Sahabat Jepang Yang Sederhana

"Pak selimut yang anda jual ini apakah bener2 produk import dari Jepang..?" Tanya seseorang lewat telepon, dan ketika saya berkata bahwa selimut ini dibuat di Indonesia, terdengar sekali suara disana berguman lemah, dan berkata 

"Kirain bener dari Jepang, Terima kasih ya.." kata suara disana yang mungkin kecewa karena yang dia inginkan barangkali bener-bener selimut yang dibuat oleh tangan orang Jepang dan dikirim pakai pesawat ke Indonesia, dan dijual murah lewat website saya....

"Pertama kali saya lempar ke pasar, untuk uji coba, ternyata sajadah yang saya buat, meskipun harganya murah dan mutunya bagus tidak laku, karena ada tulisan "Made In Indonesia" terpaksa saya jual murah, dan saya buat lagi dengan tulisan "Design by Turkey" ternyata laku keras, bahkan selama bulan puasa kemarin terjual lebih dari 500ribu sajadah. Saya tidak mau menulis "Made in Turkey" karena itu berarti bohong, saya tidak mau" Kata Sang Samurai(Baca Link Ini untuk mengenal Yasashi San) pada suatu hari ketika bermain kerumah saya.

Yasashi San, yang merupakan owner dari pabrik selimut Jepang, produk yang selama ini saya pasarkan sangat prihatin dengan kondisi orang Indonesia yang kecil sekali kebanggaannya dengan dirinya sendiri. 

"Saya senang dan mencintai Indonesia, tapi ketika saya bicara-bicara dengan orang Indonesia, mereka malah tidak respek dengan negara mereka sendiri. Mereka menyalahkan pemerintah, masalalu dan sebagainya. Tidak usah pedulikan pemerintah kalau memang tidak berpihak kepada anda, jadilah orang baik dan berjalan sendiri. Anda ketika di jepang lihat sendiri kan, Orang-orang  Jepang ketika kampanye pilkada misalnya, mereka akan kampanye di pusat-pusat keramaian kota, membagikan selebaran dsb tapi satupun tidak ada yang peduli, tidak apa-apa kan..? bahkan banyak orang Jepang yang tidak tahu siapa Perdana Menterinya..." Kata Yasashi San dengan senyum khasnya...

"Saya lihat anda berbeda dengan yang lain2..makanya saya suka anda.."

Yasashi San adalah figur orang Jepang yang sangat saya kagumi. Meski dia berasal dari keluarga kaya raya namun kehidupannya disini amat sederhana. Bayangkan, keluarganya adalah semacam "Kartel" yang menguasai bisnis selimut di Jepang sana, tapi dia memilih di Indonesia dengan kehidupan sehari2 yang amat bersahaja. 

Pergi ke Amerika,Eropa,Jepang dll bisa dia lakukan kapan saja, tapi ketika sedang di Indonesia, dia berangkat kerja pagi dan pulang malam dengan sepeda onthel ke rumah kontrakannya. Tidak seorangpun tahu kalau dia adalah orang kaya raya di negaranya sana, ketika dia sedang duduk mengayuh sepedanya. 

"Saya senang bersepeda karena tidak macet, dan pagi2 saya bisa mecium bau masakan yang enak-enak dari rumah-rumah yang saya lewati.." tuch kan..sederhana sekali kan..?

Emang sih dia punya mobil yang dipergunakan untuk bepergian jauh2 sama sopir, tapi jangan salah, mobilnya adalah mitsubishi Kuda tahun 1997, yang harganya hanya setengah dari mobil kantor yang menjadi inventaris saya...jadi anda bisa membayangkan, saya sering keki kalau dia datang kerumah mbonceng motor..dan melihat mobil saya yang jauh llebih bagus dari miliknya, padahal saya tidak ada seujung kuku kelingkingya dalam urusan materi.

Dan yang hebat lagi, ketika bepergian dan menemui klien untuk presentasi produk, dia lebih seneng menggotong2 kardus2nya yang berisi produk sendirian, dan sopirnya hanya disuruh menenteng tas-nya sehingga sopirnya juga kadang suka keki....kok jadi saya yang jadi bos-nya..(mungkin begitulah pikirnya..)

Saya senang anda punya teman-teman yang positif, makanya saya akan support agar anda bisa berbisnis dan menjual selimut produk kami dengan style yang menurut anda enjoy. Silahkan anda promosi sendiri, buat katalog sendiri dan saya akan memantau anda...(dalam hati wah senengnya diriku...)

Orang2 kita kadang masih punya keyakinan bahwa barang dalam negeri jelek sementara produk luar negeri selalu bagus, makanya tidak aneh kalau banyak pelanggan-pelanggan saya yang mundur ketika tahu bahwa selimut saya ini "Made In Indonesia". Padahal meskipun Made In Indonesia, ekspornya ke negara-negara maju, dan orang-orang di negera maju bangga pakai produk bagus yang dibikin orang2 Indonesia ini.

Buktinya bisa anda lihat dibawah ini. Saya punya sample produk2 yang diekspor ke amerika untuk klub2 NBA,Base Ball, University, Artis,Klub motor besar dll..lihatlah gambar selimut2 yang dipakai sebagai merchandise klub-klub olahraga kelas dunia dibawah ini


Apakah anda pada website itu ada produk yang sama persis dengan produk kami di blog, yang link-nya ada dibawah ini dibawah ini..?


Kenapa bisa sama persis..? Apakah produk kami menjiplak dari pedagang kelas dunia itu..? 

Sama sekali bukan . Yang membuat produk-produk yang mereka pajang di website itu ya pabrik selimut yang ada di Indonesia ini, dan dibuat oleh keringat dan tangan2 anak bangsa..meski mesin dan management Jepang, namun tetap saja skill dari orang2 kita adalah hal yang sangat vital..

Berapa harga selimut di website itu..? hoho..range harganya $32-$60 alias alias sekitar 300-600an ribu..padahal selimut yang sama ditempat saya hanya 50-60ribuan..! Mereka yang di Amrik sono untungnya gede banget ya..? 

So banggalah dengan produk Indonesia..dan bersyukurlah karena ada produk yang bisa anda jadikan pembelajaran untuk SEKOLAH BISNIS kita...

Salam FUNTASTIC...
Hadi Kuntoro

NB:
Alhamdulillah sebentar lagi launching selimut yang biasa dipakai di hotel2 bintang empat ke atas..oya saya lihat di website, selimut yang akan saya launching ini di negara luar sono harganya bisa 89.5 Poundsterling..

(Berapa kira2..? Pasti mahal diatas 1 juta lah ya..) tapi ditempat kami nanti barangkali tidak ada sepersepuluhnya...kalau tidak percaya lihat website-nya diluar sono (lihat selimut yang warnanya coklat polos, sebentar lagi saya akan launching produk seperti itu loh...ada yang mau indent..?)

Tidak ada komentar: