IMPIANKU TERNYATA SEDERHANA-I

Sedulur-sedulur, apakah anda sudah pernah merenung, sebenernya arah hidup kita kemana sih..kalau kita mengalir, sakjane alirane kemana..? Ke danau..? ke Laut..? Danau atau laut apa..? Kapan sampainya..?

Hehe..mungkin anda banyak yang seperti saya, kadang merasa "Peteng Ndedet" alias gelap gulita, kadang kayak2 ada cahaya..ilang lagi..muncul lagi..Cahaya itu barangkali memang ada dan bersinar terus menerus meski di kejauhan, hanya saja kita kadang memang tidak ada niatan apalagi tindakan untuk menuju kesana. Dari waktu ke waktu kita hanya berputar-putar saja.

Kalau di perusahaan besar, di pabrik2 yang integrasinya cukup komplek anda kenal istilah project2 masa depan yang entah 20 atau 10 atau 5 Year Plan, maka untuk diri kita sendiri juga WAJIB ada hal-hal seperti itu.

Sebut saja ini Impian atau Dream, atau Rancangan Masa depan, atau angan-angan..terserah namanya-lah...

Saya sengaja tuliskan apa2 yang menjadi Dream saya sampai 10tahun kedepan. Saya tidak bermaksud mengatur takdir Allah,ndisiki Kerso Pangeran dsb.., tapi saya anggap ini semua tidak ada bedanya seperti perusahaan yang memiliki planning2 jangka panjang itu..

Kenapa saya tulis..(dan bahkan saya sharing kepada anda)?
  1. Ya agar saya bisa tahu saat ini saya berada di mana..? Dan ini adalah sesuatu yang sangat penting, namun kita sendiri kadang tidak sadar, bahwa diri kita siang dan malam sebenernya sedang ada dalam suatu perjalanan melewati lorong waktu..
  2. Dengan menuliskan hal ini, maka pencapaian hasilnya lebih akurat daripada tidak ditulis sama sekali karena sasaran yang kita tuju jelas...Isya Allah
  3. Apabila Goal dalam Dream ini belum bisa saya dapatkan dalam episode kehidupan saya, maka penerus2 saya kemungkinan besar akan mewujudkannya..karena mereka tahu ayah atau kakeknya itu kepenginnya seperti apa sih..? Hehe..jadi ini semacam surat wasiat juga loh..
  4. Saya menuliskan ini agar anda tertular, dan mau menuliskan dream anda juga...kalau anda lakukan itu Insya Allah enak sekali...siapa tahu yang anda inginkan ternyata saya bisa bantu, atau ada orang lain yang dengan senang hati membantu anda karena merasa memiliki arah yang sama..lha enak tho..?

So..tunggu apalagi..tuliskan sesuatu tentang masa depan anda..dan ingat, dream yang bagus adalah dream yang membuat anda "FEEL GOOD" bukan sesuatu yang membuat anda makin malas atau malah makin stress...tapi apapun bentuknya itu lebih baik..daripada anda blank sama sekali nggak punya dream..

Anda jangan hanya jadi penonton atau pengamat saja ya..? Kalau anda hanya mengamati saja dan ternyata yang saya tuliskan ini bener2 terjadi kan anda kojur (bahasa Indonesianya "kojur" apa ya..?) ah tahu gini mah 10 tahun yang lalu saya harusnya nulis dream juga...nyesel deh...(gitu lho maksudnya..).Selamat mengikuti dan cerita ini terjadi pada tahun 2018..?

1 November 2018.
Kamis pagi ini seperti kemarin dan kemarinnya lagi udara terasa segar sekali. Saya yakin siang ini akan hujan lagi karena saat ini musim penghujan dan di tempat kami masa hunjannya lebih panjang, dan intensitasnya juga lebih besar, jadi kadang bisa hujan dari pagi sampai pagi lagi, Alhamdulillah letak kami digunung sehingga tidak risau seperti di kota-kota yang takut banjir. Namun pagi ini cuaca terasa cerah sekali…

Aku mempersiapkan peralatan-peralatan kerja, cangkul, sabit, notebook, merapikan dokumen-dokumen yang harus saya tandatangani dan aku akan bawa ketempat kerja, dan tidak lupa caping besar kesayanganku, caping idaman yang aku dapatkan dari seorang sahabat di Vietnam aku siapkan…dan ini adalah salah satu harta yang sangat berharga.

Istri sambil bersenandung kecil terdengar sedang sibuk sekali mempersiapkan perbekalan buat anak-anakku, gadis-gadis cantik, yang sampai hari ini masih berjuang menempuh ujian semesteran di sekolahnya.

Anakku pertama, Adis, kuperhatikan ternyata sudah lebih tinggi dari ayahnya, dan pagi ini tersenyum ceria, meski saya tahu semalam dia begadang belajar bersama temen-temennya, padahal ujian semesteran di kampusnya masih 2 minggu lagi. Dia saat ini sekolah di kota Pelajar dan Alhamdulillah mendapatkan jurusan yang paling dia idam-idamkan..alangkah senengnya seandainya aku jadi dia. Tidak terasa dia sudah mulai dewasa, hitam manis dan gagah sekali. Menjadi siswa favorite dan terpandai di SMU adalah hal mustahil yang tidak terpikirkan oleh saya..Allah maha berkehendak..padahal saya tidak setinggi itu permintaannya..saya hanya meminta kepada Allah agar perjalanan hidupnya jauh lebih baik daripada kami-kami para pendahulunya. 10 tahun lalu saya ambil foto dia ketika berangkat ke sekolah di kampung kecil kami..
Adiknya, Layla, saat ini kelas 3 SMP dan menjadi ikon puteri “Pinter & Shalihah” di sekolahnya. Kalau dia sih saya nggak begitu heran, sejak kecil memang kemampuan berpikirnya memang sering membuat saya kaget, kok anak kecil satu ini cepet sekali belajar...beruntunglah saya seneng sekali memotret-motret dia sejak kecil, dan inilah foto 10 tahun yang lalu yang ketika itu dia TK nol Besar.

Yang lucu lagi anak ketiga, yang terakhir, Zahra. Puteri bontot manja yang 10 tahun lalu maunya dipanggil “Barbie” atau kadang maunya dipanggil “Ultraman Cosmos” atau kadang tokoh-tokoh kartun kesayangannya yang lain, saat ini sudah kelas 1 SMP. Cantik,Pinter,Ceria..oya lihat deh foto dia 10 tahun yang lalu, lucu dan cantik sekali ya…
Sebentar lagi pasti rumahku kayak pasar, dan ini adalah pemandangan paling mengasyikkan yang saya nikmati yakni ketika mereka akan berangkat sekolah. Ada saja keributan-keributan yang lucu….hehe..dari mereka Play Group kok ya kalau pagi tetep ribut begini..tertukar sepatu, rebutan payung, polpen..dan hebatnya lagi istriku kok ya sabar banget menghadapi ini puluhan tahun..tanpa ada tanda-tanda dan gejala hipertensi…? Saya akui wanita-wanita itu lebih perkasa dari daripada pria..

Ami. Istriku ini adalah aktor di belakang layar yang sungguh hebat perananannya baik ketika pertunjukan sedang berlangsung maupun selama masa “Show Off”. Dan kerena peran besar dialah dunia kami terasa berubah menjadi surga seperti saat ini. Intuisinya begitu kuat meski secara ilmu intelektal dia biasa-biasa saja. Sinyal-sinyal dari Allah, yang dipancarkan ke alam semesta tertangkap dengan sangat baik oleh “Antena Batin” nya..dan dialah dalam sejarah yang paling kuat menarik dan mendorong saya untuk berubah dari dunia TDB, karyawan di sebuah perusahan raksasa dari Jepang, 10 tahun yang lalu, menjadi TDA seperti sekarang ini. Setelah keributan2 pagi selesai dan yang berseteru saling tersenyum di forum sarapan pagi bersama anak-anak kami pun bubar..berangkat kesekolah masing-masing dan si sulung terlihat bersiap-siap akan latihan beladiri, salah satu olahraga kegemarannya. Ada yang membuatku bangga sekaligus terharu, mereka tetap tampil sederhana meski tahu ayahnya memiliki banyak harta. Ke sekolah mereka tetap memilih jalan kaki , dan kalau waktu mepet malah sering berlari-lari ke sekolahnya, tidak mau diantar apalagi diantar pakai mobil oleh sopir-sopir kami..lha wong diantar pakai motor saja kalau pas kepepet banget maunya berhentiny jauh-jauh dari gerbang sekolah..takut dikatakan anak manja katanya…

Rumah kecilku yang sederhana meski 2 lantai dan ada 4 kamar ini lengang lagi…bincang-bincang sejenak dan bercanda dengan Istri adalah episode berikutnya yang menghiasi suasana pagi dirumah kami. Pagi ini kami bagi-bagi tugas. Wah-wah..hari ini dia pasti akan sibuk sekali. Awal-awal bulan seperti ini tugasnya adalah membagi-bagikan slip gaji kepada karyawan-karyawan kami, dan akhir-akhir ini saya saya kadang memilih menghindari ikut serta dalam acara ini. Capek..hehe..

Sudah menjadi tradisi setiap acara gajian, kami sengaja mengundang keluarga-keluarga karyawan kami juga, dan yang membuat saya menghindar karena ajang pembagian gaji itu sekarang menjadi “Ajang Tetangisan” istri-istri dan para ibu atau bapak yang merasa bahagia dan beruntung dan bersyukur…karena bisa menjadi bagian dari keluarga besar kami. Dan yang membuat capek lagi mereka datang juga membawa barang-barang. Setandan Pisang, beras ketan, singkong, ayam kampung yang gede-gede bahkan pernah ada yang membawa sepasang angsa besar, pernah juga kambing…wah-wah..capek kan..ngurusnya? dan belakangan saya ubah saja kebiasaan mereka, dengan mengganti membawa makanan-makanan matang saja..dan ini ternyata sangat ampuh, kami jadi nggak perlu memasak-masak lagi..dan tiap bulan rumahku seperti ada hajatan. Halamanku yang cukup luas rame sekali..malah kadang sekalian saja Pak Lurah dan Pak Camat sesekali waktu saya undang juga..

Tapi acara seperti ini hanya khusus untuk karyawan-karyawan yang bekerja di kota kecil kami saja, untuk karyawan-karyawan yang di kota-kota besar yang seperti ini belum sering kami lakukan..tapi kayaknya kalau rutin asyik juga ya…?

Saat ini kami memiliki 3 sektor bisnis yang lumayan gede untuk ukuran kami. 3 Sektor itu yakni Garment, Agribisnis dan Peternakan. Ini adalah lokomotif utama kami. Oya, saya sebenernya lebih seneng menyebut “Bisnis” sebagai “Mainan” agar kesannya tidak terlalu serius atau gawat..hehe..lha wong bagi saya ini hanya main-main saja.

Orang-orang heran, dan saya maklum karena kadang saya sendiri heran dengan diri saya sendiri. Keseharian saya yang hanya seprti sekarang ini, pakai celana gombrong semata kaki, warna coklat atau hijau, kaos murahan yang sering warna Merah atau hijau, pakai caping ke sawah, bawa cangkul, sabit, rantang makanan, dan anehnya membawa ransel juga yang isinya Notebook..Nah lho..!

Bawa notebook ke sawah atau kebun..? Benar..! …pagi berangkat kerja yo bareng-bareng dengan petani-petani yang menenteng cangkul di pundak, atau keranjang buat rumput, mendorong traktor, menggiring kerbau kalau saya selain membawa alat-alat pertanian juga menggendong ransel yang isinya notebook…Orang gak sehat kali ya…hehe saya sering denger bisikan-bisikan seperti ini lho…pas awal-awal…dalam hati aku berkata..entar you juga ikut-ikutan orang kayak aku…hehe..

Di sawah, yang jaraknya beberapa ratus meter dari rumahku adalah tempat kerja sekaligus surga saya saat ini. Siapapun, anak,istri tetangga, dan petani-petani sekitar bahkan para temen-temen, sedulur sinarawedi dari berbagai penjuru biasa menemui saya disitu pada jam-jam kerja. Kantorku saat ini bukan ditempat yang strategis di pusat kota, tapi malah di sebuah gubug/bangunan sederhana di tengah sawah yang sengaja saya desain seperti saung-saung yang banyak kita temui di Jalur Bandung sd Nagrek di Jawa Barat.

Soal fasilitas jangan khawatir..hehe..disitu ada tiker anda boleh tiduran sambil dengerin uyon-uyon dan gemericiknya air dan lenguhan kerbau, sering ada hidangan favoriteku, ubi rebus, koneksi ke internet cepet sekali kayak orang nonton TV sambil memainkan remote, mau TV konference juga ada ruangannnya, meski hanya 3x3 meter, apalagi..? mau Mandi, sholat, bakar2 ikan mujahir..bisa disini..! Dari tempat inilah saya mengendalikan mainan-mainanku seperti satpam-satpam yang tugas di ruang kontrol CCTV saja..cuman bedanya kalau satpam serius dan anteng…kalau saya gak bisa diem kecuali kalau ngantuk dan kalau melek ngakak melulu menertawakan diri sendiri atau ketawa-ketawa bareng dengan temen-temen yang pada datang.

Terkadang geli sendiri..karyawan-karyawanku ratusan dan ribuan KM dari tempatku ini terlihat pada kerja serius banget, meeting, nego, membuat laporan2 kerja sementara Saya yang menurut mereka dianggap si “decision maker” melihat laporannya disini, santai begini kadangkala malah pakai kain sarung melihat pergerakan-pergerakan transaksi, ekspansi-ekspansi usaha, laporan-laporan profit (tapi terusterang saat ini saya mulai bosan dengan mainan2 ini, saya lebih seneng mengamati sapi2 kecil yang lari2 bermain-main dengan induknya..) sambil mendengarkan sayup-sayup gending Condrolukito..sambil sesekali terlibat dalam TV konferen dengan pimpinan-pimpinan perusahaan yang aku tunjuk nun jauh di kota-kota sana...

Mohon maaf, karena panjang banget artikel ini saya buat bersambung ya...
Sambungannya ada di ( IMPIANKU TERNYATA SEDERHANA-II)
Semoga bermanfaat dan anda terinspirasi dengan tulisan ini
Salam FUNTASTIC..!
Hadi Kuntoro
NB:
- Bisnis selimut saat ini sudah mulai memasuki fase baru, yakni saya sudah mulai order model ke Pabrik, dan Alhamdulillah member yang terlibat dalam bisnis ini sudah mencapai 300an orang...
- Minggu2 ini akan ada produk baru lagi..selimutnya cantik2 sekali...tunggu info nya ya..
- Ada seorang pelanggan setia sekaligus "pembelajar" yang kepengin berbagi ilmu dengan sesama, dan pilihan pembelajaran bisnisnya dalah selimut Jepang, dan day by day dia tulis semacam diary perjalanan bisnisnya itu..menarik sekali...baca artikelnya di link http://selimutku.blogspot.com/2008/01/surat-testimoni-seorang-sahabat.html dan semoga anda terinspirasi juga...

2 komentar:

CHICHIKONDO mengatakan...

wah, impiannya sangat Indah dan sangat mulia loh.... mudah - mudahan bisa terwujud. Tapi ati - ati kalau bawa notebook ke sawah jangan sampe ceblok (jatuh) ke lumpur.

Anonim mengatakan...

Good mas... saya samapi terdeskripsi atau visualisasi banget detail ceritanya.. Mudah mudahan terwujud mas...!