CUSTOMER YANG SETIA ADALAH PANGLIMA BISNIS ANDA

Satu  Konsumen Yang Puas, nilainya lebih besar daripada Rp.100.000.000 (Jim Rohn)

Kata-kata ini sudah biasa kita denger, kitabaca, namun arti sesungguhnya lebih luarrr biasaa lagiii....

*Misalnya:*

Ada Nutrition Club namanya Club AAA , memasang baliho gedeeee banget lebih mencolok dibanding baliho rokok di pintu gerbang utama kota _(memasang poster tidak boleh untuk bisnis NC namun ini hanya contoh ilustrasi)_

Memasang baliho Guedhe Bingiiit biayanya 100juta sebulan.

Dan efeknya Club itu ruameee sekali, sehari datang 200 orang....dan ramenye seperti kuliner yang paliing rameee.... orang datang duduk dikasih shake+nrg+aloe... sakiing rame nyaaa... sampai gak ada talking point customer gak terawat dengan baik. Persis seperti warung kuliner yang paling rame di kota anda.

Katakanlah sehari bisa untung 5 juta...maka dalam sebulan dapat untung 150juta...biaya baliho 100 juta, Club bisa untung bersih 50 juta..!! seneng apa seneeng....? Tentu seneng sekaliii.....

Karena customer tidak termaintain dengan baik...sama sekali *"tidak tersentuh satu persatu"* maka cutomer lama ilang, muncul customer baru... lama ilang datang baru... seterusnya.... sehingga bulan demi bulan keuntungan 50juta itu sifatnya tetap....tidak naik-naik.... _tetep saja seneng sebenernya untung banyak kan...?_

Kembali ke kalimatnya Jim Rohn "Seorang Konsumen Yang Puas, nilainya lebih besar daripada Rp.100.000.000"

Marilah kita bikin sekenario lain, ada Club ZZZ , beliau tidak pasang baliho,kecil-kecilan namun telateeeen sekali menyentuh orang satu persatu...

Ada customer A, umurnya 30th masalah obesitas, ikutlah program 10 hari, beli shake sore , Pemilik Club XYZ seneeeng...meski hari itu hanya dapat untung Rp.270.000 _(100ribu dari gelasan dan 170ribu dari shake sore, ini hanya contoh yaa...jika mungkin saat ini karena ada kenaikan harga ilustrasi ini sedikit berubah)_

_Si A akhirnya menjadi pecinta produk...selesai program si A jadilah "Ambassador" karena sudah punya pelanggan setidaknya 2orang, lalu member diskon 25% dan jadi customer SEUMUR HIDUP..!! setiap bulan A selalu belanja 3shake+1Aloe+1NRG ....seumur hidup sampai usia 90th misalnya_

3shake+1Aloe+1Nrg = untungnya Rp.230.000 si A makan herbalife selama 40th, hitungannya Rp.230.000 x 12 x 40 = Rp.110.000.000..yess ..si A akan memberikan kontribusi kepada keuangan Club XYZ sebanyak 110juta..!

Ingeet hanya dari satu orang looh dapat untung lebih dari 100juta dan itu jangka panjang.

*Jadi sentuhan yang baik kepada si A itu nilainya ratusan juta... lalu bagaimana kalau customer si A jadi "Produk Lovers" juga yakni istri sendiri namanya B, akan muncul 220juta....lalu bagiamana anak 3, dan punya menantu, teman sekantor si A, anak buah si A, teman sekolahnya si A......dst..dst..dst.....bisa milyaran yaaa...bahkan bisa lebih dari itu...!*

Seorang Customer yang loyal dan di pelihara dengan baik, adalah *Panglima Perang* yang akan habis-habisan setia membela bisnis kita dan menjamin kesejahteraaan kita sampai anak cucu.

Customer yang di maintain dengan baik akan menjadi "Marketing hebat" yang kita tidak perlu membayarnyaaa.... alias Gratis..!

Jadiiii....mulai hari ini sentuhlah satu persatu customer anda....

Ciri-ciri atau tanda-tanda bahwa sentuhan anda baik adalah hadirnya COI-COI dari customer loyal .... jika anda tidak pernah mendapatkan customer yang lahir dari COI maka sentuhan anda belum mendalam... teruslah belajar dan belajar lagiii....

_Jika punya customer, dan dia tidak melahirkan COI maka "Masalah terjadi pada diri anda" bukan pada diri si Customer....._

*Dan Ingeet... Menjadikan Customer menjadi AMBASSADOR adalah "tugas pemilik NC", BUKAN tugas dari si Customer*

Yaa...Menjadi Ambassador bukan tugas dari Customer..!

Semoga kuliah pagi hari ini bermanfaat.

Hadi Kuntoro Wonosobo

Tidak ada komentar: