Quote-Quote dan & Tanyajawab Bersama Mentor Mr. Stephan Gratziani

Dibawah ini adalah salinan cari coretan tangan saya ketika traiining bersama Mr.Stephan Gratiziani dari Perancis, di Sentul Bogor, 20-23  Jan 2017

#QuoteSG01  : JIka anda tidak hadir dalam sebuah meeting, maka anda telah melewatkan sebuah aturan permainan yang baru, dan jika aturan permainanpun anda tidak faham maka anda tidak akan bisa ikut bermain dengan baik

#QuoteSG02  : Bekerjasamalah dengan orang lain, Cara yang paling sederhana untuk bekerjasama adalah dengan tidak menentang orang lain yang melakukan sesuatu hal. Lakukan cara anda, namun Jangan pernah menentang cara lain.

#QuoteSG03  : Bangunlah bisnis anda dari Customer, berikan kepedulian yang lebih besar kepada mereka daripada uang yang anda dapatkan... fahami posisi diri anda :
"Saat anda mengajak customer ke NC, mengajak customer program, anda lebih peduli kepada mereka atau anda lebih pedulu kepada uang yang akan anda dapatkan dari mereka..?"

#QuoteSG04  : Mengapa Seorang Customer tidak mereferensikan layanan anda kepada orang lain..? (Mengapa customer tidak mengajak COI ke NC anda..?)
Jawabnya :
Karena dia belum melihat kepedulian anda kepada dirinya. Dia belum cukup nyaman dengan pelayanan yang anda berikan

#QuoteSG05 : Mendaftarkan seseorang menjadi member, dan VP nya nol, bulan berikutnya nol lagi, dan nol lagi, maka anda telah melakukan pekerjaan yang berulang namun sia-sia, anda terus menerus mendaftarkan bisnsi orang yang tidak mau bisnis, dan anda terus menebak-nebak karena bisa jadi yang anda daftarkan itu akan serius di bsinis.
Pertumbuhan bisnis Herbalife adalah tentang sebuah strategi, bukan untung-untungan, menunggu kebetulan ataupun tebak-tebakan

#QuoteSG06 : Sering-seringlah mengingatkan diri kita bahwa CUSTOMER BUKAN MEMBER perlakukanlah customer sebagai customer dan jangan perlakukan customer sebagai member. (tiba-tiba di daftarkan, tiba-tiba disuruh beli banyak, diajak HOM diajak STS dll...sementara dia hanya customer saja) inget yaaa..... "Customer bukan Member , Customer bukan Member , Customer bukan Member , Customer bukan Member , Customer bukan Member , Customer bukan Member , Customer bukan Member...."

#QuoteSG07 : Anda harus memiliki model bisnis yang sangat jelas, yang bisa diajarkan kepada orang lain

#QuoteSG08 : Bisnis herbalife bukan bisnis keberuntungan, untuk menjadi Chairman anda harus memiliki strategi yang sistematis, dan ciri-ciri bahwa anda telah memiliki stragegi yang sistematis, anda bisa mengukur/memperkirakan kapan anda akan naik level... (bukan untung2an, bukan nasib2an)

#QuoteSG09 : Saya sudah berubah dari 13 tahun yang lalu, dari bisnis yang tanpa strategi menjadi bisnis yang sistematis

#QuoteSG10 : Pada dasarnya orang tidak suka akan perubahan, Hanya 15% saja orang yang sangat mudah /langsung mau berubah jika dilihat sebuah perubahan itu masuk akal. Sebagian orang lagi akan berubah jika orang lain berubah terlebih dahulu, dan Sebagian lagi akan berubah jika orang lain berubah dan yang berubah itu sudah terbukti sukses, dan ada juga sebagian kecil orang yang tetap dan tidak akan mau berubah

#QuoteSG11 : Satu orang dengan suara negatif, memberikan dampak yang lebih besar daripada 20 orang customer yang positif. Karena orang yang positif itu cenderung akan lebih banyak diam, dan orang yang negatif akan cenderung berteriak keras. Berbuatlah baik kepada semua orang, jangan lewatkan satupun

#QuoteSG12 : *New Customer* adalah seseorang yang menarik perhatian dan kita tertarik pada pandangan pertama. Kita berkenalan satu dua bulan lama-lama akrab, saling mempelajari, saling mengunjungi, makan bersama, mengenali keluargsnya dan banyak hal lainnya, hingga beberapa waktu kemudian, mungkin 1 sd 2 tahun, mungkin lebih, akhirnya kita melamar dan menikah denganya.

*Distributor (member herbalife)* adalah ibarat pasangan hidup kita. Adalah kurang bijak jika kita langsung melamar dan menikah dengan orang yang baru saja kita kenal

Sessi tanya Jawab

#TANYA1 : Ambassador Program (AP) dengan mudah kita aplikasikan di lingkungan sekitar kita, kadangkala kita punya customer di luar area yang belum menerapkan konsep AP dan disinilah terjadi masalah. Customer kita terus menerus retail dan sudah mendapatkan COI akhirnya bergabung dengan orang lain, karena orang lain menawarkan member tanpa melalui skenario AP. bagaimana mengatasinya...?

Jawaban Stephan Gratziani :

Ambassador adalah tentang KITA, Ambassador bukanlah tentang lingkungan cusomer. Anda harus membina kedekatan dengan customer, memberikan edukasi yang baik, memberikan hati anda yang baik, membina kedekatan hingga si Customer tidak ada opsi lain, tidak ada pilihan lain, dan pilihan terbaik adalah mengikuti langkah anda...  (Ambassador Program adalah tentang Bonding kita terhadap Customer)

#TANYA2 : Saat skenario kita berubah, menjadi bisnis yang fokus kepada customer, kita mengadakan Customer Day, kita melihat bahwa acara semacam STS dan HOM yang cara lama, mengajak customer NC dan orang baru melihat peluang bisnis menjadi tidak relevan lagi, bahkan banyak customer NC yang justru berhenti menjadi customer NC tidak melanjutkan program lagi setelah ikut STS, mungkin karena tidak nyaman...sehingga kami punya inisiatip menghentikan STS, namun kami sedikit khawatir karena di kota-kota besar STS masih tetap ada, kami masih bimbang apakah langkah kami menghentikan STS merupakan tindakan yang tepat atau keliru..?

Jawaban Stephan Gratziani :

Saat bisnis kita fokus kepada customer maka pemilik NC merasa memiliki tanggung jawab yang lebih kepada customer nya akan pentingnya edukasi, dan tanpa disadari kita sedang membangun sebuah model bisnis yang strateginya berbeda dari yang lama (Cara lama kita percayakan kepada STS agar orang itu menjadi Pintar) customer akan semakin pintar dan mereka justru tidak akan tertarik dengan STS karena di NC mereka sudah mendapatkan edukasi yang lebih, dan selain itu mayoritas konsumen kita sesungguhnya adalah Customer (pemakai produk) saja yang tidak tertarik peluang bisnisnya, itulah makanya konsep Single System (HOM dan STS bersama satu kota) makin lama makin tidak relevan lagi,

Fokus ke Customer adalah sebuah strategi MultiSystem dan setiap Individu ingin membuat/mengarahkan/Meng-Create team sesuai dengan idealisme model yang ada di benaknya.

Jadi langkah anda menghilangkan STS di kota anda adlah langkah yang tepat, apalagi anda sudah menerapkan Customer Day, dan jika boleh saya sarankan, buatlah event atau meeting khusus untuk mereka yang menjalankan bisnisnya agar kita bisa tetap melakukan rekognisi-rekognisi... (Alhamdulillah kita sudah ada Bisnis meeting, dan SuperStar Award)

#TANYA3 : Saat ini di Indonesia kita lihat para Leader punya cara-cara sendiri, dengan idealisme nya masing-masing, sehingga acara HOM dan STS kita tidak sebaik dan seramai dahulu, apakah ada pengalaman atau strategi agar kita bisa kembali lagi seperti cara dahulu...?

 Jawaban Stephan Gratziani :

Ada 2 berita , yakni Berita Baik dan Berita Buruk

*BERITA BURUK * :
Cara lama itu tidak akan pernah kembali lagi, karena inilah konsekuensi yang kita harus telan jika kita menerapakan strategi Fokus kepada customer, masing-masing Club punya idealisme sendiri-sendiri, ada yang suka dengan Club dan Fitclubnya, ada yang suka Club dan Zumbanya, ada Club yang suka dengan jalan-jalan, kegiatan sosial dan lain-lain... masing - masing individu merasa bertanggung jawab dengan customernya sehingga tanpa disadari kita telah menuju ke bentuk bisnis yang Multisystem. HOM dan STS yang tersentral adalah Single Sistem yang pelan-pelan pasti akan ditinggalkan....

BERITA BAIK :
Jika kita sudah mulai mengalami fase-fase ini, artinya kita sedang berubah kearah yang lebih baik, dan setelah ini terlewati kita akan sadar bahwa justru inilah jalan kita menuju pertumbuhan yang lebih baik....

Tidak ada komentar: