CERITA BAJU-BAJU BEKAS‎


"Kemarin saya bongkar-bongkar lemari, klambi-klambi lawas (baju-baju lama) saya kasih ke orang-orang, kadang tak buat bonus orang yangg beli baju di pasar, saya kasih ke pedagang-pedagang bumbu, tempe...istri tukang panggul " kata mae pada suatu sore bercerita.

"Dari dulu mae lemari bajunya ya segitu-segitunya, meskipun mae pedagang baju. Orang-orang yang saya kasih seneeeeng, kalau pas dipakai pasti dipamerkan Mae.." lanjutnya, saya mendengarkan sajaa....

"Kata pak Kyai kalau kita kebanyakan menyimpan baju yang tidak terpakai, dan sampai mati gak terpakai, nanti baju itu akan jadi bahan bakar untuk membakar kita....hehehehe"

"Ya entahlah....itu bener apa enggak, tapi paling tidak akhire Mae jadi punya banyak logika" weleeeh...jadi menarik nih kalau urusane sudah logika...wkwkwkw

"Emang logika yang bagaimana Mak..?" tanya saya.
"Gini, misalnya kamu dikasih baju baguus...bajunya beli di Amerika, cuma yang punya baju itu orangnya sudah Mati...kamu mau gak...?" tanya mae...

"Hiiii....ya emoh laaah (ya gak mau)" jawab saya....
"Semua orang juga sama, jika kita sudah mati, maka baju-baju bekas kita pun orang gak mau pakai, risih, serem....dan kalaupun mau, maka PAHALA nya tidak akan mengalir ke kita, dan tidak menjadi kebaikan kita karena kita sudah matii, tapi kalau kita masih hidup, ngasih baju-baju kita ke orang lain, maka PAHALA nya akan mengalir ke kita, dan kebaikan akan mengalir ke kita" kata Mae...

"Oooo...faham dengan logikane Mae..." kata saya manggut- manggut....dan sejak itu rasa kepemilikan saya terhadap barang yang dimiliki berubah....
Barang-barang apapun dirumah yang saya yakin, sampai mati gak akan dipakai lagi saya keluarkan agar bermanfaat bagi orang lain....

Kadang gak cuma baju, Piring, gelas lama, panci-panci lama, kompor lawas, magic jar dll....apa saja yg ngendon di gudang, atau disimpen di pojok-pojok lemari, pojok-pojok dapur dan saya yakin sudah lebih setahun gak dipakai, mendingan dibagikan ke orang lain, dan terkadang mereka sangat membutuhkan, sedangkan kita hanya menyimpan, sampai mati pun tidak terpakai....

Semoga tulisan ini bermanfaat....

www.hadikuntoro.com

Tidak ada komentar: