Pembaca email ini begitu memukau saya, meski isinya sebenernya komplain ke saya..hehe..
Saya ingin berbagi dengan anda, agar anda bener2 TAHAN BANTING dan TAHAN MENTAL seperti kisah "Seekor Kodok" tuli yang menjadi pemenang memanjat pohon yang tinggi...dan disini ada insight yang bisa kita ambil yakni "PESAING BISNIS KITA ADALAH MITRA DAN GURU HEBAT KITA"
Silahkan mengikuti tanya jawab menarik ini :
QUESTION
Assalamualaikum, wr.wb
Pak Hadi saya sudah berusaha sangat keras dengan segala daya dan upaya memasarkan selimut anda, dan hasilnya saat ini sudah lumayan, saya awalnya belanja sekitar 5 jutaan dan saat ini sudah laku sekitar 1/3 dengan margin lumayan tinggi.
Tapi yang sangat mengagetkan saya adalah ketika saya ke Mall besar yang terdekat dari tempat kami, ternyata disana ada pedagang alat2 tidur, dan yang membuat saya kaget adalah dia juga menjual selimut2 anda dengan harga sama dengan yang saya beli ditempat Bapak (sebelum ada harga distributor-deale reseller dsb) seperti Berbie, Pinguin dan Spiderman, terus terang ini membuat saya lemes dan kurang semangat, pertanyaan saya adalah :
1. Bagaimana agar saya bisa full semangat lagi pak..?
2. Mereka dapat barang darimana ya pak kok bisa jual harga murah spt itu..?
3. Apakah Anda beli langsung pabrik (tangan pertama)..?
4. Apakah benar selimut bapak ini bener2 eksklusif ?
5. Benerkah dibuat oleh orang Jepang..?
Terus terang saya sedikit kecewa tapi karena ada money back guarantee dari bapak saya jadi lega kembali karena nanti saya bisa kembalikan kalau tidak laku…
Terima Kasih dan mohon tanggapan…
Yulian.W
JAWABAN SAYA :
Waalaikum Salam Wr.Wb.
Apa Kabar Pak Yulian, saya senang sekali mendapat email yang cukup anget seperti ini dan saya sangat semangat plus antusias membaca dan membalasnya, bahkan ini saya jadikan media pembelajaran paling bagus. Saya ingat ketika pertama kalinya bisnis, juga banyak uneg2 seperti ini, dan Alhamdulillah ada yang memberikan pencerahan, membisikkan nasehat kepada saya bahwa komplain pelanggan adalah “Anugerah” dan tidak mustahil yang komplain kepada anda adalah “Malaikat” yang diutus oleh-NYA untuk mengingatkan bahwa kita harus berbenah, agar lebih baik lagi…
Dan kali ini “Malaikat” itu datang lagi…dengan pertanyaan anda inilah akhirnya muncul hal baru lagi dalam bisnis selimut kami, yakni perbaikan “customer knowledge”. Saya jawab agak panjang ya...
1. Bagaimana agar saya bisa full semangat lagi pak..?
Anda jualan sudah laku 1/3-nya dan saya yakin pasti dengan harga diatas yang di Mall, dan itu tiada lain karena kepiawaian anda. Lha kok malah sekarang loyo..?Padahal yang anda lakukan itu sudah mencerminkan bahwa anda orang HEBAT, yang bisa jualan apa saja, wong menjual selimut ditempat panas saja anda bisa kok..Iya kan..?Kalau ada yang di Mall deket rumah dan harganya sama dengan harga ditempat saya, bukannya anda malah seharusnya sujud syukur, nggak perlu capek2 ke Bekasi dapat barang yang bisa anda jual, dengan margin lumayan lagi apa nggak seneng banget..?Apalagi barang dari saya kan money back guarantee…untuk pemula bisnis malah saya berikan garansi seumur-umur..jadi mengapa anda loyo, tinggal kembalikan barang, anda ucapkan terimah kasih kepada saya, dan bersyukur juga kepada Allah karena anda sudah lulus dan SIAP BERBISNIS…!
Kalau yang membuat anda loyo adalah, karena anda mendapat “Saingan” maka tentu jawabanya lain lagi, yakni cukup saya suruh anda main ke pasar Senen dan nongkrong di deretan toko emas yang jumlahnya puluhan disana, dan cobalah anda menawarkan emas dari toko-ke toko, nanti akan anda daptkan bahwa penawaran mereka variatif untuk barang yang anda bawa, demikian pula ketika anda beli barang…semua toko emas itu rata sudah berdagang dai jaman rekiplik tapi sampai sekarang tetep survive…kenapa..? karena mereka berpikir, kalau “saingan” di otak kita di rename menjadi “Rekan” maka hasilnya sangat dahsyat…semua orang seputar Jakarta kalau cari emas berbondong-bondong ke Senen dan semuanay ternyata laku, terbukti hingga saat ini semunya hidup…jadi adanya saingan malah harus membuat anda makin semangat..!Oleh karena itu selalu saya katakan, bahwa di bisnis ini ada pembelajaran yang sangat DAHSYAT…!!
Ibarat kampus/Sekolah yang pasti lulus,pasti pinter, malah mungkin dapat untung, tidak ada rugi uangnya, paling sekedar ongkos transport atau uang jajan anda ketika memasarkan ini. Iya khan..?
2. Mereka dapat barang darimana ya pak kok bisa jual harga murah spt itu..?
Jawabannya adalah Wallahu A’lam. Tapi kenapa anda tidak tanyakan saja..? Karena kemungkinannya banyak sekali :
a. Bisa jadi dia ambil dari saya dengan harga sama dgn anda, saat ini dia butuh uang cepet. Masuk akal kan..?
b.Sebelum saya bisnis selimut barangkali pernah ada yang mencoba mengambil peluang spt saya ini, dan umumnya agak kesulitan karena mereka memakai jalur distribusi ke pasar2 rakyat/tradisional yang umumnya lebih suka dengan selimut lokal yang besar dan berat serta harganya murah, soak higinis, anti jamur, bakteri dsb todak perlu dsb… sehingga stok mereka menumpuk dan sekarang cuci gudang..masuk akan juga khan..?
c.Karyawan dari perusaan itu punya hak untuk membeli paling tidak 1 selimut setiap bulan, dan sangat mungkin ini ada penampungnya meski selisih harganya tipis, mungkin saja khan..?
d.Produk2 yang reject dari pabrik, entah warnanya nggak match, atau sedikit kotor, kena noda tinta, sedikit bolong seharusnya di hancurkan baru dibuang, tapi prakteknya kadang nggak begitu (bisa jadi) , diujung sana sudah ada pengepul yang siap menampung limbah itu, dan di repair terus dijual ke umum dengan harga super murah mungkin saja kan..? Ini spt di perusahaan otomotif tempat teman saya bekerja, pintu2 mobil yang nyimpennya kelamaan dan berkarat harus dihancurkan dulu , baru dibuang, karena proses penghancurannya hanya di ketok pakai palu saja, maka ketika dibuang sudah ada yang siap menampung, dan dengan sedikit sentuhan “ketok Magic” orang2 kita pintu2 itu tinggal di dempul sedikit akhirnya jadi komoditi yang lumayan…harga bisa 1/4 yang dari pabrik…
e...Dll…dll….
3. Apakah saya Ambil Langsung Dari pabrik (Tangan Pertama)?
Hehe..bongkar2 rahasia ya..Kalau ambil langsung dari pabrik betul..saya ambil dari pabrik, dan tangan pertama, itu kalau anda percaya, kalau tidak anda berdoa saja, dan beli yang banyak dari saya nanti akan saya pertemukan dengan sang pemilik pabrik dan akan saya ajak anda berjalan-jalan mengelilingi pabrik selimut paling hebat di ASIA ini….Oya, selain itu Alhamdulillah saat ini bahkan saya kadang2 menjadi wakil dari pabrik itu untuk menguruskan merek , hak cipta dll..atau tepatnya saya PESURUH gitulah..tapi ada untungnya lho sekarang saya jadi kenal dengan lawyer / pengacara , ahli hukum, hal yang tadinya tidak terpikir menurut saya.
4. Apakah benar selimut bapak ini bener2 eksklusif ?
Dengan menerapkan “Money Back Guarantee” bahkan seumur-umur buat mereka yang baru pertama kali berbisnis…itulah bukti bahwa produk kami bukan produk eksklusif…coba anda temukan pabrik selimut di seluruh Indonesia yang lain, dan mintalah fasilitas seperti ini..apakah kira2 ada yang berani…? Kalau memang ada, tinggal anda borong maka anda akan jadi Raja Selimut juga dan mendampingi saya, dan saya akan pasarkan juga produk anda…
5. Apakah bener dibuat oleh orang Jepang..?
Jawabannya : YESS SIR..EXACTLY SIR…Saat ini yang bisa membuat selimut ini baru teknologi orang Jepang Saja, itu menurut pengakuan sang pemilik pabrik selimut dan saya 100% percaya karena saya saat ini punya katalog selimut dari salah satu industri merchandise terbesar di dunia yakni Ishikawa-Living, yang di katalog itu ada selimut yang harganya lebih dari 500ribu yen, atau lebih dari 30 juta untuk selembar selimut.
Dan disitu tercantum selimut kita “Queen Royal” tampil dengan harga Y15.750 (sekitar 1.3 juta rupiah) padahal di saya hanya 1/9nya,
Osaka super Y31.400 (sekitar 2.5juta) harga di saya hanya kurang dari 1/10nya…
Kalau anda mau saya bisa tunjukkan katalog itu kepada anda, atau nanti saya scan kali ya..?
Kenapa bisa semurah itu..? karena saya mungutin produk sisa (bukan produk reject lho ya)
Tahukah anda berapa produk sisanya tiap bulan? Lebih dari 5ribu selimut setiap bulan…
Alhamdulillah mulai juli ini untuk beberapa produk saya bisa order langsung dan tidak menjadi pemulung lagi..itu hanya dari pertemanan saja…semua karena miracle dari Allah…Selain ke Jepang, customer mereka juga dari negara2 eropa,amerika dan australia (silahkan datang ketempat kita untuk melihat produk2 selimut eropa, karena stok terbatas saya tidak memajang di blog)
6.Apa yang harus dilakukan kalau ada yang lebih murah dari saya..?
Ini pertanyaan kunci paling hebat menurut saya, dan saya juga pernah sampaikan kepada orang yang paling pengalaman dan saya percaya >95%, ternyata jawabannnya sangat sederhana.
Kalau anda lihat di suatu mall ada selimut ini dan harganya = harga jual saya kepada anda, maka ada dua cara kalau anda ingin menjadi pemain sentral…
Cara pertama, Berapapun stok yang dia miliki borong saja kalau memang harganya sama . Ini adalah cara cepat. Setelah anda borong nanti pesaing anda itu akan kehabisan barang dan tidak bisa belanja lagi, karena akan rugi, dan kalau diteruskan bisa bangkrut lho….dan anda akan jadi pemain tunggal..tapi ingat ini buth modal besar of course…
Cara kedua, Biarkan saja stok dia habis, kalau harganya emang sama setelah habis paling tidak akan bisa beli barang lagi dengan harga sama dengan saya..
Tapi bagi saya yang paling indah adalah tetap alami seperti sekarang ini, niatkanlah untuk belajar…dan saat inipun sebenrnya anda sudah enjoy kok, karena yang ada saingan hanya yang animasi2 saja, selain itu saya Insya Allah berdarkan info yang paling terpercaya adalah pemain tunggal…dan anda adalah bagian dari pemain tunggal itu..artinya kita semua adalah Jaringan Tunggal pemasar selimut Jepang di Indonesia….Amin…
Adanya pesaing itu hanyalah very2 little problem, dan big problem yang sebenernya adalah ketakutan anda menghadapai persaingan itu.
Saya yakin saat ini Pak Yulian, anda sudah full semangat lagi khan..? Jangan ragu2 untk sharing lagi kalau ada yang masih mengganjal ya…
Salam FUNtastic...
Hadi Kuntoro
http://rajaselimut.com/
1 komentar:
Pak Hadi yang budiman,
Pak, tolong posting lagi dong.
Kita rindu akan tulisan-tulisan pak Hadi.
Banyak ilmu yang kami dapatkan dari bapak.
Semoga Pak Hadi dapat lebih sering posting setiap harinya.
Sebab sudah menjadi seperti kebutuhan sehari-hari bagi kami membaca tulisan berharga anda.
Terima kasih pak,
Salam Fuuntastiiic !!!
Posting Komentar