BERTANYA-BERTANYA-BERTANYA

Wonosobo, Minggu 22Juli2018 21.43

Sambil siap-siap istirahat saya kepengin cerita apa yang saya lakukan hari ini......
pagi-pagi 12 jam yang lalu  yang lalu saya menulis status di FB cuplikan dari buku yang sedang saya baca yakni kisah 65 sahabat Rasulullah SAW....dan salah satunya kisah Sayyidina Ali RA....dan ada kalimat menarik  sekali yang saya tulis sebagai Status....



“Ilmu itu laksana lemari (yang tertutup) rapat dan kunci pembukanya adalah pertanyaan. Oleh karena itu, bertanyalah kalian karena sesungguhnya dalam tanya jawab diturunkan empat macam pahala, yaitu untuk penanya, orang yang menjawab pertanyaan, para pendengar, dan orang yang mencintai mereka.”

Dan tiba-tiba saja pikiran saya melayang teringat kuliahnya Baruq Gonzaga saat di ABC Bandung.... "Awali setiap pertemuan entah dengan customer...entah dengan team bisnis...dengan Bertanya-bertanya-bertanyaa.... karena bertanya itu akan membuka pikiran anda dan lawan bicara anda...."

Dan tiba-tiba saya juga teringat salah satu sesi kuliahnya Leon Waisbein dari Rusia  (Founder Circle, seorang president team yang paling tidak memiliki 10 presteam di 10 jalur yang berbeda) yang juga Menyempaikan hal yang sama...yakni tentang bertanya...bertanya...bertanyaa....

Akhirnya sayapun menuliskan kuliah di Group Sebelah....tentang salah satu sesi sharingnya Leon Waisbein tersebut.....dan malam ini kuliah saya di group sebelah saya copas kemari......

DONGENGAN LEON WAISBEIN :

Saya memiliki seorang dokter gigi yang sudah sekitar 10 tahun menjadi langganan saya. ... Dan secara berkala saya selalu datang memeriksakan Gigi saya......

Dan yang menarik dari dokter gigi itu adalah setiap kali dia datang Saya selalu disambut dengan ramah... "Hai Leon amazing...  setiap kali kamu datang kamu makin ceria dan nampak  makin Muda Saja....."

"hahah....kan saya pakai herbalife" jawab sayaa.....

"yaa.yaa..yaa.... wah herbalife bagus yaaa..... Luarr biassaa...." Katanya....

dan cerita selanjutnya akan sama dengan ritual ritual yang sebelumnya Dokter memeriksa gigi saya selesai bayar terima kasih....sudah......

Pada kunjungan yang berikutnya dia menyapa saya seperti itu lagi dan saya menjawab dengan jawaban yang sama........

Kunjungan berkala berikutnya seperti itu lagi dan saya pun mengatakan Herbalife dengan cara yang sama.......

Saya berharap agar dia tertarik dengan apa yang saya katakan tenteng herbalife.... Namun hingga 10 tahun pun dia nampak tidak tertarik apapun.....dan anehnya dia selalu menyambut saya dengan kalimat yang sama......😄😄😄

Dokter itu badannya sangat ideal nampak sangat pintar.... Dan cara dia menyapa saya mungkin itu sebuah Script yang dilakukan berulang-ulang kepada semua orang......

Kepada pasien berikutnya dia akan memuji dengan kata-kata yang sama bahwa dia nampak semakin mudah semakin mudah...... Dan si pasien mungkin distributor produk lain nutrisi X

Dan dokternya akan berkata hal yang sama "iya iya ya ya..... Berarti nutrisi X sangat bagus ya Luar biasa....!

Mungkin kali lain dia akan berkata.... Iya iya iya berarti nutrisi Y bagus yaa.....luar biassaa....

Ya...ya..yaa... berarti Nutrisi Z bagus yaaa.....

Pada periksa gigi yang kesekian kalinya seingat saya sudah 10 tahunan barulah saya menyadari bahwa dia selalu mengucapkan kata-kata yang sama dan saya pun mengucapkan kata-kata yang sama...... Dia berbasa-basi sayapun berbasa-basi.......😄😄😄

Hingga pada suatu hari saya menemukan sebuah ide..... Seperti biasa saya mengantri dan saat gilirannya tiba dan masuk ke ruang periksa dia menyambut. "Hai Lion luar biasa dari tahun ke tahun Kamu nampak semakin muda semakin mudah amazing.....!" Sambil mempersilahkan saya untuk duduk di kursi periksa........

"Dokter jangan heran kenapa saya semakin lama semakin muda.... Oya dokter Bolehkah saya menanyakan sesuatu....?

Dia tampak kaget karena bahasa-bahasa saya yang seperti biasa tidak muncul dan mimiknya langsung serius.... "Tentu saja....apa yang akan ditanyakan...?" Jawab Dokter

" pagi-pagi dokter biasanya sarapannya apa....?

Ditanya seperti itu Pak Dokter nampak kaget karena mungkin seumur hidupnya baru kali ini ada orang yang bertanya apa sarapan paginya....?

Bahkan mungkin istri atau ibunya pun belum tentu pernah menanyakan hal yang sama......

Dokter itu tiba-tiba tertegun sejenak dan menjawab "tentu saja saya sarapannya biasa seperti sarapan yang umumnya anda makan juga ..... biasanya roti dan secangkir kopi"

"Menarik jugaaa....Kenapa anda menanyakan itu...?" Kata Dokter....

"Saya ada sesuatu yang luar biasa buat Dokter... ada sebuah terobosan baru namanya konsep sarapan sehat besok pagi Dokter saya undang ke Nutrition Club saya mencoba Sarapan Sehatnya pasti anda akan merasakan stamina yang luar biassa....!"Kata Saya.....

"Apa itu Nutrition Club..?" Tanya Dokter.....

" Dokter kalau sarapan pagi biasanya dimana...? " perhatikan yaaa...saya tidak menjawab dan menjelaskan apa itu NUtrition Club namun saya justru balik bertanya....

Dokter spontan menajwab " Kadang dirumah, kadang di warung kopi, kadang disini..."

"Okee... besok sarapan paginya ditempt kita yaa...." kata saya......

Dan dokter gigi ini menjadi customer loyal kami hingga saat ini dan sudah bertahun tahun.....

Sejak saat itu saya menemukan sebuah jurus baru menemukan peluang baru menemukan dunia baru dan menemukan kenyataan bahwa pasar Herbalife itu luas sekali Jika kita paham cara menyampaikannya......

Dalam bisnis Herbalife percakapan adalah sebuah seni Tak ubahnya seperti penyanyi dan penari yang selalu menemukan nyanyi an-nyanyian baru atau tarian-tarian baru.... Yang menarik untuk didengarkan bahkan kita ikut2an mendendangkannya

Terkadang kita tidak menyadari itu dan terjebak dalam percakapan yang monoton dan terbukti tidak berhasil.... atau peluang hasilnya kecil tapi terus-menerus kita ulangi dan ulangi lagi ....dengan harapan suatu saat berhasil.....😅😅😅

Bertanya adalah kunci sukses mengundang orang ke Club

Berkreasilah dengan bertanya-bertanya-bertanya....yang jawabannya mau tidak mau lawan bicara kita menjelaskan sesuatu......sehingga akan terjadilah percakapan yang mengasyikkan....dan percakapan itu akan menimbulkan kesan yang mendalam....meskipun hari itu dia belum closing mau datang ke club...namun dia akan teringat kepada kita saat dia ingat Konsep Sarapan Sehat

Cerita Leon Yang Lain : Percakapan 30 Detik di Dalam Lift

Saya sering bertemu dengan tetangga bapak-bapak yang sangat gemuk. Karena kebetulan kami berada di apartemen yang sama. Dia tahu saya ada di Herbalife...

"Anda di Herbalife ya...itu bagus untuk melangsingkan yaa... Sayangnya saya itu tidak bisa menahan diri untuk tidak makan..... Saya makan apa saja karena yang lapar sebenarnya mata saya.... Saya memakan makanan apapun yang saya lihat... Jadi pasti susah... Semua cara diet gagal.....

Bertahun-tahun dia sering mengucapkan kalimat yang sama selama pertemuan kira-kira 30 detik di lift.....

Saya yang biasanya diam Namun karena telah memiliki jurusnya saya bertanya.....

"Mungkin masalahnya bukan mata...mungkin Pancreas anda... ngomong-ngomong anda setiap hari sarapannya apa....?

Dan dia menjelaskan bla bla bla bla.......

"Ayuk ke Nutriton Club saya... Saya akan tunjukkan kepada anda contoh sarapan yang sehat dan bagus untuk pankreas anda"

Orang itu kaget karena respon Saya yang tidak biasa..... Mungkin...Seumur hidupnya baru kali ini ada orang yang menanyakan apa sarapan paginya......

"Apa itu Nutrition Club...?"

" Anda biasanya kalau sarapan pagi di mana di rumah atau di kedai kopi...? laki-laki jurus andalan keluar yakni bertanya bertanya dan bertanya......

Dan bapak itu dalam waktu seminggu langsung merasakan kehidupan yang baru......

Cerita Lain : Jangan memBatasi diri  Hanya bicara  Pada Orang Gemuk saja

Saya mengenal banyak wali murid di mana anak saya sekolah salah satunya bernama Emily..... Seorang wanita yang saya kenal perokok berat.... Saya ajak ngobrol berapa rokok yang dihabiskan setiap hari..... Dan dia bercerita merokoknya sekian bungkus dan sudah berjalan bertahun-tahun dia ingin berhenti merokok tapi sulit sekali...... Kalau anda sendiri bagaimana...? Kata Emily

" Saya pun dulu merokok dan sudah berhenti selama 5 tahun dan kebiasaan sarapan nutrisi sangat membantu saya menghentikan kebiasaan merokok" kata sayaa....

" ngomong-ngomong apa sarapan pagi Anda setiap pagii....??

Selalu saya tanyakan apa kebiasaan sarapan paginya.... karena pertanyaan-pertanyaan itu akan membuka banyak obrolan..... dan obrolan-obrolan itulah yang memberikan kesan.... akhirnya dia tertarik ingin ikut program dan datang ke klub kita

Cerita Lain : Distributor Lama yang berhenti konsumsi produk

Setelah menemukan jurus yang baru yakni bertanya bertanya dan bertanya..... saya coba aplikasikan jurus ini kepada customer customer atau distributor distributor lama yang berhenti konsumsi produk..... Saya hubungi mereka satu persatu via telepon....

" hai apa kabar Leon...masih di Herbalife jugaaa... Bagaimana bisnismu sekarang..?" Kata suara diseberang sana....

" Wow kabarnya baik sekali...herbalife sekarang luar biasa ada program sarapan sehat... oyaa... ngomong - ngomong apa sarapan kamu setiap hari ...?" tanya sayaa..... Dan bla..bla..blaa...diapun langsung ikut program lagii....

Bertanya adalah kunci sukses mengundang orang ke Club

Contoh1 :
Anda sedang mengundang dengan membagikan Flayer "Pak... Ini ada undangan untuk bapak sarapan pagi di nutrition Club kami.."

"Nutrition Club itu apa Mbak...?"

" Bapak kalau pagi Biasanya sarapan di mana...? "
(Dengarkan jawabannya...dan bertanyalah lagi )

" Sarapan paginya Biasanya apa Pak....? "

Contoh2 :
"Anda Herbalife ya wah 5 tahun lalu saya pernah beli produknya Saya nggak suka rasa bubuknya pilpilnya juga pahit Saya nggak bisa makan...."

Jawab "wah berarti persis seperti saya itu pak... Eh nyomong-ngomong setiap pagi Bapak Sarapannya apa...? "

Dia akan menjawab blablabla....

"Silakan pak datang ke NC kita...ini alamatnya ini telponnya..."

Mengundang orang ke NC jika dilakukan dengan cara  Bertanya dampak lebih besar peluangnya orang itu mau hadir...m

Semoga bermanfaat

Hadi Kuntoro
Mendongeng dari lereng gunung Dieng

Tidak ada komentar: