DONGENG KIM GEUM RAN DARI KOREA DI LDR 24-25 JUNI 2022

PERCAYALAH KEPADA SAYA : Team bisnis runtuh..? Customer pergi..? Bisnis anda Runtuh dan anda Mandek gak tahu harus ngapain..? Inilah cerita saya senoga menjadi solusi buat anda : "Mulai saja dengan fresh seolah olah anda orang baru, konsumsi Herbalife lagi dengan serius  untuk hasil produk yang baru, dapatkan customer baru lagi , member baru lagi dan nanti anda akan mendapatkan SPV baru lagi, layani orang-orang baru itu dengan sepenuh hati, maka anda akan bertumbuh kembali"



Banyak Orang yang bertanya kepada saya "Pak Hadi apa yang didapatkan dari panggung leadership development retreat LDR kemarin...? Rasa-rasanya sharing dari pembicara Korea itu tidak ada sesuatu yang baru ya....?"

Pertanyaan yang  sangat bagus ya,  dan pertanyaan itu tidak salah karena memang yang berangkat LDR dan benar-benar mencermati apa yang disampaikan oleh Guest Speaker  tidak akan mendapatkan ilmu baru apapun jika tidak benar-benar merenungkannya, apa yang disampaikan Kim tidak bisa dipikirkan namun harus dirasakan

Kim bergabung dengan Herbalife tahun 2007 dan menjadi supervisor dalam waktu 1 bulan, 2 tahun 9 bulan kemudian yakni 2010 menjadi presiden Tim, Tahun 2011 presiden Tim 15K dan 2 tahun kemudian yakni 2013 naik Level lagi ke 20K

Sebuah prestasi yang sangat luar biasa karena hanya membutuhkan waktu 5 tahun untuk menjadi 20K..😱

20K itu kalau dihitung-hitung kira-kira berapa volume organisasi grup yang ada di bawahnya..? Kalau dari pengalaman saya kurang lebih sekitar 1 juta volume poin semua Line

Dan Cerita yang sangat menarik justru dimulai tahun 2013 ini setelah Kim menjadi presiden Tim 20k, karena di tahun 2013 itulah terjadi krisis di Korea yang mengakibatkan terjadi badai dalam organisasi bisnisnya

Bisnis Herbalife rasanya sudah tidak menarik lagi dan banyak orang yang pergi meninggalkan bisnisnya termasuk di organisasinya, dan produktivitas di grupnya pun menurun dengan sangat drastis yang semula sekitar 1 juta volume poin di organisasinya turun menjadi sekitar hanya 100.000 volume poin saja

Jadi ilustrasinya jika semula Supervisor di  organisasnya ada 500 orangternyata yang 450 tidak lagi requal tinggal hanya 50 orang saja ...😱😱

Jadi teman-teman Avengers bisa membayangkan ya betapa dahsyatnya gonjang-ganjing yang ada di dalam organisasinya.....

Organisasi 20K itu organisasi yang cukup besar, jika penurunannya sampai 90% seperti itu otomatis orang-orang yang ada di bawahnya nyaris semuanya tidak ada yang mendapatkan bonus-bonus baik GET maupun Millteam

Dan Saya membayangkan 50 orang yang tersisa itu mungkin banyak orang-orang baru yang tidak tahu apa-apa dan senior-seniornya yang AWT, GET atau Millteam mungkin sudah hampi hilang semuanya

Kata Kim "orang-orang pergi dan mereka bergabung dengan perusahaan lain yang lebih menarik atau bekerja lagi dan tidak mengerjakan Herbalife sama sekali"

"Saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan, rasanya semua upaya sudah saya lakukan namun tidak ada satupun yang berhasil dan saking mumetnya akhirnya saya pergi 2 tahun ke Amerika untuk belajar di sana karena Herbalife di Amerika tetap saja bertumbuh dan saya pasti bisa mendapatkan sesuatu dari sana" kata Kim

Kepergian Kim ke Amerika tidak diceritakan di panggung namun diceritakan di forum obrolan sebelum ke panggung, dan inilah yang tidak banyak orang tahu...πŸ˜ƒ

Di forum SNP beberapa hari sebelum Kim tampil saya banyak bertanya, karena saya penasaran sekali bagaimana orang yang bisnisnya runtuh sedemikian dahsyat itu pada akhirnya bisa recovery lagi bahkan menanjak lagi saat ini sudah lolos 30K😱😱  dan memiliki dua diamond 😱😱

"Kim boleh kita  minta Instagram kamu" penasaran sekali sepulang dari Amerika Saya membayangkan beliau pasti banyak belajar media sosial dan di tengah pandemi menjalankan bisnis lewat Instagram atau Facebook atau media sosial yang lain pikir saya.....

"Boleh, tapi sejujurnya Saya malu karena followers saya belum banyak, dan saya tidak begitu aktif di media sosial kadang satu bulan sekali Baru update status" jawab Kim

Jawabannya benar-benar di luar dugaan saya karena saya berpikir dia pasti hebat media sosialnya setelah belajar ke Amerika.....πŸ€£πŸ™ˆ Saya terpenjara oleh imajinasi saya bahwa kesuksesan Herbalife saat ini pasti ada peran media sosial yang hebat....πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

"Saya fokusnya kembali mengaktifkan komunitas di nutrition Club saya" kata Kim

Saya bertanya lagi "Apakah di nutrition Club kamu juga sudah menerapkan menu-menu beraneka ragam seperti nutrition Club konsep cafe yang ada di Amerika..." 

Saya yakin jawabannya sesuai prediksi saya yakni beliau sudah menerapkan konsep cafe karena saya lihat beberapa Instagram para pebisnis di Korea sudah mengadopsi nutrition Club seperti di Amerika

Kim menjawab "konsep cafe mungkin menarik namun saya malah belum belajar apalagi menerapkannya jadi klub saya masih klub yang seperti klub pada umumnya... Hanya saja fokus saya merawat customer dengan lebih baik lagi"

Wow... Lagi tebakan saya salah dan saya menyadari saya terpenjara oleh imajinasi saya sendiri karena saya berpikir kesuksesan itu pasti karena ada inovasi Atau keberagaman-gebrakan baru yang canggih-canggih dan kekinian....πŸ˜…πŸ™ˆπŸ™ˆ

Jadi apa yang telah kamu dapatkan Di Amerika ya....??πŸ€”πŸ€”πŸ€” Saya penasaran sekali sepanjang acara LDR kemarin.... Jadi saya benar-benar konsentrasi mencari jawaban apa yang sesungguhnya telah kamu dapatkan di Amerika hingga akhirnya sekarang bisnismu kembali growing dan menjadi top volume nomor 1 di Korea.....

Dan akhirnya rasa penasaran saya terjawab setelah mendengarkan dengan seksama apa yang dia sampaikan baik selama obrolan sebelum LDR maupun ceritanya di panggung LDR, Kim menceritakan hal yang sama

Cerita Kim :

Pulang dari Amerika situasi tidak banyak berubah namun yang berubah adalah isi kepala saya yang berubah adalah cara saya memandang bisnis Herbalife ini terutama setelah tahun 2016 saya bertemu dengan Lion Waisbein. Saya benar-benar mengosongkan pikiran saya kembali lagi kepada hal yang paling mendasar yakni melakukan manajemen customer Konsep Leon Waisbein

Saya memanggil orang-orang lama saya kumpulkan kembali dan rupanya mereka berpikir saya mendapatkan sebuah ilmu baru yang sangat luar biasa, dan setelah mengetahui ternyata tidak ada ilmu yang baru mereka pun protes "jauh-jauh belajar ke Amerika Kenapa tidak kamu ajarkan sesuatu yang baru ? kenapa ilmunya masih ilmu yang lama?" dan mereka pun akhirnya semakin mantap meninggalkan saya....πŸ˜…πŸ˜…

Yang Saya dapatkan setelah pergi ke Amerika, setelah merenungkan beberapa tahun setelah bertemu dengan Leon Waisbein, satu hal yang berbeda bukanlah sesuatu yang di luar namun sesuatu yang ada di dalam diri saya yakni saya Semakin Yakin dan cinta dengan produknya, Semakin yakin dengan Perusahannya, Semakin yakin dengan peluangnya dan ternyata justru itu masalah terbesar yang saya rasakan yakni masalahnya ada di dalam pikiran saya yang TERDISTORSI permasalahannya tidak berada di luar sana

Seperti  Pagi yang sangat cerah pemandangan begitu indah bahkan orang-orang bisa melihat sampai titik yang sangat jauh karena tidak ada halangan kabut atau awan  sedikitpun....

Akan tetapi pemandangan yang sangat indah itu tidak bisa kita lihat karena mata kita terdistorsi.... Mungkin kacamata kita lembab atau kotor tidak dibersihkan.... Mungkin kaca mobil kita yang kotor dan membuat pemandangan jadi terdistorsi..... Itulah sebenarnya yang terjadi pada diri kita.... Itulah yang sebenarnya terjadi pada tim-tim di bawah kita dan itu pula yang terjadi mungkin pada diri Anda saat ini PANDANGAN ANDA TERDISTORSI sesuatu hal yang mungkin tidak Anda sadari

Saking seringnya melihat sesuatu yang di luar melihat bisnis-bisnis lain yang nampak lebih menjanjikan anda terdistorsi......

Saking seringnya berkumpul dengan orang-orang yang tidak satu frekuensi akhirnya anda pun terdistorsi dan melihat peluang yang lain.....

Jadi yang saya lakukan adalah saya kembali ke Korea makan produk lagi dengan lebih serius dan saya membuat body goal yang lebih baik lagi agar saya merasakan stamina yang benar-benar bugar Dan saya mulai ngomong dengan orang-orang baru lagi dan dari sinilah muncul bayi-bayi customer dan lama-lama muncul bayi-bayi builder (pebisnis)

Dan lama-lama orang-orang yang dahulu meninggalkan saya pun akhirnya satu persatu kembali....

Dari pengalaman saya pribadi bahwa problem utama di bisnis ini adalah distorsi benar-benar mempelajari kira-kira apa akar permasalahan orang-orang bisa terdistorsi.....?? mengapa awal-awal orang melihat peluang herbalife sedemikian menarik namun banyak ayng berubah pandangannya menajdi sesuatu yang tidak menarik..??

Bukankah mereka sering mendapatkan testimoni bukankah mereka sering training bukankah mereka sering hadir ke dalam pelatihan-pelatihan...?? Apakah tidak ada yg mereka tangkap dari pelatihan2 itu...?

Tiba-tiba Saya jadi teringat lagunya Bimbo yang "Bermata tapi Tak Melihat bertelinga Tapi Tak Mendengar bermulut tapi tak menyapa berhati tapi tak merasa"  πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

Kenapa...?

Karena Distorsi yang dimaksud oleh Kim kurang lebih sama maksudnya....hahahhaa

"Peluangnya Herbalife tidak ada perubahan.!! peluangnya tetap besar karena hingga saat ini Herbalife masih tetep ranking 1 Nutrisi meal Replacement terbaik dari hasil survei di seluruh dunia oleh euromonitor, Dan faktanya sangat jelas yakni hasilnya di badan kita sendiri jika benar-benar kita makan produk  Dengan serius Maka hasilnya akan segera nampak kita rasaka, Dan dengan hasil yang kita rasakan itu dan juga dirasakan oleh orang-orang yang menjadi konsumen kita yang pernah makan produk kita sangat yakin tidak ada orang yang pernah memiliki pengalaman serupa seperti pengalaman mereka konsumsi herbalife"

Dan hati kita pun bisa merasakan bahwa kedepannya Herbalife pasti akan dibutuhkan oleh semua orang sebagaimana saat ini orang-orang lebih memilih air minum dalam kemasan daripada minum air putih dari sumur sumur, atau PAM  di rumah mereka

“Jika kita saat ini sedang serius mencari sebuah peluang karir atau peluang bisnis mana ada peluang yang lebih bagus daripada bisnis ini, Dan Melanglang jauh sampai ke Amerika kata-kata inilah yang bisa saya bawa pulang ke Korea yakni kalaimat Produknya Bagus, Perusahaannya Bagus, dan Peluangnya Bagus..!! begitu kuat menancap di kepala saya..!!”

Dan saya INGIN agar semua orang yang ada di sekitar saya saya memahami kalimat ini dengan benar benar buat seperti yang ada di kepala saya tanpa ada distorsi sedikitpun,

Dan dan setelah kita pelajari ternyata akar permasalahan Yang membuat pemahaman kita terdistorsi adalah HANDPHONE.! 😱😱😱😱

Ini adalah sebuah fakta yang jelas-jelas nyata

Mungkin anda  kecewa, dan bertanya-tanya Apa iya inilah faktor utama yang membuat kita terdistorsi di bisnis ini..??

Kita melakukan sebuah kesepakatan, setiap kali ada pertemuan Herbalife entah itu HOM, bisnis meeting atau training training apapun yang lain maka kita MENIADAKAN HANDPHONE dari hadapan kita (kecuali pelatihan-pelatihan  yang memang harus menggunakan HP), dan itu menjadi persyaratan untuk mengikuti pertemuan,  tentu saja awalnya banyak sekali penolakan namun  kita bersikap Tegas yang tidak mau lebih baik tidak usah mengikuti pertemuan

Setiap kali ada pertemuan atau pelatihan yang ada di Hadapan kita hanyalah buku tulis dan bolpoin,  tidak ada yang lain selain itu.

Bagaimana bisa fokus dan tidak terdistorsi jika dalam pertemuan ada saja  aktivitas yang yang sangat mengganggu kita misalnya Selfie, update status, notifikasi-notifikasi masuk dari group keluarga, sekolah, temen kantor yang tidak ada hubungannya, ada video call masuk, notifikasi FB, Instagram, FB, Tiktok, memotret materi kirim ke smua group, memotret pembicara kirim ke smua group…. pertemuan 2 jam pun kita tidak melihat apa-apa dan tidak mendengar apa-apa

Ini nampaknya sederhana, namun awalnya sangat tidak nyaman, banyak team yang gelisah setiap kali pertemuan, dan pada akhirnya mereka bener-bener berubah dan  perlu waktu  1.5 tahun agar mereka menjadi terbiasa,

Sebelum kelas atau pelatihan dimulai, maka kita sepakat untuk mematikan dan menyimpan seluruh HP, dan jika ada yang akan menghubungi keluarganya atau kita berikan kesempatan sebelum kelas dimulai, setelah itu suasana bener-bener tenangm bebas dari HP dan kelaspun menjadi interaktif, kita gali lagi Why mereka di Herbalife, kita pahami produk kita, kita pehami perusahaan kita, kita bikin kelas PDT seminggu sekali, ada materi Mark Hughes, Jim Rohn, Leon Waisbein

Kita belajar dari hal yang paling dasar mengenai konsep sarapan sehat, bagaimana Nutrisis herbalife membangun sel-sel kita, bagaimana kita harus merawat customer dan membangun bisnis berbasis customer....

Bertemu dengan Leon Waisbein di tahun 2016 benar-benar semakin membuka wawasan kami terutama mengenai hal-hal yang paling dasar, dan seiring berjalannya waktu bayi-bayi customer mulai bertambah, kita fokus dengan hasil produk yang baru, kita mengenalkan aktifitas olahraga bersama customer dan melakukan menejemen customer seperti arahan Leon Waisbein

3 Tahun yakni 2013-2015 kita dalam keterpurukan dan didalam badai inilah justru kami mendapatkan banyak pelajaran hal yang paling dasar yakni Percaya pada produknya, Percaya dengan perusahaanya dan fokus kepada peluangnya di masa yang akan datang dan Volume President Team mulai kembali

3 Tahun berikutnya yakni 2015-2018 kita perbaiki mindset dengan terus menerus mengadakan kelas PDT mingguan

Dan 2020 hingga saat ini customer dan member terus berkembang, sudah lahir 2 Presteam dibawah kami bahkan kami bisa lolos 30K bulan lalu dan bisa masuk TOP Royalti Presteam No.1 di Korea

Pandemi tentu saja ada imbasnya ke Bisnis kami, dimana interaksi langsung tidak bisa kami lakukan, namun karena PEMAHAMAN team kami sudah begitu kuat maka pelatihan-pelatihan lewat Zoom pun berjalan dengan baik tanpa ada kendala

Keseragaman pemahaman pada hal-hal yang paling mendasar ternyata menjadi kunci utama di bisnis inim yakni Percaya pada produknya, Percaya dengan perusahaanya dan fokus kepada peluangnya di masa yang akan datang , dan itu mememunculkan  banyak ide-ide yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan yakni kita membuat Weight Loss Challenge dan SixPack Challenge dan ini menjadi kehebohan yang luar biasa, misalnya kita menerapkan Strategi seperti Slim Marathon, namun bukan wajah yang difoto namun perutπŸ˜ƒπŸ˜ƒ pesertanya khusus Wanita jadi cukup aman, dan club kita pun kita khususkan buat Wanita πŸ˜ƒπŸ˜ƒ dan itulah salah satu kreatifitas kami

Pernah Datang Suatu Masa informasi-informasi  begitu mahal dan hadirnya HP menjadi berkah tersendiri waktu itu, namun dalam perkembangannya informasi makin lama makin mudah dan murah didapatkanm bahkan saat ini informasi datang seperti hujan, dan kita yang harus memilah-milah, jika tidak informasi  yang datang seperti Hujan itu justru mengacaukan kita dan  Mendistorsi semua hal......

Oh iya temen-temen tambahan dari saya distorsi yang dicontohkan oleh Kim hanya salah satunya, yakni distorsi karena banyaknya informasi dari handphone dan Sebenarnya masih banyak distorsi distorsi yang lain, misalnya saat ini saya perhatikan ada distorsi aktivitas ada juga distorsi kreativitas saya lihat beberapa teman-teman di Avengers malah Banyak yang terjebak sekarang jualan menu makan , bahkan jualan menu sehatnya lebih gencar dariapda jualan Shakenya....🀣🀣🀣🀣 di grup-grup pihaknya menawarkan kue-kue bahkan ada suka grup yang leadernya justru memposting jualan-jualan tas, baju, sepatu, juga ada yang distorsi aktivitas, dimana olehraga yang harusnya diimbangi dengan DMO lha ini malah fokus banyak olahraganya dan jarang DMO nya.... postingan-postingan olahraganya banyak namun postingan-postingan Omset VP nya sepiii....😜🀣🀣🀣🀣

Inilah Materi Bagi Calon Pemilik NC (Materi NCOP KOREA) :

1.Cerita Why Herbalife Para Pembicara

2.Bagaimana Menganalisa lemak tubuh.

3.Resep Shake untuk Turun BB

4.One on One Metode Coaching

5.Metode Wellness Evaluation

6.Fakta yang berhubungan dg Nutrisi

7.Pengertian Network Marketing,Presentasi Visi Coach Herbalife Nutrition.

Selalu promosikan Diri Anda,Upline anda dan Bisnis Herbalife anda kepada siapapun...dimanapuan..kapanpun...

Perjalanan Kim di Herbalife



Perhatikan Poin 2015-2018 apa salah satu hal besar yang dia lakukan disitu..? ternyata Melakukan Menejemen Customer Sesuai Arahannya Leon Waisbein πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ nama yang tidak asing kan...?? 

Apakah temen-temen masih terus mengulang-ngulang KLW...??

Apakah di team temen-temen ada kelas KLW..? apakah saat mengikuti kelas KLW temen-temen fokus memahami poin-poinnya satu persatu atau terdistorsi dengan yang lain...?? πŸ˜ƒ

Ayuk belajar lagiii........

Semoga dongengan ini bermanfaat

Hadi Kuntoro

Mendongeng dari kaki gunung Dieng

29Juni2022

Tidak ada komentar: