KEHIDUPAN SEPERTI APA YANG ANDA INGINKAN

KEHIDUPAN SEPERTI APA YANG ANDA INGINKAN

Apa yang ingin anda raih dalam kehidupan ini......?
Itu salah satu pertanyaan menarik yang disampaikan oleh seseorang yang mengetes saya saat psikotes masuk ke perusahaan Astra......
"Saya ingin mendapatkan pekerjaan Seperti yang saya suka.... Dan saya ingin mendapatkan sebuah keluarga kecil dan bahagia....." Itu kurang lebih  jawaban saya....
Pertanyaan yang sama diajukan kepada peserta-peserta yang lain yang belakangan menjadi sahabat sahabat saya di kantor umumnya mereka menjawab hal yang sama ternyata......
Bahagia itu sesuatu yang enak.....
Keluarga kecil dan simple itu enak dan tidak ribet.... Kayaknya enak
Memiliki pekerjaan yang sesuai hobi itu juga hal yang enak.....

Ketika pertanyaan yang mirip saya ajukan kepada teman-teman yang lain.... Saya ajukan juga kepada sahabat saya yang berbisnis......
Kurang lebih intinya ternyata sama......
Semua orang menikmati apa apa yang menurut persepsulinya enak.....
Setiap orang ingin hidup dengan riang gembira.... Senang dan mudah.... Punya suami yang ganteng dan mencintainya.... Punya istri yang cantik dan mencintainya... Terlihat sempurna uangnya banyak populer dihormati dikagumi.....

Di dunia kerja saya memiliki figur yang menurut saya sangat ideal..... Seseorang yang masih sangat muda ganteng pinter badannya tegap jagoan golf..... Wajahnya selalu fresh.... Setiap berkata rasanya enak.....
Waktu itu beliau menjadi General Manager di Toyota Astra..... Belakangan beliau menjadi direktur muda... Berasal dari Bali sebut saja namanya pak MD


Setiap meeting dengan orang-orang Jepang beliau ngobrol layaknya memakai bahasa ibu.......fasih sekali...
Orangnya sangat cerdas Kalau tidak salah beliau lulusan ITB
Betapa ingin nya saya memiliki posisi dan kedudukan yang seperti beliau rasanya pasti enak sekali...... Dan saya yakin kawan kawan saya yang seangkatan semuanya menginginkan posisi seperti beliau.......

Umumnya menjadi direktur itu usianya sudah tua.... Namun dia usianya masih sangat mudah untuk menduduki posisi sebagai Direktur.....

Namun apa yang menurut saya enak itu mulai agak terkikis setelah saya ngobrol dengan sopirnya yang kebetulan sama-sama orang dari daerah ngapak..... Sopirnya orang Kebumen....😀
"Mas menurut sampeyan menjadi direktur itu enak nggak...." Tanya saya kepada sopirnya suatu hari...
"Lah Mas nek carane nyong ora kepenak Nyong lebih menikmati jadi Supire bae lah  ora kuat tenagane pikirane.... Kerjane ora eling waktu..... Kadang Minggu Bae nyong dipanggil kerja... Kadang ada meeting hari Minggu kadang golf kan kudu ngancani bos-bos jepang... Nek sabtu kaya hari kerja mesti ngantor... malah enak kayak sampeyan lah satu minggu bisa istirahat ngancani anak-anak nengumah" jawabnya

"Lah Mas kalau menurut saya lebih enak jadi sopir daripada menjadi direktur kerjanya tidak ingat waktu... Padang minggu saja harus bekerja ada meeting... Kalau hari Sabtu sudah pasti masuk..... Enakan seperti anda yang Sabtu Minggu bisa nemenin keluarga..." Jawabnya...

Hahahah.....saya tertawa.... Dan saya teringat obrolan kawan saya yang ada di bagian General Affair, menceritakan Sopir kebumen itu " Hehe mas meskipun kamu S1 kamu gajiannya tidak akan bisa menyaingi gaji sopir direktur itu..... Karena setiap hari lemburannya bisa sampai 8 jam.... Sabtu Minggu masuk.... Sebulan dia lemburannya ratusan jam...."
Melihat catatan lemburnya si sopir saya faham...berarti si direktur itu memang sangat sibuk......

Jika saya kerjanya "TengBur"      Sebuah istilah bagi orang yang jam 04. 00 sore begitu mendengar bel berdentang tanda kerja selesai langsung kabur.😀😀😀

Seringkali Pak direktur muda itu mengajak kami meeting yang mulainya justru setelah jam kerja.....hadewwhh... Rasanya badan sudah capek pikiran sudah hang.... Namun direktur itu nampak tidak ada bedanya dengan pagi-pagi.... Masih tetap semangat masih tetap kritis...... Dan ketika meeting jam 08. 00 malam selesai kami pulang loyo.... Beliau masih mampir dulu ke mejanya dan menandatangani sesuatu nampaknya.....😱😱😱

Hari Sabtu adalah hari libur jika kita masuk maka akan dihitung lembur dengan bayaran dua kali lipat....👯🏾‍♂👯🏾‍♂ Biasanya hari Sabtu itu kita kerjanya banyak mainnya...hehehe.... Main game... Kadang makan siang cari kuliner yg belum pernah di datengin.... Dan pulang menjelang jam 04. 00 untuk kemudian absen dan pulang.....hahaha.... Dan bayarannya dua kali lipat.....😅😅😅

Dan saya Arahkan pandangan ke meja direktur muda meskipun hari Sabtu kerjanya tidak main-main..... hadeewwhhh.... Serius amat sih orang ituu......

Apa ya enaknya seperti itu...? Namun yang aneh beliau nampak sekali menikmatinyaa.....


Sebuah pertanyaaan menarik hadir yang justru ini tidak pernah saya sadari :
"Penderitaan atau perjuangan berat atau kerja keras atau Rasa Sakit seperti apa sih yang saya dambakan dalam hidup saya...?"
Apakah saya mau bekerja dari pagi samapi sampai jam 6 sore....?
Apakah mau saya sehari membuat materi presentasi  3 sd 4 hal yang berbeda setiap hari dan harus mempresentasikan kepada pejabat2 yang berbeda..?
Di sela-sela itu masih mengurusi kerjaan rutin...? menangani konflik...menangani keluhan...harus menerima tamu-tamu.... ada komplain bawahan yang gak puas karena kenaikan gajinya kecil...masih harus belajar bahasa jepang.......dst..dst.... di meeting harus konsentrasi penuh... gak boleh pasif... enggak boleh ngantuk....

😭😭😭🙈🙈🙈🙈

" Tidaaaak...tidaaak...tidaaak mauuuuu "


Jadiiii.... "Apakah kamu tetap mengingikan posisi menjadi Direktur muda seperti ituuu....?"
😅😅😀😀😄😄😄 No..No...Nooo wes laaahhhh,,,,,,hahaha

Wah bisa gak milih jalan tengah mauuu.... tapi yang enak-enaknya sajaaa........ yang enggak enak-enak itu enggak mauuu......hahahahah


Teman-teman renungan di atas adalah cerita dari dunia kerja tapi sebenarnya ini pun terjadi di setiap titik-titik di sepanjang kehidupan kita......

Tidak ada kebahagiaan yang hadir tanpa adanya perjuangan..... Kebahagiaan itu tumbuh dari masalah-masalah besar.... Sembuh dari sela-sela perjuangan berat yang kita lakukan.....

Perhatikan Mas Suyono (pemilik Mitra Sehat CLub di Muntilan) .... hari demi hari nampak badannya semakin bagus makin bagus dan bapak2 mulai mendambakan memiliki badan seperti Mas Yono..... Namun kita tidak akan pernah mencapai prestasi seperti Mas Yono jika kita tidak menghargai rasa sakit merasakan bagaimana otot seperti disobek tidak rajin datang ke tempat kebugaran Waktu demi waktu bahkan kadang hari Minggu......

Kita kepingin memiliki kesehatan dan kebugaran di usia tua..... Ternyata ada harga yang tidak mudah yang harus dibayarkan..... Hebatnya penderitaan mulutnya kecut untuk tidak merokok..... Makanan bersantan itu enak sekali Namun kita harus rela meninggalkan nya.....

gorengan gorengan itu memang enak sekali Namun kita harus memiliki penderitaan yang hebat untuk sesedikit mungkin menyentuhnya.....

Ketika kepingin badannya semakin ideal maka kita harus akrab dengan itung-itungan kalori ngitung protein ngitung karbohidrat.... Kita akrab dengan keringat akrab dengan sepatu olahraga mau tidak mau harus akrab dengan sepeda atau alat-alat fitness lainnya......

Apa yang menentukan kesuksesan anda Bukanlah "Rasa Nikmat apa yang ingin anda nikmati, namun rasa sakit apa yang sanggup anda tahan , penderitaan hebat seperti apa yang kuat anda hadapi, perjuangan kerasa seperti apa yang sanggup anda lakukan...."

Anda ingin sukses...? Punya banyak cabang NC...? punya team banyak anda pimpin..? menjadi Millteam...? Presiden team...?

mulai saat ini anda harus paham..... jika anda mendambakan itu, jangan lupa anda juga dari sekarang harus mencintai rasa sakitnyaaa.....

Sebenarnya kebahagiaan itu hadir pada saat kita memecahkan masalah.....

Bahagianya menjadi seorang presiden itu Bukankah tentang duitnya..... Karena duit itu hanya menyenangkan 3 sampai 6 bulan saja..... Setelah itu biasa-biasa saja duitnya banyak......

Yang membahagiakan itu karena kita sudah banyak memecahkan masalah... Dalam perjalanan menjadi presiden  team....

Mengundang orang ke NC sulit banget.... Namun sesulit apapun kita tidak putus asa lama-lama kesulitan mengundang orang masuk ke NC terpecahkan...... Dan kita punya customer...👯🏾‍♂👯🏾‍♂👯🏾‍♂

Dari sekian banyak kastamer ada yang suka ada yang tidak..... Ada yang berhenti lalu kecewa.... Ada yang mengembalikan produk minta uang kembali..... Ada yang berpikir bisnisnya mudah sekali mereka memborong produk agar menjadi SPV..... Kemudian komplain.... Banyaaak ....

Semoga bermanfaat.....


Hadi Kuntoro
Mendongeng dari Lereng Gunung Dieng

Tidak ada komentar: