BAGAIMANA MEMENANGKAN PERDEBATAN

Ssaya memiliki seorang mentor, ahli strategii...
pada suatu hari saya tanya " *_Pak ajari saya agar memenangkan sebuah argumen/perdebatan di sebuah forum. kadang ada beda pendapat, pendapat saya bagus cuma kalah dengan orang lain karena mereka jagoan ngomong padahal gak banyak tahu_* "

Apa nasehatnya...?

#1. Jangan pernah berbenturan adu arggumentasi di forum, karena kita menangpun percuma.

#2.Anggaplah diri kita aliran air, dia lawan anda, jagalah aliran air...kemana air mengalir..? selalu ketempat yang rendah...siapa yang di aliri air dia yang menang...jadi posisikan diri kita lebih rendah...agar terus ada aliran air. kita dengarkaan dia...biarkan dia puas ngomong...kita pahami semua omongannya...kita catet...sampai kita bener-bener faham... abaikan pendapat kita...letakkan ego letakan idealisme..lupakan bahwa dia lawan kita...teruus merendah..catat semua hal...

#3.Setelah lawan anda puas ngomong dari A sd Z, dan anda sudah paham semua maksud kata2nya... katakanlah bahwa _*"Saya Setuju dengan pendapat anda"*_

#4. Marilah dengan strategi yang anda sampaikan itu kita bareng2 memecahkan masalah yang ada di kepala saya yakni....bla..bla..bla... _sampaikan contoh-contoh kasus dimana pendapat sang lawan yang sudah ada setujui itu TERNYATA tidak bisa menjawab/tidak bisa menyelesaian pertanyaan/kasus anda_

#5. Sang musuh pasti akan kewalahan atau kebingungan menjawab pertanyaan anda, namun posisi anda tidak memojokkannya...tetep seolah2 anda setuju dengan pemdapat sang lawan daaan inilah titik baliknya..  _anda sampaikan semua pendapat anda... dan buktikan dengan pendapat anda itu bisa menjawab pertanyaan2 atau kasus2 yang sebelumnya tidak bisa terjawab oleh lawan_
hehe...lawan mulai klepek2...namun jangan diinjak....

#6.Tetep hormati sang lawan dengan berkata _Meskipun belum bisa menjawab beberapa hal Namun opsi *PERTAMA* yang anda sampaikan itu hebat.. dan saya akan ikut kesepakatan forum saja ...jika opsi pertama yang akan dipilih saya ngikut...dan jika muncul efek negatif ya nanti kita pecahkan bareng-barenag... namuun jika  mau milih opsi *KEDUA* yang saya sampaikan juga bisa juga jika semua forum setuju_

Jadiii..meskipun sudah memenangkan argumentasi di forum, kita tetep menghormati sang lawan dengan mengatakan idenya bagus...dengan begitu nanti sang lawan akhirnya terikat mau tidak mau akan mengikuti skenario kita yang sebnernya memang lebih bagus
Itu ilmu memenangkan perdebatan dari sang mentor...

*carilah mentor dan jadilah mentor*


Semoga Terinspirasi

Hadi Kuntoro

Mendongeng dari Kaki Gunung Dieng

Tidak ada komentar: