BERIKAN SERVICE EXCELLENT KEPADA CUSTOMER NUTRITION CLUB ANDA



PENERBANGAN YOGYA JAKARTA (LAWATAN KE MALAYSIA)



“Selamat pagi pak Hadi, nama saya Jannifer crew yang akan melayuani anda selama penerbangan, kami ada minuman dingin pak  Hadi, bapak mau minum apa...?” saya kaget pramugari itu menyapa dengan menyebut nama saya...
“Eh iya mbaak...terima kasih saya mau minum kopi pahit yaa...tanpa gula” kata saya gugup karena baru memasang sabuk pengaman.

“Mohon maaf pak Hadi, kopi baru kami sediakan nanti pada saat pesawat sudah diatas, sebelum mulai lepas landas kami hanya menyediakan minuman dingin....” katanya sambil mendekap tangan di dada...

“oo...iyaa... jus apel ada..kalau ada itu saja deh mbak...” kata saya...

“Oke pak Hadi ditunggu sebentar yaaa....” mbak Jenifer masuk ke ruangan, saya tengok orang-orang yang duduk dipenerbangan kelas  eksekutif dari Jogja menuju Jakarta, ternyata bangku-bangku hanya isi separuh, sedangkan di bagian ekonomi penuh pagi ini...

Gak berapa lama Pramugari Jennifer datang membawa handuk kecil yang dilipet kayak lemper hehehe.... sambil menyajikan jus apple dan cara meletakkannya pun bangku sandaran di depan kami dialasi dulu dengann kain putih.

“Pak Hadi selama terbang nanti kita ada breakfast (sarapan pagi) kita ada menu ini-ini- dan ada ikan tuna hangat, bapak mau yang mana..?” tanya Jennifer

“Saya mau tuna hangat saja.....” kata saya...dan Jennifer masuk lagi..pessawat bergerak pertanda mulai lepas landas....dan pagi ini cuaca cerah, dan setelah kondisi stabil, sabuk pengaman boleh dilepas, si Pramugari datang lagi dengan membawa nampan berisi ikan tuna yang masih berasap....

“oyaa..pak Hadi tadi mau minum kopi hangat, kita ada kopi tubruk ada kopi instan Nes* bapak mau yang mana...?”

“Mmm...kopi instan saja....”

“Mau pakai susu dan gula..?”

“Tidak.... tanpa gula tanpa susu....” kata saya...

Sebenernya tadi pagi sudah sarapan Shake dirumah, namun melihat kepulan asap ikan tuna rasane kepengin mencoba....rasanya enak gurih dan pedes... tadinya mau coba-caba saja akhirnya ikan tuna habis wakakaka.... dan menjelang habis kopi datang....

Biasanya kalau naik pesawat kami memilih kelas ekonomi, dan Garuda kelas ekonominya sudah bagus sekali menurut saya... namun lawatan ke Malaysia kali ini, mungkin karena saya menjadi Pembicara, maka corporate Herbalife Malaysia memesan tiket kelas eksekutif.... kalau bukan mereka yang pesan tentu saja saya memilih yang ekonomi saja, ngirit hahaha....

Namun cerita singkat pagi ini membuat saya faham, ooo ternyata pelayanan antara kelas eksekutif dan ekonomi berbeda yaa....? penerbangan Jogja-Jakarta yang hanya 50menit itu jika di kelas ekonomi pramugarinya mendorong-dorong gerobag isinya makanan, minuman, dan manannya pun di kardus-kardus...dan kita dijataah... isinya roti dan air kemasan namun di kelas eksekutif kita bebas memilih dan pramugarinya gak pakai dorong-dorongan namun langsung pakai nampan dan penumpang dilayani satu persatu, sebelum nyamperin ke bangkunya pasti dia sudah menghapalkan nama orang yang akan di tuju....

Inilah yang namanya SERVICE EXCELLENT, merasakan di kelas eksekutif memang beda yaa...padahal ini baru penerbangan Jogja Jakarta, gimana kalau penerbangan ke Eropa atau ke Amerika yaaa... gimana kalau pesawatnya yang lebih mahal dari Garuda yaa....

Saya membayangkan, jika saya sekarang ada di kelas Ekonomi (yang sebenere sudah nyaman) namun mendapatkan pelayanan seperti ini Excellent seperti ini takjub dan senengnya kayak apa yaa...?

Temen-temen pemilik Nutrition Club, apa yang saya rasakan di penerbangan singkat ini perlu saya sharing, agar anda para pemilik NC terinspirasi untuk memberikan service Excellent kepada customer anda meskipun NC anda adalah NC kelas Ekonomi.

Banyak hal yang bisa kita ambil sebagai pelajaran, sebut customer dengan namanya dan itu terdengar lebih merdu daripadalagu yang terindah, wajah lurus dengan wajahnya, sesekali tatap matanya, senyum, lupakan HP, lupakan Group WA, Lupakan udpate status FB, dan hal-hal lain yang mengganggu saat adna berhadapan dengan customer anda di Nutrition Club (NC ) anda.

Jam 06.30 sd 9.30 adalah 3 jam istimewa dimana anda bisa bener-bener fokus memberikan servis yang baik, service excellent untuk customer-customer anda. Seperti halanya diri kita, mbak Jennifer itu pasti memiliki sahabat, teman ngobrol dan keluarga dirumah...mungkin tadi pagi anaknya rewel nggak mau sekolah, mungkin adiknya tadi pagi menelepon minta uang untuk kos-kosan, mungkin suaminya baru saja membuatnya tidak nyaman...dsb..dsb...namun semua itu tidak nampak pada Jennifer....

Ayuk belajar terus dan tingkatkan terus service excellent kitaaa.....

Semoga bermanfaat

Hadi Kuntoro
Jakarta 10Agustus2017, perjalanan menuju LDW Malaysia

Tidak ada komentar: