MENDENGAR...MODAL UNTUK MENEMUKAN RIBUAN JALAN


Rasanya seperti apa berjualan untuk pertama kalinya pak (atau Ibu)...?
Anda menjual selimut ini berapa....?
Balik modalnya berapa minggu nih…? (Labanya jangan dipakai buat kebutuhan sehari2 tapi di puter lagi ya...)
Kemarin modal awalnya berapa..?
Modal awal sudah ditarik belum..?
Bagaimana cara menjualnya..?
Dst...

Itu adalah pertanyaan2 rutin yang sering saya ajukan kepada rekan2 yang datang-datang kembali untuk berbelanja kepada kami.

Oya, jarang sekali ada temen yang hanya berbelanja sekali dan sudah nggak balik2 lagi, mayoritas datanglagi-datanglagi sehingga pertanyaan standard diatas menjadi menu wajib yang saya suguhkan kepada mereka.

Jawaban-jawaban mereka atas pertanyaan2 saya itu sangat unik dan menarik pada masing-masing pelanggan dan itu justru menambah wawasan saya, banyak ilmu yang bisa saya gali disana. Dan itu menambah perbendaharaan ilmu saya.
Dan ketika ada temen yang lain yang masih NEW COMER dalam dunia bisnis, maka cara temen2 itu menjual dan trik2nya saya ajarkan FREE

Jadi di kepala saya sekarang banyak JURUS memasarkan selimut :

- Ada Jurus Pak Tosi yang dari usaha selimut ini sekarang muali mememtik hasilnya, modal sudah ditarik, memutar untung saja dan dari keutungannua itu sekarang sudah merambah ke bisnis2 boneka,
- Jurus P.Asep Triono yang sudah berhasil menjual selimut sampai puluhan juta
- Jurus Pak Rosihan yang sudah ada ide untuk mejual puluhan juga
- Jurus Pak Subur yang kalau selalu berusaha secepat kilat barang habis meski untung tidak segede yang lain.
- Jurus Ibu Roess, yang mirip2 jurusnya Pak Subur tapi lebih menggigit karena bisa menjual selimut 1 lusin tidak sampai 1 jam
- Jurus Bu Wahyuni, yang diem2 ternyata menghanyutkan…untuk promosi cukup ngeprint kata2 di blog dan dimasukkan ke kemasannya
- Jurus Pak Ruli pebisnis baru tapi langsung melesat, dan jurusnya hanya merekam apa yang saya katakan kepada dia
- Jurus Pak Jumali, ahli IT yang baru 3 minggu bisnis selimut tapi untungnya sudah hampir mendekati gajinya… ckck...
-Dll..dll…banyak lagi yang lain…yang saya mohon maaf tidak bisa sebut semuanya…

Jadi dengan hanya merekam di kepala atas jawaban2 dari pertanyaan2 saya diatas, saya disebut JAGOAN MASARIN SELIMUT…

Padahal saya hanya mengajarkan kepada temen apa2 saja yang saya dengerin dari rekan2 yang lain. Ketemu Pak Rulli saya ajarin jurusnya Pak Subur, Ketemu Pak Tatang Sulaeman saya ajarin jurusnya pak Tosi misalnya…begitu terus dan muter2 karena yang datang banyak, akhirnya kombinasinya jadi banyak sekali dan predikat JAGOAN itupun disematkan langsung kepada saya dengan ucapan2 mereka

Itu semua hanya ilmu COPY PASTE dari temen yang lain, saya simpan di CLIPBOARD di otak saya, kemudian kalau ada orang lain yang datang saya akan paste.... (Eh clipboard itu apa ya..? yang saya tahu clipboard itu tempat penyimpanan sementara di komputer, yang disimpen itu apa saja, bisa file, bisa dokumen, bisa gambar dll..nanti dimana-mana kita bisa tempel2kan apa yang kita simpen itu dimana saja, dan sebanyak yang kita mau).

Saya yakin kalau temen2 banyak mendengar juga dari sesama temen yang lain dan dari ucapan2 saya juga, maka temen2pun akan mendapat predikat serupa yakni Jagoan Selimut, Pakar Marketing, Strategic Expert … atau apalah sebutannya…yang jelas nanti di TDA bakalan banyak orang2 hebat…asal tahu kuncinya..yakni BANYAK MENDENGAR…

Saya seneng sekaligus terharu mendengar pernyataan salah seorang temen saya..Ibu Yuni dari Jaktim yang mengatakan…

”Ternyata bisnis itu nggak susah ya....”

2 bulan sebelumnya ketika saya tanyain
“Ibu Yuni ini sering jadi panitia di acara2 TDA kok nggak pernah cerita apa bisnisnya…”
Beliau tidak menjawab mungkin gelagepan kali ya..hehe..(sorry Bu) dan jawabanya malah lewat email…jadi curhat deh..hehe..

Sekarang sudah bisa ngomong begitu ya…?
Apalagi sekarang sang Suami diluar dugaan juga mau ikutan bisnis dan FULL SUPPORT…sungguh something miracle akan segara hadir & terjadi pada Ibu Ini…
”Ternyata bisnis itu nggak susah ya....” saya akan sering ingat2 kata2 anda ini...

Semoga anda terinspirasi dengan cerita ini…

Salam FUNtastic..

Hadi Kuntoro
www.selimutku.blogspot.com

Tidak ada komentar: