KETIKA "GELAP" APA YANG DILAKUAN...?


"Nek pas onten masalah abot, sing rasane susah banget, nganti peteng ndedet rasane, mae kepripun...? " tanya saya suatu hari.... hehehe... yang tidak mudeng bahasa jawa, artinya :

"Jika pas ada masalah berat, yang rasanya sedih sekali, sampai dunia rasannya gelap gulit, apa yang dilakukan ibu...?"

Apa jawabnya..?

" Hehehe.... Sing dilakukan Mae, adalah tidak menghanyutkan diri dalam masalah, mae justru tambah semangat berangkat ke pasar jualan baju, malah kadang sengaja saya bikin lebih awal, itulah hiburane mae. Kadang mae bawa makanan dari rumah saya bagi ke teman-teman, mereka seneng, tukang panggul yang membawakan barenge mae tak kasih lebih banyak, kadang mae bawa baju-baju lama yang gak kepake buat istri-istri kuli di pasar, mereka seneeng sekaliiii...mae jadi terhibur, lama-lama pikirane mae Jernih... mereka yang dilur itu punya masalah yang lebih besar, dan mereka baik-baik saja...."

What...?? Jawaban ini waktu itu aneh bagi saya, dan itu tidak masuk akal, hingga beberapa tahun kemudian ada orang yang memiliki nasehat yang sama di Bangkok Extravaganza 2015 kemarin, dan saya tulis di Timeline FB saya "Hadi Kuntoro Sehatway"

#QuoteExtravaganza5 : Jika ingin terbebas dari kegelapan, anda harus menyalakan sesuatu agar bisa menerangi sekitar benda-benda di sekitar anda - Leslie Standford

Dalam kegelapan nyalakan lilin agar benda2 terang dan tidak menabrak sesuatu, jika hati kita gelap, nyalakan semangat justru untuk membantu orang lain, agar kita menemukan jalan terang.

Jika gelap, bingung gelap bisnis Herbalife nya kok sana-sini mentok gak karuan, kenapa kita tidak semangat main saja ke NC orang lain, bantu WE bantu Talking point, bantu mencuci gelas, bantu ngundang orang, itu sinar yang kita pancarkan dalam kegelapan, nanti semua masalah kita akan jelas terang dan nyata, dan kita akan tahu apa solusi kita .....Inshaa Allah.....

Semoga menginspirasi anda

Salam Bahagia, sehat sukses mulia
www.hadikuntoro.com
Whatsapp : 081327140542

Tidak ada komentar: