SEMUA BISA DIJUAL ASAL FAHAM ILMUNYA

Tahun 2007 di Rumah Pak Haji Ali, Mentor Bisnis kami di Jakarta, ada pengajian.
Rumah Pak Haji di daerah "Billy Moon" Pondok Kelapa, Jaktim. Narasumber minggu siang itu adalah seorang ahli strategi bisnis, yang menjadi penasehat-penasehat strategis para pebisnis di Jakarta. Orangnya sangat cerdas, bahkan kata pak Haji dia juga menjadi penasehat strategis di kementrian perdagangan. Oranya tinggi besar, Ustadz dari Batak, namanya saya lupa.

Pemaparan-pemaparan akan strategi bisnisnya sangat menarik....membuat semua hadirin terkesima, dan dalam sebuah sesi tanya jawab saya bertanya..."Pak bisnis yang prospeknya bagus buat saya apa yaaa...."

Karena beliau orang yang sangat Pintar, saya yakin pasti akan dapat jawaban yang bisa langsung aplikatif yang saya bisa terapkan, pikir saya... dan dengan penasaran saya menunggu apa jawabannya.... Beliau Menjawab "Sebelum saya jawab pertanyaaanmu, saya ingin kamu jawab dulu pertanyaan saya, benda-benda apa disekitar kamu yang tidak bisa dijual...?" saya diam...mau menjawab ragu-ragu karena barangkali pertanyaan itu adalah pertanyaan bersayap...hehehe...menjawabnya bingung juga.... Tahu saya bingung beliau berkata " Bingung menjawabnya kan...? Samaaa...saya juga bingung....karena Rumput, daun, batu, rambut, bahkan keringat, bau ketek, air ludah, sampai virus pun bisa kamu jual... yang penting kamu tahu caranya....asal kamu paham ... daan agar tahu caranya kamu harus memiliki ilmunya....okee..?" Saya terpana dengan jawabannya....dan sampai saat ini kata-kata itu terus terngiang di telinga saya.

Tadi siang saya ke sekolah Nutrition Club di Magelang, yang hari ini memasuki hari ke-3 angkatan 28, duduk di kelas itu saya teringat obrolan 9 tahun yang lalu.... dan saat ini saya merasa makin lama makin faham....apa saja bisa dijual...asal faham caranya.... dulu menjual produk sama seperti yang ada di Nutrition Club (NC) kami rasane susahnyaa..... namun sekarang semakin kesini semakin faham caranya...dan lama-lama jadi mudah saja....

Apa saja bisa kita jual termasuk menjual cerita kita yang tadinya kurus kering menjadi gagah berotot kayak Rotip (mantan karyawan toko Kami)....menjual cerita lunturnya lemak-lemak kita....menjual cerita bagaimana orang yang gemuk jalan aja ngosngosan sekarang berjuang kepengin jadi atlet Triathlon....semua bisa dijual...... ternyata cerita saja bisa dijual.... Jadi temen-temen, fahamilah ilmunya, pahami filosofi bisnis ini, pahami konsepnya, pahami strategi bisnisnya.... di tangan pendekar apapun bisa jadi senjata, rumput, dahan dan ranting bisa jadi senjata yang sangat mematikan, di tangan pebisnis apapun bisa dijual...dan perjuangan kita adalah dapatkan ilmunya hingga kita seperti sang pendekar..!

Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar: