MULAILAH DARI YANG TERMUDAH....

http://hadikuntoro.com/
"Lihatlah para milliarder2 itu, kerjanya enak ya..cuma nongkrong2 saja duit mengalir sendiri...

Ada bukit gersang di pinggir tol, iseng2 dia beli murah, tanahnya dikeruk buat POM Bensin, baut tempat peristirahatan...dan disewakan ke franchise2 raksasa yang nilai sewanya barangkali sudah bisa langsung nutup modal...dan bukit itu barangkali juga sudah lunas, karena hasil kerukan2 tanahnya dijual buat tanah urug diangkut pakai ribuan truk2 besar..dan hasil jualan tanahnya itu bisa untuk ngebeli sekaligus meratakan tanah...ketika tanah rata ajak investor buat pom bensin dll...dan cling..! Dalam 2 tahun terciptalah sorganya orang yang kelelahan karena mau nyopir atau sudah nyopir jarak jauh, atau sekedar pengin makan, sholat, atau pengin massage nyegerin badan...enak bener...." Kata temen saya...ketika melewat pom bensin yang sangat besar di pinggir TOL cikampek.

"Ah..elu kan lihat enaknya saja, susahnya awal usaha mereka kan elu nggak ngerti, bisa jadi dulu dia cuma jadi tukang becak, tukang ojek, pedagang keliling...dsb...kamu apa kuat mental untuk memulai dari nol seperti dia..?" Kata temenku ke-2 .

Aku tersenyum mendengar dialog itu, dan temenku yang nomor ke-1 juga tersenyum tapi senyummnya agak sulit saya terjemahkan, entah senyum gembira karena dia juga punya ide atau tersenyum kecut, karena mendengat kata2 "susahnya awal usaha kan elu nggak ngerti..?"

Sungguh bijak ungkapan temen ke-2 ini yang memandang sesuatunya dengan logis...taapi..kata2nya yang bijak itu sebenernya menurut saya mengandung sedikit racun kalau yang mendengar adalah pemula2 yang ibaratnya baru pertama kali mau naik sampan...begitu tali di lepas dan sampan mulai bergerak dan terasa sdikit goyang2 rasa jerih mulai menghantui..apalagi dilihat didepannya kabut gelap dan terdengar olehnya deru ombak yang besar yang diterjemahkan oleh otaknya sebagai alogojo maut yang akan mengeksekuisi dirinya....pergi-enggak-pergi-enggak...dan dia ingat buku2 bacaanya sebelum pergi bahwa yang sudah2 sekian % akan tewas, entar segitu % akan menyusul...makin teringat buku2 yang dia baca makin takut menjalari dirinya...

Apakah anda harus melewati masa2 menakutkan spt itu dalam bisnis anda..? Kalau menurut saya, bila seperti itu menakutkan anda, yang nggak usah ragu2 berbalik saja...! Carilah pantai yang jelas2 dalamnya selutut anda, dengan ikan2 yang indah bergerak kan kemari, dan terlihat rumput laut begitu indah, dan daratan yang anda tuju juga terlihat jelas di cuaca pagi nan cerah dan ombaknya malah seakan2 ikut mendorong anda ketempat tujuan....
Jadi kalau anda sekarang TDB dan kepengin TDA, maka untuk langkah pertama anda carilah yang FUN & EASY. Betul..carilah sesuatu yang mudah dan membuat anda senang, kalau anda ketakutan memulai denga modal yang besar ya..carilah yang modal kecil saja...kalau modal kecil juga takut, ya carilah yang dengan modal lebih kecil lagi, syukur2 tanpa modal...apa ada bisnis yang bisa jalan tanpa modal uang..? Itu tergantung KEYAKINAN anda....asal anda memperkuat salah satu faktor dari 4 LUCK FACTOR yakni seneng silaturahmi...nanti anda akan ketemu jalannya...karena saya sendiri sudah beberapa kali mengalaminya...
Dan belum lama temen akrab saya juga mengalaminya, sebut saja nama temen saya itu Pak Ahmad. Pak Ahmad ini sering sharing kepada saya tentang waktu pensiunnya yang seakan cepat sekali datangnya, "tinggal sekian tahun pak" katanya sambil menunjukkan jarinya yang merupakan simbol "Peace".
Bahwa bisnis itu hal yang sulit,rumit, dan menakutkan itu menjadi bagian dari keyakinannya, sehingga apapun yang dia mau coba tidak ada mulus berjalan...hingga pada suatu hari saya katakan kepadanya "Carilah yang paling mudah dan menyenangkan"
Kalau anda seneng bisnis sembako, tapi takut capek kalau belanja, kenapa nggak tetep buka sembako dan belanjanya di tetangga anda yang terdekat..? yang tinggal telpon nanti tetangga yang antar..? syukur2 sekalian minta ditata yang rapi di toko kita..? Lho..nanti untungnya sedikit atau malah nggak ada untungnya...kalau anda YAKIN begitu ya begitulah adanya...tapi tapi kalau diri kita berpikir terbalik, maka kitapun akan mendapat hasil yang juga terbaik..yakni kita dapatkan banyak pelajaran dari hal ini...
Akhirnya sedikit demi sedikit muncul keberaniannya, dan Pak Ahmad ini saya pancing dengan media selimut Jepang saya..."Pak cobalah dari sini, ntar kita sering diskusi dan kalau tidak berhasil balikin, uang anda utuh dan ilmu bisnis anda sudah mulai dapat" kata saya...
Dan perjalan bisnis beliau-pun dimulai, dan adanya media yang harus dia lemparkan ke konsumen itu membuatnya melakukan banyak hal yang sebelumnya tidak pernah/jarang dilakukan. Jadi sering silaturahmi ke saudara, temen, tetangga baik beliau maupun Istri dan anak beliau semuanya kompak melakukan hal yang sama...dan efek berlayar di pinggir lautan bisnis yang airnya hanya selutut inipun sedikit demi sedikit mulai mengikis kegamangan2 di hatinya.....ya..mental blog Pak Ahmad ini mulai terkikis...dan seperti melaporkan progress suatu project, beliau sering datang kerumah saya dan juga diskusi2 dimanapun ada kesempatan bertemu...
Dan dalam waktu yang menurut saya amat singkat, tidak sampai 4 bulan dari start, saat ini dia sudah memiliki satu usaha yang sangat membuatnya berbunga-bunga. Akhirnya Dia beranikan diri membeli ruko dan saat ini sudah memiliki bisnis yang sudah mulai berjalan...
Dan yang membuat saya kadang terharu adalah meski secara usia jauh lebih tua dari saya, tapi dia menganggap saya bener2 menjadi temen penasehat spiritual bisnisnya...saya sering tersenyum, lha wong saya juga masih pemula kok...
Mulai dari pertama kali buka, yang ternyata membuat dia surprise karena langsung ada pembeli2 yang meramaikan tokonya, hingga hari ke2,3 sampai seminggu rutin dikabarkan kepada saya..."Nggak nyangka pak, saya kok bisa ya...tadinya saya pikir akan begini..begini, kapan2 kalau sempat datang pak ya, nanti akan saya traktir dirumah makan padang dekat temapt saya..." seneng sekali saya mendengarnya....
Dan yang paling membuat saya hepi adalah, ketika beliau berkata bahwa seandainya pensiun beliau dipercepat, Insya Allah sudah sangat siap...! Alhamdulillah....
Saya jadi teringat salah satu rekan kantor saya yang lain, yang ketika akan pensiun kebingungan, dan ketika ada tawaran beliau di perpanjang setahun, beliau senang sekali bahkan sampai sujud syukur..seakan2 nafasnya yang akan segera berhenti diperpanjang lagi beberapa saat....
Malah ada lagi rekan yang lain, yang ketika akan pensium dibebaskan 4 bulan untuk mempersiapkan kepensiuannya dirumah, dan boleh tidak masuk sempai hari H SK pensiunnya keluar, dan apa yang terjadi..? Baru 3 minggu beliau dirumah dia datang ke kantor..."Saya mau kerja saja deh..meski cuma tinggal 3 bulan 1 mingu lagi, karena dirumah saya malah bingun mau ngapain..."
Wallahu A'lam saat ini saya tidak mengikuti beritanya lagi...mudah2an beliau sdh mendapat kesibukan yang baru..amin..
Ingat pesan saya "Mulailah dari yang termudah dan menyenangkan"
Semoga ini menginspirasi anda...
Salam FUntastic
Hadi Kuntoro
NB1. Alhamdulillah penjualan sajadah melesat kenceng sekali...pesen 40,60,80,120 dan terakhir tadi pagi ada yang pesen 500 pcs...mau lihat sample produknya, lihatlah di http://mysajadah.com/
NB2. Tanggal 8 September 2007 ada tawaran untuk bazar di Sekolahan dan pesantrean milik mas Valentino Dinsi (http://www.letsgo-indonesia.com/) ada yang tertarik mau join, kalau ada email2 ke saya ya hdkuntoro@yahoo.com atau anda langsung hubungi saja Ibu Nancy di 021-68609538.
NB3.Team selimut kami bersama SANG SAMURAI sedang preparation mau hunting /cari distributor selimut Jepang di Bandung (diutamakan yang punya tempat di Pasar Baru) dan di daerah Serang /Banten. Anda yang tertarik silahkan hubungi kami lewat email, dan buruan ya, nanti keduluan yang lain....

NB4.Apakah anda tidak tertarik untuk bergabung menjadi outlet Reshare Rabbani dengan team Rabbani kami yang menguasai area Jateng dan DIY..? kalau tertarik silahkan kontak ke 0812-1579893 (yoyok) http://yoxjourney.blogspot.com/

Tidak ada komentar: