Seorang Konsumen Yang Puas, nilainya lebih besar daripada beriklan Rp.100.000.000 (Jim Rohn)
Kata-kata ini sudah biasa kita denger, kitabaca, namun arti sesungguhnya lebih luarrr biasaa lagiii....
Misalnya:
Ada Nutrition Club namanya Club ABC, memasang baliho gedeeee banget lebih mencolok dibanding baliho rokok di pintu gerbang utama kota
Memasang baliho Guedhe Bingiiit biayanya 100juta sebulan.
Dan efeknya Club ABC nya ruameee sekali, sehari datang 200 orang....dan ramenye seperti kuliner yang paliing rameee....orang datang duduk dikasih shake+nrg+aloe...sakiing rame nyaaa...sampai gak ada talking point.
Katakanlah sehari bisa untung 5 juta...maka dalam sebulan dapat untung 150juta...biaya baliho 100 juta, ABC bisa untung bersih 50 juta..!! seneng apa seneeng....?
Karena customer tidak termaintain dengan baik...sama sekali "tidak tersentuh satu persatu" maka cutomer lama ilang, muncul customer baru...lama ilang datang baru... seterusnya.... sehingga bulan demi bulan keuntungan 50juta itu sifatnya tetap....tidak naik-naik....
Kembali ke kalimatnya Jim Rohn "Seorang Konsumen Yang Puas, nilainya lebih besar daripada beriklan Rp.100.000.000"
Marilah kita bikin sekenario lain, ada Club XYZ , beliau tidak pasang baliho,kecil-kecilan namun telateeeen sekali menyentuh orang satu persatu...
Ada customer A, umurnya 30th masalah obesitas kesehatannya kacau, ikutlah program 10 hari, beli shake sore , Pemilik Club XYZ seneeeng...meski hari itu hanya dapat untung Rp.270.000 (100ribu dari gelasan dan 170ribu dari shake sore)
Si A akhirnya menjadi pecinta produk...selesai program si A jadilah "Ambassador" karena sudah punya pelanggan setidaknya 2orang, lalu member diskon 25% dan jadi customer SEUMUR HIDUP..!! setiap bulan A selalu belanja 3shake+1Aloe+1NRG ....seumur hidup sampai usia 90th misalnya
3shake+1Aloe+1Nrg = untungnya Rp.230.000 si A makan herbalife selama 40th, hitungannya Rp.230.000 x 12 x 40 = Rp.110.000.000..yess ..si A akan memberikan kontribusi kepada keuangan Club XYZ sebanyak 110juta..!
Jadi sentuhan yang baik kepada si A itu nilainya ratusan juta...lalu bagaimana kalau customer si A jadi "Produk Lovers" juga yakni istri sendiri namanya B, akan muncul 220juta....lalu bagiamana anak 3, dan punya menantu, teman sekantor si A, anak buah si A, teman sekolahnya si A......dst..dst..dst.....bisa milyaran yaaa...bahkan bisa lebih dari itu...!
Seorang Customer yang loyal dan di pelihara dengan baik, adalah Panglima perang yang akan habis-habisan setia membela bisnis kita dan menjamin kesejahteraaan kita sampai anak cucu.
Customer yang di maintain dengan baik akan menjadi "Marketing hebat" yang kita tidak perlu membayarnyaaa.... alias Gratis..!
Jadiiii....mulai hari ini sentuhlah satu persatu customer anda....
ciri-ciri atau tanda-tanda bahwa sentuhan anda baik adalah hadirnya COI-COI dari customer loyal ....jika anda tidak pernah mendapatkan customer yang lahir dari COI maka sentuhan anda belum mendalam...teruslah belajar dan belajar lagiii....
Jika punya customer, dan dia tidak melahirkan COI maka "Masalah terjadi pada diri anda" bukan pada diri si Customer.....
menjadikan Customer menjadi AMBASSADOR adalah "tugas pemilik NC"
Menjadi Ambassador bukan tugas dari Customer..!
Semoga kuliah pagi hari ini bermanfaat....
Salam Funtastic..!
dari kota Dingin, Wonosobo.
Sent from my BlackBerry 10 smartphone on the Telkomsel network.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar