Obrolan Sore dengan Sang Samurai (Owner Pabrik Selimut Jepang)

Malam ini tiba-tiba ada seorang utusan dari Sang Samurai (Yasashi San), si Owner pabrik selimut Jepang, memberitahukan bahwa Bos-nya mengajak ketemu untuk makan malam di sebuah restoran sunda di dekat stasiun Bekasi.

Wah lama rasanya enggak ngobrol-ngobrol sama sohib ini, karena keasyikan pameran-pameran dan membantu team rajaselimut melayani permintaan yang terus menerus naik.
"Yasahi San, tahu belum ya saya sekarang sering masuk ke koran-koran, ke TV, Radio dan bahkan 2 minggu ini saya ikutan pameran international 2x di JCC dan di Balai Kartini" Kata saya..hehehe..saya enggak pernah cerita-cerita ini sebelumnya ke beliau karena saya tahu orang Jepang senengnya diam tapi kerjanya yang banyak..hehehe..kadang kebalikan dengan kita ya...kebanyakan ngomong sampai lupa kerja..hahaha..

"Omedetou gozaimasu (selamat ya) saya sebenrnya sudah banyak mendengar itu tapi agak terlambat, kenapa saya tidak diberitahu ya..? kalau anda kasih tahu saya pasti dengan senang hati saya akan datang dan bantu anda di stand anda..."katanya..(hehe..saya kadang sungkan bos yang satu ini gajah gede banget tapi ko terlalu sopan begini hihihi..kalau ngomong kadang jadi musti milih-milih kata yang sopan pula..)

"Daejobu desu (gak apa-apa) karena saya hanya main-main saja kok...dan acara-acara itu semuanya dadakan tidak sengaja...tapi kalau anda tahu pasti seneng sekali, sekarang paradigma orang Indonesia tentang QUALITY sudah mulai bagus, dan selimut anda bener-bener mendapat respon yang luar biasa bagus kalau kita bisa menerangkan ke mereka" Kata saya sambil memberikan koran-koran yang memuat memuat tentang selimut jepang, dan saya tunjukkan juga foto-foto selama saya pameran....
"Wah bagus sekali ya...dan sekarang memang terasa penjualan untuk lokal naik terus..terimakasih sekali ya..."Kata beliau
"Dan yang paling penting adalah, agar di pasar anda tidak beradu 'head to head' dengan buyer-buyer kita termasuk buyer-buyer di Japan, eropa dll..sebaiknya anda lebih baik memang memakai merk sendiri saja.." kata Yasahi San
[Gbr. Yasashi San yang sering saya sebut sebagai Sang Samurai (kisahhidupnya diindonesia bisa dibaca disini http://hadikuntoro.blogspot.com/2007/04/perjalanan-seorang-samurai-i.html) sedang menyimak koran kompas dan koran kontan karena saya rutin mengkoleksi tulisan-tulisan di media].

"Kita harus berpikir kedepan, dan kalau dilihat di bazar-bazar ini ada orang asing juga, maka bisa saja nanti ada kemungkinan anda bisa eksport sendiri dan akan menjadi masalah kalau brand anda sama dengan brand yang ada sekarang"

Saya kemudian menceritakan juga tentang perkembangan terakhir merk HASUKO, dan saat ini proses ijin agar mendapat legalitas merk itu sedang saya laksanakan di Dirjen HKI. Dan setelah saya mendapat lampu hijau dari HKI baru nanti saya ekspose brand itu di media-media...Insya Allah..

Oya, malam itu saya juga ada komitment dengan beliau bahwa pabrik beliau akan mulai open dan mempersilahkan kalau member-member kalau mau datang plant tour melihat pabrik selimut, sehingga pengetahuan produk menjadi semakin bagus. Dan saya seneng sekali mendengarnya....Insya Allah nanti saya akan mengadakan tamasya ke Pabrik deh dan saya akan mulai dari Distributor dan calon-calon distributor baru...(Ada yang mau daftar..heheh.pasti banyak...nanti kita daftar dan agendakan ya..)

[Gbr. Yasashi San, si Owner pabrik selimut Jepang di Indonesia sangat support dengan merk baru HASUKO yang sedang kita garap perijinannya saat ini]

"Yasashi san, kondisi global dan nasional saat ini kan sedang menjadi ujian berat bagi pengusaha besar, menurut anda sendiri bagaimana...saya takut kalau-kalau anda suatu saat berubah pikiran dan pergi memindahkan pabrik ke negara lain yang kondisinya lebih stabil dari Indonesia loh..." tiba-tiba saja saya mendapat bahan menarik yang bisa mereflekasikan rencana di kedepan mau gimana...

"Hadi San, kondisi ekonomi global yang seperti ini semua orang mengalaminya jadi saya tidak takut, karena kami sudah bisnis ratusan tahun semenjak kakek2 saya...saat ini saya belum punya pikiran macam-macam untuk meninggalkan Indonesia, tapi itu bukannya tidak mungkin..." katanya dengan menarik menarik napas panjang...

"Dan kalau hal itu terjadi, saya meninggal Indonesia dan pindah ke vietnam misalnya, masalah utamnya bukan karena krisis global itu sendiri, tapi semata-mata karena saya tidak melihat adanya dukungan pemerintah kepada kami. Mulai dari Pajak, Bea cukai, Polisi dll...semuanya belum bagus..."

"Padahal saya tidak sedikitpun melihat ada kekurangan di Negeri ini, Anda punya kekayaan alam luar biasa besar, hutan, laut, dan alam yang sangat indah dan penduduk ranking ke-4 paling besar dan potensial..apalagi yang kurang..? Hanya satu saja kekurangannya yakni pemerintah..itu saja, rakyat pasti akan tunduk kalau pemerintah tegas"

"Kalau bisnis anda masih kecil, anda bisa bisnis tanpa campur tangan pemerintah...tapi kalau sudah besar tidak bisa begitu, banyak sekali campur tangan mereka dan di Indonesia ini birokrasi sangat kacau...sayang sekali ya...padahal saya suka sekali Indonesia" kata Yasashi yang sangat hobi olah raga bahkan sering pergi dan pulang kerja pakai Sepeda onthel ini...

"Kita lihat saja ya....semoga kecintaan saya kepada negeri anda ini bukan cinta yang bertepuk sebelah tangan" kata beliau menutup pembicaraan santai malam itu...

Alhamdulillah...saya kadang tidak habis pikir, betapa Allah sayang kepada kami sehingga ada saja jalan-jalan yang tidak terduga terjadi atas kami....dahulu ketika saya sering ragu ketika ada orang berkata atau ketika saya membaca buku bahwa ' ... niscaya rejeki akan datang kepadamu dari tempat-tempat yang tidak kamu duga' namun sekarang saya percaya mutlak pada kalimat itu...dan anda yang membaca tulisan-tulisan saya ini juga pasti memiliki hak yang sama dari Allah...

Salam Hangat
Hadi Kuntoro
http://rajaselimut.com

NB :
1. Selimut Queen Royal yang warna coklat yang saat ini belum saya upload gambarnya dan baru uji coba produksi 300 lembar ternyata responnya luar biasa, mungkin ada nilai kebanggaan juga para pembeli2 itu karena mereka memiliki barang yang sangat-sangat spesial dan di Indonesia dari 250an juta orang hanya mereka sajalah yang memiliki atau 0,0001%. Oya saya barusan iseng2 memotretnya, dan gambarnya saya pajang disini (GAMBAR SELIMUT NEW ROYAL) bagus enggak..?

2. Saat ini di Acara PON di Kalimantan juga ada yang sedang mengadakan bazar selimut Jepang loh..dan kalau anda pengin lihat-lihat stand-nya anda bisa kontak Pak Ryan Widiyanto atau bisa dilihat liputannya di : http://www.ryanwidiyanto.blogspot.com/

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Lihat pabrik selimut jepang???mau...mau..mau..jgn lupa nama saya didaftarin ya Pak Hadi
Wah...sang owner selimut Jepang ...low profile banget ya...salut deh...moga aja suatu saat saya bisa bertemu beliau, dan pada saat itu saya sudah menjadi RATU SELIMUT di Sulawesi Selatan...uups!!!, jadi malu nih...penjualan saya masih bisa dihitung dg jari tangan dan kaki...sudah ngaku2 RATU SELIMUT...hehehe
Sukses selalu Pak

Salam hangat
INDRI (dealer Soroako)