PENERBANGAN YOGYA JAKARTA (LAWATAN KE MALAYSIA)
“Selamat pagi pak Hadi, nama saya Jannifer crew yang akan melayuani anda selama penerbangan, kami ada minuman dingin pak Hadi, bapak mau minum apa...?” saya kaget pramugari itu menyapa dengan menyebut nama saya...
“Eh iya mbaak...terima kasih saya mau minum kopi pahit yaa...tanpa gula” kata
saya gugup karena baru memasang sabuk pengaman.
“Mohon maaf pak Hadi, kopi baru kami sediakan nanti pada
saat pesawat sudah diatas, sebelum mulai lepas landas kami hanya menyediakan
minuman dingin....” katanya sambil mendekap tangan di dada...
“oo...iyaa... jus apel ada..kalau ada itu saja deh mbak...”
kata saya...
“Oke pak Hadi ditunggu sebentar yaaa....” mbak Jenifer masuk
ke ruangan, saya tengok orang-orang yang duduk dipenerbangan kelas eksekutif dari Jogja menuju Jakarta, ternyata
bangku-bangku hanya isi separuh, sedangkan di bagian ekonomi penuh pagi ini...
Gak berapa lama Pramugari Jennifer datang membawa handuk
kecil yang dilipet kayak lemper hehehe.... sambil menyajikan jus apple dan cara
meletakkannya pun bangku sandaran di depan kami dialasi dulu dengann kain
putih.
“Pak Hadi selama terbang nanti kita ada breakfast (sarapan
pagi) kita ada menu ini-ini- dan ada ikan tuna hangat, bapak mau yang mana..?”
tanya Jennifer
“Saya mau tuna hangat saja.....” kata saya...dan Jennifer
masuk lagi..pessawat bergerak pertanda mulai lepas landas....dan pagi ini cuaca
cerah, dan setelah kondisi stabil, sabuk pengaman boleh dilepas, si Pramugari datang
lagi dengan membawa nampan berisi ikan tuna yang masih berasap....
“oyaa..pak Hadi tadi mau minum kopi hangat, kita ada kopi
tubruk ada kopi instan Nes* bapak mau yang mana...?”
“Mmm...kopi instan saja....”
“Mau pakai susu dan gula..?”
“Tidak.... tanpa gula tanpa susu....” kata saya...
Sebenernya tadi pagi
sudah sarapan Shake dirumah, namun melihat kepulan asap ikan tuna rasane
kepengin mencoba....rasanya enak gurih dan pedes... tadinya mau coba-caba saja
akhirnya ikan tuna habis wakakaka.... dan menjelang habis kopi datang....
Biasanya kalau naik pesawat kami memilih kelas ekonomi, dan Garuda
kelas ekonominya sudah bagus sekali menurut saya... namun lawatan ke Malaysia
kali ini, mungkin karena saya menjadi Pembicara, maka corporate Herbalife
Malaysia memesan tiket kelas eksekutif.... kalau bukan mereka yang pesan tentu
saja saya memilih yang ekonomi saja, ngirit hahaha....
Namun cerita singkat pagi ini membuat saya faham, ooo
ternyata pelayanan antara kelas eksekutif dan ekonomi berbeda yaa....?
penerbangan Jogja-Jakarta yang hanya 50menit itu jika di kelas ekonomi
pramugarinya mendorong-dorong gerobag isinya makanan, minuman, dan manannya pun
di kardus-kardus...dan kita dijataah... isinya roti dan air kemasan namun di
kelas eksekutif kita bebas memilih dan pramugarinya gak pakai dorong-dorongan
namun langsung pakai nampan dan penumpang dilayani satu persatu, sebelum
nyamperin ke bangkunya pasti dia sudah menghapalkan nama orang yang akan di
tuju....
Inilah yang namanya SERVICE EXCELLENT, merasakan di kelas
eksekutif memang beda yaa...padahal ini baru penerbangan Jogja Jakarta, gimana
kalau penerbangan ke Eropa atau ke Amerika yaaa... gimana kalau pesawatnya yang
lebih mahal dari Garuda yaa....
Saya membayangkan, jika saya sekarang ada di kelas Ekonomi
(yang sebenere sudah nyaman) namun mendapatkan pelayanan seperti ini Excellent
seperti ini takjub dan senengnya kayak apa yaa...?
Temen-temen pemilik Nutrition Club, apa yang saya rasakan di
penerbangan singkat ini perlu saya sharing, agar anda para pemilik NC
terinspirasi untuk memberikan service Excellent kepada customer anda meskipun
NC anda adalah NC kelas Ekonomi.
Banyak hal yang bisa kita ambil sebagai pelajaran, sebut customer dengan namanya dan itu terdengar lebih merdu daripadalagu yang terindah, wajah lurus dengan wajahnya, sesekali tatap matanya, senyum, lupakan HP, lupakan Group WA, Lupakan udpate
status FB, dan hal-hal lain yang mengganggu saat adna berhadapan dengan
customer anda di Nutrition Club (NC ) anda.
Jam 06.30 sd 9.30 adalah 3 jam istimewa dimana anda bisa
bener-bener fokus memberikan servis yang baik, service excellent untuk
customer-customer anda. Seperti halanya diri kita, mbak Jennifer itu pasti
memiliki sahabat, teman ngobrol dan keluarga dirumah...mungkin tadi pagi
anaknya rewel nggak mau sekolah, mungkin adiknya tadi pagi menelepon minta uang
untuk kos-kosan, mungkin suaminya baru saja membuatnya tidak
nyaman...dsb..dsb...namun semua itu tidak nampak pada Jennifer....
Ayuk belajar terus dan tingkatkan terus service excellent
kitaaa.....
Semoga bermanfaat
Hadi Kuntoro
Jakarta 10Agustus2017, perjalanan menuju LDW Malaysia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar