PRINSIP - PRINSIP KEPEMIMPINAN

PRINSIP - PRINSIP KEPEMIMPINAN

Pak Hadi ingat nggak sekitar setahun yang lalu  menegur karena tiba-tiba saja produktivitas kita rendah, volume pribadi turun yang biasanya diatas 3.000VP bahkan kadang-kadang 5.000VP waktu itu  hanya berkisar 1.000VP bahkan kadang 0VP....πŸ™ˆ Waktu itu tebakan Pak Hadi pas sekali Jika ada ada penurunan volume produksi pasti sedang ada pergulatan dengan problem pribadi yang membuat galau. Yes itu benar sekali...

Rasanya semua jurus mentok...bagaimana menawarkan produk jadi bingung.... Semangat tim kami makin kendur sehingga produktivitasnya asal Jalan begitu saja bahkan beberapa supervisor 0 volume.....

Ketika hal ini saya konsultasikan kepada Pak Hadi, jawabannya sangat menarik.

_*"Jika dalam sebuah organisasi ada penurunan VP organisasi, maka problemnya adalah problem kepemimpinan, dalam hal ini dirimu yang BERTANGGUNGJAWAB, belajar dan belajarlah ah nanti kamu akan bisa mengatasinya"*_

😱Jawabannya Menarik...☝️☝️ 


Kenapa jawabannya tidak seperti dulu ketika saya ya memiliki permasalahan ya.....??

Dahulu volume point saya yang rendah dan saya setuju semua karena ada permasalahan di dalam diri kita dan menyebabkan KEGALAUAN INTERNAL,  namun untuk permasalahan tim KENAPA yang bermasalah bukan mereka.? sendiri kenapa Justru saya yang bermasalah....πŸ˜ƒπŸ™ˆ

Hehehe...... Sebuah pertanyaan bernada protes yang menarik ya,  _Dan saya senang jika saya ada pertanyaan seperti ini artinya dia orang yang kritis dan siap menerima ilmu karena melihat ada ketidak sesuaian atau  ketidakkonsistenan jawaban_

Teman-teman sukses di Herbalife adalah sebuah _SENI MEMADUKAN diri kita sebagai  PEDAGANG sekaligus sebagai PEMIMPIN_

Ketika kita belum memiliki tim kita masih ada di level pedagang maka segala permasalahan bisnis adalah tanggung jawab kita....

_*Ketika sudah memiliki tim maka jika ada permasalahan di dalam team Siapa yang bertanggung jawab maka orang pertama adalah lagi-lagi diri kita sendiri....*_

Lho Kenapa saya yang harus bertanggung jawab...?

#1. Pak bukannya Ini realita bahwa problem sebenarnya adalah karena pandemi...?

#2. Pembelian customer Sekarang turun dan mereka lebih memprioritaskan hal-hal yang lain, wajar kan mereka mengurangi bahkan tidak membeli produk kita sama sekali

#3. lingkungan saya pekerja juga karyawan pabrik-pabrik Pak sehingga maklumlah jika kondisi saat ini penjualan menurun

#4. MLM yang lain itu loh Pak masalahnya.... mereka sangat agresif menawarkan sesuatu yang ditawarkan produknya murah dan terjangkau tim kita butuh uang cepat Pak...

#5. Bagaimana bisa bergerak leluasa ya sekarang ini kan Losdol  jarang yang berani keluar keluar, ketemu juga dibatasi, sedangkan jurus online team kita masih awam

#6. Yang bermasalah itu tim saya Loh Pak , attitude mereka tidak bagus, mereka nampak baik di depan tapi sebenarnya di belakang mereka tidak baik, bahkan mereka berantem perang dingin satu sama lain pusing saya Pak.....πŸ™ˆ

#7. Tim saya itu lho Pak sangat anti dengan online bahkan saya ya ajak nonton bareng Zoom aja tidak mau bahkan saya sudah kursus in untuk cukup *nutul* mencet Link Zoom saja, tinggal mencet mereka tidak mau... Karena belajar lewat Zoom membosankan dan mereka pasti ngantuk mendingan melakukan yang lain....πŸ₯΅

#8. Yang membuat kepala saya pusing Pak tim saya sekarang malah pada bermain forex dan Bisnis Forex, berawal dari ada 1 tim saya yang _nampaknya sukses_ akhirnya dia mempengaruhi tim-tim yang lain.... Padahal sebenarnya dia nampak sukses itu karena utang bank dan beli mobil.....πŸ˜„

#9. Maklum Pak puasa : Tim pada fokus ibadah jadinya produktivitas turun mungkin mereka Mau DMO juga lemes

#10. Maklum Pak lebaran makanan-makanan belum habis sehingga tim kesulitan menjual produk kepada customer Jadi wajar ada penurunan....

#11. Kebijakan pemerintah yang menjadi faktor utama melambatnya perekonomian sehingga aturan-aturan sering berubah dan imbasnya seperti sekarang ini pak bukankah semua bisnis juga turun....?

#12. Maklum Pak saya kan tidak bisa pidato atau presentasi yang memukau yang bisa membuat orang-orang terbakar dan antusias membara πŸ”₯

#13. Maklum Pak saya kan Orang tua tunggal jadi pekerjaan saya yang lain-lain juga banyak sehingga saya tidak bisa memimpin tim...

#14. Maklum Pak tim saya kan hanya di seputar kota ini saja sehingga pada saat ada penurunan maka kegalauan itu menular kepada yang lain lain.....

*Teman-teman anda mungkin banyak yang setuju bahwa permasalahan bisnis di tim Andan sebagian  besar  adalah apa apa yang saya sebutkan di atas☝️☝️*

Nah Pagi ini saya akan memberikan pelajaran Leadership/Kepemimpinan  kepada teman-teman Avengers.....

Semua orang yang ada di grup ini adalah pemimpin. Catat yaa.... Anda semua adalah pemimpin bagi tim ada, baik disadari maupun tidak disadari...

Banyak orang yang tidak menyadari bahkan tidak mencoba menyadari bahkan justru menyangkal bahwa  dirinya adalah pemimpin

Saya bukan pemimpin, yang pemimpin adalah sponsor saya, saya tidak bisa membuat slide yang bagus, saya tidak bisa ngomong di depan tim, saya tidak bisa membakar semangat karena suara saya kecil, saya tidak bisa teriak-teriak di panggung Karena suara saya cempreng dan lucu....πŸ˜„

Berpikir bahwa seorang pemimpin harus seperti panglima perang yang ada di film-film perang zaman dulu, berpikir bahwa pemimpin tugasnya hanya memerintah,   berpikir bahwa segala permasalahan adalah tanggung jawab tim, berpikir bahwa kesalahan-kesalahan itu problemnya karena faktor luar, adalah ciri-ciri khas dari orang-orang yang belum paham tentang *Prinsip-Prinsip Kepemimpinan*

Prinsip adalah nilai-nilai yang dianggap baik dan dan berlaku umum.

seorang pemimpin yang baik SETIDAK-TIDAKNYA pasti memiliki prinsip-prinsip ini....

PEMIMPIN Yang baik setidaknya memiliki 4 PRINSIP dibawah ini πŸ‘‡:

1. Responsibility (Bertanggungjawab)
2. Integrity (Integritas)
3. Self Initiative (Mencari inisiatif Solusi)
4. Energy

Untuk lebih memudahkannya disingkat *RISE* dalam bahasa Indonesia RISE artinya tegak. Sebuah tim organisasi akan tegak jika pemimpinnya punya prinsip RISE ini.

Kuliah ini Kuliah Bersambung, nanti kita akan lanjutkan lain waktu, saya akan jelaskan semua dengan detail

Selamat berjuang..✊

Tidak ada komentar: