Kisah Perjuangan Sang MAESTRO SELIMUT-II


Pembaca yang Budiman dan rekan Bisnis yang FUNtastic...

Ada 1 sifat HEBAT yang dimiliki Yasashi San, yakni KEBERANIAN-nya mencari tantangan, semisal KELUAR dari zona nyaman. Dari kecil dia sangat suka tantangan sehingga kadang apa yang dia lakukan membuat keluarganya geleng-geleng, mungkin juga degdegan...hehehe

Selah satu keputusan kontroversial dia yang dia buat adalah ketika tahun 2001 dia bertekad bulat pergi dan akan membuat pabrik selimut di Indonesia. Padahal waktu itu di negeri kita masih amat sangat kacau dan trauma akibat resesi,amuk masa tahun 1998, krismon berkepanjangan dll..dll..

Ketika orang-orang asing yang sudah puluhan tahun merasa nikmatnya madu berbisnis di Indonesia ramai-ramai berhenti berbisnis dan pulang ke negaranya, dan BAHKAN sampai orang pribumi yang manja dan banyak uangpun pada berhamburan keluar negeri mencari selamat takut uang hasil bisnisnya, atau hasil korupsinya habis di Indonesia, Sang Samurai malah mengambil keputusan yang sebaliknya….

"Saya mau bisnis di Indonesia, Saya ikut sakit melihat rakyat Indonesia Menderita, saya akan ikut andil bantu-bantu Rakyat Indonesia, meskipun birokrasi di pemerintahnya susah sekali....saya mau berbisnis sambil sedikit menolong orang-orang Indonesia yang secara moril sedang turun alias demotivated...." Katanya...
"Hahaha....tapi....yang mau di tolong kadang susah sekali..." kata beliau pada saya di satu sessi obrolan di pabrik.
Bahasa Indonesia dia sudah fasih, 80% lah meski masih terbata-bata...

"Apapun yang orang pemerintah mau, saya kasih...agar saya bisa bisnis di Indonesia dan bantu-bantu rakyat kecil, meskipun perusahaan saya hanya mempekerjakaan sekitar 300 orang saja..." Lanjutnya...
"Saya pasti bisa sukses disini…" tambahnya lagi....barangkali itulah KEYAKINANNYA

Kalau anda pernah ke Jepang, dan anda orang kaya raya disana, maka keputusan untuk Hijrah ke Indonesia hanyalah keputusan orang-orang yang NEKAT …sehingga oleh keluarganya keputusan itupun ditentang habis, tapi dia tetap Kukuh dan sangat kuat memegang pendiriannya.

“Saya Bisa Berhasil di Indonesia, saya Kasihan dengan Indonesia, saya akan ikut membantu Indonesia meskipun hanya sedikit yang bisa saya bantu, karena saya Cinta Indonesia” hehe..ada ya orang yang seperti ini...sebuah rasa cinta yang misterius…..

Alternatif investasi/bisnis di "another country" yang disodorkan keluarganya macam di China,Thailand, Vietnam yang negaranya lebih stabil, tidak ada yang menarik bagi dia.
Dan Yasashi San tetep keukeuh lebih memilih Indonesia...
Ya...benar-benar sebuah keputusan yang didasari sebuah intuisi yang misterius…..

Satu lagi yang unik..Yasashi San belum pernah ke Indonesia, dan hanya tahu Indonesia dari cerita, majalah,koran, TV dan info dari temen2nya...

Maka ketika akan ke Indonesia, yang pertama kali dia datangi adalah ke Bank, yang membiayai perusahaan2 besar yang berinvestasi di Indonesia.

Dari sanalah dia mengetahui bahwa pada saat itu sudah ada dua pabrik selimut di Indonesia, satu di Bandung, dan satunya perusahaan Jepang juga. 

Apa nama perusahaan ini pasti anda tahu kalau anda tanya2 ke siapa saja yang pernah bisnis selimut di tahun 2000 kebawah...karena dia adalah market Leader.

Singkat cerita akhirnya dia bergabung dengan perusahaan Jepang ini, dengan tetap Berbendera perusahaan yang lama. 

Ini sama dengan misalnya saya punya konveksi terkenal di Jakarta, terus saya coba berbisnis di Malaysia, ternyata di Malaysia sudah ada konveksi yang terkenal juga dari Jakarta. Terus saya akhirnya join dengan perusahaan itu, dan saya mengusung mesin-mesin saya dari Jakarta, membuat baju dengan merek sesuai merek perusahaan konveksi yang di Malaysia itu. Yasashi San pun begitu...

Dia mengusung mesin-mesin dari Jepang, dan membuat selimut tapi mereknya di merekin sesuai kehendak perusahannya temennya yang sudah lama di Indonesia itu...

Dan di tahun 2001 mulailah bisnisnya Running di Indonesia...

  • Apakah perjalan Yasashi lancar sekali tidak ada hambatan..?
  • Cobaan-cobaan berat apa yang dialami Yasashi di Negeri Orang..?
  • Apa sebenernya yang membuat Yasashi bersiteguh kepengin di Indonesia..?
Ikuti postingan berikutnya di  Kisah Perjuangan Sang MAESTRO SELIMUT-III
Semoga Anda terinspirasi dengan cerita ini...

Salam Hangat

2 komentar:

WURYANANO mengatakan...

Wah...mas Hadi ini memang sosok luar biasa prima...seperti awal saya mendiga Anda...tidak salah deh...

Senang bisa baca kisah-kisah Anda yang inspiratif...

Sukses Terus Mas Hadi.

Wuryanano

HADI KUNTORO mengatakan...

Alhamdulillah..terima kasih atas kunjungan anda Pak Wuryanano, sang Motivator Dahsyat dari Jawa Timur...pendatang baru di TDA yang sekaligus guru saya yang baru...

Semoga anda makin sukses...