PEKERJAAN SIKAT GIGI




Pertama Di Toyota-Astra Saya punya atasan namanya Pak Hani (Beliau sekarang menjelang pensiun di TMMNA (Toyota Motor Manufacturing North America /Toyota Amerika Utara) Orang Cina dari Surabaya, tinggi besar, hobinya olahraga, cerdas kalau ngitung-ngitung cepet luar kepala, dan orangnya pendiem, namun sangat kami segani.  Jika kita dipanggil menghadap untuk mempresentasikan sesuatu pasti ada saja salahnya, dan saya rasane bodoh kalau dihadapan beliau. Ada teman saya yang kalau disuruh presentasi dihadapan beliau bergetar alias ndredeg baik tangannya maupun suaranya, padahal dia sering kotbah jumat di masjid dan enggak grogi...wkwkwkw. Dari beliau inilah saya mengenal kata-kata PEKERJAAN SIKAT GIGI.

Kata pak Hani “Kamu mungkin Males Mandi, atau males sisiran, Males dandan dan tampil wangi, males rapi, mungkin gak pernah olahraga gak kepikir biar badanmu sehat, namun kamu pasti SIKAT GIGI SETIAP HARI KAN..? pekerjaanmu yang ini-ini-dan ini, jika diibaratkan badan ini adalah pekerjaan sikat gigi, tanpa saya suruhpun ya kamu harus melakukannya...”

“Iya paak....”  kalau beliau ngomong saya gak berani menatap, suaranya pelan, datar tapi wajahnya memerah pertanda dia kecewa saya tidak beres melakukan pekerjaan dasar...hahahaha....nostalgia 18 tahun lalu sampai hari ini masih inget...

“Pekerjaan sikat gigi adalah pekerjaan dasar yang tanpa disuruhpun pasti harus kita lakukan, karena itu Job kita”

Contoh : Pekerjaan SIKAT GIGI seorang kasir bank Jika ada orang menabung adalah : Cek form isian, cek apakah rekeningnya cocok, Merima Uangnya, dihitung, diinput datanya, di print bukunya, kasih bukunya ke customer,  selesai.

Apa pekerjaan sikat gigi di kantor anda..? di Bisnis anda..? Lakukanlah pekerjaan dasar ini dengan baik, karena pekerjaan inilah yang membuat anda menyandang posisi anda saat ini. Anda disebut dokter karena anda melakukan pekerjaan dasar sebagai dokter, anda disebut Manager karena Memenej alias mengatur sesuatu adalah pekerjaan sikat gigi anda.

Jika anda menjalankan bisnis Rumah Nutrisi alias Nutrition Club dengan metode NCIP, SALAH SATU pekerjaan sikat gigi anda adalah “MENIMBANG 10 ORANG BARU SETIAP HARI” mungkin anda males mengepel lantainya, mungkin males mengelap kacanya, mungkin belum punya waktu membuat ruangan manjadi cantik-cantik dan wangi....namun menimbang 10 orang dan mengundang agar beliau mau datang ke Rumah Nutrisi adalah sebuah pekerjaan dasar alias pekerjaan sikat gigi.

Semoga anda terinspirasi dengan tulisan ini, Salam Dahsyat...!!

www.hadikuntoro.com

Note :
Foto yang saya pajang itu foto Pak Hani, pertemuan di Amerika Maret 2015, setelah berpisah 18tahun ketemu lagi, dan ketemunya di Log Angeles Amerika

Tidak ada komentar: