3 BULAN BERBISNIS SELIMUT JEPANG

Kalau ingat pertama bisnis selimut online ini saya jadi merinding...karena MEMANG BENAR ada kekuatan di atas sana yang melihat kita seperti kita bermain-main dengan semut diatas piring...kekuatan yang Maha Besar..yang akan memberikan apapun yang kita minta..kalau kita bener meminta, kita yakin, kita bersabar menunggu dan menjemput apa yang minta itu...
Meski dalam bisnis saya termasuk pemula, tapi saya memberanikan diri menjual barang yang konsumsi pasarnya saya sasar yakni para pemula juga...alias jeruk makan jeruk..!
Karena saya tahu, betapa sulitnya mengayunkan langkah pertama dalam bisnis, karena saya mengalaminya sendiri..sangat berat apalagi kalau tanpa seorang mentor atau tidak ada kawan ngobrol..wah embahnya sulit, ini seperti saya 2 tahun pertama di Jakarta berjualan Salak (Baca artikel di blog http://hadikuntoro.blogspot.com/2007/05/today-is-sharing-day.html)

Pemula-pemula sekarang seharusnya makin gampang memulai bisnis, karena saat ini banyak komunitas2 bisnis yang bertebaran di mana-mana, dan diantaranya komunitas Tangan Di Atas atau TDA (www.tangandiatas.com) yang senantiasa memberikan ide2 cemerlang dalam memulai b isnis dan dalam mengembangkan bisnis yang telah berjalan agar makin dahsyat...

Sebagai seorang member di TDA saya tergerak untuk ikutan membantu temen2 pebisnis pemula agar jalan sulit awal2 usaha bisa dilalui dengan lebih mudah, dan nantinya akselerasi bisnisnya makin gampang di naikkan.

Dan alhamdulillah media yang bisa saya jadikan jembatan kearah sana itu saya dapatkan dengan mudah, yakni saya diberi kesempatan untuk bisa memasarkan produk SELIMUT JEPANG sisa export yang menumpuk di gudang sebuah pabrik dan jumlahnya ribuan..!

Bisnis online yang sekarang sudah merambah offline dari rumah ini dimulai bulan Februari 2007 yang ketika itu isi rumah saya habis keterjang banjir, sehingga kami serasa punya rumah baru lagi, karena semua ruangan seperti lapangan bola. Kasur,Lemari,tempat tidur,meja2 semua hancur.. hanya saja waktu itu saya sama sekali tidak merasa kehilangan, karena saya yakin Kalau kita "tabah dan sabar terhadap cobaan yang sesaat maka balasannya adalah kesuksesan jangka panjang" (Cerita ini bisa dilihat di artikel "KETIKA UJIAN DATANG LAGI" http://hadikuntoro.blogspot.com/2007/02/ketika-ujian-datang-lagi-ibarat-bermain.html)

Alhamdulllah keyakinan saya itu tidak bertepuk sebelah tangan, Allah langsung memberikan kepada saya bayaran "cash" dengan dikenalkannya saya dengan bisnis selimut secara online, yang buntutnya ternyata penjualan secara offline sangat dahsyat...dan hebatnya lagi ini muncul tidak berselang lama setelah kebanjiran, yakni tidak ada sebulan. Kebanjirannya tgl 2, saya posting ujian itu tanggal 7 Februari dan saya posting lagi artikel tentang mulai dahsyatnya penjualan selimut pada tanggal 1 maret (Baca artikel di Blog saya "HIKMAH DARI KEBANJIRAN" http://hadikuntoro.blogspot.com/2007/03/hikmah-dari-kebanjiran.html)

Kini bisnis ini telah berjalan sekitar 3 bulan lebih...dan dari sinilah terbuka peluang yang lebih besar lagi, memang awalnya saya di ingatkan opleh beberapa orang bahwa jualan saya marginnya terlalu tipis..dan dapatnya capek doang..!

"Nggak apa2 kata saya, saya tahu sulitnya memulai usaha, dan meski marginnya kecil kalau jualnya ribuan nanti kan untung kita besar juga, dan banyak orang yang datang kemari, dan kita kana mengenal banyak orang hebat..coba saja..." kata saya...

Alhamdulillah...lagi-lagi saya benar...meski margin kecil karena perputarannya kenceng, maka hasilnya besar juga, apalagi modal awal bisnis saya 0 (nol) karena saya hanya memanfaatkan uang yang mandeg dari dagangan sebelum disetorkan ke Pak Haji Ali...

Dan dari sinilah "The story began....."

Satu persatu saya kenal dengan orang2 yang HEBAT, baik semangatnya,motivasinya,daya juangnya, termasuk kenal dekat dengan orang yang hebat kekayaannya...Jadi bukan hal yang terlalu sulit seandainya saat ini saya butuh minjam uang 5,10,sampai 50 juta misalnya...karena beberapa diantara mereka bahkan dengan senang hati akan invest kalau saya mau...inilah hebatnya silaturaim...saya yang tadinya tidak kenal dengan seorangpun orang dalam di pabrik itu, malah bisa dikenlkan langsung dengan sang Pemilik Pabrik (Baca kisah PERJALANAN SEORANG SAMURAI-I (http://hadikuntoro.blogspot.com/2007/04/perjalanan-seorang-samurai-i.html), yang versi 2 nya belum selesai2 saya tulis..hehe..)

Alhamdulillah karena kasih sayang Allah dan membimbing saya untuk bergabung dengan komunitas bisnis ini, maka terbukalah semuanya...apapun yang ada di depan mata ternyata bisa menjadi peluang..sisa2 export selimut di pabrik yang tadinya ribuan pun alhamdulillah berhasil kita LENYAPKAN, dan inilah kehebatan2 teman2 TDA,pembaca2 blog saya, sahabat2 kami, dan habisnya produk sisa itu bener2 diluar perhitungan kami, sehingga degdegan juga, entar kalo produk sisa habis terus gimana...?

Alhamdulillah doa kami terkabul, mulai saat ini kami bahkan diperbolehkan memesan langsung suatu produk bahkan meminta lebih dini untuk produk yang sedang dibikin.....Alhamdulillah...

Emang Sih, karena setiap model permintaanya masih kecil, baru sekitar 500an setiap warna dan model, maka produksi kita dibuatkan atas "belas kasihana" (hiks...) dan diselip-selipin diantara produksi pesanan buyer raksasa2 yang lain, macam Marvel,Disney, Ishikawa-Living dll..yang pesanannya mencapai puluhan kontainer setiap minggunya...tapi di hati kecil saya selalu berkata
"Awas ya..jangan dikira pasar Indonesia kecil...entar saya juga bisa jual ratusan ribu sebulan..dan jangan mengecilkan saya, karena saya bisa menjual produk ini se ASEAN..."bisik saya dalam hati

Oya, seiring dengan waktu, dari bulan ke bulan makin terlihat nyata, bahwa sebagian dari anda yang rajin memesan selimut kami lewat email, sms bagi yang jauh2 diluar kota atau lain pulau dan ada sebagaian yang datang langsung ketempat kami, dari Surabaya,Sidoarjo,Lampung,Dumai,Pekan Baru dll...saya beritahu bahwa beberapa dari anda yang msih merasa bahwa anda pemula, mulai saat ini menurut saya anda sudah LULUS dan naik kelas, bukan lagi PEBISNIS PEMULA tapi sudah menjadi PEBISNIS MADYA yang sebentar lagi menjadi PEBISNIS BESAR...If You Know Loh...

Alangkah hebatnya anda yang bisa rutin menjual selimut hingga puluhan juta sebulan..!! Wow..! karena umumnya pembeli besar ini sementara masih di dominasi mereka yang tinggal di daerah panas, ini artinya anda sangat hebat menawarkan produk, membangun hubungan dengan pelanggan2 anda...karena bukan hal yang mudah menjual selimut di Jakarta, Surabaya,Medan Riau, Semarang, Lhokseumawe dan dan kota2 besar di dekat pantai lainnya..karena itu adalah daerah yang panas...

Maka saya sarankan, yang sudah berhasil menjual selimut saya hingga puluhan juta dan rutin, agar segera mulailah melirik produk2 spesial yang lain...

Kalau sudah SUKSES MENJUAL SELIMUT, Anda pasti akan sukses jualan Manet, Jualan Komputer, Jualan Rabbani, Jualan Dannis,jualan apa-apa yang ada di Tanah Abang termasuk berjualan mobil, jualan apartemen, jualan pulau sekalipun...atau jualan produk2 yang anda bikin sendiri misalnya...Mulailah di rencanakan dari sekarang..!

Dan untuk anda para NEW COMER jangan khawatir, saya masih terus akan membimbing anda dengan berusaha sekuatnya melobi sang pemilik pabrik, agar terus menerus memberikan produk yang bisa kita jadikan media pembelajaran...
Kalau anda tetep ingin serius berbisnis di selimut..? Wellcome..wellcome..saya juga seneng, karena saya ibaratnya sedang main catur, saat ini saya sedang merencanakan struktur distribusinya hingga ke end user-end user yang tersembunyi di hutan2 karena sedang mengeksplorasi minyak, batubara dsb...
Wah..cukup panjang juga ya sharing "3 Bulan Berbisnis Selimut ini"

Semoga anda sedikit mendapat Inspirasi...selamat berlibur..have a nice week end...

Salam FUNtastic...

Hadi Kuntoro

Tidak ada komentar: