GFD=Group Focus Discussion

Di sekitar anda saya yakin banyak orang2 yang sudah berdagang, berbisnis, bertani, lebih dari 10tahun,20tahun, 40tahun..? bahkan mungkin ada yang lebih, seperti Ibu saya misalnya. Tapi hingga saat ini saya masih sering mendengar beliau mengeluh, pasar sepi sekali lebaran 2 tahun yang lalu misalnya, ketika saya tanya kenapa bu..? maka jawaban ibu saya mungkin karena panen nggak bagus, mungkin karena guru2 dan pegawe nggak dapat gaji ke13 dll...semuanya dibumbui dengan "mungkin" sehingga kalau saya harus mengevaluasi strategi apa yang harus dilakukan ya pasti bingung, karena semuanya pakai mungkin...

Ada contoh lagi ketika pada suatu hari ibu terkaget-kaget. Dahulu jualan utama Ibu saya adalah baju kebaya untuk ibu2 di kampung. Bahan awalnya beli Bah Cing Kim, atau Bah Wie Lib, cina-cina yang jual kain di kampung kami, dan ini sudah dilakukan oleh ayah saya puluhan tahun sebelunya bahkan mungkin sebelum ibu lahir.

Hingga pada suatu ketika ibu ternyata bisa mencari sumber kain lagi yang murah, yakni di Magelang, tapi belum lama Ibu bangga menikmati keberhasilannya, beliau kaget ketika pada suatu hari ada juragan muda yang dari suatu daerah yang menawarkan produk kepada Ibu kebaya yang sudah jadi dengan harga murah, gila-nya lagi jauh melebihi murahnya harga kain di tempat yang menurut ibu termurah, padahal ini sudah jadi baju..KENAPA...?

Kisah ini terjadi tahun 85-an, dan butuh waktu 2-3 tahun barulah ibu ketemu jawabannya, bahwa di suatu tempat, ada pasar yang bukanya malam sampai dinihari saja, yang jualannya kain murah-murah..BUTUH WAKTU 2-3 TAHUN.....untuk menjawab teka-teki itu....dan ibu tahunya sepele, ketika pada suatu hari ngobrol dengan temen dan sang temen ini tahu, cuman karena emang dia tidak ada niat kesana, karena dia hanya fokus jualan barang jadi, tidak membuat sendiri spt ibu saya, dan tidak ada yang tanya, ya dia nggak cerita-cerita...


Saat ini saya membayangkan, gimana kalau ibu ngobrolnya dengan temennya itu 10 tahun sebelumnya..? maka ibu bisa beli disana, buat dan dipasarkan ke seluruh pedagang di kampung kami secara grosir...itulah gambaran sederahana, bahwa apabila diantar kita ada satu forum ngumpul yang isinya adalah temen2 yang memiliki bisnis yang sama, maka ini kana sangat meleverage kita.

Forum kumpul2 petani cabe, Forum peternak ayam petelur, forum pedagagang baju muslimah,group ngobrol para grosir pulsa, forum pedagang mobil mewah, forum pedagang pulau (hehe jualannnya pulau2 misalnya..) dll..dll..adalah contoh2 forum2 yang  pasti akan meleverage bisnis anda. Ingat, apa yang menurut anda gampang, menurut saya mungkin sulit, atau kadang sebaliknya, menurut anda ruwet banget menurut saya veri2 simple..so what..?

So, mulai sekarang tidak usah nunggu diundang, tidak usah menunggu orang lain, mulailah dari diri kita untuk mengumpulkan temen sejenis, dan buatlah forum ngobrol mingguan,bulanan, 2 bulanan misalnya....


Saya saat ini serasa menemukan hal yang baru, karena semalam beberapa member TDA yang berbisnis di garment ngumpul secara spontan di rumah salah seorang member senior di Duren Tiga, yakni Pak Rosihan, yang di TDA biasa disebut maestro-nya bisnis garment retail..manarik sekali bincang2 seperti ini, antar member saling sharing apa yang ditemui selama panen lebaran, dan kondisi terup to date bagaimana...dll..pertemuan spt ini sudah diadakan 2 kali, yang pertama adalah sebelum ramadhan di sekitar Rawamangun.

Anda TDAers yang di Sumatera, Papua, Kalimantan, Sulawesi, Singapura, Amerika..pasti akan sangat menarik kalau anda juga bikin forum2 seperti ini, bisa jadi pebisnis2 yang sudah 30tahun akan anda lompati kesuksesannya meski anda baru bisnis 3 tahun, dan ini sudah sangat banyak terbukti di forum kami...apakah semuanya PASTI BERHASIL seperti ini..? Wallahu a'lam..karena semua kembali ke BDSA kita  (BDSA=Believe-Dream-Strategy-Action)

Semoga anda Terinspirasi..

Hadi Kuntoro

http://rajaselimut.com

http://mysajadah.com

NB1.Penjualan selimut sudah mulai normal lagi, namun sayang ada informasi kerusakan mesin dan butuh perbaikan selama 2 minggu, so kalau temen2 ada yang pesenannya terpending 2  minggu mohon maaf ya..

NB2.Beberapa kota kabupaten yang besar dan ramai di Jateng, mulai mendaftar untuk bisa membuat outlet (reSHARE) Rabbani. Adakah diantara anda juga ada di sekitar Jateng dan berminat juga..?silahkan menghubungi team leader kami, Yoyok di 0813-27000950 untuk informasi selangkapnya..

Tidak ada komentar: