GENBA GENCHI GENBUTSU

GENBA GENCHI GENBUTSU

Lihat-Dimana tempatnya-Masalah sebenernya apa (Jangan libatkan perasaan, emosi atau ego anda)

Anda yang pernah bergaul atau bekerja dengan orang Jepang mungkin sering mendengar hal ini.
Ini adalah Jurus Sakti 'Saudara-saudara Tua' apabila ada sesuatu masalah muncul, dan perlu penanganan segera untuk menyelesaikan permasalahan itu.

Bahasa mudah untuk menjelasakanya adalah :
Genba = Take Action turun ke Lapangan
Genchi = Lihatlah dengan mata kepala anda sendiri dimana masalah itu muncul
Genbutsu = Melihat keadaan Aslinya atau sebenarnya seperi apa

Dari pangkat paling atas, sampai yang paling bawah di tempat kerja kami di Toyota dulu, selalu dibiasakan untuk melihat segala permasalahan diawali dengan terjun ke sumbernya langsung, karena betapa seringnya kita mengalami atau menyadari bahwa Kadang-Kadang yang namanya PENGALAMAN itu seringkali amat menyesatkan. Kita merasa "wes pinter" atau tahu segalanya karena merasa sudah bertahun-tahun berpengalaman di bidangnya.....

Karena sudah pintar maka enggak paham masalah sebenere apa.... kita langsung melompat mengambil kesimpulan..... misalnya Yakin bahwa masalahnya pasti di Faktor Manusia yang enggak beres, kita marah2 kenapa Orang yang gak kompeten spt itu diangkat sebegai karyawan misalnya.... atau mungkin kita menyalahkan mesin waahhh... pasti dulu vendor/suplier nya yang menjual mesin ini  tidak beres,....  wah pasti karena  supplier bahan baku yang tidak disiplin, ... wah pasti karena standard kerja yang salah, kerja yang nggak mengikuti standard dll.... *(betapa sering masalah-masalah  itu maunya  diselesaikan di meja meeting tanpa kita tahu sebenernya masalahnya ap..?

Kata orang Jepang... Lupakanlah bahwa anda seorang pakar yang sangat ahli di bidangnya. Lupakan bahwa anda sudah memiliki jam terbang puluhan ribu di bidang yang anda hadapi.
Mula-mula lihatlah apa adanya tanpa perlu anda ingat apa titel,gelar,julukan dan betapa seniornya anda...

Saya ambil contoh di Bisnis Nutrition Club (Bisnis Herbalife)  :
Pada suatu hari saya mendapatkan curhatan pengaduan dari salah satu tim yang membuka NC beberapa tahun yang lalu......

"Pak Hadi saya mau curhat kondisi di kota kami benar-benar strategi NCIP itu tidak mudah untuk diterapkan segala cara untuk mengundang orang ke NC sudah saya lakukan namun saya kepentok dengan etika dari orang-orang yang menjalankan NC yang tidak menggunakan strategi kita"


"Lah emang gimana Mas kondisi bisnis di situ...." Jawab saya...

"Etika di sini benar-benar sangat tidak baik pokoke kacau balau  Pak.... Setiap customer yang masuk ke NC saya selalu di intip dan jika selesai program dia menghilang dan tahu-tahu sudah beli paketan atau ditembak oleh NC yang lain yang tidak menggunakan cara kita...." 

"bahkan ada kalanya customer Yang tadinya semangat sekali mau program baru mencoba produknya saja tahu-tahu besoknya sudah beli ke tempat lain"

"bahkan saya ada castamer yang belum selesai program 10 hari tidak melanjutkan program lagi karena katanya tidak bisa konsisten datang..... Namun belakangan saya tahu dia beli produk di tempat lain mungkin dengan diskon....."

"Bagaimana ya Pak saya menyikapi masalah ini....? Barangkali Pak Hadi memiliki pengalaman yang sama dan bisa memberikan solusi.... Oh ya saya sebenarnya kepingin mengadukan ke bagian etika namun saya pikir malah membuang-buang energi....."

"Mas wis tenang saja jalankan saja Megikuti pelajaran yang sudah disampaikan di Magelang.... Cara yang kita lakukan ini adalah cara yang paling halus saat ini di Indonesia.... Dan cara ini hanya bisa dikalahkan jika ada jurus lain yang lebih halus..... Ayo semangat Lakukan terus..terus terus... dan Lakukan terus nanti pasti sampeyan menemukan masa-masa panen" Jawab Saya....

"Baik Pak Hadi Terima kasih sudah menyemangati saya saya tidak menyerah Hanya saja kepingin cerita.... Kadang saya enggak enak customer customer Yang direbut oleh orang lain itu adalah plug in dari luar kota.... ketika tahu timnya membeli Shake dari orang lain saya nggak enak karena dikira saya yang menjual produk kepadanya tanpa bilang ke sponsornya..... 😭😭😭" Curhatnyab tambah sendu sampai ada gambar menangis segala.....πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆ

Karena sudah terbiasa bekerja di pabrik dulu kita tidak langsung buru-buru mengambil kesimpulan atas apa yang dikeluhkan oleh tim kami itu......

Saya selalu teringat Nasehat (sensei) Guru saya di Jepang bahwa "kamu  harus  hati-hati.. terkadang Pengalaman justru menjadi guru yang menyesatkan"

Kira-kira 3 atau 4 bulan kemudian saya dalam perjalanan keluar kota mampirlah ke kota dimana tim kita berada...... Sengaja saya membuat surprise karena sebelumnya memang belum ada agenda untuk mampir ke tempatnya

Kira-kira jam 07. 00 pagi kami sampai  ke NC nya... Yang pagi itu sepi Tidak ada satu castamer pun...... MC nya kecil memanjang.... Di pinggir jalan raya yang besar dan ramai.......

Kami pun  masuk ke NC nya dan saya ingat sekali saya duduk di kursi yang pojok kursinya menghadap ke meja..... Dan Ami di sebelahnya......

"Wah kejutan nggak menyangka Pak Hadi ternyata datang ke sini Terima kasih Pak.... Pak saya keluar dulu beli air ya karena galonnya pas habis"  tergopoh-gopoh team kami menyambut....heheh...kayakpejabat ajaa...

"tadi pagi sudah ada beberapa castamer Pak.... Hari ini ada tiga castamer dan habis ini kita mau di DMO" katanya

Sembari menunggu pemilik NC membeli galon saya Saya mengamati sekeliling..... NC nya kok rasanya kurang nyaman..... Bukan karwna tempatnya yang sempit namun banyak hal-hal lain.... Saya mencoba memposisikan diri sebagai seorang customer.... Bukan sebagai sponsor ataupun pemilik NC....

Ventilasinya kurang besar apalagi di pinggir jalan dan kotanya panas... Rasanya pasti keras sekali di sini kalau jam 08. 00 jam 09. 00..... Dan saat kami masuk ke dalam MC yang pertama kami lihat adalah pintu toilet....πŸ˜„πŸ˜„ Dan dari luar nampak toiletnya pintunya agak kotor......

Begitu juga ketika kita masuk toilet nya sangat sempitπŸ˜…πŸ˜…..... Dan berada di ruangan yang sempit.... Nampak ada 1-2 kecoa di toilet itu πŸ˜…πŸ˜….... Dan di pojokan ada juga sapu yang disandarkan di tembok....πŸ˜…πŸ˜…

NC sempit di tempat sempit seperti ini jika ada orang pipis pasti suaranya akan terdengar seperti angin puting beliung...πŸ˜…πŸ˜„ Bahkan kalau ada orang buang air besar mungkin akan terdengar seperti dentuman meriam....πŸ˜…πŸ˜…

Karena ventilasinya kurang bagus... Jika pemilik NC baru pesta makan pete baunya pasti mengalahkan parfum mahal yang barusan disemprotkan di sekujur badan.....πŸ˜…πŸ˜…

Saya Pandangi Langit langit... Nampak di pojokan ada sarang laba-laba yang warnanya hitam.... Dan di atas kepala kami tergantung pada pisang yang separuhnya sudah menghitam kulitnya......

Di hadapan kami ada blender satu yang diletakkan di meja.... Nampak blendernya belum dicuci mungkin baru saja keluar castamer pada saat kami menjelang datang.......

Blendernya adalah blender kecil yang tidak ada setelan 123 nya.... Sama seperti blender punya Mae  Karangkobar.... (Blender praktis yang tidak mau diganti oleh blender lainnya.... Karena setelannya hanya on off saja....πŸ˜„πŸ˜„)

Tidak berapa lama sang pemilik NC datang dan membuatkan..... Saya dan kami saling berpandangan karena blendernya Kok tidak dicuci dulu.... Padahal shake yang kami pesan coklat.... Sedangkan tendernya tampak berwarna putih pasti baru saja ada yang minum vanilla....πŸ˜…πŸ˜…

Bunyi blendernya melengking memekakkan telinga.... Dan ngeblendernya lama.... Kalau ada customer 10 saja pasti yang giliran terakhir bisa menunggu lebih dari 30 menit....πŸ˜…πŸ˜…

Dan jadilah pagi itu saya minum shake yang variasinya berbeda.... Umpruke akeeh (Busanya banyak) banyak dan rasanya agak anget....wakakakaak....πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Selesai minum kami foto-foto ngobrol-ngobrol dan memberikan sedikit nasehat "Mas tugas sampeyan Pokoke kerja dan kerja jangan menyerah jangan berhenti.... Belajarlah dari NC yang sukses customernya ramai Amatilah Ada apa saja di situ yang berbeda dengan NC ne sampeyan........ Dan sering-seringlah datang ke Magelang"

"Siap Pak...!" Jawabnya....

Dan kami pun pulang menuju Wonosobo..... Dalam perjalanan selama 2 jam kami diskusi tentang kunjungan kami tersebut.....

"pemandangan yang barusan kita lihat itu menjadi pelajaran bagi kita betapa pentingnya kita turun ke lapangan ketika ada sebuah problem terjadi...." kata saya kepada Amy.....

Turun ke lapangan dan Anggap saja kita adalah kamera.... agar ketika kita mengamati sesuatu kita Melihatnya dengan sangat objektif.....

Jika saya hari ini tertarik untuk diet.... Dan dietnya harus program 10 hari di klub yang seperti itu tadi.... Maka saya mendingan beli kalengan dan minum sendiri di rumah.....πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Adalah sangat wajar jika setelah 10 hari customer hilang...... Jika selesai  program customer beli di tempat lain..... Atau bahkan ada castamer yang membayar program 10 hari Namun 2 hari sudah berhenti.... Itu sangat wajar... lawong tempatnya saja seperti itu.....πŸ™ˆπŸ™ˆ

Jadi tidak usah menunggu orang yang curang di depan NC dan merebut customer customer nya.... namun justru si customer itulah yang akan aktif mencari Adakah yang lain selain yang seperti ini.....πŸ™ˆπŸ™ˆ

Dan yang luar biasa adalah si pemilik NC tetap bertahan di Herbalife.... Tidak lama kemudian NC nya tutup karena pindah di tempat lain yang lebih besar....

Dan perombakan perombakan besar-besaran dilakukan..... Sekarang klub rame sekali..... Kami belum pernah datang ke NC barunya itu.... Namun Kami yakin pasti ada perubahan besar besarab yang telah dilakukannya......

Dan ajaibnya tidak pernah sekalipun terdengar dia mengadu bahwa customer nya direbut oleh orang lain.....

Hahahaha..... Masalah terselesaikan dengan sendirinya......

Teman-teman dongengan pagi ini semoga menginspirasi teman-teman dan Kita bisa belajar banyak dari kisah ini.... Jika suatu saat anda sudah memiliki tim maka jangan menyelesaikan masalah dari balik meja  tanpa Anda datang sendiri ...melihat sendiri... Dengan mata telinga kepala anda sendiri... Sebenarnya apa yang terjadi......

Coba kalau saya tidak turun ke lapangan.... Tapi hanya menyelesaikan dari balik meja.... Mungkin saya akan mencari Siapa orang-orang yang telah merebut customer nya.... Mungkin saya akan tanyakan siapa presiden team nya .... Dan saya akan ngobrol membicarakan timnya yang suka merebut kastamer orang.....

Dan pemikiran-pemikiran yang seperti ini namanya jam _Jump to conclusion & bahasa Jawanya _"mudeng wae ora kok menyimpulkan"_ πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

Atauu mungkin saya akan mencari ID si perebut castamer itu dan melaporkannya ke komisi etika.....πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

Itulah pelajaran yang bisa ditarik jika anda suatu saat menjadi pemimpin.....

bagi Anda yang belum punya tim dan baru membuka klub... Cerita itupun cerita yang menarik.... Ayo kita lihat seperti apa kebersihan di klub kita.... Seperti  apa toiletnya.... Seperti apa rasa Shake nya..... Seperti apa penyambutan tamu nya.....

Mungkin kita harus sering-sering mengadakan survei  kepuasan pelanggan...

1. Apakah lantai MC bersih
2. Apakah toiletnya nyaman...?
3. Apakah penerangan nya cukup..?
4. Shakenya Apakah enak
5. Apakah pelajaran pelajaran yang kami sampaikan bermanfaat...?
6. Apakah anda memahami pelajaran yang kami sampaikan...?
7......dst..dst....

Semoga dongeng dan renungan pagi ini bermanfaat......
Selamat Berjuang...✊✊✊

Hadi Kuntoro
Mendongeng Dari Lereng Gunung Dieng

Tidak ada komentar: