STATISTIK BERAPA LAMA KITA BISA CLOSING PENJUALAN..?
Kemarin saya berbincang-bincang dengan salah satu mentor saya yang dulu adalah partner kerja sewaktu masih kerja di Toyota, namanya mas Prihadiyanto, beliau salah satu direktur perusahaan Accenture International, beliau perwakilan *Accenture Indonesia*
Ada banyak tema obrolan dan salah satu topik yang menarik adalah ngobrol mengenai pendekatan statistik
Misalkan kita menempati kota dengan 100.000 penduduk
Setiap hari kita berbicara mengajak orang-orang di kota itu untuk program, goalnya 10 orang dan ternyata tingkat closingnya rendah
Hari pertama bicara kepada 10 orang closing 1
Hari kedua bicara kepada 10 orang closing 0
Hari ketiga berbicara kepada 10 orang closing 1
Hari keempat berbicara kepada 10 orang closing 0, hari berikutnya 0, hari berikutnya 0, hingga genap 10 hari
Setelah 10 hari akhirnya kita membuka data kita sudah berbicara kepada 100 orang ternyata yang closing 5
Maka adalah sesuatu yang wajar jika kita membuat laporan bahwa daerah itu tidak begitu menarik..... Karena level closing di daerah itu sangat kecil.... Dan di titik Inilah kita nantinya akan mengkait-kaitkan dengan hal-hal yang lain mungkin tingkat pendapatan di daerah itu mungkin tingkat kesadaran akan kesehatan mungkin tingkat pendidikan dan lain-lain.....
Inilah statistik yang umumnya berlaku di Indonesia
Dan ternyata lain negara lain cerita.....
Kesimpulan akan potensi daerah di atas terasa benar *Padahal kita berbicara kepada satu orang hanya satu kali.....*
Kepada 10 orang kita berbicara 1 kali hasilnya 0
Jika kepada 10 orang itu kita ulangi lagi sehingga kita bicaranya 2 kali Apakah hasilnya 0 juga...??
Jika kepada 10 orang itu kita ulangi lagi sehingga kita bicaranya tiga kali Apakah hasilnya nol juga...???
Jika kepada 10 orang itu kita ulangi lagi sehingga kita bicaranya 10 kali Apakah hasilnya nol juga...??
Ternyata ada negara yang orang-orangnya telaten dan memiliki data yang akurat itu adalah orang Rusia
- 1x ketemu, ngomong dan Closing peluangnya 0-2%, dari 100 orang yang kita ajak biasanya hanya ada 2 yang mau..... jika dari 100 ada yang mau 50 itu keajaiban,, bahkaan universitas paling hebat pun tidak ada referensi agar orang bisa sukses kayak gini.... karena susah diajarkan maka disebut yang bisa closing sebesar ini level untung-untungan
Bagimana kalau 2x...??
Ternyata peluang closingnya naik jadi 3%..! kata mereka, ini artinya dari 100 orang ada 3 yang akan mau...
- 3x Peluangnya 5%
- 4x Peluangnya 10%
- 5x dan lebih Peluangnya 80%
- 7x Peluangnya 90%...!!
_"Jadi pendekatan Angka Statistik inilahj yang biisa kita jadikan pegangan, jangan pernah kita menyerah pada pandangan pertama, kedua, atau ketiga...! terus lancarkan jurus-jurus andalan anda, sampai orang bertekuk lutut..!"_ Kata Oksana, Seorang President Team Herbalife dari Rusia
Jika dengan jurus pertama belum sukses, maka dia akan merancang jurus kedua dan diaplikasikan, jika belum sukses juga maka jurus ketiga akan dikeluarkan, dan terus-menerus seperti itu, semua orang melakukan hal yang sama, sampai akhirnya muncullah "'statistik 5x Ngomong barulah rata-rata kita closing" Karena punya data statistik itulah makanya dia membuat berbagai macam agenda....
Jurus pertama ajak ke NC..! ika konsumen tidak mau diajak ke NC ajak ke acara Tie Party (Pesta Minum Teh NRG) jika tidak mau ajak ke shake party , jika tidak mau ajak ke acara apa lagi, apa lagi, apa lagi.... sampai dia Mau..! Jadi mereka hanya percaya dengan statistik.... mereka tidak percaya dengan untung-untungan.... mereka tidak percaya dengan nasib..... mereka tidak percaya dengan Tuhan
Kalau kita, Pebisnis Indoensia, biasane sekali orang diajak nggak mau umumnya mupus alias menyerah, kita bilang mungkin dia tidak dapat hidayah hahaha.....π Pebisnis Indonesia mentalnya bukan 1x Langsung Closing, *Namun Ngomong 1x tidak berhasil maka CASE CLOSED, alias si pebisnis Menyerah* π€£π€£π€£
Kalau orang Rusia Percaya kepada Statistik..... sebaliknya _*kita tidak percaya dengan statistik hanya percaya kepada kejaiban,*_ sekali tidak berhasil menyerah, bahkan saya beberapa kalo menyarankan agar seseorang mendatangi sebuah kampung, dan timbangi orang-orang disana. Apa jawabanya _*"Pak orang disana sudah saya timbang semua, dan sampai hari ini tidak ada yang tertarik satupun..!"*_ katanya... hahaha... mosok ssih.... apapun alasannya saya percaya statistik dan saya enggak percaya pada apa yang dikatakannya hehehe....
Ibarat seorang kontrktor bangunan.... Menemukan satu customer ibaratnya mendapatkan sebuah Proyek besar, 1 orang itu itu akan terus dibangun sampai benar-benar terwujud bangunannya itulah yang terjadi di Rusia seperti yang diceritakan oleh presiden Tim Rusia lainnya yakni Lana & Olegh (saat ini posisinya sudah Chairman Club)
Dulu saya sempat bertanya-tanya.... aneh ya mereka tidak kenal menyerah, Apakah satu orang diajak ngomong sampai 7 kali tidak membuat orang itu jengah... pasti akan merasa risih π€£π€£π€£
Kita kasih flyer sekali tidak mau
Kasih flyer 2 kali tidak mau
Apakah kita akan terus ngasih player sampai 7 kali 10 kali...??π€£π€£π€£
Bisa juga seperti itu.... Dan mungkin dia mau tapi maunya karena kasihan....π€£π€£π€£ Dan tidak apa-apa juga dia beli karena kasihan karena banyak orang yang awalnya kasihan kepada yang ngasih fllyer dan sekarang sudah jadi presiden Tim juga ada....π€£π€£π€£π€£
Tapi sebenarnya tidak harus flayer terus-terusan kalee...hahaha gunakanlah kreatif kreativitas anda karena di sini Kita Tidak sedang bertinju yang yang bertarung namun banyak aturan
Disini kita gulat bebas bahkan lebih bebas dari gulat bebas ding
Bukan hanya mukul, dan nendang Di pertarungan ini lawan kita ithik ithik boleh.... Kita cubit2 boleh... Apa saja boleh yang penting kita menang....π€£π€£π€£
Bikin rencana untuk setiap orang, paling tidak menerapkan 7 Jurus misalnya....
1. Ajak ke NC (Gak mau .?)
Noo probleem...lain waktu....
2. Ajak ke Customer Day (Belum mau??)
3. Ajak Shake Party (Gak mau juga..?)
4. Ajak Skin party (gak mau juga..?)
5. Ajak makan siang (Nha mulai mikir....giliran makan siang akhirnya Mau, jangan berhenti disitu..)
6. Datangi kerumah bawa buah... (undang Kepo, dia akan kesulitan menolak, kemarin diajak makan, sekarang dikasih buah, akhirnya nurut)
7.Akhirnya Ikutan Kepoo dan Mau...!!...π―π½♂π―π½♂π―π½♂π―π½♂ dan Pakai Loker, dan Loyal Customer, dan Builder, dan Leader, makin lama makin semangat..... keppo lagi..keppo lagi.... ajak ke NC romnongan pakai bis..!! hahahaha.....
bisa jadi bahkan anda kalah semangat hahaha....malah dia jadi Prestam duluan....π₯π₯
Apakah anda punya nyali seperti orang Rusia...?? Inshaa Allah bisaaa...!
Jika anda tidak menyerah, maka buah perjuangan anda akan manis.....
Menyerah boleh...tapi itu untuk orang yang diluar sana, bukan orang-orang yang ada di group ini...
Semoga bermanfaat, dan selain anda harus bener-bener paham, anda harus sampaikan ini kepada team bisnis anda....
:: Selesai ::
Semoga bermanfangat
Hadi Kuntoro
Mendongeng dari kaki Gunung Dieng
Note :
_Beberapa hari ini Bu Ami sangat sibuk karena akan ada duplikasi 2 NC sekaligus...... Satu di pasar wonosobo satu di wadaslintang....._
Siapa yang akan membuka NC....?
Mereka adalah orang-orang yang dulu pernah konsumsi Herbalife dan berhenti hampir 6 tahun.... Dan sekarang kembali lagi konsumsi lagi dan tiba-tiba saja customer terus berdatangan Bahkan dia semangat dan akan membuka NC.....
Menurut teman-teman gimana.... Bukankah ini menarik????
Tidak ada komentar:
Posting Komentar