IMPIANKU TERNYATA SEDERHANA-IV

Masih Cerita seputar Mimpi...hehe..banyak email yang komplain ke saya, gara2 membaca postingan tentang mimpi ini mereka nggak bisa tidur..dan mengatakan bahwa apa yang saya tulis benar. Mereka sangat piawai menjalankan misi untuk mewujudkan visinya perusahaan, Instansinya bekerja, pabriknya dll...tapi ternyata mereka nggak punya visi untuk dirinya sendiri... dan tulisan ini mereka rasakan cukup menggelitik dan menyadarkan mereka bahwa selama ini ada yang kurang, dan belum mereka lakukan.
Oya untuk anda baru membaca ini, sebaiknya baca juga artikel sebelumnya di "IMPIANKU TERNYATA SEDERHANA-III" Selamat Membaca..

=============================

Bisnis2 kecil2 yang sifatnya sambilan saja, diluar ke-3 sektor yang saya tekuni alhamdulilah sudah bener membuat saya merasa terbebas dari masalah keuangan, apalagi semakin kesini rasanya saya juga makin tidak butuh uang…karena saya hanya cukup menjumput sebagain kecil saja dari yang aku butuhkan. Saya sengaja tidak ambil hasilnya (kalaupun ada tabungan mungkin saja istriku yang iseng2 nyimpen buat kebutuhan anak2 kelak barangkali….), tapi sengaja teus saya puter2 lagi ke yang lain. Memang kadangkala istriku protes “Kapan menikmatinya kalau ada uang kok diputer-puter melulu..?”
“Tenang saja Saya..ada kok masanya memanen..”

Tahap ke-III
2014 sd 2016 Tahun Masa Perkembang Biakan.

Mainan-mainan di tahap ini adalah mainan yang hanya sedikit menguras energi dan waktu tapi secara hasil malah menggelontor berlipat-lipat. Dulu ketika TDB saya sudah terbiasa membuat Planning, Organizing, Councelling dsb sehingga untuk menduplikasi Mainan2 yang sudah saya kembangkan ini bukan hal yang sulit.

Saya sudah punya konsep bagaimana membuat cabang2, dari blue print awal berdiri sampai SOP2 aktivitas harian sudah saya delegasikan kepada staf2 ahli2 kami..dan atas saran beberapa rekan kami di kota2 yang sudah malang-melintang di dunia bisnis akhirnya tawaran agar beberapa usaha saya masuk ke Perusahaan Terbuka saya “Iya-in” saja, dan alhamdulillah dalam waktu yang tidak terlalu lama yakni 3 tahun proses copypaste-copypaste sudah berhasil kami lakukan dengan mulus..memang sih kendala-kendala klasik seperti SDM dan sebagainya kita banyak dapatkan, tapi karena saya sudah serahterimakan kendali kepada orang2 ahli dan loyal yang menjadi kepercayaan saya, akhirnya semua bisa teratasi…

Saya banyak berbagi ilmu untuk menduplikasi ini kepada temen2 baik lama yang sudah senior2 maupun temen2 baru bahkan para pemula2..(hehe..saya kadang geli sendiri..gini hari kok masih saja ada pemula ya…hehe..tapi itulah roda kehidupan…dan saya yakin yang seperti ini akan selalu ada selama masih ada dunia yang utuh dan berputar seperti sekarang)

Di Jepang ada metode namanya “Yokoten” yakni lakukanlah benchmarking, dan implementasikan hal-hal yang baik ketempat lain. Sayapun melakukan hal ini. Misalnya untuk sektor Garment, saya cari model yang paling bagus di salah satu cabang, kemudian pimpinan di cabang itu saya minta untuk menuliskan dari A sampai Z semua hal yang berlaku di situ, mulai dari proses ujung ke ujung, bagaimana cara mengolah laporan Finansial, cara menghitung Cost per produknya, cara Pembelian Bahan Baku, cara Penyimpanan dan pergerakan bahan baku, cara produksinya, Deliveri-nya, perawatan2 mesinnnya, cara mengatur personalianya, berhubungan dengan pemerintah dll….setelah itu pelan2 saya aplikasikan hal yang sama ke tempat berikutnya-berikutnya-dst…hal yang sama juga saya terapkan di Agribisnis dan Peternakan…

Tahap ke-IV
2017 sd Hari Ini ..Masa Panen Hasil

Dan inilah sebenernya masa yang sekian lama saya tunggu-tunggu, yakni masa memanen hasil jerih payah setelah berjuang 10tahun..yakni masa panen..! Hore…!

Masa ini saya tandai dengan menanggalkan atribut-atribut yang melambangkan seorang pengusaha atau pebisnis, saya buat baju dinas yang baru yakni seperti yang aku kenakan sekarang ini..celana gombrong warna merah tua dan hem atau kaos warna merah menyala..enggak tahu kenapa warna favoriteku sekarang berubah menjadi warna-warna merah..dan aku bangun kantor yang sederhana di salah satu sawah yang pemandangannya sangat bagus.

Dari kejauhan terlihat 2 gunung yang berdiri tegak perkasa dengan ketinggian yang terlihat sama dan agak jauh dari tempatku juga terlihat berkeloknya sungai kecil yang mengalirkan air jernih sepanjang hari.

Sengaja saya pasang parabola yang bisa mengakses internet lewat satelit dengan jalur broad band, sehingga bisa untuk mengakses internet dengan kecepatan paling tinggi saat ini, dan dari sini saya bisa melakukan kontak ke penjuru dunia dan melakukan telekonferen dengan anak-anak perusahaan yang tersebar di berbagai tempat.
Sengaja tempat ini saya desain dengan modern namun dengan tampilan yang alamiah dan sederhana agar tetap merasa menyatu dengan alam di sekitarku…

Oya aku ada kesibukan yang baru juga, dan ini sesuai dengan impian2 saya ketika muda dahulu, yakni saya sering berkeliling ke sekolah-sekolah baik umum maupun kejuruan dan menjadi dosen/guru “terbang” kesana kemari mengajarkan ilmu-ilmu entrepreneur meskipun tidak dibayar [malah sebaliknya] tapi saya sangat menikmati hal ini, dan untuk beberapa sekolah2 kecil bahkan sudah saya dirikan bersama teman-teman sepermainan di TDA, menarik juga meskipun kita memiliki kurikulum yang menurut orang2 umum terlihat aneh, tapi hasilnya kita bisa mencetak pengusaha-pengusaha muda yang semakincepat-semakincepat dari waktu ke waktu dan ini selalu kita improve terus menerus..

Hubungan saya dengan temen2 lama di Jakarta yang sudah senior-senior dikomunitas TDA masih tetap terbina sampai sekarang, meski kita berjauhan. Tidak saya nyana komunitas ini sudah berkembang sangat besar sekarang, ratusan ribu anggota dan ribuan jaringan bisnis sudah terbentuk. Orang2 positif, amanah dan terpercaya ketika bergabung begini ternyata benar2 bisa mengubah dunia.

Sektor2 bisnis yang dulu hanya angan2 sekarang sudah berkembang pesat, bahkan sudah ada Supermarket2, restoran2, franchise dll. Perbankan TDA-Bank menjadi sumber bahan bakar bisnis para member2nya, dan lembaga Finance yang pendiriannya dilakukan tahun 2007 yang lampau sekarang menjadi rujukan bagi lembaga2 keuangan dan bahkan sudah menjadi partner dari pemerintah dan di fasilitasi untuk dikembangkan di daerah2, tidak terasa sudah jutaan orang yang merasakan dan menikmati keberadaan komunitaas ini..sungguh beruntung orang yang menjadi pendirinya dulu, Pak Roni.

Dengan member2 TDA yang senior2 dari awal pembentukannya dahulu kami setiap hari masih kontak2 pakai Messaging dan konferen…tapi sekarang lebih banyak ketawa-ketiwinya. Acara2 kumpul2 juga secara periodik masih tetap ada, namun isinya ya bercanda-canda saja... Dan kami kebanyakan memiliki perasaan yang sefaham, ternyata dunia itu hanya enak untuk dikejar-kejar saja, seperti halnya mainan-mainan anak-anak...namun setelah kita dapatkan, ternyata akan lebih bahagia kalau itu kita sebarkan lagi kepada sesama agar mereka juga bisa tumbuh dan berkembang seperti kita dan kita cukup mengambil sedikit saja...sedikit disini ya memang sedikit..kalau mereka berpikir cukup itu artinya cukup rumah bak istana, cukup 3 mercy, cukup 2 pulau, dsb..kalau kita ya "secukupnya" dalam arti yang sebenernya.

Satu-satunya barang mewah yang saya miliki ya cuman motor gede saja. Mobil..? hehe..masih mobil yang kudapat 12 tahun lalu...rumah..ya ming gini-gini saja, sebagian dinding pakai kayu, dan lantainya juga dari kayu yang gampang didapat di sekitar kami..bahkan sengaja tidak saya bikin pager agar tidak membuat jarak antara kami dengan tetangga-tetangga di sekitar kami.

Oya, ada mainan baru juga yang membuat saya surprise, yakni sekarang saya punya kepandaian baru, yakni MEMASAK..! Ya..bakat ini tumbuh alamiah dan dengan sendirinya muncul tanpa saya sadari. Namun ini sebenernya sudah dibaca oleh seorang ahli Fengsui, yang juga merupakan penasehat para pejabat dan bahkan pimpinan2 keraton di Jawa. Saya mengenal ahli Fengsui ini 10tahun yang lalu, karena beliau merupakan sohib dari Pak Harmanto.

Pada suatu hari saya datang ketempatnya, karena saya penasaran dan ikutan Pak Harmanto, wah cerita seputar Fengsui terhadap diri saya sangat banyak, dan salah satu yang dibahas waktu itu, namun tidak begitu saya perhatikan sebenernya, adalah mengenai kepiawaian saya memasak, berdasarkan ilmu teropongan beliau, Namanya Raden Mas Krisna Warihdingrat yang tulisan2nya mengenai Fengsui sangat banyak di berbagai media.
"Anda itu pinter sekali dan jago sekali memasak..ayo deh taruhan..memang saat ini anda mungkin nggak bisa apa-apa, tapi begitu anda belajar atau diajari, kalau orang lain butuh waktu sebulan baru bisa enak, kalau anda cukup 1 minggu sudah lebih enak...kita saksikan saja apakah omongan saya ini benar suatu saat nanti..." Katanya dengan tertawa-tawa..

Dan, belakangan itu ternyata terbukti...saya karena banyak menganggur dan gak ada kerjaan, diluar mendalami hobi saya, saya juga iseng2 membaca-baca buku masakan, dan saya mencoba-coba..eh..kok kata temen2 hasilnya enak sekali..? Akhirnya ini juga menjadi hobi, dan saya dalami juga..dan saya ajarkan apa yang saya dapat ini ke siapa saja yang mau, dan tidak terduga belakangan ini juga menjadi mainan yang menyenangkan...bahkan oleh bocah-bocah binaan saya, beberapa hasil karya itu dijadikan menu utama di kafe2 bikinan mereka, dan bahkan sudah ada yang membuat agenda untuk di franchise kan segala...gak habis pikir..ternyata apa-apa kok bisa di bisniskan ya...

Ah sudah dulu ya...saya mau menyambut temen2 yang datang dari luar kota dan pada mau lomba mancing ditempat saya...hehe...kita emang kadang2 sudah pada bosen mancing di berbagai pojok lautan di berbagai penjuru ngejar2 ikan yang aneh-aneh yang kalau dapat malah di cemplungin lagi....bahkan kita pernah mancing ikan Salmon di sungai yang jauh di Perancis Sono, tapi ya ternyata paling asyik malah lomba mancing di tempatku yang isinya hanya ikan2 mas...dan beberapa kolam lele...

Semoga tulisan saya ini menginspirasi anda...
Salam FUNtastic..!

TAMAT

http://hadikuntoro.com/
http://rajaselimut.com/
http://mysajadah.com/

Tidak ada komentar: