Ada Apa Dengan "Made In Indonesia"

"Rasa percaya diri Bangsa Indonesia, dan kecintaan mereka pada diri sendiri masih sangat rendah, sehingga mereka yang memiliki kemampuan finansial tidak mau membeli produk dalam negeri dan lebih senang berbelanja di luar negeri." Kata Sang Samurai

Saya teringat ketika dahulu pernah main ke Shinjuku, surga berbelanja di Jepang, saya bertemu dengan banyak orang-orang Indonesia yang menenteng belanjaan dari sebuah butik terkenal. Dan saya juga ingat ketika saya membeli sebuah jaket yang menurut saya sangat bagus di sebuah butik di Kyoto, dan yang belakangan saya tahu itu "Made in Indonesia"..hehehe..lihat tulisan saya di 
LINK INI :

"Saya ada pengalaman menarik. Dari seorang kawan, yang memberikan masukan bahwa pasar Sajadah di Indonesia sangat bagus, karena mayoritas orang Indonesia muslim yang setiap orang rata-rata memiliki satu sajadah, maka sayapun mencoba membuat Sajadah Berbahan Acrylic seperti bahan Selimut Kami"  kata beliau. 
Lihat contoh sajadahnya di LINK :

"Ketika barang itu kami lempar ke pasar, kami sangat terkejut, karena penjualan memprihatikan sekali padahal produksi kami besar-besaran, dan setelah kami survei ke pasar kami kaget ternyata orang-orang lebih suka membeli sajadah yang lebih rendah harganya, meski cuma terpaut 2 ribu rupiah, sajadah itu buatan pabrik China, yang saya tahu bahannya amat sangat jauh kwalitasnya dibandingakn sajadah kami, dan pada sajadah itu tertulis 'Made In Turkiye' sedangkan sajadah kami  tertulis 'Made In Indonesia' " katanya mengenang peristiwa 3-4 tahun yang lalu.

"Apakah Made In Indonesia ini penyebabnya..?" kata beliau sambil bergumam..

"Akhirnya sajadah-sajadah kami di rombak ulang, label Made In Indonesia kita lepas dan berikutnya ketika di produksi lagi kami membuat label 'Turkish Design' ternyata laris..!" kata beliau sambil tertawa.

"Mengapa tidak sekalian 'Made In Turkish' saja Yasashi san.." tanya saya.

"Kalau dibuat 'Made In Turkish' artinya saya membohongi pelanggan, saya tidak mau. Kata-kata 'Turkish Design' itu menurut saya tidak apa-apar, karena motif sajadah yang saya buat Inspirasinya dari sajadah-sajdah buatan negara Turki yang kami ambil dari sana. Tadinya saya akan mmebuat sajadah dengan motif-motif Jepang, tapi saya takut malah di protes atau tidak laku sama sekali, karena Jepang tidak identik dengan Muslim..hahaha" kata Yasashi San..

"Dari sinilah saya tahu, orang-orang Indonesia tidak suka dengan buatan orang Indonesia sendiri, dan mungkin ini ciri-ciri orang di Negara yang belum maju atau belum siap maju. Dan saya hanya mengikuti saja apa yang mereka mau, makanya selimut-selimut yang anda jual di Indonesia pun kita tidak berikan label Made In Indonesia"

"Padahal kami membuat selimut-selimut untuk di Eksport ke Negara-negara maju, dan kami memakai tulisan Made In Indonesia, dan ternyata mereka yang di negara maju No Problem, bahkan saya tahu ternyata ribuan barang-barang bagus diluar negeri dibuatnya di Indonesia. Barang itu dikirim ke luar, di repackaging, dan dikirim ke Indonesia dengan harga yang puluhan kali lipat di bandingkan dengan harga kita jual luar"
Saya jadi inget selimut-selimut dari pabrik Yasashi San yang dikirim ke Amerika, yakni selimut yang bisa di dapat di Disneyland, atau di Wall Mart, atau ek Kmart, atau di KOHL, JCPenney dsb ternyata kemungkinan besar itu adalah selimut yang dibuat di Indonesia.


Saya berharap suatu saat nanti Yasashi San ini akan menjadi Pahlawan yang memperjuangakan Made In Indonesia...

Semoga anda terinspirasi dengan tulisan ini

Salam FUNtastic..!

Hadi Kuntoro


Note :
  1. Mau ikutan jualan grosir SAJADAH JEPANG..? silahkan lihat seperti apa barangnya di LINK INI
  2. Pengin tahu secara langsung bagaimana kiprahnya Yasashi San di Indonesia, Bagaimana perjuangannya di Indonesia, saksikan gambaran kiprah beliau di TRANS-TV pada hari Sabtu 4 April 2009, jam 12.00 siang, dimana saya dan Yasashi San akan muncul disana, dalam acara TRANS-TV yang berjudul "HIDUP INI INDAH". Shooting sudahb dilakukan pada tanggal 24-25 April 2009 yang lalu, dan semoga waktunya penayangannya tidak diundur..
  3. Siapa nama asli Yasashi San siapa sebenernya..? orang yang sering saya Juluki "Sang Samurai"  ini bisa anda lihat nama aselinya di Facebook Saya berikut ini : http://www.facebook.com/album.php?aid=68620&id=747141165

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Pak Hadi untuk tayangan raja selimut di Hidup Ini Indah, on air tanggal 4 april 2009 Insya Allah pasti tayang pada tanggal tersebut, kebetulan saya di Trans TV. Jadi termotivasi lagi nih, kalau untuk saya ada harga khusus sebagai agent gak Pak :-D ???
Salam Sukses Pak Hadi boleh nyantrik nih !!!

Harusnya Pak Hadi ini juga jadi narsum Bosan Jadi Pegawai nih ....

IMAM MALIK
Facebook:
http://www.facebook.com/profile.php?id=1079946301&v=photos&viewas=747141165

Taufan mengatakan...

Semoga Made In Indonesia gak akan jadi hambatan
Tapi saya kenal dengan TDA ers yang jago IT dapet order ratusan ribul US$ nya dari orang luar semua
Dan dia dengan bangganya mengatakan kalo dia orang Indonesia