ABC-3. KISAH KELUARGA PENEMU NC " ENRIQUE VARELA & GRACIA MIER


Cerita ini melanjutkan dongengannya Enrique Varela di acara Active Builder Camp Jakarta Agustus 2018.

Ayah saya bergabung dengan Herbalife tahun 1989 dan waktu itu ya belum ada yang namanya nutrition Club.

Penjualan masih dilakukan dengan seminar-seminar dan door to door.... Dan karena seringnya ikut seminar-seminar itulah saya sering bertemu dengan Mark Hughes & Jim Rohn.
Dan sejujurnya bisnis melalui seminar-seminar itu tidaklah menarik sehingga saya pun tidak berniat masuk ke bisnis Herbalife biarkan itu menjadi bisnis Ayah Ibu  saya saya tetap ingin kuliah dan berkarir di dunia yang saya inginkan.....

Namun Setiap kali saya merenungkan ucapan-ucapannya Jim Rohn dan Mark Hughes saya merasakan ada sebuah magnet yang luar biasa yang menarik saya untuk selalu memikirkan bisnis Herbalife di masa yang akan datang.... ini bukan tentang materi, ini tentang dunia kesehatan manusia di masa mendatang, ini tentang kiprah kita agar bermanfaat bagi orang lain.
Dan itulah yang membuat saya akhirnya memilih berkarir di Herbalife meninggalkan dunia kerja yang saya jalani.....

Saya akhirnya kerja bareng dengan bapak saya waktu itu masih numpang dirumah orang tua..... Posisi Bapak saya waktu saya fulltime bisnis adalah sudah Millionaire Team

Saya ikut menumpang di kantor Bapak saya..... dan orang-orang berpikir bahwa bisnis ini akan mudah karena posisi Bapak saya sudah Millteam dan saya tinggal meneruskan saja, Tapi sejujurnya ini Bisnis yang tidak mudah bahkan saya sendiri bingung dengan skenario menjalankan bisnis di kota saya.... makanya saya memutuskan untuk meninggalkan kota saya dan hijrah ke kota lain yang cukup jauh agar saya bisa mandiri dan tidak dibayar bayangi oleh aturan-aturan yang terlalu kaku dari bapak saya.....

Saya ingin menjalankan bisnis ini dengan bebas ber ekspresi, waktu itu posisi kami pengantin baru  dan kami meninggalkan kota pindah mengontrak rumah kecil dan berniat mengembangkan bisnis di kota itu....

Di kota yang baru itu kita bergabung dengan komunitas yang ada disana.... kami bikin acara acara seminar kemudian kita undang orang-orang ke acara acara itu kita perkenalkan sebuah bisnis yang luar biasa bisnis internasional......kami tampil gagah tampil menarik di acara-acara itu....dan ada kejadian yang lucu karena beberapa orang yang tadinya semangat sekali ingin bergabung ke bisnis mereka datang ke rumah kontrakan kami.....hahaha....
Waktu itu istri saya sedang memasak di dapur dan kontrakan Kami adalah rumah yang kecil dan orang-orang yang sebelumnya serius itu tertawa katanya bisnis internasional Kenapa rumahnya seperti ini.....😄😄😄😄

Namun kami tidak menyerah dan kami terus jalankan perjuangan kami hari demi hari hingga akhirnya tahun 2003-2004 kami menjadi Millioner Team juga waktu itu ayah kami sudah presteam  Dan waktu itu orang tua kami memiliki sebuah ide gebrakan yang bagus yakni membuka nutrition Club nutrition Club......Sebenarnya awal idenya tahun 1997 namun konsep yang mulai jalan bagus tahun 2000-an....


Dan yang perlu anda perhatikan adalah.... Saya anak Sang Penemu Nutritioan Club pun BARU PAHAM tentang Nutrition Club tahun 2004.... Artinya Setelah orang tua kami menjalankan lebih dari 5 tahun baru lah kita memahami konsep yang sebenernya.....

Awalnya kami pikir nutrition Club itu ya semacam kayak kantor begitu saja tanpa saya perlu melihat cukup di dongengi saja saya bisa menjalankannya..... Ternyata tidak seperti itu....

Kata orang ayah "Jika kamu kepingin tahu benar-benar apa yang dilakukan di nutrition Club ya kamu datang ke sini ikut mengoperasikan NC kita paling tidak tiga hari, tidak mungkin kamu tidak terjun ke lapangan hanya mempelajari teori saja dan tahu-tahu kamu bisa menjalankan NC... TIDAK....kamu harus belajar langsung mengoperasikan NC"

Akhirnya saya pun pulang dan mengikuti apa yang dilakukan oleh orang tua kami...... Dan selama tiga hari itu ada peristiwa yang menarik di mana ibu saya meyakinkan seseorang untuk membuka Club di salah satu rumah pelangganya ..... saya ikut datang bersama ibu saya ke rumahnya dan saya sangat tidak yakin bahwa NC bisa berjalan di rumahnya yang sangat sederhana itu....... Namun lagi-lagi Ibu saya menyakinkan bahwa Saya belum paham apa-apa pokoknya ikuti saja dulu deh.... Dan lihatlah Konsep ini dengan pemikiran yang luas jangan menyimpulkan apapun sebelum saya paham apa itu nutrition Club....."


Akhirnya saya tidak banyak protes tidak banyak tanya saya ikuti saja yang semula Saya hanya ingin 3 hari di kampung Ibu saya akhirnya molor sampai 8 hari karena saya ingin melihat Seperti apa orang yang buka home Club itu......

Dan surprise orang itu sangat aktif mengundang tangga tetangganya ke rumah hari kedelapan ketika saya meninggalkan kota saya Home Club itu sudah ramai....... tuan rumahnya begitu natural mengundang orang-orang yang ada di sekitarnya........ Lama-lama saya paham konsepnya dan saya pun mengaplikasikan jurus yang dilakukan ibu saya itu.....di bisnis kota saya...

Dan tahun 2004 Akhirnya kita membuka Club kami dengan cara yang benar...... Dan 2 tahun kemudian yakni sekitar tahun 2006 kami menjadi seorang presiden Tim...... Tidak lama kemudian disusul tim kami yang menjalankan skenario serupa.......

Itulah awal mulanya nutrition Club Akhirnya ramaiiii..... Menjadi strategi yang booming..... Jadi anda harus memahami mulai dari konsep sampai akhirnya mulai ramai itu ternyata membutuhkan waktu cukup panjang 8 atau 9 tahun......dan Lagi-lagi ini bukan sebuah cara yang instan namun memang perlu sebuah strategi.... Dan strategi yang paling dasar adalah anda memahami nutrition Club itu apa.....??

Awal-awal menjalankan nutrition Club ini sangat tidak mudah terutama adalah tantangan tantangan dari para pebisnis Herbalife sebelumnya.....Orang tua kami bukanlah orang yang pertama menjalankan bisnis di Meksiko namun sudah banyak sebelumnya para pebisnis pebisnis yang sudah malang melintang..... dan ide orang tua kami ini adalah ide yang menurut mereka sangat tidak bagus.....

Kenapa ide itu di tentang...? Karena menurut mereka pasar akan jadi kacau orang yang tadinya belinya kalengan belinya banyak sekarang mereka datang ke NC dan minum produknya gelasan demi gelasan..... Banyak komentar-komentar negatif dan strategi kami dianggap sangat melecehkan Herbalife....Masak produk Herbalife di buka kaleng demi kaleng kemudian disajikan Yang benar saja Mark Hughes pasti tidak akan mengizinkannya.....kata mereka

Namun Ayah ibu kami tidak bergeming dengan apa komentar mereka karena dikepala orang tua kami konsepnya sangat jelas bahwa nutrition Club Ini bukanlah tempat eceran gelasan.... Namun tujuan utamanya adalah bagaimana orang-orang bisa mendapatkan akses mudah ke nutrisi yang baik ini....mereka bisa mendapatkan makanan yang bergizi.....pada akhirnyaa....

Dan nutrition Club adalah sebuah awal pengenalan saja...... Pada akhirnya nanti setelah mereka terbiasa mendapatkan hasil produk yang bagus kemudian mendapatkan pembelajaran yang baik nanti mereka dengan sendirinya akan menjadi pecinta produk.....

Fakta menunjukkan dengan menerapkan nutrition Club organisasi di bawah orang tua kami terus bertumbuh..... Namun cara-cara kami ini benar-benar disorot bahkan ketika Michale O Johnson (MOJ) CEO Herbalife di  awal-awal menjabat CEO Herbalife beliau mendapatkan laporan-laporan tentang kacaunya kondisi bisnis di Meksiko.....dimana Herbalife dipasarkan gelasan demi gelasan di rumah-rumah penduduk.......

Mendapatkan laporan itu MOJ tidak langsung menanggapi dengan negatif namun dia justru mengirimkan seorang utusan untuk melihat langsung Sebenarnya apa yang terjadi di Meksiko....
Dan utusan MOJ itu kami aja keliling-keliling ke beberapa Nutrition Club yang ada di Meksiko waktu itu dan justru di situlah utusan itu paham ini sebuah konsep yang sangat bagus.......utusan itu namanya Jack Kavuligh

Pulang dari Mexico utusan MOJ ini melaporkan apa yang terjadi di Meksiko adalah ide yang bagus dan Brilaian.... dan ini sangat menarik MOJ bahkan  mengirimkan orang-orang Herbalife corporate ke Meksiko sampai 2 Pesawat !

Dan Sejak saat itulah berduyun-duyun orang belajar ke Mexico pernah datang utusan langsung pebisnis-pebisnis herbalife dari 52 negara datang ke Mexico mungkin termasuk Indonesia......

Bahkan saya pun diundang ke Moskow Rusia untuk menjelaskan kepada orang-orang di sana tentang nutrition Club..... dan saya sampaikan kepada mereka bahwa nutrition Club itu tidak bisa dijelaskan dengan presentasi namun harus datang sendiri ke Mexico..... Dan sekitar 100an orang pebisnis dari Rusia datang Mereka semua belajar ke Meksiko dan akhirnya di Rusia pun mulai muncul nutrition Club.....dan sekarang Nutrition Club setelah 21 tahun tersebar ke seluruh dunia.

Dan kenapa sejarah awal ini saya harus saya sampaikan kepada teman-teman semua adalah agar Anda paham bahwa bisnis ini bukanlah bisnis yang cocok untuk Anda yang lemah.....dan mudah menyerah.....

Bayangkan jika orang tua kami menyerah maka kami bukan siapa-siapa saat ini...... dan Justru karena tantangan-tantangan yang hebat inilah maka tidak banyak orang yang kuat untuk tetap tinggal di bisnis ini.... jika Herbalife begitu mudah maka peluang ini sudah habis diambil oleh orang lain sebelum sampai peluangnya ke tangan anda......

Hadi Kuntoro
Mendongeng dari Lereng Gunung Dieng

Tidak ada komentar: