Gomenasai, Minta Maaf, Saya Tidak Bisa Membuat Barang Jelek

Bekasi 30 Oktober 2007
Dalam suatu sessi diskusi tentang masalah pemasaran selimut dengan
Sang Samurai,Pemilik Pabrik Selimut Jepang(http://hadikuntoro.blogspot.com/2007/04/perjalanan-seorang-samurai-i.html) beberapa hari yang lalu ada dialog cukup menarik ketika salah seorang peserta memberikan usul menarik.

"Yasashi San, kenapa anda tidak ingin fokus membidik pasar dalam negeri untuk kalangan menengah kebawah..? Pasar ini saat ini dikuasai oleh hanya 2 pabrik lokal PMA (kayaknya India & China) dan pasarnya gede sekali, lebih dari 10milyar untuk pasar lokal saja.Dan sudah sangat jelas, tinggal pabrik modern anda ini beli benang yang kwalitasnya sama dengan pesaing yakni benang polyester yang kwalitasnya dibawah anda. Bikin terus jual...dengan harga murah, maka pabrik anda cepat melesat disini."

Tadinya saya berpikir Yasashi akan menjawab bahwa dia akan pikir2 dan mempertimbangkan usulan tersebut. Namun ternyata tebakan saya meleset.!

Dia berkata "Untuk serius membuka pasar lokal OKE, saya setuju dengan anda, harganya murah OKE saya juga setuju dengan anda, tapi saya tidak akan membuat selimut dengan bahan murah dan berbahaya bagi pemakai, yang tujuannya semata-mata hanya uang saja."

"Saya orang Jepang, jadi saya tidak akan mengorbankan mutu produk saya hanya untuk mencari uang"

"Lebih senang saya akan cari orang yang mau barang saya yang mutunya bagus, meski itu sulit, daripada saya dicari-cari orang yang mau beli selimut pada saya karena harganya yang murah, sementara mutunya tidak bagus..."

Mendengar hal ini saya terkejut sekaligus kagum, mindset-nya bener2 sangat berbeda dengan mindset para pebisnis kita. Dia bertekad untuk menciptakan dan membentuk pasar, bukan pasar yang membentuk dia. 

Kalau kita bisanya terbalik. Tapi saya akui, itu  butuh nyali dan tekad yang sangat besar, makanya tidak heran produk Yasashi San ini sekarang tersebar di Berbagai belahan negara-negara maju di semua benua.

Tidak ada bisnis besar yang Instan, semua butuh waktu dan perjuangan yang besar.

Semoga anda mendapat Inspirasi..

Hadi Kuntoro

http://www.hadikuntoro.blogspot.com

http://www.rajaselimut.com

1 komentar:

siska dewi.blogspot.com mengatakan...

Assalamualaikum Pak Hadi.Setelah membaca tulisan ini,sejujurnya kadang saya bingung mana yang harus duluan,produksi dulu atau cari pasar dulu?Banyak orang yang bisa membuat produk bagus tapi tidak bisa memasarkan dan sebaliknya ada yang produknya standar tapi bisa berhasil memasarkan dengan baik.Mohon pencerahannya pak Hadi.Trima kasih.