"DONGENG BABILONIA" Dongeng Dari Gunung Dieng untuk Para Pemimpin

Sentuh Customer anda orang satu persatu, dengarkan apapun cerita mereka maka anda akan banyak mendapat ilmuuu...

Ketika di NC ramai , saya suka duduk secara acak ke bangku manapun...

Saya aja customer ngobrol ...jika beliau sudah keluar obrolannya saya diam..banyak ndengerin

Seseorang yang nampaknya biasa-biasa saja, bisa jadi dia adalah seseorang yang luar biasa...

Orang yang sering tidak masuk hitungan kita, ternyata beliau memiliki peran yang sagat besar, bahkan bisa jadi kita banyak menikmati manfaat dari peran-perannya.....

"Mas Hadi...suka mendengarkan orang mendongeng enggak...." kata seorang pelanggan di NC

Orangnya tinggi semampai, putih nampak seperti Chinese tapi kayaknya kok bukan....dari gaya bicaranyaaa....

Asli wonosobo, kelahiran wonosobo, tinggal di kampung pinggiran tapi kok bahasanya agak ngapak-ngapak...dialek banyumasannya sering keluar....

saya cerita herbalife, kemarin habis dari mexico kok dia nyambung....

Saya ngobrol saya lama di jakarta, kok beliau kenal pojok-pojok jakartaaa...

Saya ngobrol asal muasal saya dari kampung di gunung, karangkobar Banjarnegara, eh...kok dia kenal seluh beluk banjarnegaraaa...

Saya cerita keluarga saya, ada kakak yang kerja di Istana...eh kok dia nyambung dan nampak lebih mengenal Istanaaa...

Saya cerita kuliah Teknik Mesin kok dia nyambung dan ngobrol mesiiiin dengan pengetahuan seluas itu, Usianya diatas 60 tahun, tebakan saya..dan benar ternyata beliau kelahiran 1952

Ibarat Main Catur, saya bener-bener takluk sebelum langkah pembukaan usaiii....

Siapa ini.......???

"Dongeng Pak..? Walah suka sekali pak....bapak mau mendongeng berapa jam juga saya seneng mendengarnya...." kata saya....

Beliau Tertawa...."Sudah saya tebak jawabannya pasti seperti itu...hahaha"

Siapa dia yaaa..? Penasaran saya...beliau memiliki bekas-bekas luka bakar...karena pernah kebakaran rumahnya..kesepuluh jejari tangannya nampak tidak sempurna... karena peristiwa itu...

"Ini dongengan Orang Tuaaa..dongeng pengantar tidur" katanya

"Entah bener-entah enggak, wallahu A'lam, namun semua Corps Kesatuan kami semua tahu dongeng tua ini"

kisahnya terjadi Ribuan tahun yang lalu, jauuuh sebelum Nabi Isa lahir, jadi belum ada tahun masehi, belum ada agama Nasrani, belum ada tembok Cina

"Jika ada seseorang di dunia ini pantas wajar untuk sombong, maka orang itu adalah Nebukadnesar....seorang raja yang sangat besar dari Babilonia..." kaget...

"whaat.... ini sebuah dongeng berat.... dan yang mendongeng ini pasti bukan orang biasa-biasa..... 
" Saya membatin...

"Siap pak..!" saya langsung ambil kertas dan saya fokus-fokus-fokus mendengarnya...mata saya arahkan ke beliau tangan memegang pensil saya coret-coretkan di kertas....

Raja Nebukadnezar, pemimpin yang paling kuat di dinasti Babilonia dan terkenal karena kemegahan ibukotanya, ahli politik, kekuatan militer yang hebat, perannya sebagai 'penjahat terbesar' dalam sejarah Alkitab, dan beliau pelajar, sastrawan, dan memiliki kelebihan meramal juga....ramalan-ramalan mimpinya mengejutkan hingga ratusan tahu berikutnya....

Yaa....dia layak untuk sombong

Masa pemerintahan Raja Nebukadnezar, Babilon merupakan kota terbesar di dunia.

Wilayahnya meliputi negara yang sekarang disebut Iran, Irak, syria, Israel, mesir, yordania dll ...dari jaman dulu itu negara kuat, namun di taklukkan semua oleh Nebukadnezar

Dan di puncak kekuasaan nya...dia akhirnya "sombong dan angkuh"

Meskipun itu hal yang pantas namun Allah tidak suka dengan orang yang sombong
akhirnya suatu ketika sang raja dikalahkan oleh "orang kecil" yang sama sekali tidak di perhitungkan....sang raja di permalukan dan di asingkan di buang ke sebuah hutan....

Dan di hutan itu selama 7 tahun sang raja interospeksi...alam mengubahnya menjadi orang yang rendah hati..beliau merendah...bahkan merendah menempatkan dirinya lebih rendah dari hewan apaapun di hutan itu....

Dan episode berikutnya, kerendahan hatinya itulah yang menjadikannya kekuatan....
kekuatannya kembaliii....

Beliau kembali dari pengasingan sikapnya luar biasa, rendah hati....banyak orang bersimpati kepadanya....hingga beberapa tahun kemudian rakyatnya sadar beliau adalah "mantan rajanya"
Karena merendah itulah beliiau bisa menyusup kemana saja, ke semua kalangan...

Simpati dari rakyatnya terus mengalir....bahkan dukungan yang luar biasa juga datang dari rakyat-rakyat bekas negara jajahannya

Akhirnya beliau dinobatkan kembali menjadi raja....
dan kekuasaannya lebih besar lagi dibanding sebelumnyaaa...

Hingga saat ini peninggalan beliau "Taman gantung Babilonia" adalah salah satu taman paling indah di dunia...

"Merendahlah....merendahlah...merendahlah...maka Allah akan meninggikan derajat kita..... dan jika kita merasa "Lebih tinggi" dibanding orang lain atau kita meninggikan diri, sombong, angkuh, maka kita akan direndahkan...Catat itu sangat penting ...." Kata beliau

"Jadilah seperti air...dia terus menerus mengalir ketempat-tempat yang rendah.... dimana ada tempat yang lebih rendah, kesanalah dia menuju... dan lihatlah kekuatan air... dia dinaikkan ke langit, jadi hujan...dirindukan orang, dibutuhkan orang, sekaligus bisa menjadi kekuatan dahsyat yang bisa menghancurkan apa saja...." lanjutnya....

Air bisa menyusup kemana saja...
Air bisa melewati halangan sekecil apapun
Air bisa menyusup kedalam tanah...

Bahkan jika dibendung pun, air menyembunyikan kekuatannya dan hanya maslah waktu dia menunggu saat yang tepat untuk menjebol bendungan sekuat apapun

Jadilah pendengar yang baik...kepada siapapun, maka anda akan mendapat banyak ilmu....
Jangan Pernah merasa bahwa anda merasa menjadi Orang Pintar...karena diluar sana ada yang lebih pintar lagi..lebih pintar lagi...lebih pintar lagiii....

lebih Aman adalah menjadi orang yang Merasa Bodoh..dengan terus mendengar-mendengar-mendengar....karena itu akan menuntun Kita untuk terus menerus mendapat ilmuuu...

Semoga bermanfaat....
Selamat berakhir pekan..selamat berjuang..!!

Hadi Kuntoro
"Pendongeng Kaki Gunung Dieng"

Tidak ada komentar: