ACARA ULANG TAHUN TDA ke-II

Hari minggu sore yang paling indah yang saya alami selama di Jakarta adalah hari minggu 28 Januari 2007 kemarin.

Acara yang sangat kami tunggu2, karena hari ini ada acara Pertemuan Besar, ulang tahun TDA ke-1 di wisma Indocement di Jalan Sudirman.Pada acara yang pagi2 sudah menjadi berita utama harian republika ini, akan diwisuda sekitar 30 orang yang sebelumnya menjadi karyawan/penerima gaji atau TDB (Tangan dibawah) menjadi bisnis owner/pemberi gaji atau TDA (Tangan Diatas).

TDA lebih baik dari TDB....kata2 ini menancap kuat dan menjadi tonggak arah yang dituju oleh anggota-anggotanya.Ini adalah momen dan mungkin aktivitas yang hanya ada satu di dunia saat ini.

Puncak acara, terjadi menjelang petang, ketika sesepuh TDA, Pak Haji Ali kedepan dan menyampaikan ikrar wisuda yang barangkali sama sekali tidak terbayang oleh para wisudawan bahkan oleh panitia sekalipun.

”Dengan ini kami menyatakan bahwa yang berdiri di depan ini telah lulus dari TDB, menjadi TDA dan tidak akan kembali lagi menjadi TDB”...dst..

Tulisan diatas adalah laporan reportase saya setahun yang lalu yang pernah saya tulis panjang lebar setahun yang lalu dalam 2 tulisan :

  1. http://hadikuntoro.blogspot.com/2007/01/acara-ulang-tahun-tda-ke-1-hari-minggu.html
  2. http://hadikuntoro.blogspot.com/2007/01/foto-foto-acara-wisuda-tda-i-periode.html
Dan akhirnya...Minggu Sore 27 Januari 2008 PERISTIWA BERSEJARAH itu terulang lagi..dengan atmosfir,aura dan suasana yang LEBIH DAHSYAT.



Gedung Bank Syariah Mandiri (BSM) lantai 11 yang ada di Jalan Thamrin itu, dari jam 9 pagi sampai Maghrib tiba dipenuhi 400an lebih orang2 yang merupakan klub atau organisasi yang sebelumnya merupakan organisasi tanpa bentuk (OTB)..! Bahkan hingga sekarang sebenernya juga bisa dikatakan OTB, namun dedikasi, loyalitas dan komitment para anggotanya sungguh luar biasa Fantastis..!
Ya, Klub para pebisnis yang menyebut dirinya Komunitas Tangan Diatas (TDA) ini makin lama tumbuh secara fenomenal, hingga secara grafik bisa disebut eksponensial positif..!

Saya bergabung dengan komunitas ini bulan Maret 2006, yang anggotanya pada saat itu masih sekitar 70 orang, dan setahun kemudian anggotanya mencapai 800an orang, yang ketika Ulang Tahun pertama itu hadir sekitar 150an orang, yang laporannya saya cuplik lewat tulisan diatas, dan sekarang member yang tercatat sekitar 1700an orang, dan yang datang ke Acara Ulang Tahun ke-2 ini sekitar 400 orang lebih..! Ada kenaikan yang sangat dahsyat..!

Coba anda bayangkan, rasa nyaman hati anda apabila bertemua seorang sahabat lama yang auranya positif, pasti ketika anda ngobrol dengan dia seakan2 waktu bagaikan terhenti, dan hanya kumandang adzan dhuhur, ashar, dan magrib sajalah timer yang sanggup menghentikan keasyikan ngobrol anda...

Sekali lagi bayangkan seandainya sahabat anda yang seperti itu tidak hanya 1, tapi 400 orang..!! Wow..say hello saja sudah habis waktu setengah hari, dan ngobrol cerita saling kangen saja sudah makan setengah hari berikutnya....
Bahkan seandainya forum itu semua orang diam membisau pun, kita bisa meraskan kebisuan itu adalah keheningan yang membakar habis energi negatif dan mengubahnya menjadi bahan bakar positif yang serasa tidak akan habis...
Wow...inilah TDA...

Acara dimulai tepat jam 09.00 saya berangkat dari rumah bersama adik saya Yoyok( yang perjalanan kehidupan bisnisnya ditulis pada blog http://yoxjourney.blogspot.com/ ) yang datang jauh dari Wonosobo hanya untuk mengikuti acara ini, dahsyat kan..?


Oho itu belum seberapa, ada yang lebih jauh lagi, yakni Yogyakarta seperti mas Bambang Triwoko dan kawan-kawan TDAJOGLO, Juga dari Semarang..eh ada yang lebih jauh lagi dari Surabaya....eh ada yang jauuh lagi dari Aceh..! Eh-eh..ada yang lebih jauuuuhhhh..lagi dari Manado.! Luar biasa..! Demi berjumpa dengan sahabat yang satu frekuensi ternyata tidak ada penghalang sedikitpun meski harus menyebarang lautan..apakah ada persahabatan masal yang seindah dan sehebat ini..? tidak banyak..
Acara dibuka oleh 2 orang sahabat kami, yang sudah full TDA dan sekarang pasangan sohib yang spesialis jadi MC, sekaligus juga pasangan yang memiliki bisnis satu atap milik mereka sendiri, yakni Pak Agusalis dan Pak Iim..apakah anda sudah mengenal baik tokoh ini..? lihatlah profile dan tulisan2 dahsyat mereka di blog2nya yang link-nya ada di blog saya ini juga, (http://agusali.blogspot.com/ dan http://iimrusyamsi.com/Juga ada acara parodi, yang tiada lain merupakan refleksi dan gambaran yang umum di jumpai oleh temen2 yang sekarang masih TDB tapi hatinya kepengin TDA, selalu ada masa transisi yang kadang2 membuat diri kita stagnan...istri tidak mendukung, ibu tidak merestui, lingkungan yang mencemooh...dan betapa ini membuktikan bahwa kesadaran kita untuk berkiprah bagi sesama masih sangat memprihatinkan.

Kita lebih bangga kalau menjadi karyawan dengan gaji tinggi, dan memiliki keluarga yang berkelas dan bergengsi, dan menganggap mereka yang diluar dan hidup dibawah garis kehidupan yang layak sebagai pihak yang sial dan peran kita adalah "menolong" hanya kalau kita mampu..padahal standard mampu yang ada di kepala kita sangatlah BIAS...dan member2 TDA yang 99% memiliki KEYAKINAN bahwa kebanggan yang hakiki adalah manakala diri kita meskipun memiliki income yang kecil, tapi kita bisa menggaji orang lain....namun untuk kesana memang tidaklah mudah, karena nanti akan bertemu virus takut bangkrut, Virus gagal..dll... Sessi pembicara pertama diisi oleh pendekar dari jawa timur yang namanya TDA sudah berkibar, bahkan blog-nya menjadi blog yang paling favorit yakni Mas Wuryanano dan seperti apa blog hebatnya ini anda bisa lihat di http://wuryanano.blogspot.com/ , acara perkenalan tokoh yang satu ini sungguh dahsyat karena penampilannya bener2 dipersiapkan dengan matang, sehingga yang hadir benar2 dibuat kagum oleh sepak terjangnya yang banyak berisi CERITA SANGAT SUKSES ini..bahkan tanpa tedeng aling2 beliau ceritakan dengan gamblang faktor kunci suksesnya, yakni "Lakukanlah apapun dengan di dasari cinta, maka yang anda ingin dapatkan ternyata jauh lebih mudah dari yang dibayangkan..." wow..it's very interesting word..Acara menarik berikutnya adalah Talkshow dari kita untuk kita..disini di bedah segala kunci rahasia para member yang sudah memulai dan sukses, kami yakin bahwa sukses itu hanya mindset, maka ketika kita bisa mengubah mindset kita seperti mereka yang sudah sukses, maka kesuksesan itupun saat itu sudah kita dapatkan sebenernya...

Setahun yang lalu, yang duduk dan Talkshow seperti ini slaah satunya adalah saya sendiri...ini artinya cerita2 sukses itu bergulir terus dari member ke member yang lain..dan ini adalah bukti bahwa kurikulum yang ada di TDA yakni Believe-Dream-Strategy-Action (BDSA) yang selalu di dengung2kan di komunitas ini terbukti berhasil...apakah anda saat ini sudah mengikuti kurikulum ini..? Yang menjadi narasumber adalah Pak Teguh Atmajaya http://teguhatmajaya.blogspot.com/, Bu Doris Nasution http://dorisnasution.blogspot.com/, Pak Philips dan Pak Adzan Wahyu http://adzan101.blogspot.com/

Ada seorang yang intuisinya sangat hebat, dan yakin bahwa TDA suatu saat nanti akan menjadi "Someting Big" beliau adalah wartawan dari sebuah tabloid yang terkenal yakni Wirausaha dan Keuangan (WK). Namanya Pak Isdiyanto. Perkenalan beliau dengan TDA adalah sesuatu yang unik, yakni ketika HBH pertama tahun 2006 yang lalu, kita masih sangat kecil..bahkan untuk acara HBH yang sebelumnya diprediksi akan menjadi acara yang sangat besar waktu itu, ternyata yang hadir hanya puluhan orang...tapi beliau punya insting tajam, dan kemanapun TDA bergerak nyaris tidak pernah lepas dari monitornya..sehingga hampir tiap episode selalu muncul figur2 temen2 TDA dengan segalan perjuangannya..

Upayanya tidak sia2..TDA akhirnya dengan cepat membesar, dan ini diiringi dengan mebesarnya oplah majalah yang menjadi momongannya..dan tidak heran meskipun saat ini TDA sudah biasa diliput di berbagai media masa nasional bahkan di beberapa stasiun TV dan Radio, ikatan batin dengan WK tetap kuat, bahkan semakin kuat...bahkan seperti ada anggapan, majalah TDA adalah majalah WK..kalau anda ingin melihat seperti apa kiprah temen2 TDA lihatlah WK..

Oya, iklan bisnis selimut saya di malah WK ini sudah beberapa kali tampil, dan rate pembaca yang berubah menjadi customer potensial alhamdulillah menanjak tajam karena promosi dari majalah ini..terima Kasih Pak Isdiytanto..

Salah satu acara yang saya tunggu dari milad ke milad adalah mendengar orasi dari seorang tokoh Coaching Bisnis yang sekaligus merupakan salah satu mentor yang membuka wawasan saya di dunia bisnis, dia adalah pak Priyo yang merupakan salah satu tokoh utama di Action Coach, suatu konsultan bisnis yang namanya melambung saat ini.

Keterikatan saya dengan Action Coach ini sangat erat, karena mungkin member TDA seperti saya termasuk member2 awal yang berkenalan dengan mereka, dan beberapa kali saya mengikuti coaching councelling tentang bisnis, sehingga dengan staf2nya pun hubungan saya cukup dekat. Wow..lagi2 sore ini saya dapat aha dan spirit luar biasa dari beliau..tenkyu pak Priyo..tengkyu Action Coach...

Anda masih ingat tokoh ini..? hehe..saya enggak perlu cerita lebih banyak mengenai militansi beliau yang begitu semangatnya membangunkan raksasa2 yang saat ini tertidur dan terlena oleh sesuatu yang terjamin di kantor2, perusahaan2 dan pabrik2..

Ingat kata2 inspiringnya..? Kalau anda menengadahkan tangan dan memohon bayaran 10juta, maka anda mendapatkan minus (-) 10juta, karena tangan anda dibawah, tapi kalau anda menerima 1juta dari bisnis anda sendiri itu artinya plus (+)1 juta, karena 1 juta anda ini satu juga yang utuh setelah sebelum2nya dikurangi gajian2 buat karyawan anda..so posisi Tangan anda ada Di Atad dan ini nilainya Plus. Besar mana kepuasan di hati anda..? -20juta atau +10juta..? Puas mana dapat sekeranjang mangga di beri orang, dengan sebuah mangga yang metik dari pohon anda sendiri..?..hehe...ini butuh perenungan yang mendalam..

Oya, seperti tahun2 yang lalu, sore inipun kami sekali lagi menyaksikan acara yang membuat kita2 merinding, terharu dan membuat panas...yakni ACARA WISUDA..bagi para member TDA yang lulus selama Januari 2007 sampai Januari 2008. Lulus disinis adalah lulus dari sebelumnya tangan dibawah TDB, dan mengemudikan bisnis sendiri alias TDA.

Hwehehe...tahun lalu saya termasuk yang memiliki target agar milad II ini saya bisa Full TDA, ternyata target saya tidak tercapai..meleset dikiiit..banget..tahun depan ikutan deh..Amin...

Bukan TDA namanya kalau tidak menghadirkan sesuatu yang membaut penasaran..dan tamu misteri yang dihadirkan oleh sang Jenderal yang omongan ceplas-ceplosnya tentang bisnis membuat terkesima yang hadir..ternyata belau adalah Pak Perry Tristianto, seorang pebisnis yang dijuluki "Raja Factory Outlet (FO)"

Mudah bergaul, Rileks, dinamis atau senang mencoba hal2 yang baru, adalah gambaran persis yang saya dapatkan dari orang yang sudah sangat sukses ini..dan ini bener nyambung dengan sebuah buku yang sedang saya baca, yakni Luck Factor karyanya Oom Richard Wiseman , bahwa umumnya keberuntungan itu melekat pada diri orang yang memiliki skor diatas rata2 untuk ketiga faktor yang saya tuliskan diatas.

Banyak pelajaran aplikatif sederhana yang bisa langsung saya terapkan setelah saya mendengar orasi beliau..dan menurut saya itu benar..bahwa seorang entrepreneur harus jeli melihat peluang..dan jangan terpaku dengan sesuatu yang ada di benak kita saja..karena peluang2 yang bertebaran dimana-mana itu umumnya tidak nyantel di otak kita..maka rajin2lah mengamati....sepulang dari Milad-II ini sudah banyak rencana mudah dan sederhana yang akan kita terapkan...apa kira2..? lihat saja nanti ya hehe...

Pembiacara berikutanya adalah motivator yang sungguh fenomenal dan belum saya ketemukan tandingannya...dan ini adalah salah satu aset sangat besar yang dimiliki TDA, yakni Pak Yusef J Hilmi. Siapapun yang berdekatan dengan orang ini saya yakin tidak ada alasan baginya untuk mengeluh atau demotivated, dia seakan tahu persis apa yang di hati saya, dan saya yakin di hati temen2 juga begitu...sehingga dia selalu tampil seakan meledak dan meruntuhkan mental-mental blog yang mendengarnya...

Sore ini beliau membisikkan sesuatu yang menarik untuk di renungkan...

"Mas Hadi, Hidup dengan Banyak Pilihan itu Jauh Lebih Indah, daripada Hidup yang Sudah Terjamin..percayalah.."

Dan dia juga memberikan kunci doa-doanya kepada saya "Ya Allah pertemukan saya DENGAN SANGAT MUDAH kepada orang-orang yang berilmu, Bimbinglah saya agar diberi jalan yang SANGAT MUDAH menolong sesama manusia, dan berikanlah hampa PELUANG yang SANGAT MUDAH untuk saya dapatkan"

Alhamdulillah..berkat kerja keras dan tanpa pamrih dari volunteer2 TDA, akhirnya acara yang dahsyat di awal tahun 2008 ini bisa diselenggarakan bener2 diluar dugaan saya. Saya ucapkan banyak2 terima kasih kepada temen2 TDA management yang tahun ini di ketuai oleh Pak Faif, yang telah menyelenggarakan acara ini dengan sangat baik (saya nilai A+) dan mohon ampun serta mohon maaf saya belum bisa banyak berkiprah membantu moment2 sebesar ini..Insya Allah perjuangan anda ini dicatat oleh sang pencipta sebagai raport yang sangat baik, karena anda telah bersusah payah menjembatani forum silaturahmi yang sangat besar areanya...dan bagi saya inilah forum silaturahmi terbesar yang pernah saya ikuti...Terima kasih banyak..

Tidak terasa, 2 tahun sudah kelahiran komunitas TDA, komunitas luar biasa yang berisi orang2 bersemangat muda dan membara...dan untuk di ketahui, kelahiran Komunitas ini 2 tahun lalu dibidani hanya oleh 20an orang saja, yang sebagian besar personalnya nampak pada gambar diatas.

Semoga spirit BERSAMA MENEBAR RAHMAT yang menjadi jargon komunitas ini benar-benar dapat dijaga oleh kami member2nya...dan Insya Allah saya akan ikut menyebarkan spirit ini ke gunung-gunung dan lembah-lembah, ke desa-desa dan kota-kota yang kami lalui dalam kehidupan kami...Amin..

Sampai Jumpa di Milad Tahun 2009, semoga Allah memberikan kesempatan untuk bertemu lagi dengan member2 yang Insya Allah pada milad 2009 nanti lebih dari 1000 orang..!!

Salam FUNtastic..!

Hadi Kuntoro

http://hadikuntoro.com/

http://rajaselimut.com/

http://mysajadah.com/

NB:

Terima kasih temen2 yang pada milad ini telah memborong selimut2 yang kami bawa..alhamdulillah semenjak urat malu saya hilang, saya bisa enjoy kemana-mana membawa dagangan, dan mohon maaf kepada teman2 yang tidak bisa layani ngobrol2nya dengan maksimal..Insya Allah nanti kita bisa sharing lebih pada waktu yang lebih longgar lagi...semoga Allah DENGAN MUDAH mempertemukan kita..amin..

6 komentar:

puspabali mengatakan...

Yth. P' Hadi

Mohon maaf, saat Milad2 saya dan suami tidak sempat
bertegur sapa dengan P' Hadi....
karena saya datang terlambat
dan saat coffee break juga sudah ngobrol dengan member yang lain....
saking banyak yg hadir, ngga semua sempat kami temui dan bertegur sapa
eh, tahu-tahu udah kehabisan waktu dan tidak sempat cari-cari P' Hadi.... he he he
Dan sebelum acara berakhir, saya juga sudah meninggalkan ruangan karena buru-buru ke airport takut ketinggalan pesawat, sebab harus balik lagi ke Bali...

Ok, semoga pada acara TDA berikutnya
kita bisa jumpa dan ngobrol panjang lebar yah....
Terimakasih

Sharah mengatakan...

ass wr wb pak Hadi...
kemarin saya liat bapak....akhirnya liat LIVE hehehe.... tapi gak bisa negor soalnya pak Hadi sibuk wara wiri ....
Sukses terus ya pak.....seneng baca lputan Miladnya bapak.. seketika m'refresh memory saya ttg detil2 kecil di acara kemarin ;-)

sharah
http://www.amotherventure.com

anugerah perdana mengatakan...

Pak Hadi, saya dapet doorprize selimut tampa bay (klub rugbi), alhamdulillah halus dan lembut!

Moga bisnisnya makin berkah. Dan moga badannya tetap kekar hehehe...

Ita mengatakan...

Pak Hadi, postingannya lengkap banget .. saya aja belum sempet nulis selengkap ini .. Wah .. nggak nyangka akhirnya saya bisa kop-dar sama sang Raja Selimut ini .. ketemunya gak sengaja lagi yah .. di dalam lift waktu mau pulang .. hehe .. sorry ya kalo saya sok akrab kemaren itu .. abis kapan lagi bisa kenalan sama orang top ..hehe

semoga bisnis nya tambah sukses, lancar dan segera men-dunia! Saya mau ikutan jadi agen ahhh ..

Ramli mengatakan...

Sebetulnya saya orang pertama yang ngasih komentar di tulisan ini, tapi kok ndak muncul ya? Saya tahu mas Hadi adalah orang pertama yang menulis laporan tentang Milad 2 TDA, iya kan, iyalah kan saya udah keliling blog sebelumnya :)

Laporannya sangat lengkap, seakan-akan saya ikut hadir disana, sip tenan, matur nuwun, sayang saya ndak bisa hadir padahal pengen kenalan sama mas Hadi. Isteri saya sebetulnya mau kenalan tapi katanya mas Hadi super sibuk, jadi dia gak berani hehehe...

Sayang juga ternyata mas Hadi belum ikut diwisuda, padahal dugaan saya dalam acara Milad ini lho wisudanya, mundur terus nih, tar tak salip nih hahaha...

Wassalam,
Ramli @ Nigeria

jengnad mengatakan...

pakk..kemaren juga saya liat Pak Hadi lohh..tapi karena bolak balik harus ke panggung, maaf ya Pak..kok ya jadi lupa nyapa hiks...

ikut meng Aminin Pak doanya supaya insyaAllah tercapai di MILAD III ..Amiiinnnn