Nikmatilah perjalanan anda....

Dear Pak Hadi
Sebelumnya saya mau memperkenalkan diri pak, tapi sebenarnya kita pernah ketemu.
Saya dulu pernah bekerja juga di Perusahaan anda yang lama juga tapi sekarang saya pindah kerja di perusahaan baru, perusahaan internasional juga.

Saya baca blognya Pak Hadi, menarik sekali. Saya dengar Pak Hadi sudah Full TDA ya. Selamat ya pak. Semoga usaha bapak sukses dan penuh berkah.

Begini pak, saya ada sebuah keinginan. Keinginan yang didasari suatu kenyataan bahwa kenapa sebagian saudara-saudara kita ( termasuk saya saat ini ) tidak menjadi tuan rumah di negerinya sendiri. Kenapa orang-orang asing yang menjadi boss sedangkan orang pribuminya cuma jadi 'kuli'. Sedih pak kalo melihat kondisi ini. Kenapa tidak sebaliknya. Jadi satu sebuah keinginan untuk mandiri, tidak menua dengan bekerja di perusahaan. Saya ingin memiliki usaha sendiri, second carrier. Disamping itu saya juga punya alasan kenapa saya harus memiliki usaha sendiri, antara lain :

1. Tidak ada yang bisa jamin apakah 10 tahun ke depan perusahaan tempat saya bekerja akan tetap ada di negeri tercinta ini. Sudah banyak contohnya perusahaan besar di Indonesia harus game over. Kalo saya tidak punya usaha sendiri otomatis kondisi tersebut akan membuat saya sekeluarga terkejut, kaget.

2. OK umpanya saya terus bekerja sampai pensiun. Ketika memasuki masa pensiun, saya juga harus tetap memenuhi kebutuhan hidup saya. Jangan sampai bergantung pada orang lain.

3. Yang ketiga ini cukup menakutkan. Saya tidak tahu sampai kapan umur saya. Ketika tiba2 Alloh memanggil saya, otomatis yang bekerja untuk keluarga saya tidak ada. Istri saya pasti akan merasakan beban yang cukup berat untuk menghidupi anak saya.

Pak Hadi yang sekarang sudah menjalani usahanya, saya tidak ragu dengan strategi Pak Hadi. Saya minta tolong, mungkin Pak Hadi bisa memberikan tips, saran atau arahan kepada saya, apa yang harus dilakukan sebagai langkah awal untuk memiliki usaha sendiri.

Saya juga pernah usaha, yaitu bisnis buku-buku. Awalnya saya buka di rumah, tapi kemudian saya coba bawa keluar, tepatnya di dekat kampus tempat saya kuliah dulu. Memang dalam berbisnis atau berdagang itu butuh perjuangan keras ya pak. Kemudian akhirnya orang tua saya menginginkan saya untuk bekerja di perusahaan. Saya mengerti apa yang diinginkan orang tua saya, akhirnya sampai sekarang ini saya tetap bekerja.

Regards...
Mr.J

============
Jawaban Saya
============

Hallo apa kabar Mas ..

Saya seneng dan bangga mandengar anda suatu saat nanti mau mandiri...dan anda tinggal sedikit tambahin satu kata dalam perjalanan hidup anda maka segalanya menjadi begitu menyenangkan, kata itu adalah "Nikmati"

Nikmatilah perjalanan anda saat ini yang masih menjadi pekerja, karena justru disinilah anda mendapat banyak ilmu dan itu berasal dari institusi Internasional..dan gratis lagi..!
Apa-apa yang ada dihadapan anda adalah ilmu-ilmu management bisnis yang sangat menarik..!

Mengenai jaminan 10 tahu kedepan, pensiun, mati setahun atau 2 taun lagi tidak usah terlalu dipikirkan, karena porsi itu ada yang lebih cocok menghandle, yakni Allah..Sang Pencipta Anda. Dan lebih baik kita konsen apa yang harus kita lakukan hari ini..saat ini..detik ini..!

Kalau kita menjalani saat ini dengan baik, maka esok,lusa,setahun lagi atau 100 tahun lagi pun kita masih akan memetik hasilnya...

Oya, sering2lah bertanya...sebenernya apa yang paling kita inginkan dalam hidup kita...? Keluarga yang spt apa, masa depan spt apa, rumah, mobil, infaq segede apa, zakat sebesar apa,kebebasan waktu dll..silahkan anda pilih mana yang paling membuat anda feel happy..

Setelah ketemu, anda pikirkan lagi, apakah jalan yang anda tempuh saat ini bener2 akan mengantarkan anda ke arah itu enggak...dan satu lagi, apakah jalan yang anda tempuh saat ini bener menyenangkan buat anda apa tidak..?

Kalau anda berkata TIDAK..silahkan mulai berpikir untuk memilih jalan yang paling anda sukai...

Dan ingat...anda juga harus memikirkan step-stepnya..karena anda juga pasti dikelilingi oleh orang lain, anak, istri,orangtua,mertua dll....

Mulailah dari yang paling kecil : Gantilah nonton TV anda menjadi acara baca buku yang menunjang anda kearah sana, gantilah temen-temen yang membuat anda pesimis menjadi temen-temen yang membaut anda full semangat, Gantilah topik2 pambicaraan anda yang kebanyakan hanya nggosip menjadi diskusi bisnis yang menyenangkan, ubahlah meilhat pekerjaan sebagai beban menjadi KULIAH GRATIS yang paling menyenangkan dan akhirnya anda malah lebih semangat bekerja....dll..

Sambil bekerja anda bisa cari cara termudah untuk sambil mengasah kemampuan bisnis anda...anda manfaatkan 1-2 jam waktu harian anda untuk bisnis...manfatkan waktu sabtu-minggu bersama keluarga sambil berbisnis juga misalnya...

Mudah2an ini menjawab uneg2 anda, dan jangan lupa :

Nikmatilah perjalanan anda....


Selamat Berjuang & Selamat Berpetualang..!

Hadi Kuntoro
http://hadikuntoro.com/
http://rajaselimut.com/
http://mysajadah.com/

Tidak ada komentar: