MISTERI KATA-KATA "FUN-SIMPLE-MAGICAL" TERPECAHKAN

Brisbane, Selasa 19 Septtember 2017

"Banyak yang menyempaikan pendapat kepada saya , Herbalife sekarang berubah menjadi Bisnis pada umumnya bahkan lebih rumit, tidak lagi seperti dulu, yang FUN-SIMPLE-MAGICAL, dan jawaban saya adalah 'Ketika cek sudah masuk ke rekening kita di tanggal 15 , memang benar FUN-SIMPLE-MAGICA, namun upaya bagaimana agar uang itu masuk, dan terus menerus mengalir setiap tanggal 15 itu bener-bener bukan pekerjaan yang FUN & SIMPLE..!' " itu kata-kata yang saya tangkap dari Stefan Gratziani, pebisnis Herbalife yang sukses dari Perancis yang sudah lebih dari 20tahun menjalani bisnis ini, sejak usia 20an tahun dan sekarang sudah 49tahun

Kata-kata itu bagi sebagian orang lucu, di ucapkan dengan sangat ringan tanpa beban, namun sebenernya itu sesuatu yang sangat berat bagi orang yang melihat bisnis Herbalife murni sebagai pebisnis MLM, dan jika kata-kata itu saya yang mengucapkan whuaaa....akan sangat banyak orang yang mungkin protes atau mengecam...karena kalimat yang sederhanaini adalah kalimat yang melawan arus... sehingga meskipun saya sering menyampaikan ke team yang membuka cabang-cabang rumah nutrisi di daerah-daerah, namun kita enggak berani menyempaikan pandangan itu secara vulgar di forum terbuka seperti Stefan Gratziani.

Bagi pebisnis Herbalife, kata-kata FUN-SIMPLE-MAGICAL adalah 3 kata yang akan sangat sering didengar. Tiga kata itu umurnya hampir sama dengan umur Herbalife itu sendiri, karena kita bisa menyaksikan Founder-nya Herbalife, Mark Hughes sudah sering mengulang-ulang kata-kata ini dalam video-video awal-awal kelahiran Herbalife.

Selalu di ulang-ulang "Jalankan bisnis ini dengan FUN dan SIMPLE maka MAGICAL (kejaiban) akan hadir dan tahu-tahu anda sukses.." itulah yang saya tangkap dari setiap pembicara di acara-acara besar Herbalife baik di dalam maupun diluar negeri.

Makna kata FUN-SIMPLE-MAGICAL yang saya tangkap saya yakin mayoritas sama dengan yang semua orang tangkap, dan kami mengartikan bahwa menjalankan bisnis Herbalife itu yang penting kita SENANG, dan berpikirlah yang SIMPLE yang diartikan gak usah pinter-pinter gak usah belajar ini itu...lha wong produknya sudah jelas-jelas bagus, orang akan dengan mudah mau konsumsi ini dan kita enggak perlu capek-capek meyakinkan mereka, berikan MOTIVASI agar mereka mau makan produk, dan setelah makan produk sebentar saja mereka akan merasakan bahwa produk ini ajaiiib sekali di badan mereka nanti mereka akan terus menrus konsumsi produk ini, dan dengan mudah mereka pasti akan gampang banget kita ajak bisnis.... itu makna yang kebanyakan orang tangkap.

Itulah makanya tahun 2015 banyak pebisnis-pebisnis senior yang "MEMPROTES" metode bisnis "STRATEGI BARU" lewat Nutrition Club yang kita lakukan...bahkan dari media-media sosial dan group-group tertutup yang beritanya sampai ke saya (hehehe...).banyak kalimat dan diskusi-diskusi yang bernada protes.


"Pak Sampeyan metodenya menyimpang dan menyalahi konsep Herbalife yang dijalani bertahun-tahun, apa yang disampaikan di kelas-kelas dan acara-acara pertemuan para pemilik Nutrition Club itu sesuatu yang sangat bertentangan dengan konsep bisnis selama ini... salah satuya menyalahi FUN-SIMPLE-MAGICAL. Bisnis Herbalife konsep baru ala sampeyan itu membuat bisnis Herbalife jadi kompleks dan ruwet sekali, tidak lagi FUN tidak lagi tidak lagi SIMPLE dan gimana akan muncul MAGICAL lha malah mumeet.... ini jadi persis kayak bisnis konvensional, gebrakannya sebenernya bener, dan apa yang disampaikan tidak salah, namun inget bisnis ini latar belakang orangnya multi dimensi, ada yang latar belakangnya ibu rumah tangga, pedagang kaki lima, bahkan ada beberapa orang yang buta huruf juga ikut bisnis ini, jika semua harus sistematis mengikuti alur nya sampeyan bakalan kesulitan mereka " Kata salah seseorang yang mewakili mereka yang berkeberatan.

"Bisnis herbalife ini tidak semudah FUN-SIMPLE-MAGICAL seperti yang sampeyan bayangkan" Jawab saya

"Setelah bener-bener saya pelajari, dengan jujur saya sampaikan kesimpulan saya, bahwa bisnis ini sulit, lebih sulit daripada bisnis paling sulit yang saya jalani. Tidak setiap pedagang atau pemilik bisnis yang hebat bisa sukses disini, tidak setiap orang pinter bisa sukses disini, dan tidak setiap orang yang pernah sukses jadi pimpinan kerja kantor-kantor atau tempat kerja otomatis bisa sukses di bisnis ini. Karena di bisnis ini MODAL UTAMA bukan duit, bukan tempat yang strategis, bukan pula orang yang relasinya banyak.... modal utamanya adalah DIRI KITA" kata saya...

"Maksudnya gimana itu pak..?"  tanyanya

"Kita sebagai pelaku bisnis harus ikut bertransformasi dan larut kedalam bisnis itu sendiri. Pemilik toko alat olahraga tidak harus orang yang suka olahraga meskipun yang dijual adalah alat-alat yang digunakan orang lain berolahraga."

"Seorang dokter jantung tidak harus orang yang sangat care menjaga kesehatan jantung, cukup orang yang pintar yang ahli....apakah dia olahraga menjaga jantungnya, apakah dia makan yang baik agar jantungnya sehat, merokok apa tidak merokok...kita enggak peduli...dia tetap bisa punya pasien yang banyak asalkan dia ahli"

"Entah anda orang baik atau tidak, mungkin suka berjudi, mungkin suka mabuk-mabukan, apapun kondisi anda, jika anda membuka toko bangunan dan harganya miring, dan kwalitas barangnya bagus, maka toko bangunan anda akan laris dan anda mungkin akan jadi pemilik toko bangunan yang sukses"

"Namun tidak demikian dengan bisnis Herbalife ini. Siapa diri anda bener-bener diperhatikan customer-customer atau calon-calon customer anda. Identitas anda harus jelas, dimana anda tinggal harus jelas, customer anda akan mau olahraga jika anda olahraga, customer anda akan mau makan produk jika ada jejak-jejak yang jelas dan bisa terbaca pada tubuh anda bahwa anda makan produk. Coba jika anda customer saya, namun tiap pagi melihat saya nongkrong di warung kopi dan klepas-klepus melihat saya merokok...apakah anda akan tetap menjadi customer loyal saya...? Tentu Tidak..!"

"Ternyata customer memperhatikan Bukan cuma kebersihan saja, bukan hanya shake yang rasanya enak saja, Ternyata rapot kita di masa lalu, ternyata reputasi kita, ternyata gesture tubuh kita, ternyata attitude atau perilaku kita, ternyata tatapan mata kita, ternyata cara kita mendengarkan, ternyata cara kita ngomong, ternyata...ini..ini ternyata itu..itu dan ituu.... termasuk hal-hal yang sangat diperhatikan detail oleh customer kita... meski bagus di banyak hal jika reputasi kita tidak bagus dengan mudah customer akan meninggalkan kita.... enggak mudah kan...?"

"Jadii...betapa rumitnya bisnis kita, kita harus larut bersama produk yang kita jual..hahaha... ini tidak mudah... yaa... betapa tidak mudahnya bisnis ini, sama seperti saya jualan Daster...dan saya harus kemana-mana pakai daster dagangan kita... walaaah dikiro wong edan ora waras ... lha saya laki-laki masak pakai daster....hahaha... sampeyan mudeng gak maksudku broo...?" tanya tanya

"Yes pak saya faham...hahahah...." katanya....

Berjuanglah terus, bertransformasi hari demi hari tanpa terasa kita sedang mengukir sebuah reputasi.... kita yang dulu makan banyak ngawurnya sekarang lebih terjaga, yang dulu suka merokok sekarang ditinggalkan, yang dulu suka nongkrong pagi di warung kopi sekarang pagi-pagi menyeka keringat berolahraga dan banyak minumnya banyak  air putih.... yang dulu enggak suka baca-baca sekarang rajin baca-baca, datang ke forum-forum ilmu.... lama-lama diri kita berubah.... dan tanpa terasa bisnis yang semual RUMIT berubah menjadi FUN alias MENYENANGKAN.

Karena kita  terus menerus belajar, akhirnya ilmu-ilmu tentang nutrisi, ilmu-ilmu tentang anatomi tubuh, ilmu-ilmu biologi tentang sistem pecernaan, sistem ekskresi, sistem transportasi dalam tubuah manusia...yang dulu di sekolah itu merupakan ilmu yang ruwet bin rumit akhirnya menjadi ilmu yang sedikit demi sedikit akhirnya MUDAH difahami, bahkan lama-lama orang awam pun bisa menjelaskan dengan bahasa sehari-hari yang SEDERHANA, inilah yang disebut SIMPLE..!

Jadi kalau Mark Hughes bilang bisnis ini FUN-SIMPLE-MAGICAL, artinya dalam diri Mark Hughes sendiri sudah terkandung nilai-nilai seperti apa yang dia bicarakan. Dia orang baik, memiliki reputasi yang baik, dan terus menerus belajar, terus menerus baca buku, sehingga kalau dia bicara bisnis ini FUN & SIMPLE itu bener sekali... hehehe

Nha kalau kita....masih suka merokok, makan lebih banyak ngawurnya, lebih seneng ngegosip daripada belajar, lebih seneng nonton tipi daripada baca buku, lebih sening ubres masalah politik daripada training, lebih seneng bangun siang ketimbang bangun pagi dan olahraga, lebih fokus ke masalah daripada fokus ke solusi, lebih seneng larut dalam galau daripada semangat memecahkan masalah....maka bisnis ini bukan bisnis yang FUN & SIMPLE  namun menjadi bisnis yang BORING & COMPLICATED (membosankan dan rumit) dan membuat kita stress....


Gimana...? Pilih FUN-SIMPLE & MAGICAL apa BORING-COMPLICATED & SUFFERING (Membosankan Rumit dan Bikin Mumet...hehehe)..? sudah faham apa apa yang ,harus dilakukan agar bisnis ini terasa indah seperti yang disampaikan Mark Hughes...?

Akhirnya ada penjelasan yang menarik dari kata-kata FUN-SIMPLE-MAGICAL, ini bukanlah kalimat misterius semacam "abrakadbra" yang membuat bisnis ini menjadi mudah tanpa perlu upaya keras...namun sebaliknya....

Terima Kasih kepada Stefan Gratziani yang telah menginspirasi kami...dan semoga temen-temen terinspirasi dari tulisan ini...

Tidak ada komentar: