ASAL USUL ISTILAH "TEMPAT KURSUS POLA MAKAN SEHAT"

Teman-teman, di beberapa kesempatan saya sering menyebut usaha kami yakni TEMPAT KURSUS POLA MAKAN SEHAT, darimana ide nama itu mucul..? hehehe...ada kisahnya...

Di semua belahan dunia secara umum tempat usaha seperti kami disebut NUTRITION CLUB, kalau di adopsi ke bahasa Indonesia dikenal dengan RUMAH NUTRISI, tempat seperti ini yang menggagas adalah orang Mexico sejak tahun 1997. Dibawah ini adalah dongengan sejarah kami menemukan nama
TEMPAT KURSUS POLA MAKAN SEHAT Suatu hari seorang bapak datang ke NC kami, orangnya kecil namun terlihat sangat lincah, meskipun kerutan wajahnya nampak kalau usianya sudah tua. "Assalamulaikum, pak kedatangan karena membutuhkan KUNIR(KUNYIT) PUTIH untuk saya konsumsi karena itu membuat saya bugar, namun saya cari kian kemari di Wonosobo kok susah, dan atas petunjuk dari seseorang saya diarahkan agar menemui Pak Hadi Kuntoro Herbal, yang tempatnya rame pasti disana komplit....jika bapak ada stok akan membelinya..." Kata beliau dengan bahasa jawa yang tertata sangat rapi. Waduuuh...ini berarti orang salah masuk...hehehe....karena sudah sering belajar dengan Mae dipasar, meskipun beliau bukan mencari Herbalife, namun mencari Kunyit Putih saya tidak bilang "TIDAK ADA" Untuk menjaga perasaan beliau agar tidak kecewa dan malu karena ternyata *salah orang* Sayapun menjawab "Pak mohon maaf, kami sekarang tidak jualan kunyit putih, sudah kami ganti dengan sesuatu yang lebih bagus dari kunyit putih, bapak dari mana..?" hehehe...saya juga gak tahu kenapa saya menjawab seperti itu...dan darimana idenya tahu-tahu muncul saja.... "Saya dari desa yang jauh, namanya Kemutug, Kecamatan Wadaslintang (Kabupaten Wonosobo), jika memang tidak ada mohon maaf, Kalau begitu ya sudah saya mohon pamit..." kata beliau. "Sebentar, sebelum bapak pamit istirahat dulu saja kan bapak jauh, ayuk bareng-bareng saya minum-minum dulu (saya kasih produk yang biasa untuk sarapan pagi di NC kami), jika nanti bapak merasa enak silahkan besok kembali lagi, sambil saya carikan informasi kunyit putih nya....nggiih" sang bapak akhirnya minum shake bersama saya, sambil ngobrol-ngobrol... Beliau mungkin heran, kalau begitu ini tempat apa yaaa.? kenapa banyak orang keluar masuk dan minum-minum seperti yang beliau minum...? Setelah usai beliau mohon pamit saya tuntun dan antar sampai menyeberang jalan karena depan NC kami mobilnya lalu lalang ramai. Namanya Pak Sunarso, Ternyata beliau berusia 80th pernah berulang kali jadi kepala desan tahun 70an dan pernah jadi anggota DPR kabupaten Wonosobo di tahun itu, Desa Kemutug itu Jauh, dari Wonosobo harus Naik Bus kecil biasa kami sebut mikro ke Kecamatan Wadaslintang, dan turun dari Bus beliau masih Naik Ojek lagi Eh... keeseokan harinya saya terkejut....beliau datang lagiiii...waduh gimana ini, saya malah belum mencari info kunyit putih...padahal kemarin sudah berjanji mau memberikan info.... "Mas Hadi, saya kok sepulang dari ketemu kemarin merasakan badannya enteng enak sekaliii...apakah yang kita minum-minum kemarin itu bisa membuat badan segar..?" kata beliau sangat semangat.... Alhamdulillah...akhirnya beliau malah gak jadi mencari kunyit putih, dan penasaran dengan apa yang diminum sehari sebelumnya, akhirnya beliau kami arahkan ikut program 10 hari ditempat kami, awalnya kebingungan, jarak ke rumahnya cukup jauh, dari rumah sampai kecamatan naik ojek 20ribu dan dari kecamatan naik bis ke wonosobo 15ribu, perjalanan 2 jam. "Bapak harus datang terus 10 hari karena itulah program kami, karena ada monitoring, jika bapak beli produk dibawa pulang, saya malah ttidak ijinkan, nanti siapa yang akan memonitor dirumah..?" kata saya... Meskipun awalnya keberatan, namun mendengar penjelasan kami yang barangkali masuk akal akhirnya beliau setuju....beliau rajin datang, bahkan di hari ke 4 mengajak istri beliau, sebenernya kasihan karena ongkos transport satu orang saja PP 70ribu, jika berdua berarti 140ribu, namun demi menjaga hasilnya maksimal dan termonitor kami tetap meyakinkan beliau...harus menyelesaikan sampai 10 hari... Kursus Pola Makan Alhamdulillah mereka berdua menyelesaiakn programnya, dan merasa badannya sehat-sehat, mereka bercerita sekarang sering jalan-jalan keliling kampung berdua...dan ini membuat tetangga kanan kiri takjub...bahkan beberapa hari kemudian beliau mengajak anak-anak dan cucunya ikut program "SEKOLAH MAKAN" ditempat kami.... Dan dari beliau inilah tempat kami yang sering kita sebut NUTRITION CLUB atau RUMAH NUTRISI akhirnya muncul istilah baru yakni TEMPAT KURSUS POLA MAKAN SEHAT..! Setiap hari saya selalu meluangkan waktu untuk fokus mendengarkan banyak hal yang beliau ceritakan, karena beliau orang yang sudah banyak pengalaman, dan belakangan saya tahu ternyata beliau terkenal dipanggil Pak Kyai di desanya, karena sering mengisi pengajian, namanya Pak Kyai Sunarso Tidak terasa hubungan kami lama-lama makin baik, bahkan kami serasa menemukan seorang bapak yang baruuu...daaan ajaibnya, ternyata beliau ini ayah dari teman SMA saya yang sama-sama lulus SMA1 tahun 1990 dulu. Pada suatu hari beliau datang, dan menyerahkan amplop, dan beliau berpesan " Mas Kaji tolong buka amplop itu, pelajari dan renungkan...saya sangat senang dengan tempat ini, karena tempat ini memberi PEMAHAMAN YANG BARU tentang sebuah ayat di Alquran" Saya tidak begitu faham maksud beliau, namun saya menggut-manggut saja, dan setelah beliau pulang pelan-pelan saya buka amplopnya...dan saya tertegun...
Beliau menulis surat, Mas Kaji, ada satu ayat dalam Al-Quran yakni Al-Baqarah 168

يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا

"Hai sekalian manusia, makanlah yang HALAL lagi TOYYIB dari apa yang terdapat di bumi"

ayat itu ditulis dengan kaligrafi yang indah tulisan tangan beliau, dicantumkan juga ayat ayat yang lain, dan di penghujung surat beliau menuliskan

"Lanjutkan usaha ini, Inshaa Allah barakah dan dunia membutuhkan tempat kursus seperti ini, dan dunia membutuhkan DAI yang menguasai ilmu-ilmu seperti ini, dari saya - Soenarso"

Berulang-ulang saya dan sstri saya, Amy memandangi tulisan tangan yang indah itu...terharu...tulisan pena oleh bapak 80tahun yang jaraknya 2jam perjalanan dari tempat kami sangat mengharukan...dan kami laminating tulisan dan kami jadikan spirit terus menerus untuk Syiar kesehatan

Sudah 2x kami mengunjungi kampungnya, dan benar-benar itu jarak yang jauh...terpencil, kampung dibawah gunung dan sungai yang indah.....

"Mas Kaji " itu adalah panggilan beliau kepada saya

"Selama 80th akhirnya saya memahami ayat itu, dan saya yakin jutaan orang disana belum faham juga, selama ini orang makan YANG PENTING HALAL, asalkan baik halal dzatnya maupun halal sumbernya"

"Daging kucing, daging babi haram, itu namanya haram secara dzat, itu jelas sekali...Buah mangga halal, namun jika mangga itu mangga curian maka akan jadi Haram, itu namanya halal/haram karena sumber, itu juga jelas sekali.

Yang saya mendapatkan pemahaman baru ditempat kursus makan ini adalah kata-kata TOYYIB, apa artinya...?"

"Ternyata dari penjelasan Mas Kaji, saya menangkap TOYYIB itu adalah tergantung orangnya, setiap kali minum kopi perut saya sakit maka kopi TIDAK TOYYIB bagi saya, saya makan ketan atua sambel perut saya sakit, maka ketan dan sambel makanan yang TIDAK TOYYIB bagi saya.

Memakan barang HARAM jelas-jelas berdosa, dan memakan barang yang kita tahu itu TIDAK TOYYIB pun berdosa karena melanggar ayat itu, karena disebutan Makanan yang kita makan harus memenuhi 2 hal yakni HALAL dan TOYYIB"

Bagi yang Darah tinggi makan sate, makan duren, minum kopi, itu tidak toyyib jika nekad memasukkan ke tubuh, maka tidak melanggar halal nya namun MELANGGAR TOYYIB-NYA....

Menurut keterangan mas Kaji minum air putih yang banyak, paling tidak 2 liter sehari adalah Toyyib bagi saya, jadi kalau saya hanya minum segelas saja seperti semula, maka itu melanggar toyyib, karena melanggar toyyib maka badan saya bermasalah....

Orang-orang belum banyak yang faham, dan saya yakin itu, belum ada sarana pembelajaran yang bisa mendapatkan ilmu itu, baik itu di sekolah di keluarga atau di pengajian TIDAK ADA...dan saya 80th baru mendapatkannya ditempat ini, makanya tempat ini cocok kalau disebut TEMPAT KURSUS POLA MAKAN YANG TOYYIB, alias " Tempat Kursus Pola Makan yang Baik"

"Saya doakan mas Kaji istiqomah, dan suatu saat akan muncul banyak tempat kursus-kursus  seperti ini sampai ke desa-desa ke kampung-kampung, dan menyehatkan ummat, dan mas Kaji saya mohon mau mengisi pengajian-pengajian meskipun sekedar paling tidak kultum di masjid menyampaikan ilmu yang baik ini...

Jika ilmu ini tersebar luar maka Indonesia akan menjadi negara yang penduduknya sehat dan negaranya kuat..." Kata Pak Kyai

Begitulah asal usul terkadang kami menyebut Nutrition Klub dengan "Tempat Kursus Makan Sehat"

Semoga anda terinspirasi

Note :

Hikmah yang kita bisa ambil
#1.Setiap orang masuk NC ajak ngobrol meskipun dia orang salah masuk
#2.Meskipun jaraknya jauh tetep bersikap profesional untuk program 10 hari
#3.Banyaklah mendengarkan karena itu membuat kita memahami banyak hal
#4.NC itu ternyata perannya akan besar sekali dan jauh hebat dari yang kita bayangkan semula yakni hanya menjadi sarana bisnis dan mendapatkan uang saja.

Tidak ada komentar: