PSIKOLOGI KONSUMEN “MENEMBUS BATAS PASAR”



Ini bukan sebuah kuliah sebenernya...hanya sebuah renungan....                       
Mengapa orang-orang yang dekat dengan kita, entah tetangga, kawan dekat, kerabat dekat, family atau  bahkan saudar kandung terkadang justru menjadi orang yang susah diajak masuk Herbalife...susah diajak ke NC...?                        
Bukankah mereka sudah mengenal kita sangat dekat...?                       
Apakah mereka tidak percaya dengan kita...?                       
Apakah memang mitos bahwa orang dekat itu justru percayanya yang paling akhir....                       
Sama seperti Orang pintar di kampung kita lebih terkenal diluar kampung daripada di kampung kita sendiri.... apakah ini sesuatu yang kebetulan, atau hanya sebuah mitos..?                       
tanda tanya besar terus muncul....pasti ada penjelasan yang lebih masuk akal daripada sekedar mitos
Daaan...setelah sekian lama belum ada jawaban, malam ini saya mendapat penjelasan yang Paling Masuk Akal dan yang menurut saya berhasil menjelaskan adalah seorang profesor dari Mexico, seorang ahli Komunikasi Pasar namanya Everet M Rogers                       

Penjelasannya kurang lebih begini....                       
Sebuah produk, katakanlah produk ini adalah sebuah Produk barang Innovasi baru, atau produk jasa/layanan, yang kelak akan masuk pasar dan digunakan oleh masyarakat yang sangat luas...ternyata ketika masuk ke pasar ada prosesnyaa....                        
Ada pintu gerbang-pintu gerbangnya....                       
Misalnya Herballife masuk ke sebuah kota dengan 100 jumlah penduduk                       
dan sebelumnya di kota itu belum ada satupun orang yang denger herbalife                       
Maka ke 100 orang itu, meskipun fisik mereka semua berkumpul, namun tanpa disadari mereka akan berkelompok-kelompok secara alami...                       
Seolah-olah kelompk itu seperti menempati ruangan-ruangan dengan pintu-pintu gerbang....                       
Pintu gerbang pertama, adalah sebuah Kelompok Manusia, yang disebut The Innovators                       
Kelompok Innovators ini berisi orang-orang yang sangat welcome dengan apa saja...pintunya selalu terbuka....                        
Orang-orang ini gemar menerima apapun hal-hal baruuu....                       
Mereka suka sekali dengan apapun yang lain daripada yang lain....                       
mengeluarkan uang untuk sebuah ide baru, atau kreasi baru, atau servis layanan baru...tidak masalah...bayar mahal pun okeee                       
Itulah makanya, anda jualan apapun asal itu sesuatu yang baruu....pasti orang-orang kelompok ini mau mengerumuni dan mau beliii...                       
Anda berbisnis herbalife.... orang itu mau mencoba... anda jual lain dan ditawarkan ke mereka...eh merekapun mau beliii....bahkan suatu saat anda jualan obat pelangsingpun mereka mau beli juga....meskipun sebelumnya mereka pakai herbalife...                       
POkoknya apa yang elu jual...pasti saya mau beliii....                       
Itulah tipikal merekaaa.....                       
Namun sayangnya jumlah orang yang seperti ini tidak banyaak....hanya sekitar 2.5% saja.... "jika ada 1000 orang, maka The Innovator Jumlahnya hanya sekitar 25 orang saja"                       
Dan sayangnya lagiii.... The Innovator ini bukanlah tipe orang yang mudah loyal...nantinya jika ada orang lain yang menjual sesuatu yang berbeda dari anda, maka dia akan beli ke orang lain...pokoke suka dengan sesuatu yang baruu...                       
Jika anda tetap dipasar..dan terus meneruskan perjuangan konsisten melakukan apa yang harus anda lakukan...maka anda akan bertemu kelompok baru lagi yang ke-2...kelompok ini disebutnya Early Adopters                       
Kelompak Early Adopter ini mudah menerima segala hal juga, terbuka menerima segala sesuatu yang penting ada penjelasan yang masuk akal..... ini sedikit berbeda dengan Kelompok The Innovators  yang welcome dan mau beli cukup dengan iming-iming tanpa perlu penjelasan apa-apa...                       
"Gank The Innovators" tanpa penjelasan masuk akalpun mau belii....
"Gank Early Adopters" mau beli asal ada penjelasan masuk akal...                       
Early Adopters ini juga sering disebut "Visionaries" pandangannya kedepan...sepanjang mereka yakin bahwa sesuatu itu bisa menjadi solusi bagi kehidupan di masa mendatang...dan bisa menyelesaikan permasalahan yang saat ini sedang mereka hadapai, maka mereka akan mau menerimanya...                       
jumlah orang yang masuk kelompok Early Adopters seperti ini sekitar 13.5% cukup banyak yaa...dibanding sebelumnya.... "jika ada 1000 orang, maka Early Adopters Jumlahnya hanya sekitar 135 orang"                       
Temen-temen disini kira-kira  masuk ke Kelompok Mana...?                       
Masuk kelompok pertama atau kedua...??                       
Atau rasa-rasanya kok enggak masuk kedua kelompok ituu...??                       
Jika anda belum merasa ada di kelompok itu...mungkin  anda berada di kelompok lain, yang besok akan saya lanjutkan...masih ada 3 kelompok lagiii....                       
dan itu juga bisa menjawab...kenapa kok saudara dekat saya...tetangga saya belum mau merapat ke NC..? padahal sudah saya undang, sudah saya shake party... mungkin karena orang-orang dekat itu tidak berada di kelompok 1-2 diatas                       
Dan itu juga menjawab... pertanyaan "habis GO saya langsung ada yang program...ramee...namun habis itu dia program selesai...tahu2 hilang...gak balik2 lagi tanpa alasan jelas....dan tahu2 NC saya sepi lagiii....sendiri lagiiii...😂"                       
Keheranan mengapa orang2 itu tahu-tahu hilang, sebenernya sama dengan Keheranan mengapa orang itu cuma GO dengan obrolan alakadarnya kok tahu2 mau program bahkan bayar dimuka...🤔                       
Ooo...berarti NC anda baru sebatas dikerumunin si Kelompok Innovator                       
Dan ditambah beberapa orang Early Adopters                       
Jadiii....kalau buka toko atau buka NC dan tahu2 rame...jangan GR dulu yaa...                       
Tidak semudah yang dibayangkan... anda baru dikerumunin sekelompok kecil orang2 tipe 1 dan 2 saja                       

kita sudah membahas, 2 kelompok massa, yakni
1. The Innovators
2. Early Adopters

Setelah anda melewati  Pintu Gerbang Pertama dengan mudah dan bertemu kelompok The Innovator , dan bisa melewati Pintu Gerbang kedua dan bertemu kelompok Early Adopter maka anda akan ketemu pintu gerbang ke-tiga......                       
Nhaaa... disinilah sebenernya surga-nya bisnis....                       
Ibarat berburu inilah sebuah telaga yang tersembunyi dan anda menemukan semua hewan buruan berkumpul disini.... daging-daging segar berkumpul disini....                       
Ibarat mencari ikan, ini adalah sebuah area dimana anda dengan jelas melihat ribuan ikan yang sedang anda cari berseliweran nampak jelas dan menggoda...                       
Bagi pebisnis inilah pasar paliiing besar...dan orang berbisnis berbondong-bondong yang di sasar adalah kelompok orang-orang ini.... mereka disebutnya kelompok EARLY MAJORITY                       
Kok istilahe susah-susah...pakai Bahasa Inggris..marai mumet...hehehe....                       
Temen-temen gak usah bingung, anda hanya perlu paham maksudnya saja, karena istilah-istilahe si Profesor Mexico ini justru mumet jika di bahasa Indonesiakan...                       
Early Mayority ini adalah orang-orang awam, jumlahnya mayoritas alias buanyak...namun mereka adalah kelompok yang jinak-jinak merpatii...                       
Kelihatannya mudah menangkap mereka.... ibarat ikan nampak jelas lenggak-lenggoknya...namun ketika kail di cemplungin, ikan ini seperti tahu bahwa itu jebakan....dia hanya lewat-lewat dan mencium-cium umpan saja....sampai yang memancing rasane gemes                       
Saya teringat Seperti Ribuan Burung Merpati di Mekah, jumlahnya ribuan, nampaknya gak takut dengan orang, dikasih jagung mereka berebut....namun cobalah untuk menangkap 1 saja...susahnya bukan main...seperti nya mereka faham bahasa tubuh kita...niat kita kebaca...ada gerakan tangan sedikit saja, mereka terbang...bahkan dikejar lari pun belum pernah berhasil menangkap 1 ekor....                       
Entar kalau temen-temen pergi ke Mekah coba deeeh....bisa menangkap jagoo                       
Nha seperti itulah Kelompok orang yang namanya Early Majority ini                       
Kelompok ke-3 ini buanyak orangnya,  namun susah sekali ditangkap....                       
Seakan-akan ada Pintu gerbang kuat yang sulit sekali ditembus.....                       
Mereka adalah orang-orang yang Baru Mau Mencoba, jika jelas-jelas sudah melihat sendiri bukti keberhasilan produk anda....                       
Gak Mau ah....paling pahiit....dia gak akan mau minum hingga jelas-jelas ada orang lain yang minum dan ngomong...eh manis lhooo...enggak pahiiiit....                       
Hiii... meski manis, tapi baunya pasti apek dan amis kayak susu.... kaaan...? pastiii saya gak doyan...dia gak akan mau minum hingga jelas-jelas ada orang lain yang minum dan ngomong.... enggak tuuh... enggak amis... ih enak loooh kayak es kriiim....                       
Ah mana mungkin saya bisa kenyang hanya dengan sarapan pagi minum seperti ini doang.... dia gak akan mau minum hingga jelas-jelas ada orang lain yang minum dan ngomong.... haduuh saya kekenyangan... dan kemarin gak kelaparaaan sama sekali sampai siang.... mendengar itu barulah dia mau Mencoba....                       
Ah gak masuk akal....mana mungkin maagh bisa sembuh...dengan minum ini apalagi minum juga yang kecut-kecut gini...... sampai akhirnya ada orang di depan hidungnya cerita bahwa maag nya hilang setelah program barulah dia mau mencobaa...                       
Jadii orang-orang ini tidak akan mempan dengan bujuk rayuan , tidak mempan dengan buku ilmiah, mereka terlebih dahulu akan mencari-cari testimoni-testimoni dan rekomendasi dari orang-orang dekatnya sebelum memutuskan untuk konsumsi....                       
Dan uniknya tanpa anda bersusah payah...jika orang-orang dekatnya sudah bertestimoni maka dia akan datang menyerahkan diri kepada anda....                        
 Orang yang seperti ini jumlahnya 34% jika ada 1000 orang maka akan ada 340 orang....                       
Jika kita berhasil menembus gerbang Early Majority ini berarti kita sudah menguasai pasar secara Mayoritas..... dari Kelompok  :
The Innovator = 25 orang
Early Adopter = 135 orang
Early Majority = 350 orang

totalnya sudah 510 dari 1000 orang....alias kita sudah menguasai mayoritas....                        
Jika posisi kita sudah seperti ini....maka Alam tiba-tiba saja memberikan bonus 34% lagii alias 340 orang nyaris secara cuma-cuma...tanpa perjuangan, tahu-tahu mereka datang berbondong-bndong....                        
Siapa mereka iniii....???                       
Mereka adalah Kelompok ke-4, yakni orang-orang yang disebut LATE MAJORITY                       
Late Majority adalah kelompok orang-orang sebenernya tidak membutuhkan produk yang anda jual, namun berhubung dia melihat semua orang kok pada pakai akhirnya dia ikut-ikutan pakai juga...                       
Saya enggak butuh samsung note...saya seneng Blackberry...namun karena semua orang pindah andriod akhirnya saya ikut-ikutaan....

Saya gak butuh tongsis....namun semua orang yang punya andriod kok beli tongsis...akhirnya saya beli tongsis jugaa....😜                        
Itulah orang-orang yang masuk kategory Late Majority                       
Jadi kita sudah mengenal 4 kelompok orang yaaa...                       
Dan terakhir, yakni yang ke-5 adalah kelompok orang yang namanya Kelompok The Laggards kelompok ini adalah kelompok orang yang tidak akan pernah mau memakai produk kita...                       
Jumlahnya ada 16% jika ada 1000 penduduk maka jumlah mereka sekitar 160 orang.....                       
Jadiii....temen-temen malam ini sudah mendapat ilmu yang luar biasa....tulisan diatas menjelaskan mengapa kadang ada saudara deket kita kok telat banget mau pakai produk kitaa....?                       
Bisa jadi secara natural...dari sononya orang dekat kita itu dilahirkan sebagai tipe Early Majority...yang baru mau jika sudah banyak saudara-saudara yang lain pakai...atau mungkin  mengamati anda 1-2 tahun...jika anda baik-baik saja atau makin baik lagiii....barulah dia mau pakaiii....                       
Bisa jadi dari bawaan lahir dari sononya saudara kita itu jenis orang Late majority yang mau pakai jika orang sekampung sudah pakai semuaaa.....atau bahkan bisa jadi sedulur kita bisa jadi jenisnya The Laggard yang memang tidak akan pernah mau pakeee.....                        
Menghadapi kelompok yang berbeda...ternyata jurusnya berbedaaa.......                       
Apakah dia tipe :
1.The Innovators
2. Early Adopter
3. Early Majority
4. Later Majority
5. The Laggards                       
Bagaiman strategi kita menguasai pasaaar...??                       
Ketika nyemplung ke bisnis dan membuka NC di kampung / kota / kawasan adna,  anda PASTI akan ketemu orang-orang yang mudah sekali....yakni yang jenisnya 1 dan 2...                       
Manfaatkan dengan baik momentum pertemuan anda dengan mereka, jadikan itu sebuah lompatan untuk mendobrak pintu gerbang kelompak yang ke-3.... kumpulkan testimoni-testimoni mereka, foto-foto mereka, catatan sejarah mereka.... akrab dan bina hubungan baik (bonding)  dengan mereka agar anda memiliki power yang sangat kuat mendobrak gerbang Majority...                       

Temen-temen pernah gak meliaht ada toko atau warung....atau bahkan NC dehh...                       
Pada Saat GO (Grand Opening)  ruameeeee nyaaaa...pol-polan....                       
Warung makan itu sehari GO rame....sampai minggu masih rameee....dan minggu -2 agak sepi...minggu ke-3 sepi....dan bulan ke -2 gak ada orang...bulan ke-3 tutup....                        
pasti pernah ketemu yang seperti itu yaa....??                       
tulisan 2 hari bisa menjelaskan fenomena ini.....                       
jadiii...yang berdatangan itu emang tipe Innovator dan tipe Early Adopters..... mereka itu emang selalu kepengin mencoba apaaa sajaaa.....                       
kerumunan itu nampak sebagai sebuah testimoni....dan membuat peneasaran orang-orang dari golongan ke-3 .... daan apa yang terjadiii.... ketika golongan ketiga mendekat merasakan warung anda...eh jebulnya layanan lama, rasanya standard, anda gak kuasa menghabiskan seporsi...dan pas bayar eh mahal.....walah....akhirnya apa...? bisa ditebak....golongan ketiga si Early Majority ini akan ngomong ke semua oraang...walah saya baru kapusaan.....menyesal....dan habis deeh.....                       
akhirnya Promosi besar2an warung itu seperti kebentur tembok... orang2 Early Majority menutup gerbangnya...membuat tembok....dan  anda suliiit sekali membongkar tembok golongan ketiga ini....                       
Fenomena ini menjelaskan kenapa ada daerah, orangnya kaya2 gaya hidupnya bak ibukota, sangat konsumtif... herbalife masuk dan booom...! besar sekaliii... booming..... setahun, 2 tahun, 3 tahun...sepi... lama-lama sepertti ada tembok besar..... herbalife susah dipasarkan disini.... pebisnis2nya seperti putus asa... semua jurus rumangsanya sudah dicoba kok susah......                       
nhaaa...dengan memahahami Psikologi Konsumen diatas anda akan faham apa yang terjadi sekarang...dan langkah apa yang anda akan lakukan.....                       
dan ini juga jadi bekal di masa mendatang......                       
JIka anda tinggal di kota atau kampung yang orang2nya sudah memasang tembok seperti itu...maka tugas anda sebenere Bukan Jualan Produk namun anda harus Menjual Citra...herbalife bagus...orangnya baik...orangnya ramah.. orang herbalife baik hati, orang herbalife jujur, orang herbalife kalau utang pasti bayar tepat waktu, orang herbalife amanah, murah senyum, suka menegur dengan tulus, orang herbalife suka berbagi, tidak modus, orang herbalife akur, gak menggosip...dst..dst..... BUATLAH PENCITRAAN YANG TULUS                       
lama-lama-lamaaa.......mereka akan ngintip-ngintip....mereka akan sedikit membuka pintu gerbang...lama-lama anda boleh masuk....dan ketika mereka perhatikan ternyata segalanya telah berubah positip maka mereka berkerumun....daaan ABRAKADABRA....akan ada booming lagiii....dan mereka akan saling bertestimoni...dan lama-lama hebohnya jaman dulu datang lagiii...bahakan kali ini lebih heboh lagii.......
Semoga tulisan2 ini bermanfaat....                       
:: Selesai ::                       

Tidak ada komentar: