SYAMAL&VINEETA RAI - 4 : PRINSIP-PRINSIP "HERBALIFE DAILY CONSUMPTION BASED BUSINESS"

Kepada para distributor distributor yang berbisnis benar-benar kita berikan pembekalan mental pebisnis yang sukses....... Dan strategi bisnis yang kita lakukan saat ini kita sebut "Herbalife Daily Consumption Based Business" (bisnis Herbalife yang berdasarkan konsumsi harian)

Apakah Prinsip-Prinsip Bisnis "Herbalife Daily Consumption Based Business" ..??

1. Fokus utama kita adalah meningkatkan  konsumsi harian  
 - Kita harus lebih produktif dalam mengundang

Jika sebelumnya kita tidak setiap hari  bertemu orang-orang dan bercerita, dan mengundang jika ke NC kita maka kita berubah mengundang ke NC dilakukan setiap hari

Jika sebelumnya Walk n Talk hanya situasional yakni ngomong dan ngajak ke NC kalau ada yang bertanya saja, sekarang kitalah yang menciptakan kesempatannya Jangan menunggu orang bertanya

Jadi yang kita Perbaiki adalah konsistensinya, berapapun angkanya yang penting konsisten, meskipun setiap hari hanya berkata kepada 1 orang pun no problem..... Fokus pada konsistensinya... Jika konsistensi sudah bisa kita lakukan tinggal kita tambahkan angkanya

- Perbanyak orang-orang baru (Firstlining)
kita harus sadari sebanyak apapun customer kita saat ini akan selalu ada orang-orang yang berhenti entah apa alasannya sehingga kita harus terus-menerus menambahkan orang baru

2. Saat kita merekrut (membuat seseorang menjadi member)  polanya harus jelas yakni kita merekrut seseorang yang sudah konsumsi 30 hari (Program NC disana 30 hari) atau orang-orang yang sudah memiliki customer

3. Goal kita adalah penjualan. Jika kita ingin 2500VP maka kita harus bisa menjual 2500VP.! Jika goal kita 5000VP maka kita harus memiliki customer yang cukup yang bisa menghabiskan 5000VP, kita perlakukan bisnis kita seperti  minimarket, yakni Jika menginginkan pembelian produk yang tinggi maka harus ada penjualan yang tinggi.

4. Fokuslah pada edukasi, karena orang-orang yang mau berubah hidupnya yang mau konsumsi nutrisi terus-menerus hanyalah orang-orang yang pemahamannya berubah, mindsetnya berubah, yakni orang-orang yang teredukasi, orang-orang yang tidak teredukasi hanya akan menjadi customer Yang lewat-lewat saja sesekali dan mereka akan kembali ke pola yang lama

5. Fokuslah kepada orangnya bukan fokus kepada volume Point yang harus dibelinya, Apa yang sebaiknya dikonsumsi setiap orang berbeda-beda, mereka yang pendapatannya 1000 dolar setahun tentu saja kemampuan membelinya berbeda dengan yang 3000 dolar setahun, jadi pada saat awal mengarahkan agar mereka konsumsi produk kita harus fokus kepada orangnya.... Tidak harus setiap orang membeli semua produk.... Fokuslah agar dia menjadi customer jangka panjang (long life customer) Setelah dia konsumsi barulah kita tambahkan yang lain-lainnya dengan cara menggali coi-nya

6. Fokuslah untuk menambah banyak jumlah konsumen daripada terlalu fokus menambah jumlah yang harus dikonsumsi oleh setiap orang

7. Jalankan bisnis dengan mentalitas etika yang tinggi, jika kita fokus kepada nilai yang diberikan kepada konsumen maka tidak perlu takut akan ada konsumen yang diambil oleh orang lain, karena kita akan seperti magnet yang dicari oleh customer bukan Kita Yang mengejar-ngejar customer

8. Nikmatilah prosesnya setahap demi tahap dan menikmati proses ini sangat penting, sama pentingnya seperti goal atau tujuan kita.. memiliki goal sangat penting menikmati proses juga sangat penting.... Awal-awal pasti akan banyak hal-hal yang harus kita perbaiki karena kekurangan dan kelemahan kita, no problem nikmati saja.

9. Slow is fast, if you want to fast you have to slow.
Strategi fokus ke customer ini nampaknya sangat lambat namun sebenarnya ini justru cara yang paling cepat, bahkan jika kamu benar-benar ingin cepat sukses maka caranya harus nampak  slow seperti ini

10. Jalankanlah prinsip-prinsip ini oleh dirimu terlebih dahulu, jangan berharap kamu berbicara  mengajarkan dan yang menjalankan adalah hanya orang lain saja sementara kamu tidak melakukannya. Bukan begitu caranya. Orang lain akan menjalankan justru karena melihat kita menjalankan.

Di klub kami tidak akan ada customer laki-laki yang datang jika saya tidak mengundang, demikian juga istri saya, jika tidak mengundang maka tidak akan ada customer perempuan.... Karena di tempat kami kepada orang asing orang-orang hanya bisa ngobrol dengan orang yang sejenis saja

Itulah perombakan-perombakan hebat yang kami lakukan di bisnis kami setelah melewati lima tahun pertama

Bisa disebut 5 tahun pertama adalah 5 tahun pembelajaran, bisnis kami naik turun, level kami mencapai miltim tapi kita tidak punya uang, dan Saya stress dengan organisasi kita karena setiap hari terus saja memecahkan permasalahan-permasalahan yang muncul berulang-ulang yakni tentang diskonting diskonting dan diskonting

Rupanya ketika tim terus digeber dengan promosi-promosi, mereka memang benar mengejar promosi itu namun caranya mereka melakukan diskoting

Mereka saling berebut customer, dan kita memiliki komitmen lima tahun berikutnya kita harus naik level dengan cara yang lebih elegan yakni kita fokus pada menambah nilai atau value kepada customer, tidak lagi ada cerita diskonting di dalam organisasi kami

Perhatikanlah grafik bisnis saya, grafik itu menunjukkan royalti Dari bulan ke bulan selama 5 tahun pertama, awal 2017 posisi kami millionaire team namun setelah itu bisnisnya runtuh, bahkan royalti kami hanya menyentuh 1600 Ro dan tim yang tersisa tinggal 1 GET dan 1 AWT

Gaya hidup dan gaya bisnis kami sebelumnya benar-benar bermasalah di level inilah kami minim sekali keuangannya bahkan untuk bayar sekolah anak-anak saja kami kebingungan saldo di rekening kami tinggal 100 Rupee atau Rp 15.000  dan di kantong kami tinggal ada uang 500 Rupee

\Benar-benar ironis, seorang millionaire team memiliki mobil tapi kadang  tidak punya uang untuk beli bensin, kalaupun kadang kala memiliki uang untuk beli bensin jarum bensinnya tidak beranjak jauh-jauh dari E, dan saya jago nyetir ngebut kalau bensinnya di level E....🤣🤣

Bisnis yang bagus.... Peluang yang sangat bagus.... Level yang sangat bagus... Lha kok faktanya nggak punya uang?? Artinya ada yang salah dalam Saya melakukannya....

Selama ini saya terlalu fokus kepada cek transferan..... Dan saya meremehkan pendapatan-pendapatan harian retail.

Awal perubahan tidaklah nyaman.... Karena kita ibaratnya melakukan perubahan cara memainkan orkestra.... Dahulu setiap langkah hanya kita yang sanggup melakukan, tim kita tidak bisa melakukan, dan sekarang Langkah Demi Langkah benar-benar kita perhitungkan agar orang kedua orang ketiga dan seterusnya tim kita di Line berapapun bisa melakukan hal yang sama

- Perubahan pola permainan itu itu kita mulai sejak 2017, dan tim Kita juga melakukan,  tepat 15 bulan kemudian sejak royalti kami 1600, akhirnya bergerak naik menjadi 10.000 Ro, dan kami menjadi presiden Tim di tahun 2018

- langkah-langkah kami yang sistematis dan sederhana menciptakan pebisnis-pebisnis baru yang bisa melakukan langkah-langkah yang kami lakukan sehingga hanya dalam waktu 6 bulan royalti kami naik menjadi 15.000, dan kami rekognisi presiden Tim 15k
- 10 bulan kemudian kami rekognisi 20k
- 12 bulan kemudian kami rekognisi 30k
- Dan awal tahun ini kami rekognisi 40k

Dan tahun 2020 kami melahirkan 1 presiden Tim baris pertama kami,  dan kami rekognisi 1 Diamond

Lalu menyusul
2D di tahun 2021
3D di tahun 2022
4D di tahun 2023

Kami selalu berpesan kepada tim juga buat diri kami sendiri apapun yang kita beli harus dijual..!

Dan di akhir bulan tidak ada lagi tim yang punya stok yang dibeli awal bulan atau bulan lalu

"Adalah wajar orang cenderung mencari barang yang lebih murah, namun sesungguhnya bukan yang murah itu yang dicari namun value atau nilai lah yang mereka beli, dan kita tidak bisa berkompetisi murah-murahan dengan orang lain"

Bagaimana caranya..? Kita pindah ke level permainan yang lebih menarik yakni kita fokus agar konsumen kita mendapatkan hasil produk yang bagus dan mendapatkan edukasi yang istimewa.... Itulah permainan baru yang kita putuskan

Selalu kita berikan edukasi kepada para pebisnis agar mereka tidak berlomba-lomba di perang diskon.

Dan satu hal yang sangat penting yang harus dilakukan oleh para sponsor adalah tunjukkan cara agar distributor di bawah kita bisa merawat customer dengan baik dan mendapatkan uang. itu adalah hal yang paling penting.

Sesungguhnya customer itu membeli nilai atau value bukan mencari diskon

- Kita harus bisa menjelaskan kepada tim bisnis bahwa customer hilang itu pasti akan terjadi sehingga kita harus terus-menerus secara produktif mencetak customer-customer baru

- Adalah masalah yang sangat besar jika kita memiliki banyak member namun para member-member itu tidak memiliki banyak customer

- 1 member bisnis setidaknya harus memiliki 10 sampai 15 customer jika angka itu belum tercapai maka terus-menerus ingatkan kepada tim bisnis

- Kalimat yang sebaiknya sering ditanyakan kepada timnya adalah berapa customer yang saat ini kamu miliki?

- Kita hanya bisa mengharapkan naik level jika kita terus melakukan first lining, menemukan orang-orang baru,  dan kita tidak bisa mengharapkan naik level hanya dari tim yang ada saat ini

- Change mindset, jika ingin naik level maka lipatgandakanlah jumlah customermu, seorang supervisor akan bisa melompat menjadi G ET Jika dia bisa menggandakan customernya menjadi 4 kali lipat dari sekarang, demikian juga dari GET menjadi miltim lipat gandakan empat kali jumlah customernya dari yang ada saat ini

- Demikian juga presiden Tim. Ketika royalti di bawah 10.000Ro rasanya mustahil bisa naik level menjadi 50K, namun jika kita bisa melipatgandakan 4 kali lipat customer kita maka tiba-tiba saja langsung terbayang mudah bagaimana menuju 50k. Semua harus dimulai dari change mindset

- Jika kita belum bisa menggandakan customer setidaknya dua kali lipat dari yang ada saat ini maka kecil kemungkinan royalti kita akan berubah

- Kenapa semuanya harus dimulai dari kita? Karena orang-orang lain akan melakukan apa yang kita lakukan bukan melakukan apa yang kita katakan

- Jadi fokusnya adalah ciptakan volume point dari selling, bukan menciptakan volume point dari pembelian, pikirkanlah prinsip toko grosir yakni mereka membeli apa yang mereka jual

- Jangan takut kelaparan, karena sudah sewajarnya menjadi seorang leader itu harus terbiasa dengan rasa lapar. Saat kita lapar otak kita justru bekerja dengan sangat baik.

- Renungkanlah akan peluang yang istimewa ini, orang India adalah orang-orang yang sangat menjunjung tinggi pendidikan dan sangat membanggakan karirnya, namun saya lebih memilih fokus di Herbalife dan meninggalkan pekerjaan saya sebagai asisten general manager di sebuah perusahaan Telkom Rusia yang menjadi salah satu perusahaan favorit di India, artinya Herbalife jauh lebih menarik daripada itu

- Sebenarnya kerja kerasnya sama saja baik di kantor saya maupun di Herbalife, hanya saja bekerja di Herbalife itu meskipun bekerja keras hari demi hari kita terus menjalaninya dengan happy karena setiap hari ada cerita-cerita di mana kita bisa memberikan solusi kepada banyak orang itu sesuatu yang sangat menarik

- Di Herbalife ada sesuatu yang sangat penting yakni saya terus-menerus memperjuangkan kesehatan dan kebugaran saya karena saya menikmati masa depan di Herbalife

- Setiap hari kami memiliki goal mengundang 30 orang ke NC, kadang ada yang antusias datang kadang tidak ada satupun yang datang tidak masalah karena kami yakin suatu hari pasti mereka akan datang, karena produk ini produk yang sangat bagus dan pasti akan dicari orang suatu saat dia butuh

- Sewaktu SMA dan kuliah saya memiliki hobi olahraga kriket yakni olahraga khas India, namun badan saya yang kecil sepertinya dipandang tidak akan maksimal di olahraga ini sehingga oleh orang tua saya diminta tidak usah serius di olahraga ini namun fokus saja di kuliah agar mendapatkan pekerjaan yang layak, saya sebenarnya sedih sekali dan seperti kehilangan separuh dari nyawa saya.... Tapi saya nurut apa kata orang tua saya fokus studi dan berkarir agar mendapatkan penghasilan dan penghidupan yang mapan, jadi karir apapun saya nikmati saja karena saya pikir jalan hidup saya seperti ini, Namun setelah bertemu Herbalife saya merasa separuh nyawa yang hilang itu kembali.....💓💓

- Jalankan bisnis ini dengan sabar, niatkanlah dalam diri anda bahwa saya menjadi bagian dari solusi yang membuat orang-orang sehat, Jangan berharap lebih dari itu, jangan Tamak, jangan serakah, dan jangan pernah marah kepada customer

- Fokuslah kepada orang, pembelian dari mereka penting namun kepedulian kepada orangnya jauh lebih penting.....

- Untuk menjadi sukses tidak perlu ada ribuan orang yang berubah cukup satu orang saja yakni diri kita sendiri

- Sebaiknya bukan menyuruh customer membeli produk, namun berikanlah edukasi agar mereka paham dan memutuskan membeli produk.

- Beberapa orang akan mendatangkan COI, namun beberapa orang kadang tidak ada satupun COI , no problem yang penting jangan pernah berpikir negatif mengatakan hal yang negatif atau marah kepada konsumen

- Pelajarilah karakter orang-orang di sekitar Anda karena setiap daerah berbeda-beda, di tempat kami penghasilan yang besar justru tidak banyak menarik, dan penghasilan yang kecil-kecil justru sangat menarik. Maksimal penghasilan 1600 dolar (sekitar 25 jutaan)  tempat kami masih cukup menarik, namun lebih dari itu tidak banyak yang tertarik

- Di masyarakat yang umumnya kurang mampu tidak banyak orang yang tertarik penghasilan yang terasa besar

- Di posisi apapun saya terus saja bekerja, kita tidak tahu dunia akan kemana, namun jika kita terus memperbaiki sikap kita dan terus bekerja maka peluangnya akan growing dan growing lagi, saat ini kami memiliki  sekitar 40 Firstline supervisor ke atas

- Produk Herbalife bukan produk yang mahal asalkan ditambahkan nilai tambah di sana

- Jika perut Anda kosong otak anda akan sangat cerdas, dan kecerdasan akan terus berkurang jika perut Anda terus-menerus kenyang
Inilah Jumlah Supervisor di Organisasi Mr.Syamal setelah melakukan perombakan sejak 2017. Retensi dan Supervisor Aktifnya kereen sekaleeee
Jadi Testimoni 30 juta sebulan, 40 juta, 50 juta, 100 juta, apalagi 500 juta sebulan..... justru tidak menarik, dan tidak menggerakkan
kepengin iyaa...... jika jatuh dari langit ya mauuu, tapi kalau harus memulai dan bisa dapat segitu wow.....  malah tidak menarik
Itu yang terjadi disana, dan di setiap daerah berbeda-beda.
Coba temen-temen pelajari karakter di tempatnya temen-temen yaaa

Semoga anda Terinspirasi

Hadi Kuntoro

Mendongeng dari kaki Gunung Dieng


 

Tidak ada komentar: