CUSTOMER YANG SETIA ADALAH PANGLIMA BISNIS ANDA

CUSTOMER YANG SETIA ADALAH PANGLIMA BISNIS ANDA

Satu  Konsumen Yang Puas, nilainya lebih besar daripada Rp.100.000.000 (Jim Rohn)

Kata-kata ini sudah biasa kita denger, kitabaca, namun arti sesungguhnya, jika kita bener-bener paham, ini sungguh luar biasa ....

*Misalnya:*
Ada Nutrition Club A , memasang baliho gedeeee banget, beriklan juga di semua stasiun Radio, memajang poster dimana-mana dan memasang ikla di media masa  _(di bisnis Herbalife, semua contoh itu enggak boleh yaaa.... ini hanya contoh ilustrasi)_

Semua Promosi itu anggarannya gede, katakanlah  100juta sebulan.

Dan efeknya Club itu ruameee sekali, sehari datang 200 orang....dan ramenye seperti kuliner yang paliing rameee.... orang datang duduk dikasih shake+nrg+aloe... sakiing rame nyaaa... sampai gak ada talking point customer gak terawat dengan baik. Persis seperti warung kuliner yang paling rame di kota anda.

Katakanlah sehari bisa untung 5 juta...maka dalam sebulan dapat untung 150juta...biaya-biaya promosi 100 juta, Club bisa untung bersih 50 juta..!! seneng apa seneeng....? Tentu seneng sekaliii.....

Karena customer tidak termaintain dengan baik... *"tidak tersentuh satu persatu"* maka cutomer lama ilang, muncul customer baru... lama ilang datang baru... seterusnya.... sehingga bulan demi bulan keuntungan 50juta itu sifatnya tetap....tidak naik-naik.... _tetep saja seneng sebenernya untung banyak kan...?_

Kembali ke kalimatnya Jim Rohn "Seorang Konsumen Yang Puas, nilainya lebih besar daripada Rp.100.000.000"

Marilah kita bikin sekenario lain, ada Club B , tidak ada biaya-biaya promosi yang besar, hanya saja si pemilik club telateeeen sekali menyentuh orang satu persatu...

Ada customer satu , umurnya 30th masalah obesitas, ikutlah program 10 hari, beli shake sore , Pemilik Club B seneeeng...meski hari itu hanya dapat untung Rp.270.000 _(100ribu dari gelasan dan 170ribu dari shake sore, ini hanya contoh yaa...jika mungkin saat ini karena ada kenaikan harga ilustrasi ini sedikit berubah)_

_Si Customer akhirnya menjadi pecinta produk...selesai program  jadilah "Ambassador" karena sudah punya pelanggan setidaknya 2orang, lalu member diskon 25% dan jadi customer SEUMUR HIDUP..!! setiap bulan selalu belanja 3shake+1Aloe+1NRG ....seumur hidup sampai usia 90th misalnya._

3shake+1Aloe+1Nrg = katakanlah untungnya Rp.230.000 si Customer makan herbalife selama 40th, hitungannya Rp.230.000 x 12 x 40 = Rp.110.000.000..yess ternyata dia  akan memberikan kontribusi kepada keuangan Club B sebanyak 110juta..!

Ingeet hanya dari satu orang looh dapat untung lebih dari 100juta dan itu jangka panjang.

*Jadi sentuhan yang baik kepada si Customer nilainya ratusan juta... lalu bagaimana kalau customer  jadi "Produk Lovers" juga yakni istri , akan muncul 220juta....lalu bagiamana anak 3, dan punya menantu, teman sekantor , anak buah di kantor A, teman sekolahnya ......dst..dst..dst.....bisa milyaran yaaa...bahkan bisa lebih dari itu...!*

Seorang Customer yang loyal dan dirawata dengan baik, adalah *Panglima Perang* yang akan habis-habisan setia membela bisnis kita dan menjamin kesejahteraaan kita sampai anak cucu.
Customer yang di maintain dengan baik akan menjadi "Marketing hebat" yang kita tidak perlu membayarnyaaa.... alias Gratis..!

Jadiiii....mulai hari ini sentuhlah satu persatu customer anda....

Ciri-ciri atau tanda-tanda bahwa sentuhan anda baik adalah hadirnya COI-COI dari customer loyal .... jika anda tidak pernah mendapatkan customer yang lahir dari COI maka sentuhan anda belum mendalam... teruslah belajar dan belajar lagiii....

_Jika punya customer, dan dia tidak melahirkan COI maka "Masalah terjadi pada diri anda" bukan pada diri si Customer....._

*Dan Ingeet... Menjadikan Customer menjadi AMBASSADOR adalah "tugas pemilik NC", BUKAN tugas dari si Customer*

Yaa...Menjadi Ambassador bukan tugas dari Customer..!

Semoga kuliah pagi hari ini bermanfaat.

Hadi Kuntoro

mendongeng dari lereng gunung Dieng

Tidak ada komentar: