HERBALIFE NUTRISI YANG HEBAT APA MLM YANG HEBAT...? (Bagian-2)

APA ITU KONSEP dan APA ITU STRATEGI....?

Saya ada cerita menarik sekali, cerita masa kecil hehehe...Nostalgia masa SD...

Waktu kecil saya suka sekali membaca majalah "Bobo" minjem ke tetangga sebelah orang kaya, Kepala BRI, yang anaknya sebaya dengan saya
Setiap hari rabu, dimana majalah Bobo terbit, saya main kerumahnya menunggu giliran, setelah si pemilik membaca selesai, baru giliran saya membacanya...
Semuanyaaa...saya baca...dari negeri dongeng sampai "sahabat pena" semua saya baca...hehehe..tahun 80an ituuu.....
ada Sebuah dongeng menarik, yang tiba-tiba semalam saya inget
Alkisah, ada saudagar kaya di sebuah kota kecil, yang usia nya menjelang senja, memiliki 2 anak lelaki si sulung dan bungsu...
Suatu hari sang Saudagar ber wasiat " Anak-anakku, Sulung dan Bungsu, sebentar lagi Ayahmu akan menghadap sang pencipta, dan kamu lah yang akan meneruskan semua hal yang sudah ayah upayakan, harta ayah nanti akan dibagi dua, teruskan semuanya...dan pesan saya agar kalian jadi pedagang yang sukses, kuncinya mudah. Pertama 'Jangan Pernah Menagih Utang' dan Kedua 'Hindarilah sinar matahari' teruskanlah kebiasaan ayah ini.."
Beberapa tahuh kemudian si Ayah meninggal....dan Sulung dan Bungsu pun beranjak Dewasa, siap menggantikan usaha ayahnya, dengan harta melimpah warisan dari ayahnya...
Si Sulung, selama ini dikenal sebagai sosok yang malas, bangun siang hari, jarang membantu ayahnya, karena berpikir karyawan sudah banyak...semua pekerjaan sudah bereskenapa repot-repot, yang dia ingat pesan ayahnya adalah Pertama 'Jangan Pernah Menagih Utang' dan Kedua 'Hindarilah sinar matahari'
Yang dilakukan si sulung adalah, memperbanyak karyawan, dan jarang ke tokonya agar tidak terkena matahari karena kebiasaannya bangun siang hari....dia membeli mobil bagus warna hitam, dan mobilnya diberi korden, jika terpaksa ke toko, dia akan pakai mobil itu aman dari 'Sinar Matahari'
tokonya ramaiii...karena terkenal di toko pemiliknya baik hati 'Enggak Pernah Menagih Hutang'
Lama-lama beberapa tahun kemudian, karena jarang di tengok, dan dagangan-dagangan banyak macet di Piutang, akhirnya toko itu bangkrut....
Si Bungsu, selama ini dikenal sebagai sosok yang rajin, bangun pagi-pagi sekali, sering bantu-bantu ayahnya semasa hidup, dia enjoy bekerja bersama karyawan-karyawannya, dia teringat pesan ayahnya Pertama 'Jangan Pernah Menagih Utang' dan Kedua 'Hindarilah sinar matahari'
Yang dia lakukan adalah, membuat strategi agar pelanggan makin banyak, jika pembeliannya banyak maka harga akan dibuat semurah mungkin, ambil untungnya sedikit, dan pelanggan TIDAK BOLEH HUTANG, karena teringat pesan ayahnya 'Jangan Pernah Menagih Utang' jadi dia enggak pernah ngutangin...
Yang kedua, si Bungsu selalu pergi ke toko ketika hari masih gelap, matahari belum bersinar, dan pulang kerumah menjelang malam, setelah mahari tenggelam, karena teringat pesan ayahnya 'Hindarilah sinar matahari'
Dengan cara itu si Bungsu usahanya berkembang sangat pesat, bahkan bisa melebihi usaha ayahnya, dan bisa menolong si sulung....
Teman-teman, ceritanya menarik yaa......
Pesan sang Ayah "Jangan Pernah Menagih Utang dan Hindarilah sinar matahari" itu disebut KONSEP
Si Sulung : Memperbanyak karyawan, ngasih utang dan tidak pernah menagih, beli mobil mewah yang tertutup adalah STRATEGI
Si Bungsu : Berangkat kerja dinihari pulang malam, tidak penah memberikan utangan kepada pelangan , adalah STRATEGI
di Herbalife, kita mengenal Konsep
Sejak herbalife diluncurkan 1980 olah Mark Hughes, Konsepnya adalah USE-WEAR-TALK dan FUN -SIMPLE-MAGICAL
Use-Wear-Talk : Maksudnya adalah jalani bisnis ini orang per orang, satu persatu, lewat omongan dari mulut ke mulut, dari orang-orang yang memakai, terus puas dengab hasilnya, dan dia cerita ke orang lain, dan orang lain terinspirasi dan ikut berubah pola makannya, akhirnya sehat juga dan seterusnya, dari mulut ke mulut.
Istilah mulut ke mulut ini di kenal dengan strategi bisnis "Referal" atau "Direct Selling"
Direct selling sebuah konsep pemasaran yang belum begitu umumu, karena tahun 90an saja istilah itu saya belum dengar, dan yang saya tahu baru ada istilah Multilevel Marketing (MLM).

Direct selling ini sebuah strategi pemasaran yang masih awam di Indonesia.
Karena minimnya pemahaman mengenai KONSEP Direct Selling maka dari awal kita memasarkan herbalife dengan strategi 'Sis Persis, Plek Njiplek, Sama' mengikuti alurnya bisnis MLM pada umumnya yang fokusnya adalah income dengan cepat.....
#Strategi1 : Contoh kawan kami di kantor dulu yang bisnis MLM, saat akan menemui customer selalu dengan pakaian bagus, berdasi pakai mobil yang bagus (minjem kijang paklinya..heheheh), wangiii.. pokoke harus terlihat makmur meski semua fasilitas itu minjem atau cicilan.

#Strategi2 : Menjual mimpi, ini bisa membuat kaya raya dengan menerangkan marketing plan, bonus, royalti di pandangan pertama, padahal produk kenal saja belum...

#Strategi3 : mengarahkan agar konsumen beli banyak-banyak agar dapat diskon, dan itu posisi terbaik, agar segera dapat duit banyak, dan mimpi makinn deket...padahal itu strategi agar Point kita naik..

#Strategi4 : mengarahkan agar "Menutup Point" agar dapat royalti, agar dapat bonus ini bonus itu liburan kesini liburan kesitu ...setiap akhir bulan dibuat stress "tutup point" setiap akhir bulan menggelar promo habis-habisan hadiah ini itu..bahkan kadang menggadaikan mobil, motor agar bisa tutup point.

#Strategi5 : jika belum tertarik pakai produk belum tertarik member tidak apa-apa,yang penting Ikut Seminar, agar ketemu orang-orang sukses. dan di Seminar customer kaget dan strees melihat orang Jejingkrakan...di panggung menjual mimpi, surga bisa didapatkan dengan begitu mudah...siapapun bisaaa....dst...dst...dst....

Di herbalife kamipun awalnya kami menerapkan strategi itu... meskipun bisa jadi ilmu tentang konsepnya yang diajarkan kepada kami tidak seperti itu.

Karena orang lain melakukan itu maka kami ikut-ikutan dan kami terus ajarkan juga.

Apakah strategi-strategi itu salah....??
 Tidak Salah...Streategi itu Tidak Salah Strategi itu mungkin tepat untuk jaman itu namun tidak tepat untuk era sekarang

Karena strategi itu adalah "penafsiran" dari Use-Wear-Talk pada tahun-tahun lalu sebelum ada konsep Nutrition Club
Ingeet...jika ingin eksis di bisnis, maka Strategi harus selalu update dan siap berubah kapan saja, BERUBAH mengikuti jaman, terus menerus kita melakukan Redefinisi.

Herbalife yang "direct Selling" jika strateginya dilakukan dengan MLM pada umumnya maka yaaaaa... akan jadi "Bisnis MLM"
Namun Jika Herbalife strateginya dibuat Natural dengan nutriton Club dengan mengajarkan pola makan yang benar...menjadi teampat kursus makan bagi orang yang pengin sehat... dengan cara ini bisnis ini jadi Bisnis "Bukan MLM" terbukti club kami tidak ada orang satupun yang merasakan sama sekali bahwa ini bisnis MLM.

"Tapi dikota kami Nutrition Club itu hanya seperti kantor dan MLM nya nampak banget" kata seorang temen.

Hehehe.... Jika menjalankan Nutrion Club, namun strategi hariannya masih strategi MLM maka akan muncul strategi "Herbalife MLM Nutrition Club" 😀

Jika menjalankan NC, tapi masih nembak orang yang tidak faham disuruh beli banyak, orang yang belum minum produk sudah diajak seminar.. training dst.." maka anda menjalankan Nutrition Club namun masih pakai strategi MLM

Jika menjalankan NC, tapi akhir bulan anda masih sibuk cari duit untuk Tutup Volume Point agar dapat Royalti, bonus...bukan beli produk karena emang sudah butuh stok" maka anda menjalankan Nutrition Club namun masih pakai strategi MLM

#FUNSIMPLEMAGICAL
Itu adalah konsep.... Strateginya...? Coba anda pikirkan hehehehe......apakah anda akan membuat strategi yang enteng-enteng saja enggak mau rumit-rumit sing penting Fun...apakah anda menganggap yang rumit-rumit itu tidak akan sukses karena tidak fun...ya monggo...apapaun strategi anda is Benaaar.....
Kadangkala kita jadi sulung, kadangkala kita jadi bungsu.

Di bisnis tidak ada salah benar, jalankan strategi A... Jika belum berhasil, lakukan strategi A1, A2, A3...dst.... Enggak Berhasil juga, jalankan Strategi B, lanjutkan B1, B2, B3..dst...

Bagus tidaknya sebuah strategi baru bisa kita nilai setelah dilakoniii...alias dilaksanakan...dan adakalanya sebuah strategi bagus untuk kali ini, namun harus berubah tahun depan...
kadang adapula strategi bagus di kota ini, dan di kota lain dengan strategi yang lain...


Demikain Dongeng pagi ini semoga bermanfaat.....

Tidak ada komentar: