SYAMAL&VINEETA RAI - 2 : KAMI MERUBAH CARA BERMAINNYA

Dari acara bisnis builder Camp di Jakarta kemarin ada cerita yang menarik perjalanan seseorang mulai dari awal Herbalife sampai posisi sekarang presiden Tim 40K  dan 4 Diamond

Saya ingin mendongengkannya di sini dari catatan-catatan yang saya miliki,  dengan bercerita kepada teman-teman akan membuat saya pun semakin paham

Bahwa ada cerita yang sangat luar biasa yang bisa kita ambil untuk memperkaya pemahaman bisnis kita di Herbalife

Ada banyak sekali cerita dari obrolan makan malam bersama beliau, oh ya makan malamnya sungguh enak-enak rasanya semuanya kepengen dimakan, tapi karena beliau vegetarian yang makannya hanya mau sayur-mayur saja kita jadi tidak ikut-ikutan tidak banyak makannya....😄

Kami berasal dari negara bagian di India yang pendapatannya terendah nomor 2, dan pendapatan rata-rata orang-orang di kota kami mungkin sekitar setengah dari rata-rata pendapatannya orang Indonesia

Di tempat kita rata-rata setahun pendapatannya 1000 dolar atau sekitar 15 juta, kalau di Indonesia sudah lebih dari 2000 dolar

Namun demikian kami termasuk golongan menengah ke atas, Saya seorang Engineer yang bekerja sebagai asisten general manager dari sebuah perusahaan telekomunikasi yang berasal dari Rusia

Kehidupan kami cukup mapan, background Saya sendiri juga dari keluarga yang cukup mampu, sedangkan istri saya dari keluarga yang kurang mampu

Kondisi adat istiadat di kota kami sangat konservatif, lelaki hanya bisa ngobrol dengan lelaki, dan wanita hanya bisa ngobrol dengan wanita, kecuali terhadap familinya, kondisi ini mungkin sama dengan negara-negara muslim yang konservatif

Sehingga bisnis Herbalife sangat menarik, ketika keluar rumah saya hanya bisa mengajak calon-calon customer Yang laki-laki saja, yang perempuan-perempuan diundang oleh istri saya

Awalnya yang konsumsi Herbalife istri saya di sebuah nutrition Club, dan Saya menyusul kemudian karena melihat istri saya  yang nampak sangat signifikan hasilnya, dan saya sendiri merasa sudah terlalu over obesitasnya berat badan 105 kilo

Kita join member dan mulai bisnis awal 2013, menjadi GET Team dalam waktu singkat 7 bulan, dan saya pun resign dari kantor karena peluangnya sangat menarik

Awal-awal mengikuti bisnis ini kami hanya ikut-ikutan seperti yang orang-orang lakukan, kami fokus rekrut rekrut dan rekrut dengan harapan orang yang direkrut akan dengan sendirinya semangat kebisnis

Sebenarnya cara-cara seperti ini membuat saya gelisah, Namun karena kita tidak memiliki referensi yang luas tentang bisnis ini sehingga hanya inilah yang kita lakukan

5 tahun pertama kami lalui seperti roller coaster, bisnisnya naik turun dengan sangat liar dan tidak bisa diprediksi seperti apa peluang pertumbuhannya

Fokus kami adalah naik level naik level dan naik level, kami kejar semua kualifikasi,   pokoknya kami semangat, fashion kami sangat tinggi, apapun promosi dari corporate Kita Bisa raih termasuk Vacation vacation

Namun ada hal yang menarik.... Level kami terus menanjak dari GET Team sampai akhirnya menuju Millteamn, dan diiringi juga dengan gaya hidup kami, Life Style orang sukses, dan ternyata semakin tinggi level kami keuangan kami semakin kacau....😄
Banyak pengeluaran-pengeluaran, banyak cicilan-cicilan, sementara bisnis tidak stabil naik turun...
Termasuk saat kita ada di posisi Millteam 4 tahun kemudian yakni sekitar pertengahan 2017, pendapatan tidak stabil dan tim-tim baru muncul namun diikuti keruntuhan tim-tim yang lama, dan runtuhnya lebih banyak daripada yang baru

Saya gelisah, dan berpikir ini tidak bisa terus-terusan seperti ini, hingga akhirnya saya belajar kepada salah satu senior saya di Herbalife namanya Mr Prasad, salah satu presiden Tim di India
Dan dari beliau itulah akhirnya saya mengubah strategi permainan, yang semula fokusnya hanya rekrut-rekrut dan rekrut, berubah menjadi strategi yang fokus merawat customer
Permainan kita ubah, kami benar-benar merawat customer, bahkan untuk customer yang baru kita lakukan follow up yang intensif pagi dan sore, dan Kita gali COI nya, dan kami baru akan bercerita tentang peluang bisnisnya jika customer memiliki customer...(Note : Strategi yang diterapkan oleh Syamal persis seperti pelajaran-pelajaran yang ada di KLW tidak ada yang berbeda sedikitpun, untuk yang belum tahu apa itu KLW temen-temen bisa bertanya kepada sponsor tab timnya ya..)

Nasehat dari Prasad kepada saya adalah :

- fokus customer fokus kepada orangnya

- jangan jualan produk tapi Value atau nilai manfaat besar apa yang didapatkan oleh customer

- kamu sebagai pebisnis harus memiliki income harian, dan begitu juga semua tim bisnismu

Bersambung....

Tidak ada komentar: