Ini bukan sebuah kuliah sebenernya...hanya sebuah
renungan....
Mengapa orang-orang yang dekat dengan kita, entah tetangga,
kawan dekat, kerabat dekat, family atau
bahkan saudar kandung terkadang justru menjadi orang yang susah diajak
masuk Herbalife...susah diajak ke NC...?
Bukankah mereka sudah mengenal kita sangat dekat...?
Apakah mereka tidak percaya dengan kita...?
Apakah memang mitos bahwa orang dekat itu justru percayanya
yang paling akhir....
Sama seperti Orang pintar di kampung kita lebih terkenal
diluar kampung daripada di kampung kita sendiri.... apakah ini sesuatu yang
kebetulan, atau hanya sebuah mitos..?
tanda tanya besar terus muncul....pasti ada penjelasan yang
lebih masuk akal daripada sekedar mitos
Daaan...setelah sekian lama belum ada jawaban, malam ini
saya mendapat penjelasan yang Paling Masuk Akal dan yang menurut saya berhasil
menjelaskan adalah seorang profesor dari Mexico, seorang ahli Komunikasi Pasar
namanya Everet M Rogers
Penjelasannya kurang lebih begini....
Sebuah produk, katakanlah produk ini adalah sebuah Produk
barang Innovasi baru, atau produk jasa/layanan, yang kelak akan masuk pasar dan
digunakan oleh masyarakat yang sangat luas...ternyata ketika masuk ke pasar ada
prosesnyaa....
Ada pintu gerbang-pintu gerbangnya....
Misalnya Herballife masuk ke sebuah kota dengan 100 jumlah
penduduk
dan sebelumnya di kota itu belum ada satupun orang yang
denger herbalife
Maka ke 100 orang itu, meskipun fisik mereka semua
berkumpul, namun tanpa disadari mereka akan berkelompok-kelompok secara
alami...
Seolah-olah kelompk itu seperti menempati ruangan-ruangan
dengan pintu-pintu gerbang....
Pintu gerbang pertama, adalah sebuah Kelompok Manusia, yang
disebut The Innovators
Kelompok Innovators ini berisi orang-orang yang sangat
welcome dengan apa saja...pintunya selalu terbuka....
Orang-orang ini gemar menerima apapun hal-hal
baruuu....
Mereka suka sekali dengan apapun yang lain daripada yang
lain....
mengeluarkan uang untuk sebuah ide baru, atau kreasi baru,
atau servis layanan baru...tidak masalah...bayar mahal pun okeee
Itulah makanya, anda jualan apapun asal itu sesuatu yang
baruu....pasti orang-orang kelompok ini mau mengerumuni dan mau beliii...
Anda berbisnis herbalife.... orang itu mau mencoba... anda
jual lain dan ditawarkan ke mereka...eh merekapun mau beliii....bahkan suatu
saat anda jualan obat pelangsingpun mereka mau beli juga....meskipun sebelumnya
mereka pakai herbalife...
POkoknya apa yang elu jual...pasti saya mau beliii....
Itulah tipikal merekaaa.....
Namun sayangnya jumlah orang yang seperti ini tidak
banyaak....hanya sekitar 2.5% saja.... "jika ada 1000 orang, maka The
Innovator Jumlahnya hanya sekitar 25 orang saja"
Dan sayangnya lagiii.... The Innovator ini bukanlah tipe
orang yang mudah loyal...nantinya jika ada orang lain yang menjual sesuatu yang
berbeda dari anda, maka dia akan beli ke orang lain...pokoke suka dengan
sesuatu yang baruu...
Jika anda tetap dipasar..dan terus meneruskan perjuangan
konsisten melakukan apa yang harus anda lakukan...maka anda akan bertemu
kelompok baru lagi yang ke-2...kelompok ini disebutnya Early Adopters
Kelompak Early Adopter ini mudah menerima segala hal juga,
terbuka menerima segala sesuatu yang penting ada penjelasan yang masuk
akal..... ini sedikit berbeda dengan Kelompok The Innovators yang welcome dan mau beli cukup dengan
iming-iming tanpa perlu penjelasan apa-apa...
"Gank The Innovators" tanpa penjelasan masuk
akalpun mau belii....
"Gank Early Adopters" mau beli asal ada penjelasan
masuk akal...
Early Adopters ini juga sering disebut
"Visionaries" pandangannya kedepan...sepanjang mereka yakin bahwa
sesuatu itu bisa menjadi solusi bagi kehidupan di masa mendatang...dan bisa
menyelesaikan permasalahan yang saat ini sedang mereka hadapai, maka mereka
akan mau menerimanya...
jumlah orang yang masuk kelompok Early Adopters seperti ini
sekitar 13.5% cukup banyak yaa...dibanding sebelumnya.... "jika ada 1000
orang, maka Early Adopters Jumlahnya hanya sekitar 135 orang"
Temen-temen disini kira-kira
masuk ke Kelompok Mana...?
Masuk kelompok pertama atau kedua...??
Atau rasa-rasanya kok enggak masuk kedua kelompok
ituu...??
Jika anda belum merasa ada di kelompok itu...mungkin anda berada di kelompok lain, yang besok akan
saya lanjutkan...masih ada 3 kelompok lagiii....
dan itu juga bisa menjawab...kenapa kok saudara dekat
saya...tetangga saya belum mau merapat ke NC..? padahal sudah saya undang,
sudah saya shake party... mungkin karena orang-orang dekat itu tidak berada di
kelompok 1-2 diatas
Dan itu juga menjawab... pertanyaan "habis GO saya
langsung ada yang program...ramee...namun habis itu dia program selesai...tahu2
hilang...gak balik2 lagi tanpa alasan jelas....dan tahu2 NC saya sepi
lagiii....sendiri lagiiii...😂"
Keheranan mengapa orang2 itu tahu-tahu hilang, sebenernya
sama dengan Keheranan mengapa orang itu cuma GO dengan obrolan alakadarnya kok
tahu2 mau program bahkan bayar dimuka...🤔
Ooo...berarti NC anda baru sebatas dikerumunin si Kelompok
Innovator
Dan ditambah beberapa orang Early Adopters
Jadiii....kalau buka toko atau buka NC dan tahu2
rame...jangan GR dulu yaa...
Tidak semudah yang dibayangkan... anda baru dikerumunin
sekelompok kecil orang2 tipe 1 dan 2 saja
kita sudah membahas, 2 kelompok massa, yakni
1. The Innovators
2. Early Adopters
Setelah anda melewati Pintu Gerbang Pertama dengan mudah dan bertemu
kelompok The Innovator , dan bisa melewati Pintu Gerbang kedua dan bertemu
kelompok Early Adopter maka anda akan ketemu pintu gerbang ke-tiga......
Nhaaa... disinilah sebenernya surga-nya bisnis....
Ibarat berburu inilah sebuah telaga yang tersembunyi dan
anda menemukan semua hewan buruan berkumpul disini.... daging-daging segar
berkumpul disini....
Ibarat mencari ikan, ini adalah sebuah area dimana anda
dengan jelas melihat ribuan ikan yang sedang anda cari berseliweran nampak
jelas dan menggoda...
Bagi pebisnis inilah pasar paliiing besar...dan orang
berbisnis berbondong-bondong yang di sasar adalah kelompok orang-orang ini....
mereka disebutnya kelompok EARLY MAJORITY
Kok istilahe susah-susah...pakai Bahasa Inggris..marai
mumet...hehehe....
Temen-temen gak usah bingung, anda hanya perlu paham
maksudnya saja, karena istilah-istilahe si Profesor Mexico ini justru mumet
jika di bahasa Indonesiakan...
Early Mayority ini adalah orang-orang awam, jumlahnya
mayoritas alias buanyak...namun mereka adalah kelompok yang jinak-jinak
merpatii...
Kelihatannya mudah menangkap mereka.... ibarat ikan nampak
jelas lenggak-lenggoknya...namun ketika kail di cemplungin, ikan ini seperti
tahu bahwa itu jebakan....dia hanya lewat-lewat dan mencium-cium umpan
saja....sampai yang memancing rasane gemes
Saya teringat Seperti Ribuan Burung Merpati di Mekah,
jumlahnya ribuan, nampaknya gak takut dengan orang, dikasih jagung mereka
berebut....namun cobalah untuk menangkap 1 saja...susahnya bukan main...seperti
nya mereka faham bahasa tubuh kita...niat kita kebaca...ada gerakan tangan
sedikit saja, mereka terbang...bahkan dikejar lari pun belum pernah berhasil
menangkap 1 ekor....
Entar kalau temen-temen pergi ke Mekah coba deeeh....bisa
menangkap jagoo
Nha seperti itulah Kelompok orang yang namanya Early
Majority ini
Kelompok ke-3 ini buanyak orangnya, namun susah sekali ditangkap....
Seakan-akan ada Pintu gerbang kuat yang sulit sekali
ditembus.....
Mereka adalah orang-orang yang Baru Mau Mencoba, jika
jelas-jelas sudah melihat sendiri bukti keberhasilan produk anda....
Gak Mau ah....paling pahiit....dia gak akan mau minum hingga
jelas-jelas ada orang lain yang minum dan ngomong...eh manis lhooo...enggak
pahiiiit....
Hiii... meski manis, tapi baunya pasti apek dan amis kayak
susu.... kaaan...? pastiii saya gak doyan...dia gak akan mau minum hingga jelas-jelas
ada orang lain yang minum dan ngomong.... enggak tuuh... enggak amis... ih enak
loooh kayak es kriiim....
Ah mana mungkin saya bisa kenyang hanya dengan sarapan pagi
minum seperti ini doang.... dia gak akan mau minum hingga jelas-jelas ada orang
lain yang minum dan ngomong.... haduuh saya kekenyangan... dan kemarin gak
kelaparaaan sama sekali sampai siang.... mendengar itu barulah dia mau
Mencoba....
Ah gak masuk akal....mana mungkin maagh bisa sembuh...dengan
minum ini apalagi minum juga yang kecut-kecut gini...... sampai akhirnya ada
orang di depan hidungnya cerita bahwa maag nya hilang setelah program barulah
dia mau mencobaa...
Jadii orang-orang ini tidak akan mempan dengan bujuk rayuan
, tidak mempan dengan buku ilmiah, mereka terlebih dahulu akan mencari-cari
testimoni-testimoni dan rekomendasi dari orang-orang dekatnya sebelum
memutuskan untuk konsumsi....
Dan uniknya tanpa anda bersusah payah...jika orang-orang
dekatnya sudah bertestimoni maka dia akan datang menyerahkan diri kepada
anda....
Orang yang seperti ini jumlahnya 34% jika ada 1000
orang maka akan ada 340 orang....
Jika kita berhasil menembus gerbang Early Majority ini
berarti kita sudah menguasai pasar secara Mayoritas..... dari Kelompok :
The Innovator = 25 orang
Early Adopter = 135 orang
Early Majority = 350 orang
totalnya sudah 510 dari 1000 orang....alias kita sudah
menguasai mayoritas....
Jika posisi kita sudah seperti ini....maka Alam tiba-tiba
saja memberikan bonus 34% lagii alias 340 orang nyaris secara cuma-cuma...tanpa
perjuangan, tahu-tahu mereka datang berbondong-bndong....
Siapa mereka iniii....???
Mereka adalah Kelompok ke-4, yakni orang-orang yang disebut
LATE MAJORITY
Late Majority adalah kelompok orang-orang sebenernya tidak
membutuhkan produk yang anda jual, namun berhubung dia melihat semua orang kok
pada pakai akhirnya dia ikut-ikutan pakai juga...
Saya enggak butuh samsung note...saya seneng
Blackberry...namun karena semua orang pindah andriod akhirnya saya
ikut-ikutaan....
Saya gak butuh tongsis....namun semua orang yang punya
andriod kok beli tongsis...akhirnya saya beli tongsis jugaa....😜
Itulah orang-orang yang masuk kategory Late Majority
Jadi kita sudah mengenal 4 kelompok orang yaaa...
Dan terakhir, yakni yang ke-5 adalah kelompok orang yang
namanya Kelompok The Laggards kelompok ini adalah kelompok orang yang tidak
akan pernah mau memakai produk kita...
Jumlahnya ada 16% jika ada 1000 penduduk maka jumlah mereka
sekitar 160 orang.....
Jadiii....temen-temen malam ini sudah mendapat ilmu yang
luar biasa....tulisan diatas menjelaskan mengapa kadang ada saudara deket kita
kok telat banget mau pakai produk kitaa....?
Bisa jadi secara natural...dari sononya orang dekat kita itu
dilahirkan sebagai tipe Early Majority...yang baru mau jika sudah banyak
saudara-saudara yang lain pakai...atau mungkin
mengamati anda 1-2 tahun...jika anda baik-baik saja atau makin baik
lagiii....barulah dia mau pakaiii....
Bisa jadi dari bawaan lahir dari sononya saudara kita itu
jenis orang Late majority yang mau pakai jika orang sekampung sudah pakai
semuaaa.....atau bahkan bisa jadi sedulur kita bisa jadi jenisnya The Laggard
yang memang tidak akan pernah mau pakeee.....
Menghadapi kelompok yang berbeda...ternyata jurusnya
berbedaaa.......
Apakah dia tipe :
1.The Innovators
2. Early Adopter
3. Early Majority
4. Later Majority
5. The Laggards
Bagaiman strategi kita menguasai pasaaar...??
Ketika nyemplung ke bisnis dan membuka NC di kampung / kota
/ kawasan adna, anda PASTI akan ketemu
orang-orang yang mudah sekali....yakni yang jenisnya 1 dan 2...
Manfaatkan dengan baik momentum pertemuan anda dengan
mereka, jadikan itu sebuah lompatan untuk mendobrak pintu gerbang kelompak yang
ke-3.... kumpulkan testimoni-testimoni mereka, foto-foto mereka, catatan
sejarah mereka.... akrab dan bina hubungan baik (bonding) dengan mereka agar anda memiliki power yang
sangat kuat mendobrak gerbang Majority...
Temen-temen pernah gak meliaht ada toko atau warung....atau
bahkan NC dehh...
Pada Saat GO (Grand Opening) ruameeeee nyaaaa...pol-polan....
Warung makan itu sehari GO rame....sampai minggu masih
rameee....dan minggu -2 agak sepi...minggu ke-3 sepi....dan bulan ke -2 gak ada
orang...bulan ke-3 tutup....
pasti pernah ketemu yang seperti itu yaa....??
tulisan 2 hari bisa menjelaskan fenomena ini.....
jadiii...yang berdatangan itu emang tipe Innovator dan tipe
Early Adopters..... mereka itu emang selalu kepengin mencoba apaaa
sajaaa.....
kerumunan itu nampak sebagai sebuah testimoni....dan membuat
peneasaran orang-orang dari golongan ke-3 .... daan apa yang terjadiii....
ketika golongan ketiga mendekat merasakan warung anda...eh jebulnya layanan
lama, rasanya standard, anda gak kuasa menghabiskan seporsi...dan pas bayar eh
mahal.....walah....akhirnya apa...? bisa ditebak....golongan ketiga si Early
Majority ini akan ngomong ke semua oraang...walah saya baru
kapusaan.....menyesal....dan habis deeh.....
akhirnya Promosi besar2an warung itu seperti kebentur
tembok... orang2 Early Majority menutup gerbangnya...membuat tembok....dan anda suliiit sekali membongkar tembok
golongan ketiga ini....
Fenomena ini menjelaskan kenapa ada daerah, orangnya kaya2
gaya hidupnya bak ibukota, sangat konsumtif... herbalife masuk dan booom...!
besar sekaliii... booming..... setahun, 2 tahun, 3 tahun...sepi... lama-lama
sepertti ada tembok besar..... herbalife susah dipasarkan disini....
pebisnis2nya seperti putus asa... semua jurus rumangsanya sudah dicoba kok
susah......
nhaaa...dengan memahahami Psikologi Konsumen diatas anda
akan faham apa yang terjadi sekarang...dan langkah apa yang anda akan
lakukan.....
dan ini juga jadi bekal di masa mendatang......
JIka anda tinggal di kota atau kampung yang orang2nya sudah
memasang tembok seperti itu...maka tugas anda sebenere Bukan Jualan Produk
namun anda harus Menjual Citra...herbalife bagus...orangnya baik...orangnya
ramah.. orang herbalife baik hati, orang herbalife jujur, orang herbalife kalau
utang pasti bayar tepat waktu, orang herbalife amanah, murah senyum, suka
menegur dengan tulus, orang herbalife suka berbagi, tidak modus, orang
herbalife akur, gak menggosip...dst..dst..... BUATLAH PENCITRAAN YANG
TULUS
lama-lama-lamaaa.......mereka akan ngintip-ngintip....mereka
akan sedikit membuka pintu gerbang...lama-lama anda boleh masuk....dan ketika
mereka perhatikan ternyata segalanya telah berubah positip maka mereka
berkerumun....daaan ABRAKADABRA....akan ada booming lagiii....dan mereka akan
saling bertestimoni...dan lama-lama hebohnya jaman dulu datang lagiii...bahakan
kali ini lebih heboh lagii.......
Semoga tulisan2 ini bermanfaat....
:: Selesai ::
Tidak ada komentar:
Posting Komentar