebatnya produk ini membangun tubuh, dan peluang kedepannya kayak apa dan di tangan orang seperti kamu Herbalife akan menjadi bisnis masa depan yang sangaaat buesaaarrr....." kata saya lewat telepon ......                       


"Yaaaa..jajal mengko nek ana wektu tak mranaaa......" katanya...hahaha.... style dia ini kadang bikin gemes...lha kita ngomong semangat-semangat jawabane santaiiii....hehehehe.....                       


Saya enggak terlalu banyak berharap namun jika sekali saja dia mau hadir dan faham,  wow pasti luar biasaaa...saya pesenin pokoknya di STS itu nanti datang sepagi mungkin agar bisa ikut acara nutrisi....karena ini paliing penting...... Agar dia paham... dengan makan ini tubuhnya akan ideal, dia pendek namun gueemuuuuknyaaa minta ampun sampai jalan saja ngosngosan waktu itu..... sudah gemuk pendek....pakai celana gombrang.... jenggote panjaang...whuaaa...komplit....waktu itu dia belum paham Herbalife itu apaaa.... karena gaya jadoel pokoknya semua orang digiring ke seminar...hahaha....

Itu adalah perbincangan pertama dan terakhir tentang herbalife.....hahaha.... di pertemuan-pertemuan berikutnya dia enggak pernah cerita sesuatu...sayapun tidak cerita sesuatu..hanya ngobrol saja tentang keluarga, anak sekolah, agama, bisnis syariah, saling cerita Emaknya masing-masing.....dll.....                       


Saya faham...jika sekali saya ngomong seharusnya dia tertarik... jika dia tidak membahas itu artinya peluang ini memang tidak menarik.... mungkin pas saya ngomong itu tidak terlalu meyakinkan... atau diam-diam dia telah mempelajari... entahlah.... saya maklum.... dan meski kadang ketemu kita enggak ceritakan herbalife....                       


Sampai suatu ketika dia main  ke Wonosobo, dan ke NC (Nutrition Club)...dari pagiii...siang mengamati, bahkan malamnya menginap di rumah kitaaa......                       


"Nhaaa....nek kayangkene lha jenenge bisnis e kowe waraaasss.... ini bisnis realistis " kata diaaa.....                       


"Lha emang kawit miyen iki bisnise wong edan apaaa...??" tanya saya sambil ketawaaa....
"hahaha..... tek cerita yaaa.... pas kowe awal miyen ngomong kae nyong penasaran... Toro sih bisnise janjane kayangapa... barang sing di dol si apaaa... diem-diem saya mempelajari.... yang saya tahu Herbalife itu MLM lha kok kamu ke MLM....." katanya mengenang beberapa tahun yang lalu                       

"Tapi saya percaya dengan kamu, kamu tidak akan terjun ke bisnis ini jika ini bukan sesuatu yang realistis...." katanyaaa                       

Dulu semasa SMP dia adalah lawan main catur saya yang tangguh.... kelihatannya orangnya biasa...agak eksentrik..namun otaknya kritis, realistis  dan cerdas.....                       


"Dulu yaaa....ketika kamu mengarahkan saya ikut acara Herbalife di Hotel, saya datang.... bayar satus apa satu seket....  nyong klalen (bayar 100rb atau 150rb saya lupa)" katanya                       

"Begitu masuk.... suasana lagi hening.... ana iringna musik ben tambah susah... pembicarane agi nangis.... nyong bingung...lha iki si apa deneng ana wong nangis segala.... dan gak lama kemudian tiba-tiba orangnya ketawa-ketawa... dan disusul pembicara yang lain, nganggo jas, dasi, dikawal wong (orang-orang) gagah jas-jasan kacamata ireeng.... hahaha... tekan panggung suarane banter semua orang berteriak nganti  oreg (heboh sampai bergetar) ...hahah...." kata Handoko sambil tertawa geli                       

"hahaha...terus prige" kata sayaa....                       

"Ya oweeeesss.... bocah edaan.... iki sih bisnis apa, bocah cilik bae si ngerti iki bisnis ora waras...hahahaha... tapi nyong ya mikir.... nggere kowe separah iki nganti bisnis kayangkene.... (tapi saya mikir apakah kamu cobaan ekonominya begitu parah sampai mau bisnis beginian).... rasane ana rasa melas...tapi nyong harep keprige ya bingung....( ada rasa kasihan tapi gimana mau menolong juga bingung)  hehehe " jawabnya...                       


Saya tertawaaa..... berarti duluu diam-diam dia ikut STS sesuai arahan saya, hanya saja datangnya terlambat, sehingga sessi nutrisi dia gak ikutan, mungkin ikutnya menjelang-menjelang akhir dan pas sesi yang pembicaranya cethar membahanaaa.....hahahaha....                       


Daan...sebenernya cerita yang seperti itu terjadi di Puluhan kawan-kawan bisnis saya yang lain di Jakarta, di Bandung, dan kota-kota besar lainnya.....                       


Inshaa Allah kita adalah "Whistle Blower" (Tukang Semprit) pertanda bahwa bisnis ini harus diubah cara bermainnya..... dan orang-orang disini adalah Garda paliiiing depan yang memberi contoh ke Indonesia...ayuk kita perhalus lagi bisnis ini...kita bikin lebih elegan lagi bisnis ini...                       


Hiduplah dari Retail.... jangan jadikan Transferan Royalti dan Bonus sebagai sandaran hidup kitaaa....                       


Berjuanglah ke arah sanaaa........                       


Jangan merelakan diri kita mendapat gelar “Leader Follow Up”


Leader Follow Up = orang yang mengarahkan agar team berkualifikasi ini itu...mengejar ini itu.... dengan harapan agar muncul Volume Organisasi....dan nanti di akhir bulan bak seorang penjala ikan dia menebarkan jala-jala, tepat saat dibawahnya sedang banyak-banyaknya ikan berkumpul..... dia adalah orang  yang membeli Volume di Akhir bulan agar dapat Royalti dan Bonus.....                       


Jika baru bisa bermain retail di 1000-1300, kenapa harus beli 2500 agar dapat Royalti...?
Jika baru bisa bermain retail di 2000 kenapa anda harus membeli Volume 5000 agar dapat bonus...??

Mengorbankan kenikmatan jangka pendek untuk tujuan mulia jangka panjang adalah langkah yang paling bagus untuk memenangkan permainan kitaaa....                       


Ayuk kita perkuat lagi....kita belajar lagi pondasi retail bisnis kitaaa....

Tidak ada komentar: